MASTER BEDROOM:  Kamar Tidur by Widhendra interior

Pedoman Membeli AC Yang Sesuai Kebutuhan dan Terjangkau

Marda Faqruradi Marda Faqruradi
Loading admin actions …

Menentukan AC yang tepat untuk ruangan di rumah anda bukanlah hal yang mudah. Banyak faktor yang menjadi penentu, seperti ruangan, lokasi ruangan, harga, jenis AC, dst. Berikut ini panduan mudah yang dapat anda ikuti untuk memilih AC yang sesuai dengan bujet minimum. 

​1. Jenis-jenis AC

Rumah Tinggal Alice :  Hotels by Elora Desain
Elora Desain

Rumah Tinggal Alice

Elora Desain

AC itu banyak jenisnya bukan hanya sistem split. Berikut penjelasannya: 

a. Sistem split 

Ini memiliki dua bagian: unit kompresor luar ruangan dan unit indoor yang dihubungkan dengan pipa. Mereka biasanya digunakan untuk mendinginkan satu atau lebih kamar, atau area terbuka, hingga 60 meter persegi. Kisaran harga: Rp 2.000.000 – Rp 6.000.000

b. Multi-split 

Suatu tipe sistem split, dengan satu unit outdoor yang terhubung ke dua unit indoor atau lebih. Ini bisa menjadi cara yang baik untuk mendinginkan atau memanaskan dua atau tiga kamar yang cukup berdekatan, ketika sistem terpisah terpisah atau sistem tersalurkan tidak dimungkinkan karena keterbatasan ruang.  

c. Ducted

Opsi terbaik untuk kontrol suhu di seluruh rumah besar, ini terdiri dari unit sentral yang dihubungkan oleh saluran ke outlet udara dan sensor di setiap kamar, dengan panel kontrol untuk mengatur suhu target dan zona rumah untuk mendinginkan atau memanaskan . Lihat panduan pembelian AC terpisah untuk informasi lebih lanjut. Kisaran harga: Rp 60.000.000 ketas  

d. Dinding / jendela

Model ini biasanya dipasang di jendela atau dinding eksternal, dan dapat mendinginkan ruangan dan area terbuka hingga 50 meter persegi. Unit yang lebih kecil dapat dihubungkan ke titik daya normal; yang lebih besar mungkin memerlukan kabel tambahan. 

Kami saat ini tidak memasukkan model ini di ulasan kami, karena sekarang ada lebih sedikit di pasaran, karena sistem terbelah lebih efisien dan menjadi lebih terjangkau dalam beberapa tahun terakhir. Kisaran harga: Rp 5.000.000 – Rp 11.000.000

​2. Inverter atau non-inverter?

Setelah memutuskan jenis umum, Anda juga perlu memikirkan apakah akan menggunakan model inverter, dan apakah Anda menginginkan pendinginan dan pemanasan, atau hanya pendinginan. 

a. Inverter  

Model-model ini dapat memvariasikan kecepatan kompresor. Itu berarti kompresor (di unit luar ruang) tidak perlu dinyalakan dan dimatikan secara terus-menerus, tetapi sebaliknya hanya mempercepat atau menurunkan sesuai kebutuhan. Dengan tidak benar-benar harus berhenti dan memulai beberapa kali sehari, ada lebih sedikit tekanan pada kompresor dan lebih sedikit listrik yang digunakan, sehingga model inverter umumnya lebih efisien dan lebih murah untuk dijalankan. Mereka dapat mempertahankan suhu yang diatur dalam rentang yang sempit. Kebanyakan sistem perpecahan di pasaran saat ini adalah model inverter.  

b. Non-inverter 

Juga disebut AC konvensional, kompresor di unit outdoor baik pada daya penuh, atau mati. Kompresor hidup dan mati sesuai kebutuhan. Hal ini dapat menyebabkan lebih banyak kerusakan pada kompresor dan menggunakan lebih banyak daya untuk memulai setiap kali, sehingga model ini tidak efisien untuk dijalankan sebagai model inverter, tetapi dapat lebih murah untuk dibeli.  

