American modern residence:  Kamar Tidur by Kottagaris interior design consultant

Cara Memaksimalkan Ventilasi Ruang di Rumah

Marda Faqruradi Marda Faqruradi
Loading admin actions …

Sirkulasi udara segar sangat penting di dalam rumah, terutama dari luar ruangan ke ruangan lain yang cenderung tertutup, seperti kamar tidur. Tanpa distribusi, udara segar mungkin tidak mencapai semua ruangan di rumah dan dapat menyebabkan kantong udara basah. Distribusi udara di seluruh rumah biasanya membutuhkan bantuan kipas angin dan sistem saluran.

Mengalirkan udara segar di dalam ruangan diperlukan untuk mengurangi ventilasi di bawah, seperti di ruang besar atau ruangan dengan banyak furnitur atau barang-barang yang disimpan. Kipas angin, atau lebih baik lagi, sistem distribusi yang ditingkatkan dapat membantu di sini juga.

​Rumah yang lebih tua yang tidak memiliki saluran atau kipas

 Kantor & toko by Carabox SARL
Carabox SARL

le système de ventilation

Carabox SARL

Pemilik rumah yang lebih tua biasanya mengandalkan membuka jendela di kamar mandi dan dapur untuk mendapatkan angin sepoi-sepoi untuk memenuhi kebutuhan ventilasi mereka. Namun, kamar tidur sering diventilasi sehingga beberapa jenis sistem ventilasi mekanis mungkin diperlukan. Hal ini sangat penting jika rumah-rumah ini harus atau telah dibuat kedap udara melalui renovasi dan modifikasi.

Exhaust fan kamar mandi dan dapur yang melampiaskan ke bagian luar dianjurkan sebagai minimum untuk menghilangkan bau dan kelembaban yang dihasilkan di kamar-kamar tersebut. Namun, sistem ventilasi seluruh rumah lebih efektif dalam menyediakan ventilasi yang memadai.

Perhatian: Ventilasi hanya untuk pembuangan saja dapat mempromosikan tingkat dekompresi yang tinggi, terutama jika exhaust fan kuat digunakan. Tingginya tingkat dekompresi dapat membalikkan aliran gas buang di cerobong dari berbagai jenis peralatan pembakaran bahan bakar seperti kompor kayu dan pemanas air berbahan bakar gas dan menumpahkan gas kembali ke rumah. Situasi berbahaya ini harus dihindari. Pemilik rumah dapat memiliki manfaat dari HRV (heat recovery ventilator) atau ERV (energy recovery ventilator) karena saluran ventilasi khusus dalam dimensi yang lebih kecil tersedia untuk sistem kecepatan rendah reguler. Lebih jauh lagi, sistem kecepatan tinggi menawarkan saluran udara yang lebih kecil. Perhatikan bahwa sistem harus dirancang dan dipasang dengan benar untuk mencegah kebisingan dari aliran udara.

Saluran-saluran dapat dipasang di antara lantai yang ada, di rongga dinding, ruang sudut, lemari, di atau di langit-langit bawah tanah, dan di langit-langit jatuhan tetapi tidak di loteng ketika terkena suhu ekstrem yang dapat menyebabkan kerusakan kelembaban dan kehilangan energi.

Rumah yang memiliki kipas kamar mandi dan tungku udara dipaksakan

Mengandalkan exhaust fan kamar mandi saja bukanlah strategi ventilasi yang efektif. Sistem ini tergantung pada udara luar ruangan yang bocor melalui berbagai celah di rumah untuk menggantikan udara yang habis oleh kipas kamar mandi. Kipas tungku dan sistem saluran  kemudian mencampur udara segar infiltrasi ini dengan udara rumah dan mendistribusikannya di rumah tetapi hanya ketika kipas tungku sedang beroperasi.

​Ventilasi kipas dipadu dengan kipas tungku

 Jendela by MW Architects
MW Architects

Ventilation hatch detail

MW Architects

Strategi ventilasi lainnya adalah memasang kipas berkualitas tinggi dan hemat energi tambahan yang terletak di pusat dan terhubung secara elektrik dengan sistem pemanas udara paksa. Kipas ventilasi ini umumnya dipasang di langit-langit lorong lantai utama atau terletak di dekat kamar tidur, dengan pengontrolnya terletak di samping kontrol tungku. Kipas harus dilepaskan ke luar. Meskipun menambahkan kipas ventilasi tambahan yang saling berhubungan dengan kipas tungku bukanlah cara terbaik untuk menjalankan sistem ventilasi, itu bisa dibuat bekerja.

Untuk beberapa rumah yang sangat kedap udara, saluran kecil juga dapat berjalan dari bagian luar bangunan ke saluran bagasi kembali dari tungku untuk memperkenalkan udara segar langsung ke dalam tungku. Saluran kecil ini mengurangi seberapa banyak udara yang ditarik melalui kebocoran dinding dan mendorong tempering udara luar sebelum mencapai ruangan. Namun, penambahan saluran kecil harus didiskusikan dengan kontraktor pemanasan untuk menghindari kemungkinan kerusakan penukar panas tungku.

HRV atau ERV terhubung ke sistem saluran tungku

Ventilator pemulihan panas dan energi adalah alat mekanis yang menyediakan ventilasi yang baik tanpa menimbulkan biaya energi yang tinggi untuk memanaskan udara luar yang masuk. Kedua ventilator ini pertama kali menggunakan udara yang habis untuk memanaskan udara yang masuk. Mereka memulihkan 60 hingga 90 persen panas dari udara yang habis.

Akibatnya, udara yang masuk di musim dingin akan jauh lebih hangat daripada udara luar yang tidak dirawat (tapi masih lebih dingin dari udara rumah).

