by press profile homify

Cara Alami Mengusir Tikus dan Serangga

Prisca Akhaya Prisca Akhaya
Google+
Loading admin actions …

Hama dalam rumah adalah mimpi buruk bagi penghuni dari rumah yang bersangkutan. Jenis hama yang paling mengganggu dan sering menghuni rumah-rumah pada umumnya adalah kecoa, semut, tikus, serta nyamuk. Jika Anda tengah berusaha mengatasi masalah hama dalam rumah, maka berikut beberapa cara alami tanpa bahan kimia yang pastinya lebih ekonomis dan bersih untuk Anda coba.

1. Mengusir kecoa

Untuk mengusir kecoa yang biasanya sering muncul di dapur dekat tempat mencuci piring, Anda dapat menggunakan merica butir yang ditumbuk, kemudian dimasukkan ke dalam kain kasa dan diikat dengan karet gelang. Setelah itu, sebarkan beberapa kain kasa berisi merica ini di beberapa titik tempat kecoa sering muncul.

2. Mengusir nyamuk

Nyamuk seringkali tidak menjadi masalah yang besar, kecuali ketika Anda sudah melakukan tindakan pencegahan namun rumah masih saja penuh dengan nyamuk. Yang bisa dilakukan adalah menyiapkan minyak serai yang aromanya dibenci oleh nyamuk, Campurkan 10 tetes minyak serai ke dalam ember berisi air, lalu gunakan untuk mengepel lantai ruangan. Lakukan secara teratur selama beberapa kali untuk benar-benar mengusir nyamuk.

3. Menghilangkan semut

Semut merupakan hama yang paling sulit dibasmi dan selalu kembali lagi. Selama Anda menyimpan makanan yang bersifat manis rapat-rapat, biasanya semut bisa dihindari. Namun, jika semut muncul dalam jumlah banyak dan sulit sekali diatasi, ternyata Anda cukup menghilangkan kemunculannya dengan perasan jeruk nipis. Campurkan air perasan jeruk nipis ke dalam 50 cc air, kemudian gunakan lap yang dibasahi dengan campuran air ini untuk melap permukaan lantai, meja, atau jalur lain yang sering dilewati semut.

4. Membasmi tikus

Ini dia hama dan penghuni rumah yang paling ditakuti karena menandakan area rumah yang tidak higienis sebagai tempat bersarangnya: tikus. Untuk benar-benar membasmi tikus, manfaatkanlah buah mengkudu masak. Potong-potong buah mengkudu sambil mengenakan sarung tangan agar tidak terkena getahnya yang menyebabkan gatal. Kemudian, letakkan buah mengkudu tersebut di dalam beberapa wadah yang kemudian disebarkan di berbagai sudut di mana tikus sering bersembunyi. Aroma buah mengkudu ini sanggup mengusir tikus.

Bagaimana dengan cara Anda mengusir hama dalam rumah secara alami? Apa saja cara yang sudah pernah Anda coba?

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!