Residential_Landed_Semi-Detached House:  Taman by daksaja architects and planners

Perbedaan AC Portabel dan Pendingin Evaporator

Marda Faqruradi Marda Faqruradi

Tanya harga

Invalid number. Please check the country code, prefix and phone number
Dengan mengklik 'Kirim' saya mengkonfirmasi bahwa saya telah membaca dan menyetujui Kebijakan Privasi bahwa informasi saya akan diproses.
Catatan: anda dapat mencabut persetujuan tersebut kapan saja dengan mengirim email ke privacy@homify.com.
Loading admin actions …

Cara Kerja AC Portabel

AC adalah keajaiban modern yang menghilangkan udara panas dari rumah Anda dan meninggalkan udara yang lebih kering dan lebih sejuk. Apakah Anda memiliki sistem AC sentral atau unit jendela, konsepnya sama. Unit AC menggunakan refrigeran kimia yang terus mengalir melalui serangkaian tabung atau gulungan yang diatur dalam lingkaran yang menghubungkan dalam ruangan ke luar. Ini paling mudah untuk divisualisasikan dalam unit AC jendela; bagiannya tergantung di luar dan sebagian ada di dalam rumah Anda, tetapi semuanya terhubung. Refrigeran menyerap panas dari udara dalam ruangan dan melepaskannya di luar, itulah sebabnya Anda akan merasakan embusan udara hangat yang berasal dari sistem pendingin udara di luar.

AC juga menghilangkan uap air dari udara ketika mengeluarkan panas, yang berarti AC membantu menurunkan suhu. Fitur bonus ini membantu membuat suhu ruangan menjadi lebih dingin, karena udara kering membantu sistem pendinginan alami tubuh Anda – keringat Anda – bekerja lebih efisien. Ketika keringat Anda menguap, itu mendinginkan kulit Anda, dan penguapan lebih mudah dalam iklim kering, apakah iklim itu alami atau dibuat dengan bantuan AC jendela.

Untuk hasil terbaik, setiap AC – apakah sistem pusat, AC portabel atau sistem AC split – harus bekerja dalam sistem tertutup. Anda perlu menjaga jendela tetap tertutup untuk menahan udara dingin dan menjaga tingkat kelembaban agar tidak naik setelah mesin Anda bekerja sangat keras untuk memompa habis semua panas. Bahkan, AC portabel akan membutuhkan selang pembuangan melalui jendela untuk menghilangkan panas dan kelembapan yang dikeluarkan dari udara.

Pendingin udara sangat efektif untuk mendinginkan ruangan di hampir semua keadaan, tetapi mereka membutuhkan banyak listrik untuk melakukannya. Mereka juga menggunakan bahan kimia yang disebut HCFC yang diketahui merusak lapisan ozon jika tidak dibuang dengan benar.

Cara Kerja Pendingin Evaporatif

Misc.:  Ruang Keluarga by Revel
Revel

Misc.

Revel

Pendingin evaporatif seperti AC selama keduanya mampu mendinginkan ruangan, tetapi berfungsi dengan cara yang berbeda. Pendinginan evaporatif tidak menggunakan bahan kimia untuk menghisap panas dari udara seperti AC. Pendingin evaporatif – terkadang disebut pendingin rawa – hanya menggunakan air dan kipas untuk menyelesaikan pekerjaan.

Ini bekerja karena proses alami air yang menguap ke udara mendinginkan hal-hal di dekatnya. Anda tahu ini secara intuitif karena itu bagaimana perasaan Anda ketika Anda keluar dari kolam renang di hari yang panas seperti  kedinginan ketika air menguap dari kulit Anda. Prosesnya sama untuk udara di sekitar pendingin evaporatif. Air meresap ke dalam pada pendingin dengan banyak area permukaan dalam pendingin evaporatif, dan kipas menarik udara hangat dan kering di bantalan lembab. Ini menyebabkan air menguap dengan cepat, yang menggigil udara. Udara dingin yang dihasilkan tersebar di seluruh ruangan dengan kipas sehingga Anda merasa lebih sejuk. Tidak seperti AC tradisional, pendingin evaporatif menambah kelembapan udara daripada menghilangkannya. Seiring waktu, ini dapat menghasilkan kelembaban yang tinggi di dalam rumah Anda, yang dapat menyebabkan rasa kantuk dan ketidaknyamanan. Karena alasan ini, sebaiknya sediakan beberapa jendela di rumah Anda saat mengoperasikan pendingin evaporatif agar aliran tetap segar dan kering. Udara kering ini diperlukan agar penguapan terus bekerja secara efisien untuk mendinginkan rumah Anda. Ini sangat berlawanan dengan cara kerja AC terbaik, yaitu dengan jendela tertutup. Tidak seperti AC portabel, pendingin evaporatif tidak memerlukan selang pembuangan, dan mereka dapat digunakan di luar ruangan sebagai pendamping yang hebat untuk pemanas teras untuk kontrol iklim sepanjang tahun di ruang luar ruangan atau di tepi kolam renang. Kebanyakan pendingin evaporatif dapat dengan mudah dipindahkan dari kamar ke kamar tanpa upaya berkat sistem tanpa ventilasi. Pendingin evaporatif juga menggunakan listrik jauh lebih sedikit daripada unit AC standar, dan mereka tidak memerlukan bahan kimia untuk mendinginkan udara, menjadikannya sebagai pilihan ramah lingkungan.