Ventilasi yang seimbang yang disediakan oleh perangkat ini tidak boleh membuat dekompresi rumah yang dapat mempengaruhi fungsi yang tepat dan aman dari peralatan berbahan bakar di rumah.

Selain itu, ERV mentransfer sebagian kelembaban dari aliran udara yang lebih lembab (udara dalam ruangan di musim dingin dan udara luar ruangan di musim panas) ke aliran udara yang lebih kering, yang membantu mengatur tingkat kelembaban di rumah. Selama musim pemanasan, transfer kelembaban ini dapat mengurangi kekeringan interior beberapa rumah kedap udara, yang mungkin terjadi ketika HRV digunakan, terutama di iklim yang dingin dan kering. Juga, ERV dapat meningkatkan kontrol kelembaban dalam ruangan dan mengurangi konsumsi energi AC pada hari-hari lembab yang hangat.

Karena HRV atau ERV menggunakan membutuhkan saluran kerja tungku dalam pengaturan ini, kipas tungku harus menyala atau setidaknya bersepeda dan mematikan, untuk udara segar untuk didistribusikan di sekitar rumah. Kontrol HRV atau ERV dapat menyalakan kipas tungku (dikenal sebagai interlocking).

Untuk meningkatkan efisiensi energi kipas tungku, pasang atau modifikasi tungku dengan motor kipas arus langsung atau pasang pengontrol bersepeda kipas atau termostat yang dapat diprogram yang memiliki fitur kipas-bersepeda. Seperti halnya tungku, HRV dan ERV membutuhkan perawatan dan pembersihan rutin.

Ventilasi Diperlukan Untuk Kelancaran Distribusi Udara

Ventilasi dan kualitas udara yang baik terkadang kurang dihargai. Jika tungku rusak di musim dingin dan rumah mulai dingin, Anda akan melihat masalah itu dalam beberapa jam. Namun, ventilasi yang tidak memadai umumnya tidak akan diperhatikan dengan cepat karena membutuhkan waktu untuk gejala seperti udara pengap, akumulasi kelembaban atau jamur untuk berkembang.

Saat yang tepat untuk merasakan kualitas udara dalam ruangan adalah ketika Anda memasuki sebuah rumah, sebelum Anda terbiasa dengan udara dalam ruangan. Apakah Anda memperhatikan bau sisa memasak, bau sampah atau bahkan bau apek dari jamur? Seharusnya baunya segar dan netral. Orang membutuhkan udara segar setiap saat tetapi kebutuhan akan ventilasi tambahan akan bervariasi sesuai musim. 

Di tengah musim dingin, ketika sangat dingin atau berangin di luar, tingkat PUJ (perubahan udara per jam) rumah akan menjadi lebih tinggi, dan Anda mungkin tidak memerlukan ventilasi mekanis tambahan. Tingkat PUJ musim dingin yang tinggi ini adalah efek tumpukan, yang disebabkan oleh kekuatan naiknya udara hangat: semakin besar perbedaan antara suhu interior dan eksterior, semakin kuat gaya efek tumpukan. 

Gaya yang lebih kuat menyebabkan lebih banyak udara hangat bocor ke bagian atas rumah sementara udara dingin dihisap untuk menggantikannya di bagian bawah rumah – maka tingkat PUJ lebih tinggi. Seringkali ventilasi mekanis masuk akal pada musim gugur, musim dingin dan musim semi. Ventilasi mekanis bahkan bermanfaat untuk pertengahan musim panas jika Anda menggunakan AC dan tidak membuka jendela untuk waktu yang lama. Bahkan, musim panas adalah ketika rumah memiliki tingkat PUJ alami terendah. Angka ini rendah karena efek tumpukan jauh lebih sedikit. Hal ini disebabkan perbedaan antara interior dan eksterior menjadi jauh lebih kecil pada saat ini tahun. Menyediakan ventilasi yang baik Ventilasi yang baik dapat ditambahkan ke rumah mana saja, biasanya dengan biaya yang wajar. Saran berikut adalah untuk berbagai rumah.

Ventilasi tidak begitu penting ketika rumah tidak dihuni, meskipun beberapa rumah memerlukan ventilasi mekanis yang sedang berlangsung untuk mengontrol kelembaban dan potensinya untuk merusak rumah (misalnya mengurangi pembentukan kondensasi pada jendela di musim dingin, yang dapat menyebabkan kerusakan pada bingkai jendela, trim dan dinding) .

Untuk membantu mengontrol jumlah ventilasi yang dibutuhkan dan mencegah ventilasi berlebih, yang membuang-buang energi dan cenderung mengeringkan rumah, kontrol sederhana hingga canggih, dari timer ke pengendali yang dapat diprogram elektronik, tersedia. Pastikan konsultansi dengan sang ahli sebelum memasang ventilasi dirumah Anda. 

Namun, ada kalanya diperlukan tingkat ventilasi yang tinggi seperti:

- musim gugur pertama dan musim dingin untuk rumah baru atau yang telah direnovasi secara substansial, untuk menghilangkan kelembaban terkait konstruksi.

- rumah dengan jumlah penghuni yang tinggi, baik sementara maupun permanen - Rumah-rumah di mana kegiatan renovasi (drywalling, lukisan, finishing ulang lantai, dll.) Atau perabotan baru menciptakan konsentrasi polutan yang tinggi. 

- Rumah-rumah yang penduduknya mengalami masalah pernapasan. Orang yang alergi terhadap polutan luar membutuhkan pasokan udara luar yang disaring.

Bagaimana, apakah anda sudah menemukan solusinya? Alternatif lain yang dapat anda coba adalah menghemat energi di rumah, dengan tips berikut ini. Semoga bermanfaat!

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!