Koridor dan lorong by Stair Factory

8 Inspirasi Keramik Tangga Cantik untuk Rumah Anda

Ambar Arum – Homify Ambar Arum – Homify
Loading admin actions …

Keramik sudah menjadi bahan yang populer untuk melapisi berbagai bagian pada rumah seperti lantai, dinding, serta tangga. Bahan keramik menjadi pilihan utama karena dapat memberikan kenyamanan serta mudah dibersihkan. Memilih model keramik untuk lantai dapat diibaratkan seperti memberi jiwa pada rumah Anda, begitu pula dengan memilih keramik tangga. Tidak hanya sekedar penghubung antar lantai, tangga dapat menjadi sebuah sudut yang menarik apabila Anda memilih keramik tangga yang tepat. Inspirasi dari homify berikut ini akan membantu Anda memilih tangga yang cantik dan artistik.

Setiap anak tangga memiliki 2 bidang, yaitu bidang yang mendatar (antrade) dan bidang yang tegak (optrede). Cara untuk mempercantik tangga dapat dilakukan dengan mensiasati dua bidang tersebut. Salah satunya adalah dengan memberikan desain keramik tangga yang berbeda untuk setiap bidang tangga. Dengan demikian tangga jadi tidak membosankan dan malah bisa menjadi sudut yang instagramable.

Sebelum memutuskan untuk memilih keramik tangga, pastikan Anda terlebih dahulu membaca beberapa rekomendasi dari homify berikut ini. Jangan sampai salah pilih keramik tangga, sebab Anda akan terus tinggal di rumah bersama dengan tangga tersebut. Bicarakan juga mengenai pilihan keramik tangga Anda kepada seluruh penghuni rumah, agar setiap penghuni dapat merasa nyaman dengan desain keramik tangga yang dipilih.

Berikut ini kami sajikan beberapa ide untuk desain keramik tangga, mulai dari yang paling sederhana hingga yang dapat menyegarkan mata Anda.

1. Keramik tangga dengan motif senada

 Koridor dan lorong by Stair Factory
Stair Factory

London domestic staircase

Stair Factory

Apabila Anda telah memiliki motif keramik yang elegan, maka tidak ada salahnya Anda menggunakan keramik yang sama untuk tangga di rumah Anda. Hasilnya tetap akan cantik dan elegan, malah dapat memberi kesan mewah.

2. Keramik tangga minimalis

 Tangga by Geometrixs Architects & Engineers

Rumah dengan desain minimalis umumnya memiliki motif keramik yang sederhana. Namun sederhana bukan berarti membosankan. Keramik pada tangga di rumah minimalis dapat dipercantik dengan memberikan warna yang berbeda namun masih satu motif dengan keramik ruangan.

3. Keramik tangga modern

  by Creazione Interiors
Creazione Interiors

Staircase Design

Creazione Interiors

Keramik dengan desain modern memiliki daya tarik tersendiri. Padukan keramik motif modern dengan motif polos pada tangga Anda, maka sudut tangga Anda akan jadi lebih menarik dan hidup.

4. Keramik tangga dengan sentuhan klasik

 Koridor dan lorong by studioarte
studioarte

CASA CAPRICORNIUS

studioarte

Kalau Anda ingin memberi warna yang berbeda pada tangga, namun tidak mau terlalu ramai, pilihlah keramik dengan motif klasik kesukaan Anda. Kemudian pasangkan keramik tersebut pada salah satu bidang tangga untuk mempercantik tangga Anda. Hasilnya, tangga Anda terlihat sederhana namun cantik.

5. Keramik tangga beragam motif

 Kantor & toko by Work House Collection
Work House Collection

Feature Staircase – Ted Baker

Work House Collection

Cobalah sedikit bereksperimen dengan menggabungkan berbagai jenis motif keramik dalam satu rangkaian tangga, seperti tangga yang satu ini. Setiap anak tangga tidak seragam, namun justru membuat tangga ini jadi unik dan bisa untuk spot foto yang instagramable.

6. Keramik tangga serasi dengan keramik dinding

Apabila rumah Anda memiliki dinding yang juga dilapisi keramik, serasikanlah motif keramik pada dinding tersebut dengan keramik untuk tangga. Kemudian biarkan keramik lantai memiliki motif yang berbeda. Bingung menentukan motif keramik yang cocok? Konsultasikan saja dengan para profesional di homify!

7. Keramik tangga dipadukan dengan bahan lain

 Tangga by Nick and Nelly Kitchens
Nick and Nelly Kitchens

Staircase from Kiaat wood

Nick and Nelly Kitchens

Keramik dapat bersanding dengan material lain dan tetap menawan. Contohnya saja material kayu seperti di tangga yang satu ini. Selain kayu, bisa juga menggunakan material lain seperti batu bata, semen, atau bahkan kaca. Namun sebelum menggunakan cara ini, pastikan material lain yang digunakan masih selaras dengan keseluruhan desain interior rumah Anda.

8. Keramik tangga mosaik

Keramik yang satu ini disusun dari beberapa potongan keramik kecil. Anda dapat lebih kreatif lagi mengkreasikan bentuk mosaik ini dengan beragam warna dan bentuk. Pasti akan jadi menarik apabila Anda dapat mendesain mosaik tersebut sendiri, sebab tangga Anda akan menjadi unik tanpa ada yang menyamai.

Setelah mendapatkan ide untuk keramik tangga, cobalah tengok 18 model pegangan tangga untuk inspirasi selanjutnya. Tangga yang cantik akan dapat membuat Anda nyaman dan semangat saat menapakinya, sehingga tidak ada rasa lelah walaupun Anda telah naik turun tangga tersebut berkali-kali. 

Jadi, keramik tangga seperti apa yang jadi favorit Anda?
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!