Kamar Tidur Anak:  Kamar Tidur by AIRE INTERIOR

8 Tips Jitu Memilih Kepala Ranjang yang Tepat

Yasmin Shafiyyah – Homify Yasmin Shafiyyah – Homify
Loading admin actions …

Headboard atau kepala ranjang merupakan salah satu bagian penting dalam memperindah interior ruang tidur. Tidak hanya sebagai pelengkap, kepala ranjang juga menjadi elemen yang dapat memberikan nilai tambah dan menjadi focal point kamar tidur Anda. Untuk itu, dalam memilih desain kepala ranjang, perlu diperhatikan dari segi kenyamanan dan estetika.

Anda dapat memilih kepala ranjang berdasarkan material, desain yang unik, serta menyatu dengan interior ruangan. Atau, bahkan Anda bisa berkreasi sendiri dalam membuat kepala ranjang yang unik. Masih bingung menentukan desain kepala ranjang yang pas untuk ruang tidur Anda? Tidak perlu risau, simak jenis-jenis desain kepala ranjang berikut ini dan temukan cara efektif memilihnya dengan tepat!

1. Kepala Ranjang Kayu

 Bedroom by Home Staging Factory
Home Staging Factory

Old windows headboard

Home Staging Factory

Kepala ranjang dengan material kayu dapat Anda terapkan untuk desain kamar tidur bernuansa tradisional dan country. Padupadankan kepala ranjang berbahan kayu dengan konsep interior kamar dan kenyamanan. Tidak perlu mengeluarkan kocek dalam-dalam untuk membeli material kayu kualitas terbaik untuk kepala ranjang Anda. Cukup manfaatkan pintu, jendela, atau bingkai jendela kayu bekas sebagai material headboard.

Misalnya, kusen pintu yang terkelupas atau jendela kayu usang menjadi material yang pas untuk mendapatkan desain klasik dan unik. Tentunya akan menjadi focal point kamar tidur Anda. Harga yang dikeluarkan pun tidak banyak, sebab Anda memanfaatkan barang-barang bekas dan antik. Mungkin Anda hanya perlu mengeluarkan dana untuk mengecat ulang barang-barang tersebut.

2. Kepala Ranjang Logam

Selain kayu, Anda bisa menerapkan kepala ranjang bermaterial logam. Kepala ranjang logam ini cocok diterapkan untuk desain ruang tidur minimalis. Anda bisa menciptakan kesan chic dan urban, misalnya dengan konsep desain lembaran logam yang bergelombang, dekorasi rumit, hingga berbentuk gerbang besi dengan bunga buatan.

Mungkin, logam tidak begitu menarik bagi sebagian orang, tapi Anda bisa mengkreasikannya hingga tampak unik, menarik, dan nyaman. Misalnya, dengan menambahkan furniture sederhana berukuran minimalis serta pemilihan warna yang senada dengan headboard Anda.

3. Kepala Ranjang Kain

Pilihan menarik lainnya adalah kepala ranjang dengan material kain. Umumnya, headboard berbahan kain ini sering dijumpai pada set tempat tidur yang diproduksi pabrik. Anda bisa membuat ruang tidur mungil menjadi terlihat elegan dan menarik perhatian.

Jika ingin terlihat lebih berwarna, Anda bisa mengkreasikan kepala ranjang dengan kain bermotif yang ceria sesuai selera. Tidak perlu melepas kepala ranjang yang ada, Anda hanya perlu mengganti penutup headboard dengan kain bermotif atau bercorak. Atau, Anda bisa berkreasi dengan membuat kepala ranjang gaya Chesterfield. Headboard jadi terlihat lebih menyegarkan!

4. Kepala Ranjang Kulit

modern Bedroom by Mille Couleurs London
Mille Couleurs London

Upholstered headboard

Mille Couleurs London

Jika ingin menciptakan kepala ranjang yang dapat memberikan kesan modern dan rapi, Anda bisa memilih jenis kepala ranjang berbahan leather alias kulit. Jadikan headboard kulit ini menjadi focal point kamar tidur Anda, meskipun material kulit cenderung memberikan kesan dingin. Anda bisa menambahkan bantalan warna senada dengan headboard untuk meredam rasa dingin tersebut.

5. Kepala Ranjang Seni

Kamar Tidur Anak:  Kamar Tidur by AIRE INTERIOR
AIRE INTERIOR

Kamar Tidur Anak

AIRE INTERIOR

Pilihan selanjutnya adalah kepala ranjang seni. Jenis ini membiarkan Anda bebas bereksplorasi mendesain kepala ranjang sesuai dengan selera dan menjadi karya seni Anda. Umumnya, headboard seni ini memiliki struktur yang lebih sedikit namun tertata. Sebagai contoh, Anda bisa melukis dinding ruangan di atas tempat tidur, menggambar ilustrasi, atau menyusun galeri lukisan.

