Ruang Keluarga by 理絲室內設計有限公司 Ris Interior Design Co., Ltd.

10 Rahasia Desain Ruang Tamu Minimalis

Evelyn Evelyn
Loading admin actions …

Tidak jarang kita menginginkan desain rumah kita memiliki gaya minimalis. Tapi lebih sering kita terbawa arus desain yang tidak terbatas hingga pada akhirnya kita berakhir dengan desain yang terlalu ramai, dan tentunya tidak minimalis lagi. Pada dasarnya gaya desain minimal selalu memberikan penekanan pada elemen – elemen ruang yang esensial sekaligus memiminalisir hiasan hiasan yang sifatnya terlalu dekoratif. Sesuatu yang terdengar mudah namun sangat sulit untuk diterapkan.

Oleh karena itu, pada buku ide kali ini kami akan membagikan beberapa elemen kunci dan esensial pada desain ruang tamu. Kami yakin, ketika Anda mengikuti beberapa kunci dari ruang tamu minal, Anda akan mendapatkan jawaban yang selalu Anda inginkan, ruang tamu yang indah nan minimalis.

​1. Sofa yang Minimal namun Nyaman

Elemen paling penting dalam ruang tamu tentunya adalah sofa. Desain ruang tamu Anda tidak akan pernah salah jika Anda sudah memiliki sebuah sofa yang sederhana dan nyaman. Kesederhanaan sofa dapat dilihat dari beberapa aspek, antara lain adalah motif bahan luar yang digunakan serta bentuk. Pada salah satu contoh karya profesional kami diatas, bahan luar yang dipilih tidak bermotif dan berwarna seragam. Bentuknya yang sederhana tidak membuatnya membosankan karena adanya tekstur dan bentuk yang manis. Sungguh sebuah pilihan yang sempurna untuk ruang minimalis.

2. Karpet Motif Geometris

Mulai mencari ruang untuk ekspresi pribadi? Salah satu pilihan yang dapat anda pertimbangkan adalah motif karpet pada ruangan Anda. Tidak jarang kita berpikir bahwa karpet bukanlah elemen yang penting dalam desain ruang tamu. Mulai saat ini, mari kita beranjak dari pemikiran tersebut. 

Karena meski karpet hanya nampak seperti selembar kain yang terletak di lantai, namun ia mampu memberikan definisi ruang tamu dengan sempurna. Sedikit motif geometris dan tambahan warna cerah, nampak memperkuat efek minimalis pada ruangan.

3. Dinding Latar yang Simpel dan Minimal

Gallery West Apartment:  Ruang Keluarga by Jati and Teak
Jati and Teak

Gallery West Apartment

Jati and Teak

Selain elemen perabot dan lantai, elemen dinding juga merupakan elemen yang sangat essensial pada desain ruang tamu. Sejalan dengan prinsip desain minimalis, kami menyarankan sebaiknya dinding latar pada ruang tamu dibuat sesederhana mungkin, terutama dari segi material. Salah satu contoh yang dapat ditiru adalah karya salah satu professional kami Jati and Teak yang hanya menggunakan kayu pada dinding latar ruang tamu. Sungguh minimal nan cantik!

4. Hall of Frame

Mempunyai hobi foto atau jalan jalan dan mau memamerkan karya Anda di ruang tamu? Jangan takut untuk menambahan sedikit ruang untuk karya Anda pada dinding latar. Asalkan bingkai foto dan foto yang digunakan memiliki gaya yang konsisten, tambahan dekorasi ini tidak akan mengurangi keminimalisan Ruang Tamu Anda.

5. Dinding TV Minimalis

Selain dinding latar, dinding depan pada ruang tamu Anda juga merupakan elemen yang penting dan layak untuk diperhatikan dalam desain. Terutama karena sering kali kita menaruh terlalu banyak elemen pada bagian rumah ini. Gambar diatas memberikan sebuah contoh dan gambaran yang baik bagi sebuah ruang tamu minimalis. Sebidang dinding yang didominasi satu material cukup hanya ditambah dengan sebuah rak rendah dan 2 sampai 3 elemen dekorasi, Ruang Tamu indah nan miminalis sudah menjadi milik Anda.

6. Kombinasi Minimal Dinding dan Rak

Gallery West Apartment:  Ruang Keluarga by Jati and Teak
Jati and Teak

Gallery West Apartment

Jati and Teak

Di sisi lain Anda merasa perlu memaksimalkan ruang penyimpanan barang pada rumah Anda? Tambahan rak dalam desain minimal adalah jawaban yang tepat bagi Anda. Salah satu kunci yang perlu diperhatikan adalah luangan ruang yang cukup luas bagi TV anda sehingga Dinding yang ada masih terbaca sebagai sebuah dinding dan bukan sebuah Rak, seperti gambar di atas.

7. Dinding Rak Minimal

Memiliki dinding extra dan ingin berbuat lebih? Kami sarankan Anda untuk menambahkan sebuah rak dengan desain minimal. Seberapa minimal? Anda dapat menghubungi salah satu profesional kami, Inerre Interior. Pada salah satu karya mereka, terdapat sebuah desain rak yang terbut hanya dari rangka metal dan kaca. Pilihan yang sangat sederhana dan cerdas untuk desain rak minimal nan transparan.

8. Motif Kontras pada Dinding

Tidak memiliki ruang lebih pada ruang tamu Anda namun ingin sesuatu yang tidak biasa? Anda dapat mempertimbangkan penambahan motif pada dinding. Sebuah elemen kontras di antara elemen – elemen yang minimal tentunya sesuatu yang menarik.

9. Aksesoris Kontras

Meskipun gaya minimalis sangat menekankan kesederhanaan elemen, tambahan elemen kontras tidak sepenuhnya bertolakbelakang dan bertentangan dengan prinsip minimalis. Asalkan kontras yang ada terkonsentrasi pada satu sampai dua elemen tertentu, tidak akan menjadi masalah. Salah satu contoh penerapan ide ini adalah proyek dari Tata Griya Nusantara. Di sini pilihan warna kontras terkonsentrasi pada elemen perabot, tepatnya aksesoris bantal dan juga kursi  Cukup menarik dan tetap minimalis bukan?

10. Perabot Minimal

 Ruang Keluarga by Pixers
Pixers

Botany in living room

Pixers

Pada kondisi ruang yang sempit dan terbatas, tentunya kita selalu dapat mendefinisikan kembali arti minimalis. Tentunya ia tidak hanya terpaku pada sekedar pilihan bahan, warna, dan juga dekorasi. Pada ruang yang sempit dan terbatas, sebuah ruang tamu juga dapat menjadi minimal dalam hal perabot. Cukup dengan satu sofa, karpet, dua meja kecil, serta beberapa bantal pada karpet, Anda juga sudah dapat memiliki sebuah ruang tamu nan minimalis!

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!