c. Reverse-cycle 

Model reverse-cycle dapat digunakan untuk pendinginan di musim panas dan pemanasan di musim dingin. Sementara biaya pembelian dan pemasangan bisa tinggi dibandingkan dengan pemanas listrik, AC siklus balik sebenarnya adalah salah satu bentuk pemanasan yang termurah dan paling efektif untuk ruang besar dalam jangka panjang. Bahkan jika Anda hanya perlu pemanasan selama beberapa hari atau minggu setiap musim dingin, model siklus balik bisa menjadi pilihan terbaik Anda.  

d. Hanya pendingin 

Jika Anda hanya memerlukan AC untuk pendinginan di musim panas (misalnya, jika Anda tinggal di daerah dengan musim panas yang panas dan musim dingin yang ringan, atau jika Anda sudah memiliki sistem pemanas lain di tempat), maka hanya udara pendingin conditioner bisa tepat untuk Anda. Mereka umumnya lebih murah daripada model daur ulang dan biasanya sebaliknya memiliki semua fitur yang sama. Untuk kebanyakan rumah, pendingin sistem AC split-cycle split-system akan menjadi pilihan terbaik.

​3. Jenis-jenis unit indoor

a. Dinding tinggi: bentuk paling umum dari sistem perpecahan, dengan unit dalam yang dipasang tinggi di dinding. Hal ini memungkinkan aliran udara untuk dengan mudah meniup seluruh ruangan, dan udara dingin akan tenggelam dan mendorong udara panas ke atas dan pergi.  

b. Floor-mounted: unit indoor dipasang di dinding tetapi pada tingkat lantai – ini mungkin lebih cocok untuk beberapa ruangan, dan bisa menjadi pilihan yang lebih baik jika Anda terutama menggunakan unit untuk pemanasan, karena udara panas akan keluar pada tingkat Anda dan naik ke langit-langit.  

c. Kaset: ini memiliki unit indoor yang dipasang di langit-langit. Beberapa model dapat dipasang di langit-langit atau di lantai.

​4. Memilih kapasitas yang tepat

Kapasitas pendinginan dan pemanasan (ukuran) dinilai dalam kilowatt (kW). Sebuah ruangan kecil mungkin membutuhkan model 2.5kW, sementara area rencana terbuka besar mungkin membutuhkan 6kW atau lebih. Sangat penting untuk secara akurat menghitung kapasitas pendinginan atau pemanas yang diperlukan dari AC baru Anda. Beberapa pemasang dan kalkulator daring hanya menawarkan analisis sederhana dan mungkin cenderung merekomendasikan kapasitas yang lebih besar dari yang sebenarnya Anda butuhkan. Perhitungan yang tepat memperhitungkan semua detail ruangan: Ukuran ruangan: panjang, lebar dan tinggi.  

Jenis kamar: ruang tamu, ruang tamu terbuka dan dapur, kamar tidur, dll.  Ukuran dan orientasi jendela dan pintu kaca.  Jendela besar yang menghadap ke utara atau barat dapat membiarkan banyak panas di musim panas.  

Tirai jendela.  Isolasi lantai, langit-langit, dan dinding. Iklim setempat. 

Pilih model dengan kapasitas yang sama atau sedikit lebih besar untuk ruangan. Misalnya, jika Anda menghitung ruangan membutuhkan model 6kW, maka carilah pendingin udara dengan kapasitas pendinginan terukur dalam kisaran 6kW hingga 6.5kW (kira-kira). Mungkin ini adalah taruhan yang lebih aman untuk mendapatkan model sedikit di atas kapasitas yang dibutuhkan daripada sedikit di bawahnya, karena sedikit erangan ekstra dapat membantu dalam suhu ekstrim. Tetapi jangan terlalu banyak di atas kapasitas yang dibutuhkan. Model yang terlalu kuat untuk ukuran ruangan dapat menjalankan siklus pendek yang sering untuk mencapai suhu target – yang seperti menekan akselerator di mobil Anda untuk mempertahankan kecepatan daripada menerapkan tekanan stabil. Hal ini dapat menyebabkan ruangan menjadi terlalu dingin atau panas, dehumidifikasi yang tidak memadai (yaitu tidak mengeringkan udara yang cukup. Membuat ruangan terasa kurang nyaman), meningkatkan penggunaan daya dan biaya operasional, dan keausan pada sistem. Model yang kurang bertenaga mungkin harus berjalan lebih sering pada output maksimum, mengeringkan udara terlalu banyak dan Anda juga akan mengalami keausan berlebih.

