Ambalan Terbuka:   by Likha Interior

5 Cara Jitu Memilih Hiasan Dinding Ruang Tamu Minimalis

Yasmin Shafiyyah – Homify Yasmin Shafiyyah – Homify
Loading admin actions …

Jangan lupakan hiasan dinding sebagai salah satu elemen penting dalam menciptakan desain interior ruangan yang cantik. Terlebih jika Anda ingin mendekorasi ulang ruang tamu minimalis Anda agar terlihat lebih luas, nyaman, dan indah dipandang mata. Sebab, ruang tamu merupakan bagian utama yang akan menjadi kesan pertama bagi siapapun yang singgah.

Tentunya Anda menginginkan kesan positif yang membekas kepada para tamu, bukan? Sehingga siapapun akan merasa nyaman dan betah saat bertamu ke rumah. Untuk itu, diperlukan tatanan ruangan yang baik serta keserasian antara furniture dengan konsep ruangan.

Lalu, bagaimana cara mendekor dinding ruangan dengan keterbatasan ruang? Hiasan dinding apa yang cocok dipasang? Dan, apa saja langkah yang tepat memilih hiasan dinding untuk ruang tamu minimalis? Yuk, temukan jawabannya berikut ini.

Hiasan Dinding Berupa Lukisan

Umumnya, banyak orang menjadikan lukisan sebagai hiasan dinding ruangan, terutama di ruang tamu. Tapi, sebagian orang tidak terlalu memperhatikan kesinambungan antara tema ruangan dengan jenis lukisan yang akan dipasang. Lalu, jenis lukisan apa yang cocok dipasang di ruang tamu minimalis?

Hal yang perlu diperhatikan sebelum Anda membeli lukisan untuk ruang tamu minimalis adalah lihat bentuk bingkainya. Agar menyatu dengan konsep minimalis, sebaiknya pilih bingkai lukisan yang simple tanpa banyak ukiran dan ornamen. Contohnya, jenis lukisan yang sempat populer, yakni satu lukisan yang terpotong menjadi beberapa bagian dengan bingkai sederhana. Anda bisa mencobanya!

Hiasan Dinding Berupa Rak Kayu Tempel

modern Study/office by Lola Glamour
Lola Glamour

Estantería Tree

Lola Glamour

Hiasan dinding lain yang dapat diaplikasikan pada ruang tamu minimalis adalah rak tempel. Dengan hiasan dinding ini, ruang tamu Anda akan terlihat lebih cantik. Tidak hanya berfungsi sebagai nilai estetika, rak tempel juga bermanfaat secara fungsional. Anda bisa temukan beragam jenis dan bentuk rak kayu unik yang dapat dijadikan hiasan dinding. Misalnya, rak kayu berbentuk pohon beserta dahannya.

Pada hiasan dinding ini, Anda dapat memajang beragam benda, mulai dari pajangan, benda-benda koleksi, buku-buku favorite, action figure, dan lainnya. Tentunya, rak tempel ini sangat multifungsi bagi ruang tamu Anda yang mungil.

Hiasan Dinding Berupa Cermin

Kendala yang seringkali dihadapi saat mendekorasi ulang ruang tamu minimalis adalah ukurannya yang terbatas. Tidak perlu khawatir, kendala tersebut bisa disiasati dengan memasang hiasan dinding berupa cermin. Selain akan mempercantik ruangan, hiasan dinding cermin juga berfungsi untuk menciptakan kesan luas pada ruang tamu yang berukuran terbatas.

Dari segi penempatan, cermin terbagi menjadi dua jenis, yakni cermin dinding (wall/hanging mirror) dan cermin lantai (floor/standing mirror). Cermin hias dan cermin rias dengan dua jenis ini memang seringkali ditempatkan di ruang tamu atau ruang tidur sebagai hiasan. Lalu, cermin jenis manakah yang tepat untuk ruang tamu minimalis? Simak kelebihan dan kekurangan dua jenis cermin berikut. 

1. Cermin yang terpasang di dinding (hanging mirror

Kelebihan 

Anda bisa memasang cermin rias di dinding dengan berbagai ornamen unik, klasik, atau modern pada bingkainya. Apa kelebihannya? 

· Tidak akan memakan banyak tempat dalam ruang tamu yang kecil, sehingga Anda bisa memasang di sepanjang dinding koridor. 

· Tersedia berbagai ukuran, mulai dari cermin berukuran 30x30 cm hingga sebadan. 

· Anda bisa dengan mudah mendapatkan cermin rias dinding ini di retail furniture, mulai dari toko online hingga toko retail offline

Kekurangan 

· Rawan terjatuh jika memasangnya tidak benar.

· Tidak fleksibel untuk semua orang (misalnya, pemasangannya tidak pas untuk orang yang tidak terlalu tinggi).

2. Cermin lantai (standing mirror)

Kelebihan

· Cermin lantai memiliki kaki sandaran yang lebih stabil sehingga tidak mudah goyah atau terjatuh. 

