Dapur by BLK-Porto Arquitectura

Cara Mendesain Dapur Minimalis

Dyah Swastantika Dyah Swastantika
Loading admin actions …

Sebagai arena aktivitas berat di rumah, dapur sebaiknya tidak hanya memudahkan penggunanya memasak tapi juga bersih dan rapi agar mengundang kita untuk memasak setiap hari di situ. Bagi mereka yang tidak suka ribet, dapur minimalis adalah pilihan sempurna karena dapur dengan gaya interior ini bisa dihadirkan dengan pemilihan serta peletakan furnitur bergaris lurus dan sederhana tanpa banyak hiasan. Selain itu, dapur minimalis juga cocok untuk mereka yang super sibuk dan tak punya banyak waktu untuk bersih-bersih. Cara pertama untuk meraih semua manfaat ini adalah membuat desain dapur minimalis yang sesuai dengan kebutuhan dan jumlah anggota keluarga. Bisakah kita membuat sendiri desain dapur minimalis meski tidak punya latar belakang ilmu desain interior maupun arsitektur? Semoga ulasan kami berikut ini bisa membantu.

1. Merencanakan fungsi dapur

Kitchen Set & Dining Table:  Dapur built in by Likha Interior
Likha Interior

Kitchen Set & Dining Table

Likha Interior

Sebelum membuat desain dapur minimalis, hendaknya amati dulu lahan yang tersedia. Setelah mengetahui secara pasti berapa ukuran lahan dapur yang tersedia, kita bisa membayangkan apa saja aktivitas yang akan dilakukan di situ. Coba bayangkan seandainya dapur sudah berdiri. Apakah kita akan sering menggunakannya seorang diri atau bersama anggota keluarga lainnya? Apakah Anda ingin dapur yang terintegrasi dengan ruang makan atau dapur saja? Mana yang lebih sering dilakukan, memasak untuk diri sendiri dan keluarga atau memasak ramai-ramai bersama teman-teman? Aktivitas memasak seseorang juga bisa jadi panduan merancang desain dapur minimalis yang sesuai kebutuhan. Apakah kita lebih suka memasak makanan yang praktis dimasak atau lebih suka memasak berbagai jenis makanan dalam satu hari? Atau barangkali malah jarang memasak? 

2. Merencanakan peletakan pipa dalam desain rumah minimalis

Bila rumah sudah dibeli dalam bentuk jadi dan akan dilakukan renovasi, saluran pipa air dan pembuangan sudah terpasang di sana. Namun bila pemilik rumah berencana menambah meja tengah dapur (kitchen island), diperlukan saluran pipa tambahan di tengah ruangan yang harus dipasang dengan cara membongkar lantai. Meletakkan mesin cuci di dapur juga wajar ditemukan dalam desain dapur minimalis. Namun sebuah rencana tetap perlu dibuat untuk mengatur peletakkannya. Saran yang umumnya dianjurkan pakar tata ruang dapur adalah meletakkan mesin cuci tak jauh dari bak cuci piring, bisa di bawah atau di sampingnya. Hal ini juga beralasan, yaitu agar mesin cuci dan bak cuci piring tak terlalu jauh untuk mengakses air dan membuang air ke kotor ke saluran pembuangan. Selain itu, yang tak kalah penting adalah menentukan letak penyedot asap. Elemen ini memang kurang populer di kalangan masyarakat Indonesia, tapi sangat besar manfaatnya karena masakan Indonesia cenderung bercita rasa dan menggunakan banyak bumbu yang ditumis. Penyedot asap akan membantu mencegah asap tumisan menyebar ke ruangan lain di dalam rumah. 

3. Menentukan pencahayaan

Agar sejalan dengan konsep minimalis, dapur sebaiknya dirancang agar terang oleh cahaya alami di pagi dan siang hari. Untuk itu, desain dapur minimalis sebaiknya juga dilengkapi dengan keterangan di mana jendela atau pintu yang menghadap ke luar akan di buat dan berapa ukurannya. Bila ingin lebih efektif, pintu kaca geser bisa jadi pilihan karena bentuk geometris dan garis lurusnya sangat senada dengan konsep minimalis. Cahaya alami bisa menerangi dapur sampai hari benar-benar gelap karena semua bagian pintu terbuat dari kaca. Dalam desain dapur minimalis kita bisa menentukan juga di mana letak lampu utama dan di mana kita akan meletakkan lampu spot. 

4. Menentukan letak tempat penyimpanan dalam desain dapur minimalis

Architecture and Interior:  Dapur by RHBW
RHBW

Architecture and Interior

RHBW

Mengingat konsep minimalis sangat mengutamakan sesedikit mungkin barang yang tampak di luar, maka tak pelak lagi  tempat penyimpanan menjadi sangat dibutuhkan. Dapur juga wajib memiliki tempat penyimpanan yang memadai karena ruangan ini cenderung berantakan setelah aktivitas memasak atau makan. Dalam desain dapur minimalis kita bisa menentukan di mana saja tempat penyimpanan akan diletakkan, apakah bentuknya cenderung vertikal atau horizontal, amankah tempat penyimpanan untuk digunakan anak-anak, apakah tempat penyimpanan sudah tersedia dalam bentuk jadi atau harus dipesan dulu? Saat ini lemari dapur umumnya berupa lemari gantung  dan lemari countertop dapur. Di sebelah countertop biasanya ada lemari es yang tersimpan dalam lemari besar bersama oven dan tempat penyimpanan lainnya. 

