Pilih Pipa PVC atau Pipa Besi Cor?

Marda Faqruradi Marda Faqruradi
Greta90, INTERIORES - Interior Consultant & Build INTERIORES - Interior Consultant & Build Kamar Mandi Modern
Loading admin actions …

Jika Anda belum melihat rumah tempo dulu seperti yang dibangun sebelum tahun 1920, Anda mungkin tidak pernah melihat pipa pembuangan besi cor. Itu adalah bahan perpipaan standar emas yang digunakan oleh tukang ledeng untuk saluran pembuangan dan ventilasi yang lebih besar selama beberapa dekade.

Namun ledakan industri kimia yang terjadi pada tahun 1960-an mengubah penggunaan pipa. Namun, beberapa orang mungkin berpendapat hasilnya tidak lebih baik. Diantara jenis-jenis pipa di rumah anda, pilihan yang sering membingungkan anda adalah: pipa pvc atau besi cor?

Masih adanya Pipa Besi Cor dan Tahan Lama?

Keberadaan Pipa Besi Cor 

Pipa besi cor masih dibuat dan itu lebih baik dari sebelumnya. Anda membelinya di rumah-rumah pasokan pipa tradisional, bukan pengecer besar. Pipa besi cor baru menggunakan kopling karet dan penjepit pita stainless steel untuk membuat sambungan anti bocor. Banyak pemilik rumah mengasosiasikan pipa besi cor dengan pipa kuno yang rentan terhadap kebocoran. Seringkali orang berpikir bahwa itu menyumbat dengan mudah. Sebaliknya, banyak orang berpikir bahwa pipa plastik PVC modern adalah bahan ajaib. Nah, kedua material itu memiliki kelebihan dan kekurangan. Mari kita bicara tentang kedua jenis pipa dan lihat apa yang Anda pikirkan. 

Ketahanan Pipa Besi Cor 

Pipa besi cor telah berhasil digunakan dalam sistem pipa selama ratusan tahun. Bahkan, pada tahun 1623 pipa besi cor dipasang di Fountains of Versailles di Perancis. Pemipaan yang sama masih berfungsi hari ini. Ribuan mil air kota dan sistem saluran pembuangan menggunakan pipa besi cor. Alasannya adalah daya tahan jangka panjang. Besi cor sederhananya mampu tahan lama. Pipa besi tua digunakan untuk ketebalan dinding biasa dan ukuran XH. XH berarti Ekstra Berat. Itu memiliki dinding samping yang lebih tebal dan jauh lebih tahan lama. Teks XH dilemparkan ke dinding samping pipa dan Anda masih bisa melihatnya jika Anda mencarinya.

Mulai Terkenalnya Pipa PVC

 Pipa PVC Mulai Menggantikan Keberadaan Pipa Besi Cor

Hampir setiap rumah hunian yang dibangun sebelum 1960 memiliki beberapa bentuk pipa besi dalam sistem drainasinya. Tumpukan drainase atau pipa utama di dalam dinding dibangun dari besi cor.

Cabang-cabang dari tumpukan ini yang terhubung ke bak cuci, toilet, dan bak mandi sering menggunakan pipa timah atau pipa besi galvanis.

Pipa Besi Galvanis Rawan Menyumbat

Pipa besi galvanis sangat rentan terhadap penyumbatan. Dalam satu atau dua dekade instalasi, lapisan galvanis di bagian dalam pipa memakai aways atau korosi.

Ketika ini terjadi, besi mulai berkarat dan endapan mulai terbentuk di bagian dalam pipa menyebabkan diameter bagian dalam pipa menyempit dan menjadi semakin kecil

Tumpukan Besi Tiang Besi Menyumbat dengan Mudah

Tumpukan Besi Tiang Besi Menyumbat dengan Mudah

Namun, tumpukan besi cor vertikal hanya berjarak dua hingga tiga meter dari wastafel yang benar-benar bebas dari penghalang. Sayangnya, banyak pemilik rumah dan tukang ledeng muda tidak menyadari fenomena ini salah menuduh besi cor sebagai produk berkinerja buruk.

Mana Lebih Mahal Untuk Memasang Besi Cor atau PVC?

Jaman dulu, biaya tenaga kerja konstruksi perumahan tidak signifikan. Waktu tidak selalu menjadi masalah sehubungan dengan berapa lama suatu tugas tertentu harus diselesaikan.

Sebagai contoh, bayangkan berapa lama waktu untuk memaku pada papan reng yang tipis yang memungkinkan plester untuk diterapkan pada dinding dan langit-langit rumah.

Pikirkan jumlah waktu yang dibutuhkan tukang kayu, menggunakan alat-alat tangan, untuk mematikan engsel dan mengunci ke pintu. Hal yang sama berlaku untuk pipa besi cor gaya lama.

Jika Anda menggunakan pipa besi cor modern dengan kopling karet tanpa-hub, hanya dibutuhkan beberapa menit lagi untuk pemasangan sambungan daripada menggunakan PVC. Salah satu manfaat menggunakan besi cor adalah Anda dapat melakukan penyesuaian pada sudut pas setelah pemasangan. Anda tidak dapat melakukannya dengan PVC. Setelah Anda lem pas PVC ke pipa, Anda hanya memiliki detik untuk mendapatkan penyesuaian yang sempurna.

