Rumah by MG&AG.ARQUITECTOS

6 Inspirasi Dekorasi Rumah dengan Lampu LED

Novrisa Wulandari – homify Novrisa Wulandari – homify
Google+
Loading admin actions …

Lampu LED (light emitting diode) merupakan jenis penerangan yang paling disukai dinilai dari berbagai keunggulannya. Lampu jenis ini tidak memiliki pijaran, berbeda dengan lampu jenis bohlam ataupun neon. Lampu LED tergolong lampu interior yang 90% hemat energi dan watt yang dihasilkan lebih kecil. Jadi, ketika mengaplikasikan lampu ini dalam jumlah banyak, Anda juga akan menghemat biaya listrik

Kalau Anda ingin mengurangi jatah penggantian lampu yang terlalu sering, ada baiknya memilih menggunakan lampu LED mengingat rentang waktu yang lebih tahan lama, 25 tahun. Sirkuit semikonduktor yang menghidupi lampu LED memancarkan cahaya saat dialiri listrik. Elemen pembentuknya ini membuat lampu LED tak menimbulkan panas berlebih sehingga pelosok ruangan dalam rumah Anda tak akan mudah panas.   

​Jenis Lampu LED untuk Interior Rumah

LP House:  Ruang Makan by ARF interior

Lampu LED hadir dalam beberapa bentuk, antara lain jenis strips (gulungan pita), panel, dan tabular. Jenis mana pun yang akan Anda gunakan berpengaruh pada karakter ruang dan intensitas pencahayaan yang diberikan oleh lampu LED.    Warna lampu LED yang bervariasi, mulai dari putih, kuning, hingga merah, mampu menciptakan ambience berbeda pada ruangan Anda. 

Kesan Modern di Ruang Keluarga

 Ruang Keluarga by Facile Ristrutturare
Facile Ristrutturare

Soggiorno open space

Facile Ristrutturare

Dekorasi menggunakan lampu LED di ruang keluarga membawa kesan modern. Apalagi, sudut ini bisa menjadi tempat andalan Anda berkumpul bersama keluarga. Lampu LED jenis strips merupakan salah satu aplikasi unik untuk menonjolkan kesan modern tersebut. Menentukan pencahayaan dari segi warna juga penting ketika memilih menggunakan lampu LED seperti ini.

Aplikasi Lampu LED Anti-Monoton di Tangga

Tangga tidak harus selalu menjadi elemen rumah yang biasa saja. Peran tangga yang krusial menghubungkan bagian rumah bertingkat juga tak kalah menarik untuk didekorasi lebih apik. Selain melapisinya dengan material kain, karpet, atau bahan lain, Anda pun bisa menghiasi tangga rumah dengan lampu LED. Aplikasikan lampu LED di bagian anak tangga atau railing tangga. Sorot cahaya dari lampu LED akan membawa pengalaman baru di rumah.

Kepala Ranjang Juga Bisa Dipasangi Lampu LED

Untuk menciptakan kesan tak biasa, coba pasang lampu LED di kepala ranjang (headboard). Namun, jika Anda lebih suka dekorasi yang minimalis, lampu LED meja saja sudah cukup memberikan kesan berbeda. Gunakan headlamp atau wadah yang mendukung pancaran cahaya lampu sesuai keinginan. Anda bisa juga menggunakan lampu LED dengan sorot downlight yang diaplikasikan tinggi di atas kepala untuk memberikan pencahayaan yang berbeda.

Warna-warni di Taman

Di malam hari, pencahayaan dari lampu LED akan memberikan kesan taman yang lebih indah. Untuk membawa suasana yang unik dan berwarna, aplikasi lampu LED berwadah tabular yang berwarna-warni pada taman. Alternatifnya, lihat inspirasi LED di atas, pemasangan LED putih atau kuning bisa diterapkan di beberapa sudut atas dan bawah taman.

Spotlight Lampu LED: Ruang Tamu Sempit Terlihat Lebih Luas

 Ruang Keluarga by grupoarquitectura
grupoarquitectura

Casa Basaltica

grupoarquitectura

Tinggalkan kesan di hati para tamu Anda dengan pemasangan lampu LED yang menunjang penampilan furnitur atau interior rumah. Terutama jika ruang tamu Anda tidak seberapa luas namun ingin tetap terlihat berkarakter. Untuk menyiasati ruang tamu yang sempit, aplikasikan panel lampu LED di bagian plafon atau langit-langit ke seluruh ruangan. Anda bisa menampilkan kesan kuat pada pajangan lukisan atau foto di dinding dengan menerapkan sorot spotlight menggunakan lampu LED. Lukisan dan tanaman rumah Anda akan aman karena teknologi LED tidak mengeluarkan panas dan sinar UV.

Wadah Pendant Gantung Lampu LED Pembangkit Selera Makan

Ruang Makan:   by Vivame Design
Vivame Design

Ruang Makan

Vivame Design

Ruang tamu dan ruang makan merupakan tempat tepat untuk berkomunikasi. Maka tak salah jika cermat memilih lampu untuk ruangan ini. Anda bisa coba menggunakan lampu LED yang diaplikasikan di langit-langit rumah atau tipe standing pada sudut ruang. Anda juga bisa mengaplikasikan lampu LED dalam wadah pendant yang menggantung di atas meja makan agar sorot lampu tertuju ke hidangan di meja makan.

Nah, sudah tahu kan kalau lampu LED bisa diaplikasi dengan banyak cara? Apa lagi aplikasi lampu LED yang Anda ketahui? Yuk, tulis di komentar!
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!