Mengingat konsep minimalis sangat memberi penekanan pada pembatasan penampakan barang yang terlihat oleh mata kita, inilah barang-barang yang sebaiknya dibatasi di dapur minimalis: 

1. Piring. 
Cukup keluarkan piring-piring yang digunakan setiap hari. Sisanya bisa dimasukkan ke lemari. 

2. Gelas, mug, dan cangkir. 

Paling tidak sediakan 3 gelas dan 3 mug di rak piring. Ingatlah bahwa hanya warung kopi yang memajang banyak gelas di dapurnya. 

3. Pisau. sendok, dan garpu 

Kecuali ada acara makan-makan bersama keluarga, cukup jarang rasanya semua sendok dan garpu akan dipakai semua. Simpan semua sendok dan garpu dalam kabinet atau laci khusus yang bersekat-sekat di mana kita bisa menyimpan semua peralatan makan sesuai jenisnya. Pisau bisa disimpan di laci terpisah agar lebih aman dan tidak sembarangan dipakai. 

5. Menentukan warna tema

Ibarat orang sedang diet untuk alasan kesehatan atau mengurangi berat badan, minimalis adalah dietnya arsitektur dan desain interior. Minimalis identik dengan warna putih dan warna netral lainnya. Menggunakan warna putih pada desain dapur minimalis bisa membuat dapur terlihat terang, bersih, dan lebih luas secara visual. Memakai warna putih adalah juga pilihan yang aman. Aman karena warna putih sangat mudah dipadupadankan dengan warna apa pun. Bila warna dinding dan countertop dapur putih, maka sebaiknya pilih warna gelap sebagai warna furnitur agar tercipta keseimbangan. Bila sudah bosan memakai warna putih, dinding dan backsplash bisa diganti dengan warna lain. 

6. Merencanakan bujet

Sama seperti membangun rumah, membuat dapur minimalis juga memerlukan perencanaan dana yang matang agar kita tahu berapa banyak biaya yang harus disiapkan. Menurut pengamatan homify, diperlukan biaya kurang lebih 20 juta untuk pembuatan struktur dapur 2 x 6 meter, yang terdiri dari biaya pasang rangka atap baja ringan, membuat dinding batako, rangka plafon, atap asbes, dak toren, pemasangan pipa air, meja dapur dan bak cuci piring, serta pemasangan lantai keramik. 

Sedangkah harga kitchen set minimalis berkisar antara Rp 1,6 juta sampai Rp 6 juta, tergantung pada material yang digunakan dan ukurannya. Sedangkan sebagai pelapis backsplash bisa digunakan glass block atau keramik dinding dapur yang bisa ditemukan di supermarket bahan bangunan. Harga glass block berdimensi 380 x 15 x 80 cm ditawarkan dengan harga satuan Rp 20 ribu sampai Rp 50 ribu per biji. Sedangkan keramik warna berukuran 20 x 20 cm berkisar antara Rp 60 ribu sampai Rp 60 ribu per dus. Harga glass block memang sedikit lebih mahal karena secara kualitas lebih unggul dibandingkan keramik dinding. Glass block cocok dipasang di dapur yang terletak di sudut atau jauh dari jendela.  

7. Hubungi profesional untuk membuat desain dapur minimalis

Bila semua langkah di atas dirasa rumit dan tidak ada kepastian hasilnya akan seindah gambar-gambar desain dapur minimalis kami, jangan khawatir. Saat ini jasa desain dapur minimalis banyak ditawarkan oleh para profesional di berbagai kota. Sebelumnya perlu diketahui juga bagaimana profesional pilihan kita mengkalkulasi tarif jasanya. Saat ini ada beberapa sistem pembayaran jasa desainer yang digunakan, yaitu:

1. Berdasarkan per meter persegi luas ruangan 

Besaran tarif per meter persegi tidak sama antara kota satu dan lainnya. Sebagai gambaran, biaya desain dapur minimalis di Jakarta bisa mencapai Rp 2 juta per meter persegi. Sedangkan di kota Surabaya tarif berkisar di angka Rp 1 juta per meter persegi. 

2. Berdasarkan persentase 

Ada juga desainer interior yang menawarkan tarif jasa yang dihitung 3 sampai 5% dari total biaya produksi. Total biaya produksi bisa diambil atau berdasarkan RAB (rencana anggaran biaya) yang disusun arsitek pada tahap perencanaan sebelumnya. 

3. Berdasarkan desain 

Seorang desainer interior juga bisa menawarkan jasa pembuatan gambar desain dalam bentuk desain dua dimensi dan tiga dimensi. Ia juga menawarkan jasa pembuatan RAB desain interior rumah secara keseluruhan. Mengenai besaran tarifnya pun juga bervariasi, bisa berkisar antara Rp 700 ribu sampai dengan Rp 1 juta per desain. 

Kesepuluh desain dapur minimalis yang pas untuk hunian Indonesia ini juga dapat menjadi inspirasi anda, sebelum membangun milik anda sendiri.

Tertarikkah Anda pada desain dapur minimalis? 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!