Kids Toilet (Toilet Anak):   by Roemah Cantik

Cara Mendesain Rumah Ramah Anak

Henti Kresdiana Henti Kresdiana
Loading admin actions …

Rumah Indah selalu menjadi dambaan setiap penghuninya, namun lebih jauh rumah harus kembali kepada fungsi awalnya sebagai tempat untuk bernaung dan berlindung. Oleh karena itu penting untuk menciptakan kemananan dan kenyamanan dalam hunian kita.

Anda yang telah berkeluarga dan memiliki Anak, fungsi rumah yang diinginkan tentu berbeda dibanding saat Anda masih sendiri atau baru menikah. Mungkin awalnya kemewahan menjadi prioritas utama, namun seiring berjalannya waktu kenyamanan dan keamanan menjadi sesuatu yang lebih diutamakan. Apalagi saat si buah hati hadir, anda semakin terpicu untuk membangun tata ruang yang lebih baik untuk si kecil beraktivitas.

​Sarana Penunjang

Dunia Anak adalah dunia yang ceria, dinamis dan penuh warna-warni. Sebagai Orang tua kita perlu memahami hal ini dan memfasilitasi rumah yang ramah anak untuk membantu tumbuh kembang si kecil. Tidak melulu mengacu pada kemewahan dan desain yang memukau tapi bagaimana mencipta suasana yang nyaman untuk aktivitas dan berkreasi. Sejumlah hal berikut dapat menjadi perhatian Anda saat hendak mencipta rumah ramah anak, yakni:

-        Ruang terbuka dan luas

Anak-anak senang bergerak bebas dan leluasa. Berlarian di ruangan, bermain petak umpet bahkan bersepeda di dalam rumah. Karena itu sediakanlah ruang terbuka yang cukup luas. Mungkin di bagian ruang keluarga atau di halaman belakang rumah agar mereka dapat bermain dengan bebas.

Bila ruangan tersebut indoor pilihlah furniture-furniture yang lembut, yang tidak rentan membuat mereka cedera saat membentur atau menabraknya. Atau untuk mencegahnya, llapisi bagian ujung furniture yang tergolong runcing dengan bantalan empuk/karet.

Untuk ruangan outdoor, pastikan halaman Anda bebas dari benda-benda tajam atau bahan kimiawi berbahaya di sekitar yang rentan disentuh atau digunakan anak Anda. Pastikan juga untuk selalu menjaga kebersihan halaman rumah demi kenyamanan aktivitas bermain anak.

-        Ruang khusus

Bila memungkinkan sediakan ruang bermain khusus bagi anak. Ruang bisa di dalam kamar tidurnya ataupun ruang yang memang secara khusus dibangun untuknya bermain dan berinteraksi dengan teman-teman sebaya, atau bisa juga halaman rumah. Bahkan bila memungkinkan, Anda bisa menggunakan ruangan ini untuk menggali kreatifitas anak Anda.

Hiasi dinding ruang dengan warna-warna mencolok karena anak-anak biasanya senang dengan warna-warna cerah atau tokoh-tokoh kartun favorite. Pertimbangkan juga untuk menaruh karpet besar di tengah ruangan saat mereka bermain yang membuat mereka duduk dengan lebih nyaman dan leluasa berkreasi baik bersama Anda maupun dengan teman-temannya.

-        Wadah untuk berkreatifitas

Semisal anak Anda senang menggambar, sediakanlah wadah buku gambar, pensil dan crayon untuk berkreatifitas. Sediakan meja kecil untuk duduk dan menggambar/mewarnai. Dampingi dan berilah pujian atas apa yang dikerjakannya. Anda bisa mengajaknya bermain sambil belajar sekaligus.

Taruh hasil lukisan atau prakarya yang telah dibuat pada dinding ruangan atau lemari pajangan sebagai bentuk penghargaan. Ini akan semakin memacu semangatnya untuk berkarya

-        Jauhkan benda/bahan kimia membahayakan

Aktifitas anak yang padat terkadang luput dari pantauan kita. Ini akan membahayakan. Semisal saat mereka bermain ke area dapur mereka ingin meniru apa yang kita kerjakan. Sepeti memotong sayuran/buah. Padahal benda-benda tersebut bukan untuk mainan. Sediakan mainan plastic serupa yang bisa mereka gunakan untuk mengikuti kegiatan kita.

Belum lagi saat mereka mendapati kita menggunakan bahan-bahan kimia seperti pembasmi serangga, pengharum ruangan, dan atau cairan dari pembersih lantai untuk membersihkan ruangan. Pastikan untuk menjauhkan barang-barang tersebut dengan menaruhnya di ruang penyimpanan khusus. Semata-mata ini untuk menghidari anak dari bahaya tertelan saat menyentuhnya.

Selain bahan kimia, Jauhkan barang pecah belah atau simpan di tempat yang tinggi yang sulit untuk dijangkau oleh mereka.

-        Hati-hati dengan kamar mandi/area basah

Anak-anak sangat senang bermain air.  Oleh karena itu pastikan pintu kamar mandi selalu tertutup. Upayakan juga lantai kamar mandi agar selalu kering sehingga saat masuk tidak licin dan membuat terpeleset.

