prv a131:  Teras by e.Re studio architects

Cara Menata Rumah Agar Sejuk Tanpa AC

Henti Kresdiana Henti Kresdiana
Loading admin actions …

Sebagai negara beriklim tropis, cuaca panas bukan hal yang asing. Hanya saja saat tiba musimnya udara panas tak lagi bisa dikompromi karena rentan emosi dan rasa tidak nyaman dalam melakukan aktifitas.

Terlepas dari pemasangan AC yanga kan menjadi solusi singkat mengatasi cuaca panas tersebut, masih banyak cara hemat dan praktis untuk membuat rumah Anda sejuk tanpa AC.

Bukan hanya membantu mengurangi pemanasan global akibat penggunaan AC, tapi altternatif untuk tidak menggunakan AC juga mengurangi biaya listrik yang membengkak sekiranya AC terus menyala di musim panas.

Beberapa cara berikut layak dicoba untuk mengurangi suhu ruangan yang panas dan membantu memberi kenyamanan dan kesejukan meski tanpa penggunaan AC.

​1. Membuat langit-langit tinggi

Cari ini bisa bisa dibilang klasik namun paling efektif untuk mencipta ruangan dengan suasana teduh dan nyaman. Hanya saja sebaiknya dilakukan di saat awal hendak membangun rumah. Merenovasi kembali atap bisa menjadi opsi hanya bila memiliki dana yang cukup dan mumpuni. Tentu saja harus diselaraskan dengan desain rumah.

Langit-langit rendah membuat hunian Anda terasa sumpek dan padat, sementara platform tinggi menjadikannya nampak luas dan sirkulasi udarapun semakin maksimal.

​2. Memaksimalkan Ventilasi/bukaan

Untuk  memdapat sirkulasi udara yang baik dan segar setiap hari maka ventilasi udara mutlak diperlukan dalam rumah. Cobalah untuk membuat ventilasi di beberapa bagian rumah. Semisal bagian atap dengan membuat lubang dalam bentuk segitiga atau bujur sangkar. Jumlahnya cukup disesuaikan dengan iklim bangunan dan lingkungan sekitarnya. Tentu tidak memerlukan banyak lubang ventilasi semisal Anda tinggal di daerah perbukitan atau dekat dengan hutan.

Sebaliknya bila tinggal di daerah perkotaan yang padat dan pengap dimana hawa panas begitu menyiksa, maka buatlah beberapa lubang ventilasi untuk membantu sirkulasi udara yang baik. Membuat beberapa celah dan lubang angin di dinding ruangan khususnya ruang keluarga membantu mengurangi rasa panas dalam ruangan apalagi saat tengah bersama.

Yang perlu diperhatikan adalah bentuk ventilasi disesuaikan dengan desain rumah yang dimiliki agar tidak terkesan aneh dan tetap indah. Bila memungkinkan buatlah ventilasi silang untuk menjaga suhu ruangan tetap sejuk. Caranya dengan membuat dua jendela atau ventilasi yang saling berhadapan. Dijamin sirkulasi udara di rumah Anda tidak hanya lancar, namun rumah pun akan terasa sejuk sepanjang musim.

​3. Menanam Pohon

Pepohonan tak hanya menjadikan rumah dan pekarangan indah tapi lebih jauh, berfungsi untuk menyerap gas C02 yang pemicu udara panas dan menggantinya dengan oksigen sehingga udara sekitar menjadi sejuk khususnya di siang hari yang terik.

Daun-daun tanaman rindang tak hanya membantu menaungi Anda dari sengatan sinar matari. Tapi juga mensuply jumlah oksigen yang besar. Bila Anda memiliki pohon rindang di halaman rumah, anak-anak bisa bermain bebas dibawah pohon, atau bahkan Anda bisa berteduh hanya untuk melepas penat berada di dalam rumah untuk jangka waktu yang lama.

Anda hanya perlu memastikan untuk memangkas ranting-ranting yang menganggu atap rumah dan rutin membersihkan daun-daun yang berguguran.

Semisalpun halaman rumah terbatas, Anda dapat mengatasinya dengan menaruh tanaman dalam pot atau menanam tanaman yang merambah di pagar atau dinding. Tanaman membantu mencipta suasana sejuk dan mendinginkan suhu sekitar.

​4. Membatasi penggunaan barang elektronik

Sadar maupun tidak, penggunaan barang elektronik  berlebihan turut memicu hawa panas pada hunian Anda seperti komputer, televisi, mesin pencuci piring, pengerig pakaian, setrika dan water heater. Akan lebih baik menggunakan peralatan tersebut di pagi atau sore hari untuk mengurangi panas yang tersebar di dalam rumah, dan bukanya siang hari saat panas terik.

Demikian juga dengan cahaya ruangan. Gunakan lampu hemat energy dan tidak memicu bertambahnya hawa panas. Semisal lampu LED, lampu fluorescent yang terkenal tahan lama dan hemat energy meskipun harganya sedikit lebih mahal

Pastikan juga untuk mematikan lampu-lampu yang menyala di ruangan sebelum Anda berpegian agar panas tidak tersimpan dalam ruangan. Khususnya untuk lampu pijar. Begitu juga dengan peralatan elektronik.

