Karaoke Room:  Ruang Multimedia by Lighthouse Architect Indonesia

5 Hal Mengenai Rak TV yang Perlu Anda Ketahui

Henti Kresdiana Henti Kresdiana

Tanya harga

Invalid number. Please check the country code, prefix and phone number
Dengan mengklik 'Kirim' saya mengkonfirmasi bahwa saya telah membaca dan menyetujui Kebijakan Privasi bahwa informasi saya akan diproses.
Catatan: anda dapat mencabut persetujuan tersebut kapan saja dengan mengirim email ke privacy@homify.com.
Loading admin actions …

Setiap orang pasti memiliki televisi di rumah. Ya televisi menjadi salah satu barang elektronik yang sudah menjadi kebutuhan dasar. Berfungsi sebagai jendela informasi yang membantu Anda memperoleh informasi dari berbagai belahan dunia dan juga hiburan yang dikemas dalam beragam acara.

Sebagai salah satu elektronik utama yang dinikmati hampir setiap harinya oleh seluruh anggota keluarga, Anda tentu tidak sembarangan menempatkannya di bagian rumah. Biasanya televisi ditaruh di ruang keluarga atau kamar tidur bahkan ruang khusus seperti ruang multimedia.

Untuk membantu mempercantik dan merapikan tampilan benda elektronik berbentuk segi empat ini masih banyak orang bingung. Apakah cukup diletakan di atas meja, di dalam buffet menyatu dengan asesories ruangan lainnya, digantung di dinding menggunakan breket atau harus menyediakan rak khusus televisi.

Pemilihan wadah yang kurang tepat hanya akan mengurangi nilai keindahan ruangan. Oleh karena itu sebelum Anda berniat untuk menambah televisi baru atau memutuskan membeli rak atau meja TV yang baru, baiknya memahami hal-hal berikut.

​Fungsi

Ruang Keluarga:  Ruang Keluarga by ARF interior
ARF interior

Ruang Keluarga

ARF interior

Fungsi rak atau meja televisi sudah jelas yakni sebagai wadah untuk meletakkan TV dan elektronik pendukung lainnya. Namun lebih jauh rak TV membantu memenuhi fungsi estetika agar ruangan terlihat rapi dan sedap dipandang mata. Penempatan elektronik khususnya televisi yang tertata rapi membuat nyaman siapapun yang memandangnya.

Karena itulah, penting memilih rak yang sesuai kebutuhan dan juga selaras dengan ruangan. Anda tentu tidak menginginkan keanehan terjadi hanya karena salah membeli rak/meja televisi. Semisal ruangan menjadi sempit karena pilihan rak yang terlalu besar atau sebaliknya rak terlalu kecil sehingga tak cukup menaruh elektronik lainnya yang dibutuhkan di dekat televisi.

​Perbandingan Ruangan

Wallpanel & Cabinet TV:  Ruang Keluarga by Likha Interior
Likha Interior

Wallpanel & Cabinet TV

Likha Interior

Ukuran televisi, rak TV, meja, dan ruangan menjadi kesatuan yang perlu dipertimbangkan saat hendak menempatkan rak atau meja televisi. Bila ruangan luas, dan ukuran televisi besar Anda tidak perlu kuatir kekurangan space. Sesuaikan rak televisi dengan ukuran ruangan, kemudian tatalah dengan komposisi yang tepat.

Untuk rumah minimalis dimana ruang keluarga terbatas, Anda harus pandai menyiasati peletakan rak TV. Semisal ruang keluarga berukuran 4x5 m, maka Anda bisa membeli meja TV ukuran cukup besar atau membuat rak TV konsep melayang. Caranya sangat mudah cukup membeli rak kayu berbahan khusus, kemudian tempelkan pada dinding ruangan. Untuk Televisi sendiri saat ini sudah dilengkapi dengan breket yang terbuat dari besi berfungsi sebagai penyangga bila dipasang di dinding.

Ukuran rak menyesuaikan dengan luas ruangan dan ukuran televisi. Rak bisa difungsikan sebagai sarana untuk menyimpan kaset-kaset DVD, mic untuk karaoke atau PS game.

