partisi:   by 0818385925

Tips Memilih Pembatas Ruang untuk Rumah Minimalis Anda

Tanya harga

Invalid number. Please check the country code, prefix and phone number
Dengan mengklik 'Kirim' saya mengkonfirmasi bahwa saya telah membaca dan menyetujui Kebijakan Privasi bahwa informasi saya akan diproses.
Catatan: anda dapat mencabut persetujuan tersebut kapan saja dengan mengirim email ke privacy@homify.com.
Loading admin actions …

Seperti yang Anda tahu, dewasa ini, umumnya rumah dibangun dalam ukuran minimalis. Meski demikian, rumah-rumah ini tentu harus tetap bisa mengakomodir kebutuhan ruang pemilik rumah. Jadi, meski ukurannya minimalis, rumah tetap harus memiliki beberapa ruang inti, setidaknya seperti ruang keluarga, kamar tidur, dapur, dan kamar mandi. Di sinilah peran penting dari pembatas ruang untuk rumah minimalis.

Berbeda dengan rumah berukuran besar, menyekat dan membagi ruangan di rumah berukuran minimalis adalah tantangan tersendiri. Bagaimana tidak? Anda dituntut untuk bisa memisahkan ruang yang satu dengan yang lain, tanpa membuatnya terlihat lebih sempit. Namun tak perlu khawatir. Dalam Buku Ide kali ini, Homify akan membantu Anda memilah  pembatas ruang untuk rumah minimalis dengan tepat. Yuk, simak!

Tips Memilih Partisi untuk Rumah Minimalis

partisi:  Walls & flooring by 0818385925
0818385925

partisi

0818385925

Berikut beberapa kaidah memilih pembatas ruang untuk rumah minimalis yang perlu Anda perhatikan:

1. Sesuaikan dengan ruangan

Pertama, sebaiknya Anda menentukan terlebih dulu fungsi ruangan yang akan diberi partisi. Hal ini berguna membantu Anda menentukan desain partisi yang sesuai dengan kebutuhan. Contohnya, untuk memisahkan ruang tamu dan ruang keluarga maka Anda bisa menggunakan desain partisi yang juga berfungsi sebagai rak. Dengan begini, Anda dapat meletakkan benda-benda seperti pernak-pernik atau foto keluarga yang cantik untuk dipajang.

2. Pertimbangkan anggaran

Setelah mengetahui ruangan mana yang akan diberi partisi, selanjutnya pertimbangkan anggaran yang dimiliki. Jadi, Anda bisa menyesuaikan anggaran dengan jenis partisi yang akan digunakan. Untuk itu, hal-hal yang perlu dipertimbangkan antara lain bentuk, model, bahan serta biaya pemasangan partisi tersebut.

3. Memilih desain partisi

Terakhir, pastikan pilihan pembatas ruang untuk rumah minimalis sudah sesuai selera Anda. Anda dapat memilih pembatas yang desain dan warnanya berpadu selaras dengan tema interior ruangan. Penting juga Anda mempertimbangkan material serta ukuran partisi tersebut. Pastikanlah partisi tidak terlalu besar sampai menghabiskan banyak space.

​Beberapa Ide Pembatas Ruangan untuk Rumah Minimalis

Partisi Dekoratif:  Kamar Tidur by Likha Interior
Likha Interior

Partisi Dekoratif

Likha Interior

Partisi atau pembatas ruangan pada dasarnya terbuat dari bahan kayu dan rotan. Namun, jenis serta modelnya sangat bervariasi. Nah, berikut beberapa ide pembatas ruang untuk rumah minimalis yang bisa jadi pilihan:

1. Partisi dengan desain cermin

Apabila ruangan terbilang berukuran sempit, partisi yang berbahan metal dengan desain cermin cocok untuk Anda pilih menjadi pembatas antar ruang. Cermin pada partisi itu mampu menciptakan kesan luas pada ruangan, sehingga ruangan seolah lebih lega.

2. Partisi dengan desain rak

Pembatas atau partisi ruang model rak adalah salah satu yang paling populer dan sering digunakan. Hal ini bukan tanpa alasan. Sebab, tak hanya dapat digunakan sebagai sekat pemisah, rak juga bisa difungsikan sebagai elemen dekoratif tempat benda dipajang. Seperti meletakkan hiasan, foto berbingkai duduk, buku atau bisa juga menggunakan rak untuk televisi.

3. Partisi dengan desain fleksibel

Umumnya desain pembatas ruang untuk rumah minimalis yang fleksibel berbentuk model geser atau lipat. Selain ringan dan mudah untuk dipindahkan ke ruangan lain, pembatas jenis ini juga memiliki fungsi mirip seperti desain partisi dengan cermin. Yakni memberi kesan luas di dalam ruangan dengan tetap menjadi pembatas antara ruangan yang satu dengan lainnya.

4. Partisi dengan desain buatan sendiri

Apabila Anda cukup kreatif untuk membuat partisi sendiri, hal tersebut sah-sah saja. Contohnya, Anda memiliki material seperti kayu, daun pintu, jendela bekas, bahkan hanger pakaian. Dengan sedikit kreativitas, Anda bisa menyulap benda-benda tadi menjadi partisi ruangan yang memiliki nilai seni. Kelebihannya lagi, pembatas ruangan DIY (do-it-yourself) membuat ruangan jadi lebih unik dan menarik.