​5. Memperhatikan bukaan pintu/ventilasi

Suhu panas tidaklah mengenakkan untuk dinikmati, karenanya perhatikan bukaan pintu dan atau ventilasi rumah. Jangan biarkan pintu atau jendela terbuka lebar saat cuaca terik. Hanya akan menambah hawa panas masuk.

Bukalah pintu dan bukaan leba-lebar di pagi dan sore hari, atau malam hari sebelum Anda tidur. Suhu udara malam hari cenderung menurun dan sejuk sehingga Anda bisa menikmatinya dengan nyaman. Kebiasaan sehari-hari seperti membuka jendela ternyata membuat perbedaan besar. 7 kebiasaan rutin ini juga bisa anda coba untuk membuat rumah lebih sejuk!

6.  Membangun kolam

Unsur air diyakini mampu meredam suhu panas di sekitar dan membawa suasana sejuk dan rileks. Tidak ada salahnya membangun kolam kecil di halaman rumah bila masih ada ruang, dan atau di dalam rumah semisal kolam kecil atau pancuran untuk meyerap panas.

​7. Menggunakan Kray atau Awning Lufalex.

Kray bamboo terbukti mampu menghalangi paparan sinar matahari yang menyengat. Pasanglah di sebelah luar di depan jendela kaca Anda yang lebar. Ini sangat membantu mengurangi panas dari luar. Bias sinar matahari yang masuk melalui celah-celah Kray tidak lagi terasa panas tapi adem karena lebih dulu diserap bambu sebagai material dasar kray.

Atau Anda bisa memasang Awning Luxaflex yang memiliki fungsi sama seperti kray bamboo. Perbedaannya material ini dipasang pada jendela bagian dalam.

Lebih jauh sebagai tambahan lain untuk meredam panas adalah melapisi dinding dengan Styrofoam. Umumnya digunakan untuk meredam suara music yang bingar dalam studio rekaman. Namun, ternyata struktur styrofoam yang terdiri dari butiran ini tidak bisa menghantarkan panas. Hal ini membuat styrofoam jadi isolasi termal yang baik yang bila digunakan untuk rumah dapat menyerap panas.

8 .     Mengganti sprei dan bantal

Meski terkesan tidak relevan untuk mengurangi panas. Ternyata cara ini cukup membantu untuk menjaga lingkungan tetap fresh. Tekstil seperti lembaran flanel dan selimut bulu adalah bahan terbaik untuk isolasi, sementara kapas memungkinkan kain bernapas lebih mudah dan menjaga permukaannya tetap dingin. Cobalah menggunakan bantal yang berisi buckwheat atau kulit ari gandum. Kulit gandum memiliki ruang udara alami, sehingga tidak akan menahan panas tubuh Anda seperti bantal konvensional, bahkan ketika dikemas di dalam sarung bantal.

Untuk kaki, isilah botol air panas dan masukkan ke dalam freezer sebelum ditempatkan di kaki tempat tidur Anda. Terdengar aneh, tapi ini bisa sedikit mengurangi panas kasur Anda.

Disamping beberapa tips diatas untuk menjadikan rumah Anda terasa sejuk meski tanpa AC, yang perlu diperhatikan adalah membuat komitmen pribadi untuk melakukan perubahan jangka panjang. Semisal Anda berkeinginan untuk seterusnya tidak menggunakan AC, Anda bisa memulai dengan menanam tanaman mulai dari sekarang di sekitar pekarangan rumah, dan atau tanaman rambat di pagar dan dinding.

Ini dapat menjadi cara utama dan termudah untuk mendapatkan hunian yang sejuk dan nyaman tanpa AC. Selebihnya Anda bisa melapisi kaca jendela dengan kaca film yang terbukti efektif untuk menangkal sinar matahari yang masuk.

Berkomitmen untuk tidak menggunakan AC berati juga Anda siap menggantinya dengan kipas Angin atau Exhaust Fan untuk melancarkan sirkulasi udara. Menempatkan Exhaust fan di beberapa tempat bisa mengurangi panas dalam ruangan. Semisal di dapur yang potensial menghasilkan panas dari proses memasak dan barang-barang elektronik sekitarnya, di kamar mandi dan atau gudang untuk menjaga sirkulasi udara agar tidak pengap.

Alternatif umum dan banyak diminati lainnya adalah penggunaan kipas angin. Disamping hemat listrik dan tidak menguras kantong untuk membelinya, kipas angin bisa difungsikan secara fleksible. Semisal untuk mencipta udara dingin dalam ruangan, Anda hanya perlu menaruh semangkuk es batu di depan kipas besar. Otomatis udara dingin yang dikeluarkan oleh es batu akan menyebar ke seluruh ruangan akibat hempasan turbin dalam kipas.

Kipas Angin memiliki beragam jenis, ukuran dan merk. Anda hanya perlu memillih dan menyasatinya sesuai dengan kebutuhan. Anda bisa memilih kipas Angin berdiri untuk di tempatkan di ruang tengah keluarga atau kipas gantung di dinding-dinding langit. Mengubah arah kipas angin berlawanan dengan jarum jam pada kecepatan tinggi diyakini mampu menghasilkan aliran udara yang lebih dingin.

Cara mudah lainnya adalah menutup rumah dengan tirai agar sinar matahari tak lagi masuk dan menembus rumah Anda. Selamat mencoba.

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!