Villa Bali:  Kamar Mandi by JESSICA DESIGN STUDIO

Cara Memasang Keramik Dinding

Marda Faqruradi Marda Faqruradi

Tanya harga

Invalid number. Please check the country code, prefix and phone number
Dengan mengklik 'Kirim' saya mengkonfirmasi bahwa saya telah membaca dan menyetujui Kebijakan Privasi bahwa informasi saya akan diproses.
Catatan: anda dapat mencabut persetujuan tersebut kapan saja dengan mengirim email ke privacy@homify.com.
Loading admin actions …

Memasang keramik dinding yang sukses menjamin kinerja yang bebas masalah selama bertahun-tahun dan meningkatkan nilai dan keindahan rumah Anda. Keramik dinding sangat cocok dipasang di kamar mandi maupun dapur. Untuk memasang ubin dengan benar, perencanaan yang matang sangat penting. Untuk hasil terbaik, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

·         Tahapan Pelaksana Pekerjaan

·         Tata Letak

·         Pengaturan Tata Letak Keramik

·         Penempelan & Penggabungan

Baca dengan cermat semua instruksi sebelum memulai pemasangan ubin Anda. Tutorial kali ini hasil kontribusi profesional homify Robertus Taufan Rahadian, dari NY Project yang berbasis di Tangerang. Memasang ubin keramik membutuhkan berbagai alat. Cara memasang keramik tidak bisa digeneralisasi, misalnya memilih keramik untuk kamar mandi saja pun tidak sama, tergantung kegunaannya.

Sebelum memulai pemasangan ubin Anda, silakan cek dengan peritel Anda tentang membeli atau menyewakan alat khusus apa pun yang mungkin belum Anda miliki.

Peralatan yang digunakan memasang keramik adalah sebagai berikut:

1. Waterpas

2. Sipatan+Unting-unting

3. Kape + Roskam Bergerigi

4. Sendok semen + benang

5. Palu karet + jidar

6. Lem Adhesive keramik

7. Nat Keramik

8. Spacer plastik

1.. Tahap/proses persiapan pekerjaan

"BEACH" concept for kids bedroom:  Kamar Mandi by AIRE INTERIOR
AIRE INTERIOR

BEACH concept for kids bedroom

AIRE INTERIOR

I. Tahap/proses persiapan pekerjaan

a. Kesesuaian spesifikasi material dengan area kerja (shopdrawing-merk, warna dan kode pabrifikasi). Periksa secara random material kedatangan dan disesuaikan dengan spesifikasi material

b. Kesiapan area kerja (markingan, leveling) dan kerapian instalasi m/e. instalasi m/e harus ditutup dengan kawat ayam plus paku

c. Membuat marking dan starting point dari keramik secara vertikal dan horizontal

Selain itu, sebelum pasang keramik kita harus pastikan semua permukaan yang akan dikeringkan bersih, halus, kering dan bebas dari lilin, kotoran sabun dan lemak. Setiap area yang rusak, longgar atau tidak rata harus diperbaiki, ditambal, dan diratakan. Hapus semua cetakan, trim, peralatan, dll. Yang dapat mengganggu pemasangan. Gerbang pintu mungkin dilemahkan untuk ubin agar tergelincir.

2. Tata Letak

Ketika menumpuk dinding, bak mandi, atau area shower, mulailah dengan menemukan titik pusat dinding. Gunakan tingkat untuk menggambar garis tegak lurus di tengah-tengah dinding.

Luruskan sebaris ubin lepas di bagian bawah dinding dari garis tengah, sisakan sambungan seragam di antara ubin.

Jika ubin Anda memiliki pemisah yang tidak terpisahkan, ubin dapat dipisah untuk secara otomatis meninggalkan 1/16 bagian sambungan yang konsisten. Jika tata letak ini meninggalkan potongan kecil (kurang dari 1/2 ubin) di dinding kemudian menyesuaikan garis tengah plumb setengah ubin lebih dekat ke dinding samping.

Sekarang tentukan titik terendah dari lantai (atau bak) secara horizontal dengan menggunakan level. Tumpuk dua ubin di sini, dan di bagian atas gambar garis horizontal di dinding. Dengan level, lanjutkan garis di sekeliling semua dinding samping menjadi ubin. Baris ini adalah pedoman untuk baris pertama dari ubin yang ditetapkan di atas.

Mulailah memasang ubin ke tengah dinding di atas panduan horizontal. Pasang setengah bagian dinding belakang sekaligus. Setel dua baris bawah terakhir. Potong dan pas ubin bawah terhadap lantai (atau bak) jika tidak tingkat. Tinggalkan celah 1/8 di atas bak untuk mendempul untuk menyegel bak.

