PRIVATE RESIDENTIAL @ NAVAPARK, BSD CITY, TANGERANG:  Ruang Keluarga by PT. Dekorasi Hunian Indonesia (DHI)

Tips Ciptakan Kesan Mewah pada Ruang Tamu di Rumah

Loading admin actions …

Setiap orang tentu ingin memiliki ruang tamu yang nyaman untuk menyambut kehadiran tamu di rumahnya. Begitu pun halnya dengan Anda, bukan? Hal ini wajar, sebab, ruang tamu merupakan salah satu ruangan yang dapat mencerminkan kepribadian sang pemilik rumah. Nah, berbicara seputar hal ini, ruang tamu mewah termasuk salah satu yang banyak difavoritkan. Alasannya sederhana. Ruang tamu dengan desain mewah dan elegan akan mempesona siapapun yang melihatnya. Dengan begini, tamu pun betah berkunjung lebih lama.

Furnitur yang dipilih memang menjadi salah satu poin penting penentu tampilan akhir ruang tamu Anda. Meski begitu, untuk menciptakan desain ruang tamu yang mewah serta glamor, Anda tidak harus memilih furnitur yang serba mahal, kok. Berhentilah beranggapan bahwa kesan mewah dan elegan hanya bisa tercipta dengan furnitur dan unsur interior yang menguras kantong.

Berapa pun budget Anda, Anda bisa, kok, menciptakan desain ruang tamu yang mewah dan terlihat elegan. Kuncinya, manfaatkan material dengan harga terjangkau, namun dapat memberikan sentuhan nuansa mewah.

Nah, pada Buku Ide berikut, Anda akan temukan lebih banyak tips untuk membuat ruang tamu Anda terkesan mewah. Yuk, simak!

1. Definisikan Ruang Tamu Mewah Versi Anda

Pertama-tama, Anda perlu menerjemahkan terlebih dulu apa arti kemewahan itu sendiri. Seperti apa ruang tamu mewah yang sesuai keinginan dan kepribadian Anda. Sebab, definisi mewah bagi tiap orang juga berbeda. 

Menurut Ralph Lauren dan Carolyne Roehm, definisi mewah untuk dekorasi rumah dan ruangan berarti terdapat unsur passion, petualangan, kegembiraan, dan asmara. Mewah juga bisa berarti canggih, elegan, indah, serta berani. Sehingga, bisa disimpulkan bahwa mewah berarti menonjol. Ini berarti, ruang tamu yang mewah itu pastilah tertata rapi dan teratur.

Menata ruang tamu dengan rapi sangatlah penting sebagai langkah pertama yang perlu Anda lakukan. Jadi, letakkan setiap barang pada tempatnya. Selain itu, jagalah kebersihan ruang tamu setiap waktu. Bersihkan debu dari setiap permukaan perabot seperti meja, kursi dan lainnya, agar selalu tampak mengkilap.

​2. Perhatikan Tiap Elemen yang Terdapat di Ruang Tamu

LP House:  Ruang Keluarga by ARF interior

Setelah menentukan sendiri definisi mewah yang Anda kehendaki, langkah mendesain ruang tamu agar tampak mewah selanjutnya yakni memerhatikan setiap elemen yang terdapat di ruang tamu Anda. Contohnya, seperti yang disebutkan dalam poin pertama, di mana Anda perlu selalu menjaga kebersihan dan kerapian ruang tamu agar terlihat mengkilap dan mewah.

