Interior - Tangga & Koridor:  Koridor dan lorong by SODA Indonesia

6 Jenis Atap dan Plafon yang Buat Rumah Lebih Sejuk

Prisca Akhaya Prisca Akhaya
Google+

Tanya harga

Invalid number. Please check the country code, prefix and phone number
Dengan mengklik 'Kirim' saya mengkonfirmasi bahwa saya telah membaca dan menyetujui Kebijakan Privasi bahwa informasi saya akan diproses.
Catatan: anda dapat mencabut persetujuan tersebut kapan saja dengan mengirim email ke privacy@homify.com.
Loading admin actions …

Atap atau plafon rumah merupakan bagian penting dari struktur sebuah rumah yang tanpa disadari memiliki peranan dalam menentukan pertukaran udara di dalam rumah. Karenanya, bagaimana bangunan atap rumah Anda akan berpengaruh langsung pada tingkat kesejukan di dalam rumah. 

Jika Anda sering merasa kepanasan di dalam rumah Anda padahal suhu udara cenderung seperti biasanya dan tidak sedang tinggi, maka mungkin struktur atap dan plafon rumah Anda yang kurang tepat jadi penyebabnya. Berikut ini beberapa contoh bangunan atap maupun plafon yang dapat Anda aplikasikan pada rumah Anda agar udara di dalam rumah terasa lebih sejuk.

1. Atap langit menyamping

Interior - Tangga & Koridor:  Koridor dan lorong by SODA Indonesia
SODA Indonesia

Interior – Tangga & Koridor

SODA Indonesia

Atap yang satu ini dbuat terbuka ke arah langit untuk pencahayaan maksimal. Posisinya yang miring dan bersekat cocok untuk gaya rumah minimalis modern sekaligus sebagai penambah kesejukan dalam rumah.

Gaya atap atau plafon yang mana yang cocok untuk hunian Anda? Saatnya mengeksplorasi atap rumah Anda!

2. Plafon dengan lapisan kayu mengilap

 Garasi by P-lona

Plafon area teras yang satu ini dilapisi kayu sehingga terkesan lebih bergaya tradisional modern dengan sentuhan tropis. Mengenai kadar kesejukannya, penggunaan kayu untuk area outdoor seperti ini jelas tidak menjadi penghalang pertukaran udara.

3. Plafon bersekat

 Dapur by P-lona
P-lona

ห้องครัวไทยสไตล์ลอฟท์

P-lona

Gaya plafon yang demikian, selain menarik dan memiliki nilai estetik untuk ruangan dengan gaya industrial, juga cocok untuk diaplikasikan pada langit-langit rumah yang tinggi dan ruangan pun menjadi lebih sejuk.

4. Atap dengan jendela

Gaya atap yang satu ini jelas tidak perlu diragukan lagi fungsinya sebagai ventilasi udara yang juga memberikan aksen menarik untuk rumah Anda. Atap tinggi ini jarang ditemukan di Indonesia, namun tentu masih dapat ditiru! Desain ini biasanya mengkonstruksi rumah sedemikian rupa sehingga terdapat ruang pada bagian bawah atap, yang dapat digunakan baik untuk ruang tambahan ataupun ruang penyimpanan.

Dalam desain di atas ruangan tersebut digunakan sebagai ruang bersantai dan dilengkapi dengan skylight untuk menikmati sejuknya angin semilir!

5. Tanpa plafon

Gaya rumah tanpa plafon yang langsung menampilkan struktur atap juga bisa menjadi pilihan Anda sebagai alternatif desain interior rumah yang sejuk.

6. Atap mendatar

  by P-lona

Atap dari rumah ini dipasang secara horizontal dan menjadi satu kesatuan yang memanjang meliputi keseluruhan lebar rumah. Atap yang demikian tidak menggunakan bahan tanah liat maupun bahan tradisional lainnya untuk atap dan cenderung lebih modern. Fungsi utamanya pun tetap sama, melindungi dari terik matahari.

Konstruksi rumah anda memiliki langit-langit yang terlalu rendah dan tak dapat diubah lagi? Sejukkan kamar anda dengan 5 tips jitu berikut ini.

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!