Providence Apartment Unit 11B:  Ruang Keluarga by Lukemala Creative Studio

7 Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Membeli Apartemen

Ambar Arum – Homify Ambar Arum – Homify

Tanya harga

Invalid number. Please check the country code, prefix and phone number
Dengan mengklik 'Kirim' saya mengkonfirmasi bahwa saya telah membaca dan menyetujui Kebijakan Privasi bahwa informasi saya akan diproses.
Catatan: anda dapat mencabut persetujuan tersebut kapan saja dengan mengirim email ke privacy@homify.com.
Loading admin actions …

Hidup di ibu kota dengan kesibukan yang tinggi membuat kehadiran sebuah tempat tinggal di tengah kota menjadi impian setiap orang. Saat ini sudah semakin sulit mendapatkan rumah luas di tengah kota dengan harga yang bersahabat dan lingkungan yang nyaman. Karena itulah, apartemen menjadi pilihan.

Selain itu, apartemen memiliki beberapa kemewahan yang tidak dimiliki oleh rumah petak. Apa saja kelebihan apartemen? Serta bagaimana strategi mendesain interior dari sebuah apartemen? Semuanya akan dibahas dalam artikel ini.

Kelebihan Tinggal di Apartemen

Providence Apartment Unit 11B:  Kamar Tidur by Lukemala Creative Studio
Lukemala Creative Studio

Providence Apartment Unit 11B

Lukemala Creative Studio

Tinggal di apartemen memiliki beberapa kelebihan yang tidak dimiliki rumah petak biasa. Berikut ini beberapa di antaranya:

1.      Lokasi strategis

Biasanya apartemen dibangun di lokasi yang strategis. Apabila bukan di tengah kota, setidaknya apartemen akan memiliki akses ke dalam kota yang mudah dijangkau. Misalnya adalah dekat dengan pintu tol. Kelebihan inilah yang banyak dicari orang karena umumnya pembeli apartemen memilih lokasi apartemen yang dekat dengan tempat bekerja.

2.      Pemandangan indah

Setiap developer apartemen juga umumnya menawarkan pemandangan yang indah kepada calon pembelinya. Memang inilah kelebihan apartemen yang tidak dimiliki rumah petak. Semakin tinggi lantai apartemennya, maka pemandangan akan semakin indah. Anda dapat melihat pemandangan kota dari ketinggian, langit nan biru di siang hari, serta gemerlap lampu kota saat malam hari. Pemandangan indah seperti ini dapat Anda nikmati setiap saat. Siapa yang tidak mau?

3.      Fasilitas lengkap

Setiap apartemen dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang dapat memenuhi kebutuhan penghuninya. Beberapa fasilitas diantaranya adalah mini market, tempat fitnes, kolam berenang, taman, tempat makan, dan lain sebagainya. Semua fasilitas ini dapat dijangkau hanya dengan jalan kaki, tanpa butuh kendaraan. Bayangkan apabila Anda tinggal di rumah petak. Mau ke mini market saja belum tentu bisa ditempuh dengan jalan kaki. Dengan tinggal di apartemen, semua fasilitas terasa dekat, cukup dengan pindah lantai menggunakan lift, kemudian jalan sebentar, Anda sudah sampai di mini market, tempat fitnes, atau di sarana fasilitas lain yang Anda butuhkan.

4.      Keamanan terjamin

Apartemen memiliki tingkat keamanan yang tinggi. Hal ini dikarenakan terdapat petugas keamanan khusus yang disediakan developer apartemen. Selain itu juga sudah terpasang CCTV di berbagai titik strategis untuk memantau pergerakan setiap orang. Untuk masuk ke dalam apartemen saja, tidak sembarang orang bisa masuk karena harus melewati serangkaian pemeriksaan. Semua itu dilakukan agar setiap penghuninya merasa aman dan nyaman tinggal di apartemen tersebut.

Desain apartemen luas

Providence Apartment Unit 11B:  Kamar Tidur by Lukemala Creative Studio
Lukemala Creative Studio

Providence Apartment Unit 11B

Lukemala Creative Studio

Tinggal di apartemen perlu perencanaan desain interior yang khusus dari para profesional homify agar apartemen terasa senyaman rumah sendiri. Satu hal yang pasti, ceritakan dengan detail mengenai desain interior yang Anda inginkan, lengkap dengan budget yang Anda miliki serta deskripsi luas apartemen. Sebab mendekorasi apartemen dengan luas area yang kecil tentu berbeda dengan apartemen dengan luas yang besar.

Apabila mendesain apartemen kecil memiliki kesulitan tersendiri, sama halnya dengan mendesain apartemen yang sangat luas. Karena area yang luas malah perlu disiasati agar ruang interaksi antar penghuninya tidak terlalu jauh satu sama lain. Luasnya area apartemen harusnya membuat penghuninya merasa nyaman dan bebas bergerak bersama sekeluarga, bukannya malah merenggangkan hubungan keluarga.