Ulangi proses di atas untuk dinding samping. Tandai di luar garis ubin pada dinding yang tidak akan sepenuhnya ubin untuk menyebarkan perekat.

Tinggalkan ubin tempat Anda berencana untuk memasang aksesori keramik (tempat sabun, batang handuk, dll.) Gunakan potongan bullnose untuk menyelesaikan tepian di dinding jika perlu.

Tata Letak Lantai

Ketika ubin lantai, mulailah dengan menandai titik-titik pusat dari keempat dinding. Jepitkan garis kapur antara titik-titik pusat dari dinding yang berseberangan. Garis-garisnya akan berpotongan di tengah ruangan. Pastikan garis-garisnya membentuk persegi yang sempurna dan sesuaikan jika perlu.

Letakkan sebaris ubin lepas di sepanjang garis tengah di kedua arah, sisakan ruang untuk sambungan seragam di antara ubin (gunakan spacer ubin).

Jika tata letak ini meninggalkan potongan kecil (kurang dari 1/2 ubin) di dinding, kemudian sesuaikan garis tengah dengan menjepit garis kapur baru setengah ubin lebih dekat ke dinding. Ulangi proses ini di sepanjang garis tengah yang lain, sesuaikan seperlunya.

Sekarang bagilah ruangan menjadi kisi-kisi yang lebih kecil yang ditandai dengan garis kapur tambahan sejajar dengan garis tengah. Untuk menyesuaikan dimensi yang tepat dari kisi-kisi ini, layout luas ubin kira-kira 2 x 3 dimulai di tengah ruangan di sepanjang garis tengah. Gunakan spacer ubin atau tinggalkan sambungan yang sama di antara ubin. Ukur grid ini dan gunakan dimensi untuk setiap kotak yang lebih kecil di seluruh ruangan.

Mulailah memasang ubin di tengah ruangan. Instal seperempat ruangan, seperempat setiap saat. Selesaikan setiap grid sebelum pindah ke yang berikutnya. Potong dan paskan ubin perimeter di setiap kotak terakhir. Sisakan celah 1/4 antara ubin dan dinding.

Jangan berjalan di atas ubin segar selama sekitar 24 jam hingga mengeras

Tata Letak Konter Atas

Saat memasang konter, susun ubin dari depan ke belakang. Mulailah dengan counter trim kemudian setel petak di baris pertama yang bekerja kebelakang, jadi semua potongan dibuat di baris belakang terhadap dinding.

Jepret garis kapur paralel pada substrat sesuai kebutuhan untuk menjaga baris tetap lurus.

Untuk backsplash, cocokkan sendi dengan ubin konter atas. Mulailah dengan ubin penuh di konter, kerjakan agar semua potongan dibuat di baris atas di bawah lemari. Gunakan potongan trim sudut petak pada dinding atau sisi datar. Keramik konter atas harus memiliki backsplash ubin setidaknya tinggi empat inci untuk perlindungan.

3. Pengaturan Keramik

Variasi warna dan tekstur merupakan karakteristik yang melekat pada ubin keramik. Untuk efek campuran, campurkan ubin dari beberapa karton saat Anda mengatur.

·         Ubin langit-langit sebelum dinding.

·         Ubin dinding sebelum lantai.

·         Ubin konter atas sebelum backsplash.

Perekat dan Mortir

Penting untuk menggunakan adukan atau perekat yang tepat untuk substrat tertentu (permukaan) untuk memastikan ikatan yang tepat

Setelah Anda memilih perekat atau adukan semen yang tepat, baca semua instruksi dan tindakan pencegahan pada paket sebelum menggunakan. Campurkan thinset atau mortir sesuai dengan petunjuk pada paket. Campurkan hanya cukup untuk digunakan dalam 30 menit. Perekat ubin dinding pra-campuran dapat diaplikasikan langsung dari kaleng tanpa pencampuran. Tentukan jenis trowel yang tepat (V atau square-notch) dan ukuran yang tepat (kedalaman takik) untuk jenis ubin yang Anda tetapkan.

Menerapkan Perekat

Sebarkan lapisan perekat setebal 1/4 ke permukaan satu area jaringan menggunakan sisi datar sekop. Jangan menutupi pedoman. Ketika selesai, segera gunakan sisi takik dari sekop untuk menyisir perekat ke dalam tonjolan berdiri dengan memegang sekop pada sudut 45 derajat, bersihkan sisa-sisa adhesif, biarkan pengaturan tempat tidur seragam dan bergerigi, tidak ada area yang lebih luas daripada yang bisa diatur dalam 15 menit.

