Dapur by José Tiago Rosa

6 Tips Mendekorasi Dapur Kecil

Ambar Arum – Homify Ambar Arum – Homify
Loading admin actions …

Dewasa ini, rumah dengan ukuran kecil telah menjamur di mana-mana. Selain karena lahan yang semakin terbatas dan harga yang lebih murah, rumah dengan dimensi kecil juga dirasa cocok bagi para keluarga muda yang lebih banyak menghabiskan waktu untuk bekerja di luar rumah. Karena itu, diperlukan strategi yang jitu untuk dapat menyiasati ruang kecil agar dapat dimanfaatkan dengan maksimal, termasuk ruang dapur.

Dapur merupakan jantung yang menghidupi para penghuni setiap rumah. Karena itu, tata ruang dapur perlu menjadi perhatian agar dapat digunakan dengan nyaman dan menghasilkan makanan berkualitas untuk seluruh anggota keluarga.

Memiliki dapur yang kecil bukan berarti tidak dapat banyak bergerak. Malah, dapur yang kecil sebenarnya memiliki beberapa keunggulan. Perabot-perabot lebih mudah dijangkau, sehingga tidak membutuhkan waktu lama utuk memasak. Selain itu, dapur kecil juga lebih mudah dibersihkan karena areanya tidak luas.

Berikut ini beberapa tips mendekorasi dapur kecil yang dapat Anda coba.

1. Gunakan konsep dapur terbuka

Hilangkan partisi yang memisahkan antara dapur dengan meja makan dan ruangan lainnya. Konsep dapur terbuka dapat memberi kesan lega dan tidak sumpek. Cukup sediakan meja makan kecil untuk menyajikan makanan. Untuk kursi makan, pilihlah kursi tinggi minimalis agar tidak banyak menghabiskan tempat. Makanan pun dapat cepat disajikan langsung dari tempat masak ke meja makan.

2. Manfaatkan ruang untuk penyimpanan barang dapur

Dapur umumnya memiliki berbagai perabotan untuk dapat mengolah berbagai macam jenis makanan. Tidak perlu khawatir, semua perabotan tersebut dapat disimpan dengan memanfaatkan ruang di dapur semaksimal mungkin. Buatlah lemari penyimpanan pada bagian atas dan bawah.

Untuk beberapa peralatan yang sering digunakan seperti pisau, sendok, garpu dan bumbu dapur dapat Anda letakan di luar lemari dengan wadah kecil yang tidak memakan banyak tempat.

3. Perabot minimalis

 Kitchen by AD3 Design Limited
AD3 Design Limited

Small utility sink

AD3 Design Limited

Dengan ruang dapur yang kecil, ada baiknya ukuran perabotan disesuaikan agar lebih efektif. Misalnya rak piring minimalis, atau tempat untuk mencuci piring alias wastafel mini seperti pada ilustrasi di atas. Jumlah perabot dapur juga perlu diminimalisir agar dapur tidak terlihat penuh. Dengan memilih peralatan dapur yang minimalis, maka dapur kecil Anda dapat dimanfaatkan dengan lebih maksimal.

4. Warna terang

  by KISHAN SUTHAR

Pemberian warna terang pada sebuah ruangan yang sempit dapat membuat ruangan tersebut menjadi terkesan lebih luas. Namun seringkali warna terang dihindari di dapur karena dianggap mudah terlihat kotor, mengingat aktifitas di dapur banyak bermain dengan bumbu dapur dan bahan makanan lain.

Namun jangan khawatir, hal ini dapat disiasati dengan memberikan warna lain pada area yang berpotensi terkena bumbu dapur. Misalnya pada bagian meja dapur, serta dinding dekat kompor. Sementara pada bagian lain seperti kabinet penyimpanan, dapat digunakan warna terang untuk memberikan kesan lega pada dapur yang kecil.

5. Jendela di dapur untuk pencahayaan dan ventilasi

 Dapur by Katie Malik Interiors
Katie Malik Interiors

Kitchen area-window treatment

Katie Malik Interiors

Keberadaan jendela di dapur yang sempit juga dapat membantu memberikan kesan luas pada dapur tersebut. Sebab cahaya matahari dari luar jendela yang masuk akan membuat dapur terlihat lebih terang dan lega. Bahkan, apabila cahaya dari luar jendela sudah cukup terang untuk dapur kecil Anda, maka Anda dapat menghemat listrik dengan tidak menyalakan lampu di siang hari.

Jendela juga penting pada dapur yang sempit untuk mengeluarkan asap saat memasak agar dapat digantikan dengan udara segar dari luar jendela. Dengan demikian, sirkulasi udara di dapur kecil Anda akan dapat terjaga dengan baik.

6. Pencahayaan yang baik

modern Kitchen by ..
..

Rita 400 pendant light – kitchen

..
..
..

Apabila tidak memungkinkan membuat jendela di dapur kecil Anda, siasati dapur kecil Anda dengan memberikan pencahayaan yang maksimal. Pencahayaan yang terang juga membantu membuat dapur kecil Anda jadi terkesan lebih lega.

Selain memasang lampu yang terang, pencahayaan juga dapat dibantu dengan menggunakan furnitur atau perabot dapur yang dapat memantulkan cahaya. Contohnya adalah keramik, meja dengan bahan marbel, serta perabot dapur dari stainless. Untuk menjaga agar sirkulasi udara tetap terjaga baik dalam dapur kecil tanpa jendela, pasanglah exhaust fan atau cooker hood, supaya asap saat memasak tidak terkepung di dalam dapur kecil Anda.

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!