Setra Duta II House:  Koridor dan lorong by INK DESIGN STUDIO

10 Cara Praktis Feng Shui Rumah Maksimal

Dyah Swastantika Dyah Swastantika
Loading admin actions …

Ilmu Feng Shui memang bukan hasil daya cipta masyarakat asli kita. Namun, manusia punya kebebasan untuk memanfaatkan seluruh sumber daya, baik alam maupun ilmu pengetahuan, untuk mengembangkan hidup yang lebih baik dari generasi sebelumnya. Dalam Feng Shui, yang terpenting adalah bagaimana menciptakan keseimbangan di sekitar agar menghasilkan energi positif yang kita butuhkan untuk membangun kehidupan sejahtera. 

homify telah mengumpulkan beberapa saran feng shui rumah dari profesional kami yang mudah diterapkan dalam kehidupan sehari-hari tanpa perlu melakukan renovasi rumah secara besar-besaran. Berikut selengkapnya. 

1. Memanfaatkan fungsi cermin

A.K. House, Taman Anggrek. Medan City:  Ruang Keluarga by Lighthouse Architect Indonesia
Lighthouse Architect Indonesia

A.K. House, Taman Anggrek. Medan City

Lighthouse Architect Indonesia

Kami sudah sering membahas mengenai manfaat cermin untuk menambah dimensi ruangan sempit secara visual. Ternyata bukan itu saja yang bisa kita manfaatkan dari cermin. Dalam feng shui rumah, cahaya selalu berhasil mendatangkan atmosfer positif yang baik untuk segala macam kondisi kejiwaan. Untuk itu, disarankan menggantungkan cermin menghadap arah masuknya cahaya dalam ruangan. Pantulan cahaya dari cermin akan menyebar ke seluruh ruangan bersama atmosfer positif yang dibawanya. Cermin yang diletakkan di ruang tamu atau ruang keluarga sebaiknya memiliki bingkai menarik agar tampak indah dipandang. Cermin juga sebaiknya tidak diletakkan di atas tempat tidur karena bisa membahayakan keselamatan bila sewaktu-waktu cermin terlepas dari gantungan. Cermin untuk dekorasi dapur sebaiknya kecil karena cermin akan mudah kotor akibat asap masakan atau cipratan minyak. 

2. Menjaga kerapian rumah

Inilah hal paling sederhana dalam ilmu feng shui rumah yang bisa diterapkan setiap saat. Siapa saja pasti merasa nyaman melihat suasana rumah yang rapi. Suasana hati yang nyaman dan tenang baik untuk memotivasi diri agar lebih giat bekerja dan mengumpulkan pendapatan untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga. Pemilik rumah tidak perlu berkecil hati dengan ukuran rumah yang sempit, karena bukan itu satu-satunya yang menjamin kenyamanan tinggal di sebuah rumah. 

Cara untuk menjaga kerapian rumah sangat mudah, karena yang kita butuhkan hanya dua hal. Pertama, tempat penyimpanan untuk menyimpan benda-benda keperluan rumah tangga yang mengganggu pemandangan. Kedua, sedikit waktu untuk merapikan rumah setiap hari. Jika anda tahu caranya, merapikan rumah dalam waktu singkat bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan secara rutin.

3. Pencahayaan penting untuk feng shui rumah sempurna

Siapa saja yang banyak menghabiskan waktu untuk bekerja di rumah pasti akan merasa nyaman bila ruangan tempat ia bekerja mendapat cukup cahaya alami, baik dari pintu dan jendela. Namun, cahaya yang masuk ke ruangan perlu diatur agar tidak langsung meninggalkan ruangan. Misalnya, pintu depan dan pintu belakang di rumah berada dalam satu garis lurus. Dalam ilmu feng shui rumah posisi ini kurang baik karena energi (chi) dari cahaya akan berlalu cepat meninggalkan rumah, masuk dari pintu depan lalu keluar dari pintu belakang. Bila posisi pintu rumah tidak dapat dirubah, hal ini bisa diatasi dengan menambahkan karpet dekat pintu depan atau hiasan dinding di antara pintu depan dan pintu belakang untuk menyerap cahaya yang masuk ke ruangan.

4. Menata kamar tidur menurut feng shui rumah

Ilmu feng shui rumah juga punya tips untuk penataan kamar tidur. Bila kualitas tidur baik di pagi hari tubuh akan terasa bugar untuk menghadapi tanggung jawab sehari-hari. Posisi tempat tidur sebaiknya sejauh mungkin dari tempat tidur dan usahakan agar tempat tidur tidak berhadapan langsung dengan pintu. Jika pintu ada di sebelah kanan, maka posisi tempat tidur sebaiknya jauh di sebelah kiri. Begitu juga sebaliknya. Jika pintu ada di tengah-tengah ruangan, letak tempat tidur sebaiknya di seberang kiri atau kanan ruangan. Mengubah letak tempat tidur juga disarankan untuk mereka yang mengalami gangguan tidur (sulit tidur atau sering mimpi buruk). Meletakkan tanaman segar dalam kamar tidur tidak baik untuk kesehatan karena tanaman menyerap oksigen pada malam hari. Demikian juga meletakkan televisi di kamar tidur. Televisi dan perangkat elektronik seperti smartphone harus diletakkan jauh dari ranjang, karena gelombang elektromagnetik yang dipancarkan perangkat ini bisa mengganggu kesehatan dalam jangka panjang. 

