by homify

Manfaat dan Cara Merawat Lap Microfiber

Dyah Swastantika Dyah Swastantika
Loading admin actions …

Bersih-bersih rumah wajib dilakukan secara teratur demi menjaga kesehatan seluruh penghuni rumah, dan demi memelihara penampilan tempat tinggal kita. Dalam aktivitas membersihkan rumah kita bukan hanya membutuhkan obat pembersih, namun juga kain lap untuk menghapus noda, debu, dan kotoran. Akan tetapi sering kali kain lap katun yang biasa kita pakai tidak bisa membersihkan kotoran secara sempurna, sehingga aktivitas bersih-bersih rumah jadi sia-sia dan memerlukan lebih banyak waktu karena harus dilakukan pembersihan ulang. Kita perlu mempertimbangkan pemilihan alat pembersih yang tepat, mampu membersihkan segala macam kotoran dengan sekali usap, dan mudah dibersihkan. Pada artikel kali ini homify menawarkan satu piranti pembersih yang sangat beragam kegunaannya, yaitu lap microfiber. Apakah keunggulan lap microfiber dibandingkan lap kain, dan bagaimana cara merawatnya? Semua akan dibahas singkat di artikel ini.  

1. Apa itu lap microfiber?

  by homify

Lap microfiber secara harafiah bisa diartikan sebagai kain pembersih yang terbuat dari bahan microfiber. Sedangkan microfiber adalah istilah untuk serat halus yang dihasilkan dari teknologi microfiber, yaitu benang berukuran kurang dari 1 denier per filament. Diameter serat halus ini hanya sekitar 0,006 mm, atau 100 kali lebih kecil daripada rambut manusia, 40 kali lebih halus dari serat wol, 30 kali lebih kecil daripada serat katun, dan 10 kali lebih kecil daripada serat kain sutra. Lap microfiber yang banyak digunakan saat ini umumnya terbuat dari campuran 20% nylon dan 80% polyester. Nylon bertugas untuk menyerap air, sedangkan polyester akan mengikat butiran kotoran atau minyak secara sempurna. Dalam kehidupan sehari-hari, serat polyester yang sudah ditenun dimanfaatkan sebagai kain seprei, kelambu, dan bed cover.

2. Lap microfiber vs lap PVA

  by BOOK A TIGER
BOOK A TIGER

Fenster reinigen (lassen!)

BOOK A TIGER

Mungkin ada sebagian pembaca yang mengira lap microfiber adalah lap PVA (kanebo) yang sering dipakai untuk menyerap air saat tahap akhir pencucian mobil atau sepeda motor. Ternyata, dua jenis lap ini ada perbedaannya. Bila lap microfiber terbuat dari paduan antara nylon dan polyester, maka lap PVA terbuat dari polivinil asetat atau semacam polimer karet sintetis. PVA juga banyak dijual bebas dalam bentuk cair sebagai lem kayu dan digunakan sebagai bahan perekat di berbagai industri rokok dan percetakan buku. Itulah mengapa lap PVA terasa kenyal dan lengket kalau diraba. 
Sementara di sisi lain, lap microfiber terbuat dari bahan polyester yang memiliki karakter tidak berubah bentuk bila kena panas dan memiliki daya serap air yang lebih rendah kalau dibandingkan dengan lap PVA. Dari segi harga, keduanya juga tidak beda jauh. Lap microfiber saat ini ditawarkan dengan harga Rp 10 ribu sampai Rp 45 ribu, sedangkan harga lap PVA umumnya berkisar antara Rp 15 ribu sampai Rp 62 ribu. Harga tergantung ukuran lap dan apakah lap dilengkapi dengan wadah penyimpanan atau tidak. Umumnya lap microfiber lebih banyak digunakan untuk keperluan rumah tangga, sedangkan lap PVA lebih sering dipakai untuk kendaraan bermotor.

3. Varian produk pembersih dari bahan microfiber

  by homify

Berikut ini adalah beberapa alat pembersih dari bahan microfiber yang akan membantu Anda menciptakan suasana bersih dan higienis di rumah: 

1. Keset microfiber 
Keset microfiber bisa jadi alternatif selain keset katun tradisional. Keset microfiber bertekstur lebih lembut, dan berdaya serap tinggi sehingga cocok sebagai keset kamar mandi. Lapisan terbawah keset microfiber biasanya dilengkapi dengan karet untuk menghindari risiko terpeleset. Bila keset microfiber diletakkan di pintu depan, keset akan membantu membersihkan alas kaki para penghuni rumah sebelum mereka melangkah masuk. Keset microfiber bisa dicuci dengan tangan atau mesin cuci. 

2. Kemoceng microfiber 
Dibandingkan kemoceng tradisional dari bulu ayam, kemoceng microfiber lebih efektif untuk membersihkan debu di tempat yang sulit dijangkau. Kemoceng microfiber tidak membuat debu tersebar ke area lainnya, melainkan menarik debu ke dalam seratnya. Kemoceng microfiber cocok sebagai alat kebersihan bagi mereka yang mempunyai alergi terhadap debu. 

3. Kain lap microfiber
Lap microfiber adalah alat pembersih serbaguna dengan berbagai kelebihan yang akan dijelaskan di poin berikutnya. 

4. Kelebihan lap microfiber

 Jendela by BOOK A TIGER
BOOK A TIGER

4. Feinschliff

BOOK A TIGER

Bila dibandingkan dengan lap biasa, harga lap microfiber memang sedikit lebih mahal. Akan tetapi, beberapa kelebihan berikut ini tidak dimiliki lap dari bahan kain atau bahan lainnya. 