· Fleksibel digunakan untuk semua orang dengan ukuran tinggi badan yang berbeda. 

· Mudah ditemukan di retail furniture, baik toko online maupun offline

Kekurangan 

· Jika ditempatkan pada ruang tamu minimalis, tentu memakan banyak ruang sehingga akan terlihat sempit. 

· Ukuran yang tersedia terbatas.

Hiasan Dinding Berupa Lukisan Dinding/Wallpaper

Pilihan hiasan dinding lain yang bisa Anda pertimbangkan adalah melukis dinding atau melapisinya dengan wallpaper. Hiasan dinding satu ini menjadi salah satu alternatif yang cukup murah dan mudah untuk mempercantik ruang tamu Anda. Sesuaikan motif wallpaper dengan tema dan perabotan yang ada di ruang tamu. Butuh inspirasi? Anda bisa melihat ragam desain wallpaper dinding yang cantik dan unik yang pasti disukai segala usia!

1. Lukisan Dinding Abstrak

Jika ingin membuat ruang tamu minimalis Anda memiliki nilai seni yang tinggi, Anda bisa mencoba ide ini. Tapi, pastikan lukisan abstrak ini akan mempercantik sekaligus tetap menimbulkan kesan luas.

2. Lukisan dinding teknik ombre

Lukisan dengan teknik ombre atau perpaduan dua warna ini bisa diaplikasikan pada ruang tamu minimalis. Anda bisa menerapkan perpaduan warna hitam ke putih atau hitam ke abu-abu. Jika ingin perpaduan warna yang lebih cerah, Anda bisa mencoba warna merah ke pink.

3. Lukisan dinding 3D atau efek ilusi

Apabila Anda ingin membuat ruang tamu terlihat unik, tidak ada salahnya mencoba lukisan dinding dengan efek ilusi. Namun, lukisan dinding ini disarankan hanya untuk salah satu bagian dinding saja, agar tidak membuat orang yang melihatnya merasa pusing. Pastikan juga pemilihan warna dan motif disesuaikan dengan konsep ruangan dan warna perabotan.

4. Lukisan dinding dengan teknik splash

Agar tampilan ruang tamu minimalis Anda terlihat elegan, Anda bisa memilih background dinding warna gelap seperti abu-abu. Lalu, cipratkan cat berwarna terang, misalnya emas atau putih.

5. Lukisan dinding siluet pohon

Untuk membuat tampilan ruang tamu minimalis Anda terlihat manis, Anda bisa menerapkan lukisan siluet pohon pada dinding. Tidak perlu banyak, cukup lukiskan satu pohon di bagian pinggir. Selain minimalis, lukisan ini juga akan mengirit biaya karena hanya untuk beli cat warna hitam saja.

Langkah-Langkah Jitu Memilih Hiasan Dinding Yang Tepat

Ambalan Terbuka: modern Corridor, hallway & stairs by Likha Interior
Likha Interior

Ambalan Terbuka

Likha Interior

1.      Tentukan Konsep Ruangan

Sebelum memilih hiasan dinding, tentukan konsep ruang tamu yang akan didekorasi. Pastikan Anda memilih hiasan dinding sesuai dengan konsep tersebut dan pas dengan karakter Anda. Jangan memilih hanya karena trend semata.

2.      Perhatikan Luas Dinding

Sangat penting menghitung luas dinding sebelum menentukan hiasan dinding yang akan dipasang. Hal ini berguna agar hiasan dinding tidak merusak komposisi ruang tamu Anda. Sebab Anda perlu memperhatikan harmonisasi antara ruang yang didekorasi hiasan dinding dengan ruang dinding yang kosong.

3.      Pilih Jenis Karya Seni untuk Hiasan Dinding

Terdapat beragam pilihan karya seni yang bisa Anda jadikan hiasan pada dinding ruang tamu minimalis. Misalnya, lukisan, wallpaper dinding, kaligrafi, cermin, rak tempel, dan lainnya.

4.      Pertimbangkan Harga Hiasan

Sebelum membeli hiasan, pastikan Anda cermat dan teliti dengan harga yang ditawarkan. Sebaiknya, lakukan survey ke galeri lukis, retail furniture, atau pameran karya seni lain. Tidak ada salahnya mencari hiasan dinding dengan harga terjangkau dengan kualitas sangat baik di situs-situs online.

5.      Minta Bantuan Ahli

Jika masih kesulitan menentukan hiasan dinding untuk ruang tamu minimalis, alternatif lain yang bisa Anda lakukan adalah meminta bantuan ahli, yakni jasa desain interior. Konsultasikan konsep desain interior yang Anda inginkan agar tercipta dekorasi yang memuaskan.

Hiasan dinding manakah yang sangat menginspirasi Anda? Yuk, sharing jawaban Anda di bawah ini!
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!