​6. Menjaga suhu yang wajar

Area Foyer - Lantai 2:  Koridor dan lorong by Likha Interior
Likha Interior

Area Foyer – Lantai 2

Likha Interior

Pada hari yang panas – katakanlah 33 ° C – Anda mungkin tergoda untuk menempatkan AC ke bawah hingga 20 ° C untuk mendapatkan ruang sejuk secepat mungkin. Tetapi jika Anda dapat mengatasi pengaturan suhu pada 25 ° C, Anda tidak hanya akan menghemat keausan pada motor AC, Anda akan menghemat besar pada tagihan energi Anda. Setiap derajat pendingin dapat menambah sekitar 10% untuk biaya operasional. Prinsip yang sama berlaku di musim dingin. Jika 10 ° C di luar, cobalah mengatur suhu dalam ruangan menjadi 18 ° C daripada 25 ° C (dan kenakan jumper jika Anda harus). Itu juga tergantung pada suhu eksternal. Umumnya Anda akan mendapatkan efisiensi yang lebih baik dengan mengincar diferensial suhu maksimum sekitar 8 ° C. Jadi pada hari 35 ° C, atur termostat dalam ruangan Anda menjadi 27 ° C. Secara realistis, kebanyakan orang akan tetap menggunakan suhu yang lebih dingin, tetapi cobalah untuk tidak terlalu jauh melampaui perbedaan 8 ° C itu. Anda mungkin bisa bertujuan untuk diferensial yang lebih besar jika rumah Anda sangat efisien secara termal (terisolasi dengan baik).

​7. Menghilangkan Kelembaban dan Mode kering

Kelembaban yang berlebihan di rumah Anda bisa menjadi masalah nyata. Untuk kelembaban yang terus-menerus, jawaban untuk menghilangkan adalah – apakah model rotor pengering, yang unggul dalam kondisi lembab dingin, atau model pendinginan, yang paling efektif dalam kondisi hangat dan lembab.  AC Anda adalah pilihan yang baik untuk mengendalikan udara lembab yang hangat. Mode pendinginan tidak hanya mendinginkan udara tetapi juga menghilangkan beberapa kelembaban udara, yang membuat udara terasa lebih nyaman. Banyak model juga memiliki mode kering atau anti lembab untuk mengeringkan udara, yang paling baik digunakan ketika udara hangat dan sangat lembab. Kecepatan kipas dalam ruangan berkurang sehingga udara menghabiskan lebih lama bergerak di atas koil pendingin, untuk mengekstrak lebih banyak uap air dari udara. Mode kering dapat menjadi pilihan yang efisien dan efektif dalam kondisi tersebut karena mengurangi kelembapan membuat udara terasa lebih sejuk dan lebih nyaman. Tetapi ketika sangat panas dan hanya cukup lembab, mode pendinginan akan jauh lebih efektif.

​5. Biaya operasional

Peralatan pemanas dan pendingin menyumbang sekitar 40% dari penggunaan energi rumah rata-rata di Australia. Untuk menghemat uang saat menjalankan AC Anda, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan. Ukuran: Memiliki ukuran AC yang benar adalah langkah pertama yang penting Nilai bintang: model dengan lebih banyak bintang akan lebih efisien dan menggunakan daya yang lebih kecil daripada model dengan bintang yang lebih sedikit. Pilihan tinjauan AC menilai masing-masing model untuk mendinginkan dan memanaskan efisiensi lebih tepat daripada peringkat bintang, dan memberikan indikasi biaya operasional untuk setiap model. Jadikan rumah Anda seefisien energi; lihat 10 kiat utama kami untuk menjaga rumah Anda tetap sejuk secara efisien dan efektif. Gunakan mode economy (Eco Mode) jika AC Anda memilikinya. Atur termostat (suhu target) ke suhu yang wajar sehingga sistem tidak harus bekerja terlalu keras dan menggunakan lebih banyak daya daripada yang diperlukan.

Masih belum ingin memasang AC? Anda dapat menata rumah anda agar sejuk, dengan ventilasi maksimal agar tak membubtuhkan AC.

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!