O, iya. Dengan pengamatan yang baik pada tiap elemen di ruang tamu, Anda bisa mengetahui mana elemen yang perlu direnovasi, direlokasi, atau diredekorasi. Lagi-lagi, tujuannya tentu untuk menghadirkan kesan mewah dalam ruang tamu Anda. Tips dalam memerhatikan detail elemen agar tercipta kesan ruang tamu mewah: 

  1. Memperhatikan material lantai ruang tamu. Material lantai yang menggunakan tegel lama cenderung lebih sulit untuk menciptakan kesan mewah. Jadi, ada baiknya Anda menggantinya dengan material lain seperti keramik yang bermotif marmer. Ketimbang tegel, lantai marmer tentu lebih bisa menghadirkan kesan mewah dan elegan pada ruang tamu Anda. 
  2. Memilih cat dinding berwarna terang. Setelah lantai kini Anda perlu untuk memerhatikan elemen desain interior yakni dinding ruang tamu. Untuk menciptakan kesan yang luas maka warna cat haruslah terang atau warna pastel. Sedangkan warna gelap justru akan memberikan kesan sempit. Bila mau, Anda juga boleh memasang cermin di salah satu sisi dinding karena pantulannya memberikan kesan ruangan yang luas. 
  3. Menyiasati plafon ruang tamu. Plafon juga menjadi elemen yang perlu diperhatikan. Agar tercipta kesan ruang tamu mewah, Anda bisa menyulap plafon dengan memasang lampu gantung atau memasang LED di ruang tamu Anda. Seketika, lampu gantung yang Anda pasang akan membuat plafon tinggi terlihat lebih proporsional. Dengan begini, tiap elemen interior di dalam ruang tamu tampak lebih harmonis.

Ingat bahwa kesan mewah tidak harus berarti mahal! Menggunakan furnitur custom yang fungsi dan desainnya disesuaikan dengan ruangan sangat membantu. Ruang tamu mewah di samping ini contohnya. Intip seisi rumah yang berkesan mewah dengan sentuhan kayu ini dan buktikan sendiri!

3. Manfaatkan Barang yang Harganya Terjangkau

Interior - Ruang keluarga:  Ruang Keluarga by SODA Indonesia
SODA Indonesia

Interior – Ruang keluarga

SODA Indonesia

Kesan mewah memang kerap kali diidentikkan dengan semua hal yang terlihat berkilau. Namun, perlu diingat, kilau sendiri tidak melulu serta-merta memberikan sentuhan nuansa mewah, lho. Apalagi bila kilaunya terlalu berlebihan dan tampak tidak wajar. 

Jadi, bila Anda tidak ingin ruang tamu di rumah terlihat membosankan akibat kilau barang-barang yang terlalu berlebihan, ingat untuk selalu memerhatikan keseimbangan interior agar kesan mewah yang tercipta tampak menawan dan mengesankan, ya.  

Caranya, pandai-pandailah menyeleksi perabot dan hiasan yang hendak dipajang di ruang tamu Anda. Anda bisa menempatkan beberapa barang berbahan Kristal atau kaca bening. Kabar baiknya, kini barang-barang semacam ini bisa Anda dapatkan dengan harga yang cukup terjangkau di berbagai toko online, lho.

​4. Memakai Produk Mewah yang Sederhana

PRIVATE RESIDENTIAL @ NAVAPARK, BSD CITY, TANGERANG:  Ruang Keluarga by PT. Dekorasi Hunian Indonesia (DHI)
PT. Dekorasi Hunian Indonesia (DHI)

PRIVATE RESIDENTIAL @ NAVAPARK, BSD CITY, TANGERANG

PT. Dekorasi Hunian Indonesia (DHI)

Produk mewah tapi sederhana, bagaimana bisa? Bisa, kok. Maksudnya, Anda bisa menempatkan produk branded alias bermerek yang model serta desainnya sederhana. Karena, kesan mewah  dan elegan tak jarang justru muncul dari kesederhanaan desain suatu benda, lho. Banyak produk branded yang diciptakan dengan desain sederhana namun justru menonjolkan kemewahannya sendiri.

Trik ini memang mengaplikasikan cara yang cukup kontras dengan poin ketiga di mana Anda disarankan menggunakan barang-barang dengan harga terjangkau. Meski begitu, cara ini juga menjadi langkah cerdas untuk berinvestasi. Kita ambil contoh Anda membeli sebuah meja marmer asli persegi panjang untuk ruang tamu.