Manfaat Menggunakan timbal lama & Oakum

Anda perlu menggunakan timbal dan oakum jika Anda bekerja dengan besi cor tua. Pipa besi cor gaya lama adalah tugas untuk dipasang. Tukang pipa harus mengemas oakum ke masing-masing sambungan. Oakum hanya sebuah tali direndam minyak yang mengisi celah 3/8 inci-lebar di mana akhir laki-laki dari satu pipa besi dikawinkan dengan hub perempuan sepotong besi cor.

Setelah oakum ditempelkan ke sambungan dan dalam setengah inci dari bagian atas penyangga, tukang ledeng akan mencairkan ingot timah dan kemudian menuangkan timah cair ini ke penghubung..

Kedepankan pemadatan dengan cepat dan tukang ledeng akan menggunakan alat datar untuk memadatkan dan mengemas timah di hub sehingga sambungan menjadi bebas-bocor.

Pekerjaan memasang besi cor itu sulit, memakan waktu dan berbahaya.

Menghubungkan dan Fitting Pipa Besi Cor Modern

Pipa besi cor yang tersedia saat ini terlihat agak mirip dengan besi cor tua. Besi cor tua memang dicetak dalam cetakan. Besi cor modern berputar sehingga ketebalan dinding pipa jauh lebih konsisten. Kelebihan pipa besi cor modern lainnya adalah mudah dipasang. 

Cara Menghubungkan Pipa Besi Cor Modern

Anda menghubungkan besi cor modern menggunakan klem band stainless-steel yang memeras lengan karet berukuran penuh yang mengelilingi permukaan luar pipa.

Metode pemasangan material telah berubah secara drastis. Hilang adalah oakum dan timah cair. Di tempat mereka, Anda sekarang menemukan karet seal vulkanisir dan klem band stainless steel. Sistem pemipaan besi cor sekarang dapat dipasang dalam waktu yang sangat singkat untuk menginstalnya lima puluh tahun yang lalu. Bahkan, pipa besi cor modern dapat dipasang secepat pemipaan PVC plastik.

Penyesuaian Fitting Besi Cor Setelah Instalasi

Salah satu aspek luar biasa dari pipa besi modern adalah kenyataan bahwa Anda dapat dengan mudah menyesuaikan orientasi fitting setelah Anda menginstalnya. Anda dapat melakukan ini hanya dengan melonggarkan sekrup pada klem band dan kemudian memutar pas.

Tidak mungkin untuk melakukan ini dengan PVC atau besi cor lama. Setelah Anda lem PVC bersama Anda memiliki antara lima dan dua detik, tergantung pada diameter pipa, untuk melakukan penyesuaian.

Dengan besi cor tua, begitu Anda menuangkan lelehan cair, Anda bersulang. Anda tidak dapat melakukan penyesuaian apa pun.

Mana Lebih Bising Besi Cor atau PVC?

Besi Cor Super Senyap

Karena besi cor padat, dibutuhkan banyak untuk membuatnya bergetar. Ketika air mengalir ke tumpukan besi cor, Anda hanya bisa mendengarnya jika Anda meletakkan telinga Anda ke atasnya.

Jika Anda perlu memiliki rumah yang tenang dan tidak ingin mendengar air terjun di dinding Anda setiap kali seseorang menghujani atau menyiram toilet, maka Anda menginginkan pipa pembuangan besi cor.

Pipa PVC Dapat Diterima Tapi Bising

Pipa PVC lebih ringan daripada besi cor. Memotong lebih cepat dengan gergaji biasa yang Anda gunakan untuk memotong kayu. Untuk memotong besi tuang, Anda membutuhkan gergaji dengan pisau kasar yang menciptakan percikan bunga api.

Untuk memotong sepotong pipa PVC 3 inci, Anda mungkin membutuhkan waktu tiga atau empat detik. Untuk membuat potongan yang sama pada besi cor dengan gergaji potong, Anda akan menghabiskan setidaknya 15 atau 20 detik.

Anda tidak perlu khawatir karena menempelkan pipa PVC bersama tidaklah sulit. Primer adalah misi yang sangat penting!

Namun sebelumnya, simak dulu berbagai fitting PVC yang dapat anda gunakan bersama pipa.

PVC berisik

PVC tidak padat dan air mengalir menuruni tumpukan vertikal menyebabkannya bergetar. Getaran ini menciptakan banyak noise.

Orang yang tidak akrab dengan pipa PVC sering berpikir ada kebocoran di dalam dinding ketika mereka mendengar toilet ngeflush untuk pertama kalinya. Ini menjengkelkan menurut saya.

Untuk lebih pastinya, homify menyarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan ahli ledeng. 

Jika anda menyimak tips yang satu ini untuk merenovasi kamar mandi atau dapur, maka panduan mudah untuk memasang keramik dinding hasil kontribusi profesional terbaik homify ini mungkin bermanfaat untuk anda.

Butuh bantuan dengan projek Anda?
Hubungi kami!

Sorotan dari majalah