Pengaturan Keramik

Setelah menentukan perekat dan adukan yang sesuai, mulailah mengatur ubin. Mulailah dengan ubin pertama di sudut kisi dan kerjakan ke luar. Tetapkan ubin satu per satu menggunakan gerakan memutar sedikit. Jangan geser ubin ke tempatnya. Masukkan spacer ubin karena setiap ubin disetel, atau sisakan sambungan yang sama di antara ubin. Lanjutkan hingga semua ubin di dalam kotak disetel. Ketika grid benar-benar terpasang, ketuk ubin dengan palu karet atau palu dan balok kayu untuk memastikan ikatan yang baik dan bidang datar.

Hilangkan perekat berlebih dari sendi dengan pisau dempul dan dari permukaan ubin dengan spons basah sebelum pindah ke grid berikutnya. Setiap grid harus diinstal dengan benar dan lengkap dalam garis grid tata letak untuk instalasi keseluruhan yang sukses.

Memotong Keramik

Ukur ubin untuk dipotong dengan hati-hati dan tandai dengan pensil atau pena tip. Tepi yang terlalu tajam dapat dihaluskan dengan batu carborundum. Buat potongan lurus atau diagonal menggunakan pemotong ubin. Buat potongan melengkung kecil dengan pinset. Sisihkan potongan-potongan kecil untuk hasil terbaik. Buat potongan melengkung panjang penuh dengan batang gergaji. Sabun piring, handuk bar, pemegang kertas, dll harus diatur dalam ruang yang ditinggalkan untuk mereka.

Terapkan suhu ruangan, penyekat silikon vulkanisir ke bagian belakang setiap aksesori. Posisikan di atas lubang dan tekan dengan kuat. Bersihkan sisa-sisa silikon yang mungkin telah bocor keluar dari samping. Gunakan selotip untuk menahan di tempatnya dan mencegah selip selama waktu penyembuhan. Setelah 24 jam, lepaskan pita dan tepi perimeter nat.

4. Memasang Sambungan

Sebelum memasang sambungan, ubin harus diatur dengan baik untuk mencegah putusnya ikatan. Rujuk ke paket perekat untuk waktu tertentu. Umumnya, Anda harus menunggu sekitar 24 jam sebelum memasang. 

Baca dengan cermat semua instruksi dan tindakan pencegahan pada paket. Campurkan nat sesuai petunjuk. Buat hanya cukup untuk digunakan dalam waktu sekitar 30 menit. Kenakan sarung tangan pelindung untuk melindungi kulit Anda.

Sebarkan nat campuran pada permukaan ubin, paksa nat ke dalam sendi dengan pelampung nat karet. Miringkan apungan pada sudut 45 derajat untuk membantu aksi pemadatan.

Hapus nat berlebih dari permukaan segera dengan tepi apungan. Mengapung miring pada sudut 90 derajat dan mengikisnya secara diagonal di ubin. Lanjutkan proses pemadatan, lalu gesek kelebihan, sampai tergabung selama sekitar 30 menit atau ketika campuran mulai mengeras.

Buang campuran nat yang kaku dan mulai prosedur pembersihan.

Alternatif Lain Cara Memasang Keramik Dinding

Ini ada alternatif lain mengenai tahap-tahap memasang keramik dinding:

1. Tahap/Proses Pelaksanaan Pekerjaan

a. Pemasangan keramik dengan menggunakan tile adhesive (lem yang diisyaratkan spesifikasinya)

b. Pemolesan tile adhesive dengan ketebalan +/- 5 mm dengan menggunakan roskam bergerigi 

c. Setelah diletakkan, kemudian dipukul secara perlahan dengan palu karet, pemukulan ini bertujuan untuk memadatkan rekatan dan menghindari kekosongan (kopong) pada pasangan keramik. 
d. Pemasangan tetap dikontrol kelurusannya dengan jidar aluminium hingga dapat susunan yang rapi, menggunakan spacer untuk kerapian pemasangan antar keramik

e. Setelah keramik terpasang serta fixture dan perangkat kamar-mandi/wc telah terpasang, maka bersihkan keramik terpasang dari sisa lem.

f. langkah akhir adalah pemasangan nat (sesuai spesifikasi teknis yang diisyaratkan)

2. Tips-tips Untuk Memasang Keramik

a. Hindari pemasangan yang menyebabkan permukaan keramik menjadi timbul/terdapat celah. Solusi: Lakukan penyortiran dari awal terhadap material yang akan dipasang.

b. Hindari pemasangan keramik yang miring di area sudutan akibat plesteran yang tidak siku Solusi: Lakukan pemeriksaan kesikuan area sudutan ruangan sebelum memasang keramik

c. Hindari pemasangan nat keramik yang rata permukaan. Solusi: pada saat pekerjaan berlangsung, nat keramik yang dalam kondisi 1/2 setting (mengering) ditarik dengan kawat tembaga agar hasilnya berada diantara keramik.

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!