Anda juga bisa membuat berbagai kutipan kata-kata indah sebagai latar kepala ranjang, menempelkan foto pribadi, mengecat dinding dengan warna-warni ceria, atau merekatkan wall sticker yang menarik. Pada headboard jenis ini, Anda tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam. Cukup eksplorasi jiwa seni Anda untuk membuat karya headboard yang unik dan indah.

6. Kreasikan Kepala Ranjang Sesuai Selera

Anda bisa menggunakan apapun untuk membuat desain kepala ranjang sesuai dengan yang Anda inginkan. Misal, dengan membuat rak kecil berisi buku-buku sebagai kepala ranjang yang unik dan fungsional. Anda juga bisa memanfaatkan bantal-bantal kecil  yang disusun di belakang ranjang.

Ingin lebih unik dan menarik? Anda bisa membuat papan tulis sebagai kepala ranjang. Caranya, cat hitam dinding di belakang ranjang lalu gambar sebuah kepala ranjang. Anda bisa mengganti gambar kepala ranjang kapanpun Anda mau. Unik sekali, bukan?

7. Langkah Efektif Menentukan Kepala Ranjang dengan Tepat

Kamar Tidur Tamu:   by Vivame Design
Vivame Design

Kamar Tidur Tamu

Vivame Design

Setelah mengetahui jenis-jenisnya, berikut langkah efektif untuk memilih kepala ranjang dengan tepat.

1. Pilih kepala ranjang sesuai dengan desain interior ruang tidur, atau desain yang ingin Anda kembangkan.

2. Pikirkan kenyamanan Anda. Jika Anda sering menonton televisi dan membaca buku di tempat tidur, sebaiknya pilih kepala ranjang upholstered yang berbusa dan empuk sehingga nyaman untuk bersandar. 

3. Headboard bermaterial metal atau kayu memang sangat stylish untuk desain interior ruang tidur, namun tidak akan membuat Anda nyaman untuk bersandar.

4. Anda dapat mempertimbangkan kepala ranjang berbahan kulit karena memiliki desain yang ramping dan awet. Headboard jenis ini juga terbilang mudah untuk dibersihkan.

5. Sesuaikan ukuran headboard dengan tinggi orang yang akan menggunakan tempat tidur tersebut. Banyak kasus, headboard kurang tinggi untuk ukuran orang dewasa bertubuh tinggi. Begitu pula sebaliknya, anak-anak tidak memerlukan headboard ukuran orang dewasa.

6. Apabila Anda hendak membeli ranjang baru, sebaiknya beli sekaligus satu set dengan headboard yang sudah terpasang. Sebab, akan lebih murah dan terlihat lebih cocok. Tapi, kekurangannya, pilihan Anda akan menjadi lebih sedikit.

7. Sebaliknya, jika Anda ingin memilih headboard untuk ranjang yang sudah ada, maka Anda akan dihadapkan dengan banyak pilihan. Pastikan Anda mengukur lebar ranjang dan sesuaikan desain headboard dengan ranjang Anda.

8. Budget terbatas? Anda bisa menyiasatinya dengan menggunakan wallpaper, lukisan, rak buku, atau kreasi lainnya sebagai pengganti kepala ranjang. Kreasi seni Anda tidak hanya akan terlihat seperti kepala ranjang, melainkan akan menjadi focal point ruang tidur Anda.

8. Bersihkan Kepala Ranjang Secara Berkala

Setelah memilih jenis kepala ranjang yang sesuai dengan karakter Anda dan menyatu dengan interior ruang tidur, tentunya Anda perlu membersihkannya secara bekala. Hal ini berguna untuk membuat headboard Anda tetap bersih, bebas dari noda, dan terhindar dari bakteri dan kuman yang dapat menimbulkan berbagai penyakit.

Lalu, bagaimana cara merawat dan membersihkan kepala ranjang dengan baik? Apabila kepala ranjang Anda terbuat dari material logam atau besi, Anda dapat membersihkannya dengan sederhana, yakni cukup dilap dengan kain basah. 

Guna menghindari kotoran dan debu yang menumpuk, bersihkan kepala ranjang secara berkala, yakni setiap 2 – 3 kali dalam seminggu. Dan perlu diingat, sebelum membersihkan kepala ranjang, pastikan Anda melapisi bantal dan kasur dengan koran atau plastik guna menghindari debu dan kotoran yang berjatuhan.

Bagaimana membersihkan kepala ranjang bermaterial kain? Sangat mudah, cukup menggunakan vacuum cleaner untuk menghilangkan debu dan kotoran. Setelahnya, Anda dapat membilasnya dengan air sabun ke seluruh bagian kepala ranjang. 

Lalu, bagaimana jika ada noda yang susah hilang? Gunakan stain remover untuk noda tersebut. Caranya, tuangkan beberapa tetes pembersih noda tersebut pada kain kering, lalu oleskan kain pada bagian noda dengan cara memutar. Mudah, bukan?

Jadi, jenis kepala ranjang manakah yang sangat menginspirasi Anda? Yuk, sharing dengan kami di bawah ini!
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!