Meja marmer mungkin membuat Anda merogoh kocek, namun seiring berjalannya waktu, marmer akan menjadi barang antik yang nilainya justru bertambah. Selain itu, furnitur berbahan marmer jarang terlihat mentereng dan terlalu mencolok. Jadi, ada kesan mewah nan etnik yang tercipta dari marmer tersebut. Namun, Anda juga bebas memilih barang branded lainnya sesuai keinginan untuk menciptakan ruang tamu mewah impian Anda.

​5. Memilih Warna Tepat untuk Dekorasi dan Furnitur

Living Room:  Ruang Keluarga by AIRE INTERIOR
AIRE INTERIOR

Living Room

AIRE INTERIOR

Segala elemen yang ada di ruang tamu memang berperan penting untuk menciptakan kesan ruang tamu mewah. Namun, apabila ingin membuat ruang tamu terlihat mewah secara menyeluruh, maka kuncinya ada pada pemilihan warna untuk dekorasi dan furniturnya. Sebab, seperti yang Anda tahu, jenis-jenis warna tertentu dapat menciptakan kesan mewah dan hal ini tidak dimiliki warna lainnya.

Beberapa contoh perpaduan warna dan objek yang dapat memberi sentuhan kesan mewah di antaranya hiasan berupa porselen putih dan biru, sutra berwarna merah dan biru yang bisa diaplikasikan untuk gorden, beludru tebal yang berwarna emas, ungu atau hijau sayuran yang juga cocok untuk gorden. Semua ini cukup efektif untuk menciptakan kesan ruang tamu mewah.

Dan, yang perlu dicatat ialah kesan mewah tak harus selalu mengikuti tren paling baru. Anda dapat mengaplikasikan gaya yang klasik dan tradisional untuk menciptakan nuansa mewah pada ruang tamu Anda. Pasalnya, berbicara tentang kemewahan sebenarnya adalah tentang kualitas, dan bukan sekadar kuantitas.

Itu pula sebabnya mengapa akan lebih baik jika Anda tidak menaruh terlalu banyak barang dan perabot untuk ruang tamu mewah Anda. Barang yang terlalu banyak pada ruang tamu justru akan membuat ruangan itu terkesan penuh sesak. Kurangnya ruang gerak juga turut menghilangkan kesan mewah pada ruang tamu, lho.

Alasan Mengapa Menciptakan Ruang Tamu Mewah Membutuhkan Konsep Sederhana

desain interior dapur:  Unit dapur by Wahana Utama Studio
Wahana Utama Studio

desain interior dapur

Wahana Utama Studio

Ruang tamu menjadi ruangan yang merepresentasikan kepribadian dan kehidupan Anda sebagai pemilik rumah. Jadi, dengan melihat ruang tamu Anda, orang akan mendapatkan gambaran mengenai kehidupan keseharian yang Anda jalani. Sehingga, menciptakan kesan mewah pada ruang tamu tidak melulu soal menampilkan barang-barang mahal.

Coba terapkan konsep sederhana berikut untuk mewujudkan ruang tamu mewah versi Anda:

- Pilih desain interior klasik yang pesonanya elegan dan tidak lekang oleh waktu. 

- Perhatikan bagaimana Anda memberi sentuhan keanggunan secara halus, lembut, dan proporsional pada ruang tamu di rumah kesayangan Anda. 

- Pastikan Anda memadupadankan tiap elemen interior dengan apik.

Nah, itulah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menciptakan nuansa ruang tamu mewah. Oh, iya. Satu hal terakhir yang tak kalah penting, ingat untuk menyesuaikan kebutuhan desain interior ruang tamu dengan anggaran yang dimiliki, ya. Hindari memaksakan diri untuk merealisasikan konsep tertentu apabila budget yang ada belum memungkinkan. Akhirnya, selamat mewujudkan ruang tamu mewah a la Anda. Good luck!

Bagaimana? Siap wujudkan ruang tamu mewah versi Anda sendiri? Beri tahu kami di kolom komentar!
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!