Selanjutnya Anda hanya perlu memadupadan dekorasi dalam rak dan tema ruangan. Bila cat dinding Anda polos maka, untuk rak melayang, Anda bisa memilih yang berwarna dan bermotif kuat dan berkarakter. Dijamin ruang keluarga yang sebelumnya polos dan mononton akan “marak” seketika.

Namun sekiranya ingin menghemat pengeluaran, Anda bisa menggunakan menggunakan meja TV yang memiliki harga lebih ekonomis ketimbang rak TV. Hanya saja ukuran meja biasanya jauh lebih kecil sehingga kurang mampu menampung peralatan elektronik lainnya. Sesuaikan ukuran meja dengan luas ruangan agar nampak balance.

​Ruangan Luas

Ruang Tamu / Keluarga Konsep Ruang Terbuka:  Ruang Keluarga by Jati and Teak
Jati and Teak

Ruang Tamu / Keluarga Konsep Ruang Terbuka

Jati and Teak

Untuk ruangan luas semisal ruang keluarga atau kamar utama, akan lebih cocok menggunakan rak TV karena lebih “fleksible” dalam mengisi ruangan. Selain itu bentuk dan ukurannyapun sangat variatif. Anda hanya perlu menyesuaikannya dengan ukuran televisi rumah.

Anda yang memiliki televisi kualita home theater tak perlu kuatir kekurangan space. Karena desain rak untuk ukuran televisi tersebut umumya telah banyak tersedia. Luas rak dapat Anda fungsikan untuk menaruh elektronik pendukung seperti speaker, mic karaoke, atau kaset-kaset DVD player maupun PS game.

Untuk mempercantik tampilan rak, Anda bisa menambahkan sejumlah asesories colorful dan menaruhnya dalam rak.  Agar tampak menarik selaraskan warna dan kompisisi yang tepat sehingga menjadi harmonisasi yang indah.

Kendati secara fungsional sangat efektif dan menarik, namun rak TV juga memiliki kelemahan. Bentuknya yang lebar dan bertingkat menyita space lebih banyak ketimbang meja TV. Tak ayal, rak TV lebih cocok ditempatkan pada ruangan luas

​Memilih Rak TV

Office Space:  Gedung perkantoran by Revel
Revel

Office Space

Revel

Setelah memahami hal diatas, beberapa hal berikut dapat menjadi pertimbangan sebelum membeli rak TV yakni:

-        Ukuran dan jenis TV

Ini merupakan poin penting sebelum membeli rak: ketahui ukuran TV dengan detail termasuk jenisnya. Meski hampir semua orang menggunakan TV layar datar/flat di jaman ini, namun masih ada beberapa yang menggunakan TV tabung. Jenis yang terakhir membutuhkan space lebih luas di bagian belakang berbeda dengan flat. Jangan biarkan hal ini luput dari pertimbangan saat hendak membeli rak/meja TV. Khusus TV tabung, pastikan kekuatan material rak TV kokoh untuk meyangga dengan baik.

-        Luas Ruangan

Hal ini berkaitan dengan letak dimana Anda akan menempatkan televisi dan seberapa besar luas ruangan untuk penempatan rak. Cara tepat mengantisipasi kesalahan adalah dengan pengukuran mendetail. Kesalahan memilih ukuran rak akan menjadikan ruangan tampak ‘kosong’ atau malah sebaliknya penuh sesak akibat kehadiran furnitur yang terlampau besar. Sekali lagi, pastikan untuk mengukur dengan detail.

-        Kapasitas Rak TV

Berkaitan dengan asesories dan benda-benda lainnya yang akan ditaruh dalam rak. Misalnya Anda hendak menaruh berbagai benda yang mensupport home theatre, PS game atau bahkan peralatan karaoke dalam rumah. Dengan begitu Anda sudah memiliki gambaran ukuran rak yang akan dibeli termasuk pemilihan jenis dan material yang sesuai.

