Dapur (Detail):  Dapur built in by Likha Interior

Mengenal Jenis-jenis Pipa di Rumah Anda

Marda Faqruradi Marda Faqruradi

Tanya harga

Invalid number. Please check the country code, prefix and phone number
Dengan mengklik 'Kirim' saya mengkonfirmasi bahwa saya telah membaca dan menyetujui Kebijakan Privasi bahwa informasi saya akan diproses.
Catatan: anda dapat mencabut persetujuan tersebut kapan saja dengan mengirim email ke privacy@homify.com.
Loading admin actions …

Dulu logam, keramik dan beton adalah satu-satunya bahan yang digunakan untuk pipa pipa dan tubing perumahan. Banyak logam pipa, termasuk tembaga dan baja galvanis, masih digunakan di rumah masa kini. Meskipun tahan lama, pipa besi membutuhkan pekerjaan instalasi yang tidak mudah. Pipa perlu diulir atau dilas, dan pipa sering membutuhkan kecocokan pemasangan,  kompresi yang sensitif.

Pengenalan pipa plastik pada 1930-an, dan peningkatan popularitas pada 1950-an dan 1960-an, membuat pekerjaan tukang ledeng jauh lebih mudah. Pipa-pipa ini memberikan opsi yang lebih mudah dipasang dan yang mencegah beberapa masalah pipa yang umum terjadi pada pipa-pipa logam. Plastik yang digunakan untuk pipa saat ini termasuk: Polietilen bersilang silang (PEX) Polyvinyl chloride (PVC) Diklorinasi polivinil klorin (CPVC) Pipa logam dan plastik dan tabung keduanya memiliki tempat mereka di instalasi pipa perumahan. Sementara plastik menawarkan kelebihan tertentu dibandingkan logam, ada beberapa kelemahan juga.

Kelebihan: Bagaimana pipa plastik mengungguli pipa-pipa logam

Tahan korosi – Pipa sistem pipa plastik tidak mudah terkorosi oleh paparan air dan bahan kimia rumah tangga biasa. Formula plastik dapat disesuaikan agar mereka dapat memenuhi kebutuhan berbagai kebutuhan pipa perumahan, termasuk suplai air dan drainase.

Konduktivitas panas rendah – Tidak seperti logam, plastik tidak menghasilkan panas dengan baik sehingga lebih mampu mempertahankan suhu air yang dibawanya. Sementara pipa tembaga membutuhkan isolasi untuk mencegah keringat dan menetes, pipa PVC tetap kering bahkan tanpa isolasi. Ini sangat membantu dengan saluran kondensat untuk AC, boiler, dan peralatan lainnya.

Non-reaktif – Menghubungkan logam yang berbeda, seperti tembaga dan besi, dapat menyebabkan korosi. Pipa plastik dapat dihubungkan satu sama lain atau dengan pipa logam tanpa risiko reaksi kimia yang merusak.

Instalasi lebih mudah – Karena pipa plastik ringan dan mudah ditangani, pekerjaan pipa yang dilakukan dengan pipa ini hampir selalu lebih murah dibandingkan dengan pipa-pipa logam.

Lebih sedikit penyumbatan – Beberapa tukang ledeng menemukan pipa plastik lebih kecil kemungkinannya untuk tersumbat daripada yang terbuat dari logam dan lebih mudah dibuka lagi.

Kekurangan: Mengapa plastik tidak selalu ideal

Ekspansi / kontraksi termal – Meskipun pipa plastik tidak mentransfer panas dengan baik, mereka memperluas dan mengontrak tergantung pada suhu udara di sekitarnya dan cairan di dalamnya. Pada akhirnya, ini seharusnya tidak menyebabkan masalah karena tukang ledeng yang ahli akan memperhitungkan kecenderungan ini saat memilih pipa.

Titik leleh rendah – Plastik meleleh atau terbakar pada suhu yang lebih rendah daripada kebanyakan logam, dan dapat memancarkan asap beracun bahkan sebelum meleleh. Itu menghadirkan bahaya tambahan jika terjadi kebakaran rumah. Karena itu, kode bangunan menempatkan pembatasan keamanan lebih pada pipa plastik daripada yang logam.