Gambar-gambar berikut ini merupakan contoh desain interior yang diterapkan pada apartemen dengan luas 250 meter persegi di daerah Jakarta Selatan. Desain dilakukan oleh Lukemala Creative Studio yang telah berpengalaman dalam dunia desain interior. Lukemala Creative Studio sangat mendengarkan keinginan kliennya sehingga setiap klien selalu merasa puas dengan hasil kerja mereka.

Providence Apartment Unit 11B:  Kamar Tidur by Lukemala Creative Studio
Lukemala Creative Studio

Providence Apartment Unit 11B

Lukemala Creative Studio

Memiliki apartemen luas, tidak perlu menerapkan banyak warna. Sengaja dipilih warna cokelat serta krem untuk memberikan kesan mewah serta nyaman dipandang. Warna seperti ini membuat mata lebih rileks dan santai. Cocok bagi para pekerja yang sudah penat dengan urusan kantor. Ketika sampai apartemen, mata akan disuguhi dengan warna coklat kayu yang adem dan nyaman. Mulai dari lantai dengan nuansa coklat kayu, hingga furnitur dengan warna senada, sangat pas bersanding dengan dinding dengan warna krem atau putih tulang.

Lampu juga dibuat agak remang-remang karena saat siang hari, apartemen akan mendapatkan cahaya yang sangat terang dari matahari melalui jendela besar di salah satu sudutnya. Sehingga tidak perlu lagi menggunakan lampu yang terlalu terang. Sementara di malam hari, lampu remang-remang akan membantu penghuninya beraktifitas dengan rileks setelah pulang dari kesibukan kantor. Lampu seperti ini juga membantu penghuninya merasa nyaman dan dapat beristirahat dengan lebih nyenyak.

Ada baiknya tidak menggunakan terlalu banyak jenis warna, karena akan mengurangi kenyamanan mata. Warna putih terang juga tidak dibutuhkan karena area apartemen yang sudah luas, sehingga tidak perlu lagi memberikan warna putih yang membuat ruangan terkesan lebih luas.

Ruang Keluarga

Providence Apartment Unit 11B:  Ruang Keluarga by Lukemala Creative Studio
Lukemala Creative Studio

Providence Apartment Unit 11B

Lukemala Creative Studio

Luasnya area apartemen dapat dimaksimalkan dengan memberikan beberapa furnitur yang tepat. Misalnya di ruang keluarga. Area ruang keluarga yang luas dapat Anda maksimalkan dengan memasang sofa besar yang super empuk. Sofa dapat diatur membentuk huruf U atau L agar setiap penghuninya dapat duduk dekat satu sama lain, namun tetap merasakan kenyamanan dari sofa yang besar sambil menikmati tayangan televisi.

Pilihlah sofa besar kesukaan Anda dengan warna senada dengan dinding atau lantai. Pada area tengah sofa dapat diberikan karpet favorit Anda untuk tempat anak-anak bersantai. Jangan lupa juga untuk menambahkan sentuhan bunga pada beberapa sudut agar apartemen lebih hidup.

Pada beberapa sudut di ruang keluarga, Anda juga dapat menambahkan lemari besar untuk menyimpan beberapa koleksi keluarga. Namun walaupun memiliki area yang luas, barang-barang harus tetap tersusun rapi di dalam lemari, jangan sampai berceceran sehingga kurang enak dipandang. Untuk itu pastikan Anda memiliki lemari yang dapat menampung seluruh barang-barang Anda.

Kamar Tidur

Providence Apartment Unit 11B:  Kamar Bayi & Anak by Lukemala Creative Studio
Lukemala Creative Studio

Providence Apartment Unit 11B

Lukemala Creative Studio

Area yang satu ini merupakan ruangan yang paling penting

sebab di sinilah Anda menghabiskan banyak waktu untuk istirahat serta mengisi ulang tenaga Anda supaya kembali segar di keesokan harinya. Karena itulah kamar tidur harus didesain senyaman mungkin.

Area yang luas memungkinkan Anda mengeksplorasi setiap sudutnya dengan leluasa. Untuk itu, letakkanlah kasur tidur yang paling nyaman pada bagian tengah. Kemudian sertakan lampu meja pada bagian kiri dan kanannya. Lukisan kesukaan Anda juga dapat dipajang pada salah satu dinding, atau cermin pada sisi dinding lainnya.

Warna kamar tidur sebaiknya tidak terlalu jauh dari warna dasar di ruang keluarga agar mata tidak “kaget” saat memasuki kamar tidur. Pilihan warna coklat muda dan krem juga baik untuk membuat istirahat tidur Anda jadi lebih nyenyak.

Desain seperti apakah yang Anda inginkan untuk apartemen Anda? 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!