-        Estetika ruangan

Ini berkaitan dengan harmonisasi antara furnitur satu dengan lainnya dalam satu ruangan. Saat hendak membeli rak, Anda juga sudah harus memutuskan penempatan rak tersebut dalam ruangan, apakah cocok dengan furnitur lainnya. Bila ya, Anda dapat dengan mudah melanjutkannya dan tidak perlu mencari solusi lain. Sebaliknya, bila tidak sesuai Anda mungkin perlu mencari alternatif untuk meletakkan rak TV di ruangan lain.

Mengantisipasi hal ini, akan lebih baik untuk pertama menemukan ruangan dan desain yang tepat. Kemudian tuangkan dalam sketsa gambar atau foto lengkap dengan ukurannya. Ini sangat membantu Anda untuk memilih jenis rak yang sesuai.

-        Bermain warna

Warna memiliki peranan penting dalam menentukan keindahan ruangan. Perpaduan warna yang tepat mencipta harmonisasi indah dalam ruangan. Salah satunya dengan permainan motif dan warna. Seperti diutarakan sebelumnya bila tembok ruangan Anda polos, maka pilihlah furnitur dengan corak dan motif kuat. Kehadiran furnitur dengan corak dan motif ini dijamin akan membawa perbedaan signifikan.

Atau semisal anda kurang berani bermain warna, anda bisa mengaplikasikan warna putih pada dinding maupun furnitur. Warna ini akan membantu memberikan kesan luas ruangan.

Sebaliknya jika ingin menciptakan kesan natural pada ruangan, Anda dapat memilih rak berbahan dasar kayu berwarna coklat tua. Secara otomatis warna-warna alam ini akan semakin menghidupkan kesan natural dalam ruangan.

-        Bujet

Ada bermacam ragam dan jenis furnitur yang bisa Anda dapatkan dengan mudah. Apakah itu built in atau yang sudah jadi dengan harga variatif. Namun begitu Anda harus pintar dalam memilih produk yang baik dengan kualiatas prima. Agar tidak kebobolan, tidak ada salahnya membuat batasan bujet saat berbelanja rak atau meja TV. Dengan batasan ini, Anda mampu mempertimbangkan beberapa furnitur (dengan harga relatif sama) dari aspek yang berbeda, contohnya saja kualitas.

-        Instalasi Kabel & sinyal

Terakhir dan biasanya hampir terlupakan adalah ruang untuk instalasi kabel dan sinyal. Bagi Anda pengakses Smart TV yang terhubung langsung pada jaringan internet, Anda harus mempertimbangkan keleluasaan area untuk menginstalasi kabel dan sinyal secara khusus. Agar TV dapat digunakan secara optimal pastikan rak TV atau meja Anda tidak mengganggu instalasi kabel. Berikan space khusus untuk agar kabel-kabel tidak menghalangi jalan atau rentan dijangkau anak-anak di rumah yang bisa membahayakan.

​Estimasi harga

Cabinet TV on Bedroom:  Kamar Tidur by Likha Interior
Likha Interior

Cabinet TV on Bedroom

Likha Interior

Harga rak maupun meja televisi sangat variatif tergantung dari material. Apakah terbuat dari kayu, kaca atau perpaduan keduanya. Begitu juga dengan harga built in yang nyaris tidak jauh berbeda dengan harga jadi. Untuk meja kecil berbahan dasar kayu kualitas khusus, Anda bisa memperolehnya di pasaran mulai harga 400 ribuan sampai dengan jutaan rupiah.

Sementara rak TV berbahan kaca juga memiliki harga variatif tergantung pada ukuran dan material mulai dari harga 500 ribuan untuk ukuran standar sampai dengan jutaan rupiah. Demikian juga halnya dengan yang berbahan campuran (kayu dan kaca) kisaran harga mulai dari 500 ribuan sampai dengan jutaan rupiah.

Tren

Rak TV minimalis kini seringkali jadi pilihan terutama bagi rumah berbagai gaya, terutama yang bergaya modern atau yang memiliki dimensi mungil. Ruang keluarga seringkali menjadi pilihan penempatan utama TV, karena dapat dengan mudah dinikmati seluruh penghuni rumah. Tentu, ada kriteria yang sebaiknya juga diikuti. Inspirasi rak TV minimalis berikut ini dijamin sempurna untuk ruang keluarga kecil anda.

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!