Kepekaan terhadap sinar matahari – Plastik tertentu, seperti PVC, dapat menjadi rapuh saat terkena sinar UV (ultraviolet) matahari. Cat lateks atau lapisan pelindung lain dapat diterapkan pada pipa yang digunakan di luar ruangan untuk membantu mereka bertahan lebih lama.

Jenis-jenis pipa plastik

 Kamar Tidur by iLamparas.com
iLamparas.com

Pipe Artemide

iLamparas.com

Polyvinyl chloride (PVC) mungkin adalah bahan pipa sistem pipa yang diketahui oleh kebanyakan orang, tetapi jauh dari satu-satunya pilihan. Dari materi yang tersedia, masing-masing memiliki properti individu yang membuatnya lebih baik untuk aplikasi tertentu daripada yang lain. Jenis pipa plastik meliputi:

Cross-linked polyethylene (PEX) – Salah satu plastik pipa yang paling populer digunakan saat ini, PEX umumnya dipasang di tempat pipa tembaga atau dipilih sebagai alternatif untuk jenis plastik lainnya. Itu sering dipasang untuk mengirim air panas dan dingin, terutama air minum. Ini juga pilihan populer untuk peralatan seperti boiler. Bahan ini dikenal karena fleksibilitasnya, biaya rendah, kemudahan pemasangan dan kemampuan untuk menjaga tekanan air. Pipa PEX tersedia dalam warna merah, biru dan putih. Sementara merah biasanya digunakan untuk air panas dan biru untuk dingin, tidak ada perbedaan dalam materi.

Polyvinyl Chloride (PVC) – Bahan lain yang populer untuk pipa sistem pipa modern, PVC adalah pipa putih atau abu-abu yang digunakan untuk air bertekanan tinggi, umumnya jalur suplai utama ke dalam rumah. Ini tidak sefleksibel PEX, membuatnya kurang cocok untuk ruang interior yang lebih kecil. Kecenderungannya untuk melengkung pada suhu tinggi berarti seharusnya tidak digunakan untuk membawa air lebih panas dari 140 derajat. Itu membuatnya tidak berlaku untuk saluran dapur, di mana air panas dari memasak atau air pencuci piring dapat merusak pipa. Versi PVC tertentu, khususnya pipa yang memiliki nilai DWV (drainase, limbah, dan ventilasi), dapat merembes bahan kimia dan tidak boleh digunakan untuk air minum.

Polivinil klorida terklorinasi (CPVC) – CPVC adalah PVC yang telah diperlakukan dengan klorin, suatu proses yang dikenal sebagai klorinasi. CPVC lebih mudah dibentuk dan lebih fleksibel daripada PVC, dan dapat tahan terhadap tekanan dan suhu yang lebih tinggi. Properti ini membuat CPVC populer untuk aplikasi industri, tetapi pipa ini juga digunakan untuk membawa air minum perumahan. Pada sisi negatifnya, fleksibilitasnya berarti membutuhkan lebih banyak dukungan daripada pipa PVC. Karena akan retak jika dibekukan, seharusnya tidak digunakan di bawah tanah.

High-density polyethylene (HDPE) – Salah satu bahan pipa sistem pipa terberat di sekitar, HDPE bekerja dengan baik untuk hampir semua penggunaan pipa. Ini tahan lama, fleksibel, dan tahan korosi dengan baik. Pipa-pipa ini tersedia dalam panjang panjang, dan setiap sambungan yang diperlukan dibuat menggunakan fusi panas, yang hampir bocor. HDPE menghemat tekanan air karena menciptakan “hambatan” minimal atau gesekan yang mengurangi tekanan air.

Acrylonitrile butadiene styrene (ABS) – Drainase, limbah dan pipa ventilasi adalah aplikasi yang biasa digunakan untuk material pipa hitam ini. Ini berdampak dan tahan panas, membuatnya ideal untuk penggunaan outdoor. Karena banyak kode bangunan melarang penggunaannya, bagaimanapun, pipa PVC atau HDPE sering digunakan sebagai gantinya.

