Eksterior:  Rumah by Atelier BAOU+

ngobrol bersama homify: Atelier Baou

yudith prawitasari – homify yudith prawitasari – homify
Google+
Loading admin actions …

Hari ini homify kedatangan tamu yang merupakan salah satu profesional andalan, yaitu  Pak Randy dari Atelier Baou. Setelah sekian lama bersama homify, Pak Randy hadir mengulas beberapa hal tentang karyanya bersama rekan-rekan di Atelier Baou, serta pengalaman beliau bersama homify. 

Yuk, langsung disimak..

1. Ceritakan secara singkat, mengenai perusahaan anda.

Eksterior:  Rumah tinggal  by Atelier BAOU+
Atelier BAOU+

Eksterior

Atelier BAOU+

Atelier BAOU+ didirikan pada tahun 2017 oleh arsitek muda yaitu Saya sendiri (Randy Hardyanto), Prima Dyfari, Kurnia Aji Sadewo. Saya dan prima merupakan teman kerja satu kantor waktu bekerja di salah satu konsultan di Tangerang yang banyak menangani project highrise building di Indonesia, selain mengerjakan proyek kantor, kami berdua juga sering mengikuti sayembara – sayembara nasioanl di Indonesia, lalu kami membutuhkan satu orang lagi untuk membantu kami dalam mengerjakan sayembara dan Kurnia Aji Sadewo masuk dalam tim sayembara kami.

Beberapa minggu setelah deadline sayembara kami telah selesai, kami mendapatkan beberapa tawaran proyek dan salah satu nya town house di Cibinong, pada saatu itu kami langsung berpikir untuk membuat sebuah studio kecil untuk saling membantu dalam mengerjakan proyek-proyek yang kami dapatkan dan kami juga memiliki visi yang sama untuk berkontribusi terhadap pembangunan di Indonesia. Pada pertengahan tahun 2017, kami membuat studio kreatif dibidang arsitektur yang bernama Atelier BAOU+ dan telah berjalan hampir setahun. Sampai saat ini proyek-proyek yang kami kerjakan dalam tahap pembangunan dikarenakan kami juga baru terbentuk pada tahun 2017.

2. Apa yang menjadi ciri khas desain anda? Dari mana sumber inspirasinya?

Interior:  Ruang Keluarga by Atelier BAOU+

Untuk ciri khas sendiri, kami menyukai desain dengan bentuk bangunan yang sederhana dan kontemporer serta memiliki inovasi sehingga tidak sama dengan bangunan yang sudah ada. Dan untuk sumber inspirasi itu, saya pribadi mendapatkan sumber inspirasi dan berbagai macam referensi gambar tentang arsitektur, buku arsitektur, bangunan yang pernah saya kunjungi, bahkan bangunan dan lingkungan sekitar yang sekarang saya lihat pun bisa menjadi sumber inspirasi dalam mendesain. Dengan melakukan hal tersebut dapat membuat desain yang berbeda dari bangunan yang sudah ada.

3. Apa proyek andalan anda saat ini dan mengapa?

Eksterior:  Museums by Atelier BAOU+
Atelier BAOU+

Eksterior

Atelier BAOU+

Saat ini kami memiliki beberapa proyek andalan yaitu Monumen GMT (Gerhana Matahari Total) di Tanjung Kerasak, Bangka Selatan, karya ini merupakan salah satu sayembara di akhir tahun 2017 yang kami ikuti dan mendapatkan juara satu dan saat ini sedang proses pengembangan menjadi sebuah kawasan Monumen GMT yang direncanakan akan segera dibangun pada tahun 2018. Karya Monumen GMT ini juga kami pamerkan pada acara tahunan yaitu INDOBUILDTECH 2018 yang diselenggarkan di ICE, BSD City pada tanggal 2-6 Mei 2018.

Selain itu, kami memiliki karya andalan yang berupa konsep yaitu Infinity Creative Hub yang berlokasi di Kawasan Monas, Jakarta. Infinity Creative Hub merupakan konsep dari ruang kreatif untuk anak muda di Jakarta. Karya ini juga terpilih untuk mengikuti acara Young Architects Exhibition 2018 yang di selenggarakan bersamaan dengan Jogja Art Weeks, Pameran YAX 2018 sendiri diadakan di Yats Colony, Yogyakarta pada tanggal 5- 28 Mei 2018.

4. Adakah materi favorit yang sering digunakan dan menjadi ciri khas perusahaan anda?

Eksterior:  Rumah tinggal  by Atelier BAOU+
Atelier BAOU+

Eksterior

Atelier BAOU+

Materi favorit yang sering kami gunakan kurang lebih hampir sama seperti ciri khas kami yaitu arsitektur kontemporer dan tropis, selain itu kami juga menggunakan materi arsitektur nusantara. Secara singkat Arsitektur Nusantara adalah arsitektur yang dimiliki oleh Indonesia yang di dalamnya juga terdapat konsep – konsep arsitektur tropis. Menggunakan konsep arsitektur tropis dikarenakan Indonesia merupakan negara yang beriklim tropis, oleh karena itu konsep arsitektur tropis sangat cocok untuk negara kita (Indonesia).

5. Setiap proyek mempunyai cerita, apakah ada pengalaman menarik yang bisa anda bagikan pada homify?

Eksterior:  Rumah by Atelier BAOU+
Atelier BAOU+

Eksterior

Atelier BAOU+

Setiap proyek memiliki cerita sendiri-sendiri tergantung dari kliennya juga tetapi dari semua proyek yang berbeda-beda itu ada satu hal yang sama menariknya yaitu klien. Kenapa Klien ? Setiap klien memang memiliki karakter yang berbeda-beda dan pengetahuan mengenai arsitektur yang berbeda – beda tetapi ada satu hal yang menarik yaitu menghadapi klien dengan berbagai karakter, untuk menghadapi klien kami selalu mengarahkan dan memberikan masukan yang terbaik kepada klien dengan cara mengedukasi serta berdiskusi yang baik kepada klien yang bertujuan memberikan masukan desain bangunan yang pastinya terbaik untuk klien dan memiliki satu pemikiran yang sama dengan klien. Jika klien kami puas dan senang dengan desain kami, itu merupakan kebahagian dan kebanggaan tersendiri untuk arsitek.

6. Seperti apakah visi anda mengenai arsitektur Indonesia di masa mendatang?

Eksterior:  Rumah by Atelier BAOU+
Atelier BAOU+

Eksterior

Atelier BAOU+

Visi kedepan dari Atelier BAOU terhadap arsitektur Indonesia yang pasti kami sebagai arsitek muda Indonesia dapat berkontribusi dalam pengembangan dan pembangunan di seluruh Indonesia. Selain itu juga kami dapat berkontribusi dan mengembangkan arsitektur Indonesia dengan karya-karya kami. Kedepannya banyak arsitek muda yang bermunculan dan menampilakan karya-karyanya sehingga arsitektur indonesia lebih berwarna dan bervariasi. Visi kedepan untuk Arsitektur Indonesia yaitu lebih banyak bangunan arsitektur yang menarik terutama bangunan-bangunan pemerintahandi Indonesia yang menarik dan meng-inspirasi serta tidak melupakan konsep Arsitektur Nusantara yang merupakan jati diri dari arsitektur Indonesia itu sendiri.

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!