​Pertimbangan Iklim Penting

Meskipun pendingin udara standar dapat digunakan dalam iklim apa pun, efektivitas pendingin evaporatif sangat tergantung pada tingkat kelembapan di atmosfer. Ini tidak akan berfungsi dengan baik di iklim lembab karena air tidak akan menguap cukup cepat untuk menyebabkan penurunan suhu yang besar di kamar Anda. Di daerah lembab seperti Florida dan bagian timur Amerika Serikat, Anda mungkin tidak ingin melakukan apa pun untuk menambahkan kelembapan ke kamar Anda dan meningkatkan perasaan lengket yang sering membuat anjing musim panas tak tertahankan. Di sisi lain, efektivitas pendingin evaporatif adalah alat yang bagus untuk digunakan dalam iklim kering. Di area ini, Anda dapat menghemat uang dengan menggunakan pendingin evaporatif karena air akan menguap dengan cepat ke udara kering. Anda bahkan akan menikmati peningkatan kelembapan yang berasal dari penggunaan pendingin evaporatif, yang dapat menghilangkan kebutuhan humidifier seluruh rumah untuk menjaga kulit, bibir, dan saluran hidung lembab. Jika Anda tinggal di daerah yang kadang lembab dan kadang kering, keberhasilan pendingin yang menguap akan bervariasi. Mungkin layak menggunakannya pada hari-hari yang kering dan memiliki AC portabel untuk melindungi Anda pada hari yang lembab. Jika Anda fleksibel dan mengawasi prakiraan cuaca baik untuk suhu dan kelembaban relatif, Anda dapat beralih antara keduanya untuk menghemat tagihan listrik Anda pada hari-hari ketika Anda bisa bertahan dengan pendingin evaporative. Sedangkan untuk di luar ruangan, pendingin yang menguap mungkin menawarkan sedikit bantuan di mana pun Anda menggunakannya, karena kelembapan yang dilepasnya akan cepat menghilang daripada terjebak di rumah Anda. Namun, itu tidak akan jauh lebih efektif daripada hanya menggunakan kipas angin pada hari-hari panas jika Anda tinggal di iklim yang lembap.

Tips Membeli Pendingin Evaporatif dan AC Portabel

Rumah Tinggal Bpk Beni:  Ruang Keluarga by samma design
samma design

Rumah Tinggal Bpk Beni

samma design

Jadi jenis pendinginan mana yang lebih baik untuk Anda? Lihat rekomendasi kami untuk membantu Anda memutuskan. 

Air Conditioner Portabel bisa dibeli jika cocok dengan kondisi bawah ini

  • Anda mengalami kondisi lembab setidaknya setengah hari, di mana pun Anda tinggal. 
  • Anda dapat dengan mudah memasang selang pembuangan melalui jendela. 
  • Anda perlu dehumidifikasi tambahan di rumah Anda.
  • Anda memiliki alergi serbuk sari dan perlu menutup jendela.
  • Anda perlu sedikit pendinginan ekstra pada hari-hari terpanas. 

Pendingin Evaporatif bisa dibeli jika cocok dengan kondisi bawah ini: 


  • Anda tinggal di iklim yang sebagian besar kering dan tidak terganggu oleh kelembapan. 
  • Anda ingin hemat listrik di musim kemarau Anda menginginkan sistem pendingin yang ramah lingkungan. 
  • Anda membutuhkan kelembapan tambahan di rumah Anda. 
  • Anda memiliki kualitas udara yang baik di musim panas dan dapat membuat jendela Anda tetap terbuka.

​Ukuran yang Tepat

Terlepas dari sistem pendinginan yang tepat untuk Anda, penting untuk mengukur unit Anda dengan benar untuk hasil terbaik. Saat Anda membeli AC portabel atau pendingin evaporatif, pastikan untuk memeriksa teliti untuk melihat berapa banyak kaki persegi yang dirancang untuk unit pendingin tersebut. Ukurlah kamar Anda dan belilah yang sesuai. Unit berukuran kecil hanya akan mengecewakan Anda karena tidak dirancang untuk bersaing dengan ruang yang besar. Unit yang terlalu besar mungkin akan menghabiskan biaya lebih dari yang Anda butuhkan untuk mendapatkan hasil yang baik. AC portabel dan pendingin evaporatif sering kali merupakan suplemen untuk sistem rumah keseluruhan, jadi tidak mungkin seseorang akan menyelesaikan pekerjaannya untuk seluruh rumah, terutama jika rumah Anda memiliki denah lantai konsep terbuka. Mohon konsultansi dengan sang ahli jika Anda masih bingung

Pendingin evaporatif vs AC Portabel mungkin terdengar seperti judul film fiksi ilmiah musim panas, tetapi ini adalah pertanyaan penting untuk dijawab saat kenyamanan Anda dipertaruhkan. Untuk mendapatkan udara sejuk yang Anda butuhkan di rumah Anda selama masa musim panas, jujurlah dengan diri Anda sendiri tentang betapa lembapnya iklim Anda dan seberapa banyak pendinginan yang Anda butuhkan untuk bahagia. Kelembaban rendah adalah kunci keberhasilan untuk pendingin evaporatif, jadi kelembabannya bukan pengganti satu-satunya untuk AC di setiap iklim. Carilah unit kombo yang memungkinkan Anda memilih pendinginan evaporatif atau mode kipas secara terbatas untuk memiliki kontrol tambahan terhadap kelembapan di rumah Anda. Anda akan dapat memanfaatkan sistem pendinginan alam pada hari-hari yang kering tetapi masih menikmati sirkulasi udara yang besar saat lembab dan Anda perlu beralih ke AC standar.

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!