5. Dapur ideal menurut feng shui rumah

Dapur (Detail):  Dapur built in by Likha Interior
Likha Interior

Dapur (Detail)

Likha Interior

Menurut feng shui rumah, dapur yang ideal tidak terletak pada posisi T bila dilihat dari pintu depan atau jalan masuk/ koridor menuju dapur (tusuk sate). Selain itu, tidak disarankan membangun kamar tidur atau kamar mandi di atas dapur. Alasannya sebenarnya cukup logis. Bila terjadi kebakaran akibat kompor gas yang meledak misalnya, api tidak akan langsung menyambar kamar tidur. Sedangkan kamar mandi identik dengan aktivitas kotor (mandi dan buang air). Tidak layak rasanya bila tempat di mana kita menyiapkan makanan berada di bawah kamar mandi bukan? Sama seperti ruangan lainnya, dapur harus selalu rapi dan bersih. Benda-benda tajam seperti pisau harus disimpan pada tempatnya bila tidak digunakan.

6. Area masuk rumah yang bawa hoki

Setra Duta II House:  Koridor dan lorong by INK DESIGN STUDIO
INK DESIGN STUDIO

Setra Duta II House

INK DESIGN STUDIO

Memang benar bahwa rejeki tidak datang sendiri kecuali kita bekerja untuk mendapatkannya. Namun, manusia membutuhkan cukup energi agar bisa bekerja dengan bahagia setiap hari. Selain makan makanan bergizi dan berolahraga, energi (chi) bisa didatangkan dengan menata area masuk rumah yang longgar dan tidak terhalang oleh benda-benda maupun obyek lain. Jangan khawatir bila area masuk rumah tidak luas. Meletakkan cermin di sudut-sudut tertentu bisa membantu menciptakan kesan lebih lapang dari ukuran sesungguhnya. 

7. Penataan kamar mandi ideal menurut feng shui rumah

Letak kamar mandi ideal menurut feng shui rumah adalah:

1. Tidak berada di depan rumah atau dekat pintu depan.
2. Tidak berada di sebelah kamar mandi
3. Tidak berhadapan langsung dengan dapur. 
4. Tidak berada di tengah ruangan.

Alasan saran-saran ini pun cukup logis karena kamar mandi, seperti yang sudah kami jelaskan di atas, adalah pusat aktivitas kotor. Bau yang tidak sedap dari kamar mandi tentu akan membuat tamu kita menahan napas bukan? Selain itu, kamar mandi identik dengan air. Air yang merembes ke dinding akan tidak baik untuk kesehatan, apalagi bila kepala ranjang berada persis di sebelah kamar mandi atau toilet. Bila mengubah posisi kamar mandi sulit dilakukan, cukup ubah posisi tempat tidur agar kepala tempat tidur tidak menempel ke dinding yang bersebelahan dengan kamar mandi.

8. Posisi pintu depan yang bawa rejeki menurut feng shui rumah

Para ahli feng shui mengatakan, pintu depan sebaiknya menghadap ke jalan agar rejeki mau masuk ke dalam rumah. Menurut logika, saran ini juga masuk akal karena pintu depan memang seharusnya menghadap ke jalan agar memudahkan siapa saja masuk ke dalam rumah. Pintu depan ideal menurut feng shui rumah juga bebas dari halangan seperti furnitur atau obyek lainnya. Penghuni rumah yang punya kebiasaan melepas alas kaki sebelum masuk rumah sebaiknya menata rapi semua alas kaki agar tidak memenuhi depan pintu rumah. Meletakkan sebuah rak sepatu di samping pintu rumah bisa membantu mengatasi kekacauan akibat menumpuknya alas kaki di pintu depan. Selain itu, pintu perlu dibersihkan secara teratur dan diberi pelumas agar tidak berderit. Kita juga bisa meletakkan tanaman hias untuk memperindah pintu depan, asal lokasinya tidak menghalangi arah keluar masuk rumah. 

9. Bagaimana dengan tangga?

Untuk alasan efektivitas, kadang kita melihat sebuah rumah dengan posisi tangga yang berhadapan langsung dengan pintu depannya. Posisi semacam ini kurang ideal, karena menurut ilmu feng shui rumah energi akan langsung naik ke lantai atas dan tidak menyebar ke lantai bawah. Tangga yang diposisikan persis di tengah ruangan juga bisa mengganggu aliran energi di dalam rumah. Saran-saran ini juga tidak mengandung takhayul, karena posisi tangga di tengah ruangan tentu akan mengganggu keleluasaan bergerak penghuni rumah. Sedangkan tangga yang menghadap langsung dengan pintu depan akan menimbulkan kesan kaku bila dilihat dari sudut pandang estetika visual. 

10. Dekorasi rumah yang bisa undang kemakmuran

PRIVATE RESIDENTIAL @ NAVAPARK, BSD CITY, TANGERANG, INDONESIA:  Ruang Keluarga by PT. Dekorasi Hunian Indonesia (DHI)
PT. Dekorasi Hunian Indonesia (DHI)

PRIVATE RESIDENTIAL @ NAVAPARK, BSD CITY, TANGERANG, INDONESIA

PT. Dekorasi Hunian Indonesia (DHI)

Dekorasi rumah yang sederhana, tidak berlebihan, dan seimbang akan menyenangkan mata siapa saja yang memandangnya. Siapa sangka ternyata kita bisa juga datangkan kemakmuran melalui dekorasi yang tepat? Meletakkan dekorasi berlebihan bisa mengganggu pergerakan energi di dalam rumah. Sedangkan memajang piala, piagam penghargaan, atau foto keluarga bisa mengingatkan kita kembali pada saat-saat menyenangkan bersama keluarga atau ketika menang dalam perlombaan. Memajang tanaman hijau juga baik untuk menciptakan kesegaran di dalam rumah dan mendatangkan energi positif. Namun jangan pajang tanaman hijau dalam pot yang rusak, karena ini bisa menodai energi positif yang sudah terbentuk. 

Adakah kesulitan yang Anda alami saat menerapkan feng shui di rumah Anda? Mari berbagi pengalaman unik Anda bersama kami.
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!