1. Bila dibandingkan dengan lap biasa, lap microfiber empat kali lebih efektif karena adanya sekitar 200 ribu serat per inci persegi. 

2. Lap microfiber bisa dipakai untuk membersihkan lantai tanpa larutan pembersih apa pun. Cukup basahi lap microfiber dengan air, lalu gunakan untuk mengepel lantai. Dengan demikian, menggunakan lap ini adalah bagian dari upaya menjaga kelestarian lingkungan karena meminimalisir pemakaian bahan kimia secara berlebihan untuk keperluan sehari-hari. 

3. Kain pel microfiber juga lebih besar daripada kain pel biasa dan dapat menjangkau sudut-sudut ruangan yang sering kali terlewatkan saat menggunakan kain pel konvensional. 

4. Lap microfiber dapat menyerap kotoran yang beratnya 7 sampai 8 kali dibandingkan lap microfiber itu sendiri. Kemampuan ini membuat lap microfiber ampuh untuk membersihkan segala jenis kotoran, baik debu, ceceran minyak, air, bahkan sisa sabun. 

5. Material lap microfiber membuatnya lebih cepat kering dibandingkan lap biasa. Dengan demikian, bakteri akan lebih sulit tumbuh dan berkembang pada lap jenis ini. 

6. Lap dari bahan microfiber juga lebih tahan lama. Bisa digunakan dan dicuci sampai beberapa kali sebelum serat microfiber kehilangan elastisitasnya dalam menyerap kotoran. 

7. Kain pembersih berbahan microfiber cocok untuk membersihkan segala jenis barang berbahan dasar kayu. plastik, kaca, keramik, dan logam. Selain sebagai alat pembersih perabotan rumah tangga, lap microfiber juga bisa dipakai untuk membersihkan jendela kaca, meja dapur, vas dan barang hiasan berbahan keramik lainnya, perhiasan, bahkan kendaraan bermotor. Serat lap yang lembut juga menjaga cat kendaraan bermotor agar tahan lama. 

8. Kain pembersih microfiber juga membantu menjaga kesehatan para penghuni rumah, menghemat pengeluaran membeli bahan pembersih, dan membantu menghemat waktu yang diperlukan untuk bersih-bersih rumah.  

5. Cara merawat lap microfiber

SMART DESIGN FOR LIMITED SPACE @ THE WAVE, EPICENTRUM, KUNINGAN:  Ruang Keluarga by PT. Dekorasi Hunian Indonesia (DHI)
PT. Dekorasi Hunian Indonesia (DHI)

SMART DESIGN FOR LIMITED SPACE @ THE WAVE, EPICENTRUM, KUNINGAN

PT. Dekorasi Hunian Indonesia (DHI)

Seperti bahan-bahan lainnya, lap microfiber perlu dirawat agar lebih tahan lama. Kita juga bisa menghemat pengeluaran karena tidak perlu sering mengganti lap microfiber yang lama dengan yang baru. Berikut ini adalah sejumlah cara untuk merawat lap microfiber: 

1. Segera cuci lap microfiber setelah digunakan, karena kain microfiber yang kotor bisa menggores permukaan benda yang dibersihkan. Gunakan sedikit deterjen tanpa bau dan tidak mengandung bahan pewarna. Jangan gunakan bahan pemutih untuk mencucinya, karena bahan kimia dalam pemutih bisa merusak serat microfiber. Penggunaan softener dan pewangi pakaian untuk mencuci kain microfiber juga tidak disarankan. Bila kain microfiber baru saja dipakai untuk membersihkan area yang sangat kotor, gunakan air hangat untuk mencucinya dan rendam selama satu jam sebelum dikucek atau dicuci dengan mesin cuci. Jangan gunakan air panas atau air mendidih untuk mencuci kain microfiber, karena serat microfiber bisa meleleh atau terbakar bila terpapar temperatur yang terlalu tinggi. 

2. Cuka adalah bahan pembersih alami yang sangat ampuh, namun tidak disarankan mencuci kain microfiber dengan larutan cuka, jeruk nipis, atau bahan pembersih alami lainnya. 

3. Cuci kain microfiber secara terpisah, baik bila dicuci dengan tangan atau mesin cuci. Hal ini karena kain microfiber mampu menyerap segala jenis kotoran. Bila dicuci bersamaan dengan kain lap lainnya, ada kemungkinan kotoran dari kain lap itu menempel di kain microfiber. Gunakan durasi paling singkat bila mencuci kain microfiber dengan mesin cuci. 

4. Keringkan kain microfiber yang telah dicuci dengan cara dijemur di tempat teduh. Jangan menjemur kain microfiber di bawah sinar matahari langsung, karena panas matahari yang terlalu menyengat bisa merusak serat microfiber. Mengeringkan kain microfiber dengan pengering tidak dianjurkan. 

5. Sesuaikan penggunaan kain microfiber untuk tiap keperluan yang berbeda. Kain lap microfiber untuk membersihkan meja dapur sebaiknya tidak digunakan untuk membersihkan perabotan, demikian juga sebaliknya. Kain microfiber untuk membersihkan sisa air pada kendaraan bermotor sesudah dicuci sebaiknya juga berbeda. 

6. Kain microfiber bisa tahan sampai 100 kali pencucian. Bila tekstur kain microfiber sudah tidak kasar dan mulai terasa seperti lap basah biasa, ini pertanda Anda harus membeli kain lap microfiber baru. 

Tidak punya cukup waktu untuk bersih-bersih rumah? Hubungi saja profesional kami di sini. 

Apakah pengalaman Anda saat menggunakan lap microfiber sebagai alat kebersihan di rumah? 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!