5. Partisi dengan desain permanen

Berbeda dengan partisi ruangan yang sudah disebutkan di atas, partisi yang satu ini lebih permanen. Ya, tak melulu menggunakan partisi non-permanen, Anda juga boleh memilih partisi dari dinding, namun dengan desain yang tetap minimalis. Contohnya seperti partisi berdesain dinding yang juga dapat difungsikan sebagai media untuk menggantung pigura-pigura foto berbingkai unik.

​Kelebihan Partisi Minimalis untuk Setiap Ruangan di Rumah

Menyekat ruangan dengan menggunakan partisi minimalis memiliki sejumlah kelebihan. Terutama untuk rumah modern yang berukuran sempit. Berikut beberapa kelebihannya.

1. Tidak Permanen sehingga Mudah untuk Dipindahkan

Berbeda dengan dinding yang kokoh dan permanen, partisi umumnya tidaklah permanen. Karena partisi pada dasarnya merupakan sebuah sekat yang dirancang agar mudah dipindahkan. Contohnya seperti lemari dan rak. Jadi, bila sewaktu-waktu Anda ingin mengubah tata letak ruangan, sangat mudah memindahkan partisi tersebut. Meski begitu, ada pula desain partisi yang bisa dibuat permanen sesuai dengan kebutuhan, lho.

2. Hemat Ruang Sehingga Menghadirkan Kesan Lapang

Desain serta ukuran partisi tidak menghabiskan banyak tempat. Sehingga, ketika partisi digunakan untuk membagi ruangan, space yang tersisa tidak terasa sempit. Meskipun ruang terbuka di rumah Anda sudah dibagi menjadi dua atau tiga ruang, partisi minimalis membuatnya tetap terkesan terhubung, sehingga ruangan terasa lapang.

3. Dapat Menjadi Elemen Dekoratif untuk Interior

Seiring berkembangnya desain rumah modern, pembatas ruang untuk rumah minimalis tidak hanya berfungsi sebagai penyekat. Namun, model partisi juga mengalami perubahan menjadi semakin bervariasi. Sehingga, partisi berfungsi pula sebagai elemen untuk dekorasi ruangan. Partisi yang memiliki desain unik akan cocok dijadikan hiasan dekoratif.

4. Langkah Tepat untuk Menyiasati Desain Lantai Terbuka

Seperti telah disebutkan tadi bahwa rumah minimalis modern sering memanfaatkan lantai terbuka untuk dibagi menjadi beberapa ruang sekaligus. Alih-alih membangun dinding yang lebih menghabiskan waktu, biaya serta ruang, sebagai alternatif Anda dapat menggunakan pembatas ruang untuk rumah minimalis.

Model Partisi Elegan Beserta Kisaran Harganya

 Koridor dan lorong by Contractors
Contractors

Płyty betonowe Contractors

Contractors

Berikut kisaran harga pembatas ruang untuk rumah minimalis, baik untuk pembelian secara online maupun secara offline/ langsung.

1. Partisi ruangan fleksibel

Seperti yang kita ketahui bahwa partisi yang bersifat fleksibel berarti tidak permanen serta mudah untuk dipindahkan. Umumnya partisi ini berupa sekat yang berbahan rotan atau kayu dan terdiri dari 2-3 pintu yang dapat dilipat. Untuk bahan rotan kisaran harganya lebih terjangkau yakni mulai dari Rp 500.000. Sementara, ada pula yang berbahan kayu dengan kisaran harga mulai dari Rp 1.500.000 hingga Rp 2.000.000-an.

2. Partisi ruangan rak kayu

Partisi elegan dengan model ini cukup sering digunakan. Hal tersebut dikarenakan modelnya yang sangat fungsional. Yakni, tidak hanya berfungsi sebagai partisi ruang untuk rumah minimalis saja. Namun, partisi ini juga dapat menjadi media untuk memajang berbagai hiasan pernak-pernik serta rak tempat televisi.

Kisaran harganya pun sangat bervariasi tergantung pada bahan dan juga modelnya. Pada umumnya, bahan partisi model ini terbuat dari kayu seperti kayu jati misalnya. Namun, kerumitan desain serta variasi ukurannya juga menentukan range harga partisi tersebut. Harga partisi elegan model rak kayu umumnya berkisar antara Rp 3.500.000 hingga Rp 8.000-000-an.

​Cara Merawat Partisi Ruangan

 Ruang Keluarga by Wowa

Setelah mengetahui berbagai macam model serta harga partisi, penting pula Anda memperhatikan cara untuk merawatnya. Tujuannya supaya partisi tetap awet dan kuat hingga jangka waktu lama. Sama seperti furnitur lain pada hunian Anda, partisi ruangan juga perlu dibersihkan dan dirawat setiap hari. 

Untuk jenis partisi seperti rak kayu, Anda bisa membersihkan debunya dengan menggunakan kain basah atau kain lembab. Tujuannya supaya debu yang menempel pada pembatas ruang untuk rumah minimalis bisa dihilangkan dengan mudah, sehingga partisi tetap bersih mengkilap. 

Nah, itulah beberapa info seputar partisi atau pembatas ruang untuk rumah minimalis dalam Buku Ide kali ini. Semoga cukup bermanfaat, ya. O, iya. Supaya partisi yang Anda pilih bisa selaras dan lebih cocok dengan konsep dan desain interior ruangan, Anda juga bisa lho mengonsultasikannya dengan profesional di bidang interior design.

Setelah mengetahui beragam jenis partisi ruang untuk rumah minimalis, mana yang jadi pilihan Anda? Beri tahu kami di kolom komentar!
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!