Polybutylene abu-abu (PB) adalah jenis lain dari bahan pipa plastik yang masih dapat ditemukan di beberapa rumah. Karena PB cenderung terpecah dan bocor, jarang digunakan di instalasi baru. Pipa PB lama dapat diganti dengan material yang lebih andal, seperti PEX atau CPVC.

Dukungan pipa membuat pipa Anda tetap aman

 Kamar Mandi by BOWA - Design Build Experts
BOWA – Design Build Experts

Universal Design Master Suite Renovation in McLean, VA

BOWA - Design Build Experts

Apakah logam atau plastik, pipa pipa dan tabung memerlukan beberapa jenis dukungan untuk membantu mereka membawa berat cairan yang lewat dan untuk meminimalkan getaran. Tanpa dukungan yang tepat, pipa plastik dapat melorot atau berpindah tempat. Pipa yang sempit membutuhkan lebih banyak dukungan daripada pipa berdiameter besar, tetapi secara umum, penyangga harus ditempatkan pada interval 4-kaki untuk pipa horizontal. Pipa pengikat, jangkar dan klem adalah cara yang paling umum untuk mendukung pipa.

Inspektur rumah menyelamatkan Anda dari sakit kepala kedepannya

 Kamar Mandi by Drummonds Bathrooms
Drummonds Bathrooms

Victorian Terrace House, South-West London

Drummonds Bathrooms

Dengan semua bahan pipa sistem pipa dan desain di pasar, dibutuhkan tukang ledeng yang benar-benar berpengetahuan untuk memilih pipa yang tepat untuk aplikasi yang diberikan. Namun, terlalu sering, tukang ledeng yang tidak berpengalaman sama sekali tidak menyadari pro dan kontra setiap pipa. Parahnya lagi, beberapa tukang ledeng bersedia mengkompromikan efektivitas jangka panjang untuk penghematan biaya jangka pendek. Anda mungkin berpikir Anda mendapatkan banyak hal pada pemasangan pipa Anda, tetapi pada waktunya pipa murah itu bisa berakhir dengan biaya lebih banyak.

Inspektur rumah dapat menjadi bantuan utama di sini. Para profesional ini dilatih untuk mengenali pipa dan peralatan pipa yang digunakan dengan cara yang meningkatkan risiko kebocoran atau menciptakan situasi berbahaya. Beberapa masalah yang dapat mereka beri tahukan kepada Anda adalah:

Penggunaan pipa yang tidak benar – Penggunaan pipa PVC untuk aplikasi air panas adalah masalah yang dapat dilihat oleh inspektur rumah. Pipa PVC yang digunakan dengan cara ini cenderung rusak.

Strapping pipa plastik yang kelebihan beban - Ketika terlalu banyak beban ditempatkan pada pendukung pipa individual, maka penopang cenderung putus. Ketika salah satu rusak, bahkan lebih berat jatuh pada pendukung lainnya, yang mengarah ke efek domino dari kerusakan yang dapat menyebabkan seluruh pipa jatuh.

Koneksi yang salah - Berbagai sealer tersedia untuk menyegel koneksi antara dua pipa plastik atau antara pipa plastik dan logam. Sementara lakban bersama pipa pita adalah pilihan yang paling populer, pasta pipa adalah pilihan bagus lainnya. Inspektur rumah dapat memeriksa apakah sealer terbaik digunakan untuk setiap pipa.

Munculnya sistem pipa plastik telah mengurangi kerja manual yang diperlukan untuk memasang pipa, tetapi ini meningkatkan jumlah pengetahuan yang diperlukan untuk merancang sistem pipa. 

Anda yang menyimak artikel ini kemungkinan sedang ingin membangun dapur atau kamar mandi, bukan? Jika masalah ledeng sudah terselesaikan, berikutnya anda dapat membangun dapur idaman anda sefungsional mungkin. Sekiranya tips membangun dapur modern berikut ini dapat jadi sumber inspirasi anda!

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!