Koridor dan lorong by 小田達郎建築設計室

6 Inspirasi Desain Split House untuk Rumah Mungil

Indira Listiarini Indira Listiarini
Loading admin actions …

Punya rumah mungil bukan berarti membatasi ide Anda untuk membangun rumah impian. Konsep desain split house dapat membantu Anda menyiasati pembagian ruang untuk rumah mungil. Split house punya desain unik yaitu mengubah ketinggian lantai hingga tercipta ruang baru tanpa dinding atau sekat. Alhasil rumah mungil pun terlihat besar dan luas. Jika Anda baru saja membeli rumah mungil dan membutuhkan inspirasi desain split house untuk membuat hunian terlihat lebih luas dan besar, berikut kami rangkum 6 inspirasi desain split house terbaik. 

1. Split House untuk Rumah Mungil dan Ramping

 Rumah by FLAT HOUSE
FLAT HOUSE

Tsubomi House (Tokyo Bud House)

FLAT HOUSE

Beberapa kompleks rumah dengan konsep cluster memiliki lahan yang tak hanya kecil, melainkan ramping. Beberapa dijadikan dua lantai, ada pula yang menjadi tiga lantai. Namun model rumah dua atau tiga lantai ini bisa jadi terasa sesak untuk dihuni. Dengan desain split house, luas tanah dan rumah yang ramping ini bisa kamu akali. Pertama-tama Anda bisa mengadopsi basement untuk menambah ‘luas’ hunian. Kedua, gunakan kombinasi warna netral dan terang untuk membuat rumah terkesan lebih luas seperti cokelat muda, putih, dan abu-abu muda. Ketiga, jendela dan pintu kaca yang lebar juga membantu rumah terlihat lebih luas dan terang. Dan yang terakhir adalah buat tangga seramping dan seminimalis mungkin, dengan begitu rumah Anda tidak terlalu padat dengan tangga. Dengan begitu rumah mungil dan ramping Anda bisa mendapatkan ‘enam’ lantai untuk beraktivitas. Mulai dari tempat penyimpanan di paling bawah, dapur dan ruang makan, ruang keluarga, dan kamar tidur di paling atas. Bahkan bisa menyisipkan ruang bermain untuk anak di antara split level yang Anda ciptakan.

2. Split House Modern Bernuansa Pop

 Koridor dan lorong by Marion Rocher
Marion Rocher

Vue d'ensemble

Marion Rocher

Untuk Anda yang tinggal sendiri atau bersama housemate, hunian mungil berbentuk kotak pun bisa diakali menjadi terlihat lebih luas sekaligus modern. Desain satu ini cocok utnuk rumah berukuran kecil maupun apartemen. Pertama-tama sebaiknya Anda singkirkan ruang tidur yang membuat rumah terkesan kecil. Buat level/lantai baru untuk ruang tidur terbuka Anda. Lantai bawah manfaatkan untuk dapur, kamar mandi, serta ruang tengah untuk berkegiatan. Pilih desain tangga minimalis modern yang ramping supaya rumah terlihat lebih luas. Berikan tambahan level lainnya untuk tempat penyimpanan (laci) atau rak buku. Pilih juga kombinasi warna yang kontras seperti hitam putih atau abu-abu putih untuk membuat hunian lebih menarik dan vibran.

3. Desain Split House ala Jepang

Jepang punya desain rumah yang minimalis dan tertata apik yang dapat ditiru untuk rumah mungil Anda. Untuk meraih desain ini, pilihan warna terbaik untuk rumah Anda adalah kombinasi warna putih, cokelat, dan hitam dengan aksen kayu yang kental. Level atau lantai yang Anda buat pun tak perlu terlalu banyak, yang penting di setiap lantai Anda dapat memaksimalkan fungsinya untuk berbagai kegiatan. Misalnya saja dapur, ruang makan, dan ruang keluarga dapat Anda jadikan satu lantai. Namun untuk memberikan dimensi serta ‘sekat’ untuk ruangan ini janganlah Anda membangun dinding, melainkan bangunlah level/lantai baru yang rendah. Deangan begitu ketiga ruangan ini akan terlihat berjarak namun tidak merusak desain minimalis rumah Anda. Pastikan juga lantai menggunakan kayu dan pegangan tangga atau pembatas ruangan menggunakan pegangan ramping berwarna hitam. Sangat minimalis, namun cantik, kan?

4. Split House Sederhana Bertema Kayu

Salah satu cara lain membuat rumah mungil Anda terlihat lebih luas adalah dengan menerapkan desain split house tematik seperti kayu. Pilihlah kayu-kayu berwarna muda untuk setiap ruangan Anda. MUlai dari pintu, lantai, dinding, bahkan langit-langit. Meskipun bukan kayu asli, Anda bisa menggunakan bahan lain bermotif kayu. Nah, split house tidak harus selalu rumit dengan membuat banyak level atau lantai untuk rumah. Anda bisa menerapkan split house sederhana dengan memberikan level-level baru yang rendah. Level atau lantai yang lebih tinggi ini bisa dimafaatkan selain untuk pemisah ruangan, tapi juga untuk tempat duduk maupun penyimpanan. Rumah mungil dengan desain yang fungsional.

5. Split House Unik Berbahan Metal dengan Rooftop

Punya impian membuat rumah unik dari segi desain dan bahan? Mungkin Anda bisa menggunakan metal sebagai bahan utama hunian. Dari luar rumah mungkin terlihat hanya tiga lantai, namun sebenarnya di dalam rumah ada enam lantai. Anda bisa membuat bagian depan rumah seluruhnya menggunakan kaca agar rumah mendapatkan banyak cahaya, terlihat terang, sekaligus luas. Meskipun dengan begitu privasi Anda tidak terjaga, tapi Anda bisa mengakalinya dengan memberikan tirai cantik dan simple. Selain itu buat rumah Anda bernuansa putih untuk menciptakan ilusi rumah yang luas. Lalu di bagian atas rumah, Anda bisa memanfaatkannya sebagai rooftop untuk meletakkan taman atau sebagai ‘balkon’ untuk bersantai.

6. Split House Modern Minimalis dengan Warna Bold

Interior Cage House:  Ruang Keluarga by Parametr Architecture
Parametr Architecture

Interior Cage House

Parametr Architecture

Rumah dengan ruang keluarga dan taman sebagai pusatnya memang sedang banyak digemari. Apalagi ruang keluarga dan taman ini akan menjadi pusat kegiatan bersama keluarga mulai dari bekerja, menonton televisi, bermain, belajar, dan berbagai kegiatan lainnya. Terlebih jika kamu punya rumah yang tidak begitu besar dan ingin mengadopsi konsep ruang keluarga sebagai poros, split house akan sangat berguna untuk Anda. Lantai pertama fokus untuk ruang keluarga dan taman. Tidak ada pintu atau dinding pembatas di antara keduanya. Pokoknya benar-benar terbuka sehingga matahari bisa masuk ke dalam rumah secara langsung. Untuk lantai dua hanya dibuat setengah saja, sekadar untuk kamar tidur utama, kamar anak, dan kamar mandi. Tangga pun dibuat ramping agar rumah tak terkesan padat. Konsep yang menarik, kan? Desain mana yang paling menarik perhatian Anda?

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!