Yang patut lebih diwaspadai adalah jika rumah Anda memiliki kolam renang. Anda harus ekstra hati-hati menjaga buah hati. Pastikan untuk selalu menutup pintu pembatas rumah dengan kolam renang untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Bukankah sudah banyak kasus terjadi karena kelalaian sehingga menelan korban. Begitu juga saat berenang bersama, pastikan untuk memberi pengaman semacam pemapung pada anak Anda, dan jangan pernah biarkan mereka lepas dari jangkauan Anda.

-        Menjaga kebersihan

Upayakan untuk selalu menjaga kebersihan di area sekitar buah hati Anda bermain. Pastikan juga barang-barang/furniture yang ada di sekitar mudah untuk dibersihkan. Semisal dinding ruangan yang menjadi wadah untuk mereka bereksplorasi atau sofa yang bisa dengan mudah dibersihkan dari sisa kotoran yang melekat. Anak sangat rentan terhadap penyakit, lebih baik mencegah daripada mengobati.

​Desain dan Interior

Toilet Anak:   by Roemah Cantik
Roemah Cantik

Toilet Anak

Roemah Cantik

Disamping pertimbangan diatas yang membantu untuk mencipta ruangan ramah anak di rumah, sisi lain yang juga perlu dipertimbangkan adalah desain dan interior. Anda bisa mengkreasikan ruangan yang ramah anak namun tidak out of date.

Dinding

Anak-anak umumya sangat menyukai warna-warna cerah dan terang. Aplikasikanlah warna-warna seperti kuning, pink, ungu terang, pastel, biru cerah atau hijau muda di ruangan tempat anak Anda bermain. Warna akan menentukan kesan dan suasana yang ditimbulkan.

Ajaklah anak untuk memiih warna yang diinginkan. Warna kesukaan akan membuat mereka betah berada di ruangan tersebut. Menambahkan wallpaper di beberapa sisi dengan corak favorite juga dapat membuat ruangan semakin semarak.

Beruntung cat tembok yang beredar di pasaran kini ada yang mudah dibersihkan. Sehingga Anda tidak perlu lagi kuatir dengan hasil karya anak di dinding yang dapat dengan mudah dibersihkan. Cukup membasuh/mencucinya dengan sabun dan kain lap, maka simsalabim… dinding rumah Anda kembali cemerlang.

Anda juga bisa memfungsikan dinding bermain anak layaknya galeri seni dimana semua hasil karya buah hati anda dipajang di sudut tertentu. Bukan hanya membangun kepercayaan diri anak, namun dengan penataan yang baik akan menjadikan ruangan terkesan unik dan menarik.

​Furniture

Area Bermain Anak:   by Vivame Design
Vivame Design

Area Bermain Anak

Vivame Design

Ruang bermain anak tanpa furniture? Tentu akan terasa janggal dan hampa. Ciptakan tema khusus sebelum mengisi ruangan dengan furniture yang sesuai. Selanjutnya pastikan furniture yang terisi di dalam ruangan aman dan ramah. Aman yang dimaksud salah satunya berarti tidak memiliki ujung atau sudut lancip yang bisa melukai anak. Maklum saja anak perempuan maupun laki-laki saat sedang bermain tidak akan memperhatikan lingkungan sekitar hingga tak sadar terbentur atau terjerembab membentur furniture. Akan lebih baik menyiasatinya dengan mengisi ruangan dengan furniture berbentuk bulat, oval atau bersudut tumpul demi mencegah cidera anak.

Selain itu pastikan juga furniture atau sofa terbuat dari jenis kain pelapis sofa yang tahan noda, tahan cakaran namun tetap lembut di kulit buah hati anda yang sensitif. Beberapa jenis kain pelapis yang memiliki sifat seperti itu antara lain kain pelapis sejenis kulit, slip-covered, denim, atau kain sunbrella.

Selanjutnya adalah menentukan warna. Gunakanlah warna-warna gelap atau bold yang “aman” terhadap kotoran. Maklum saja, hampir setiap aktivitas buah hati tak pernah luput dari kotoran dan noda.

​Dekorasi

Pilihlah dekorasi sesuai keinginan bersama, karena ini akan menjadi faktor yang menentukan betah tidaknya Anda dan buah hati berada di ruangan. Semisal Anda menciptakan tema princess, maka buatlah beberapa dekorasi princess di dalam ruangan. Semisal membuat rumah plastik menyerupai istana, atau memasang wallpaper di beberapa sudut dengan gambar-gambar tokoh princess Disney. Atau jika ruangan masih cukup lebar taruhlah beberapa mainan layaknya sebuah playground agar anak Anda seperti merasa berada di sebuah kerajaan. Yang pasti ruangan tidak terlalu penuh sehingga bisa dinikmati oleh Anda dan buah hati dengan nyaman. Tambahkan kostum-kostum princess yang dapat digunakan si buah hati lengkap dengan aksesorisnya. Dan agar semakin menarik aturlah pencahayaan yang mendukung suasana layaknya di sebuah kerajaan. Alternatif tema dekorasi lainnya adalah konsep superhero atau pemain bola yang cocok untuk anak laki-laki. Anda hanya perlu menyelaraskan furniture dan dekorasi sesuai dengan tema.  

Selamat mencoba.

Rumah Bergaya Kafe Dengan Konsep Ramah Anak

Rumah Ramah Anak Yang Penuh Warna

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!