Palembang House:  Rumah by Ashari Architect

7 Keunggulan Panel ACP dalam Mempercantik Bangunan

Yasmin Shafiyyah – Homify Yasmin Shafiyyah – Homify
Loading admin actions …

Alumunium composite panel atau ACP masih menjadi salah satu material bangunan favorit bagi para developer dan para pelaku di industri properti. Penggunaan ACP dalam dunia konstruksi dapat memberikan nilai tambah pada bangunan, yakni berupa tampilan yang megah, elegan dan artistik, baik diterapkan di dalam ruangan (interior) ataupun pada fasad bangunan (eksterior).

Sebenarnya apa sih pengertian dari alumunium composite panel (ACP)? ACP merupakan material khusus yang umumnya digunakan untuk melapisi dinding bangunan. Adapun bahan pembuatnya yakni perpaduan antara plat alumunium dengan bahan composite. ACP ini terdiri dari bahan non alumunium polytthylene yang disatukan di antara dua lembaran alumunium.

Seperti yang telah disebutkan, material ACP dapat dipasang di dalam ruangan ataupun dipasang pada fasad bangunan. Yang membedakan adalah tingkat ketebalan yang digunakan dan finishing coating-nya. Untuk interior ruangan, umumnya ACP menggunkan lapisan polyester (PE) yang lebih tipis. Sedangkan untuk eksterior, ACP butuh lapisan yang lebih kuat, yakni finishing coating PVDF.

Lalu, apa saja keunggulan ACP yang membuatnya selalu dicari dan diminati? Apakah ada kelemahan yang perlu diperhatikan? Berapa biaya yang perlu dikeluarkan untuk material ini? Mari temukan jawabannya pada ulasan berikut ini.

Ukuran Standard ACP

 Rumah by Jean de Giacinto
Jean de Giacinto

Détail de façade

Jean de Giacinto

Umumnya, ACP diproduksi dengan ketebalan standard berkisar mulai dari 1 – 10 mm dan lebar 1.200 – 1.600 mm. Adapun untuk lapisan aluminium pada kedua sisi berkisar mulai dai 0,3 mm – 0,5 mm. Dengan kata lain, dapat dikatakan ukuran standard ACP yakni sekitar 1220 mm x 2440 mm. Meskipun memiliki bobot ringan yakni sekitar 3,5 – 5,6 kg per meter², ACP sangat kokoh dan kuat dalam konstruksi.

Dalam proses pemasangan, material ACP biasa dikombinasikan dengan bahan-bahan lain, seperti penggunaan kaca, curtainwall atau bahan logam lainnya. Hal ini untuk menambah nilai estetika fasad bangunan. Sedangkan pada interior ruangan, lembaran ACP biasa digunakan sebagai partisi, penutup kolom, dan penutup plafon.

Untuk lebih mempercantik lembaran ACP, Anda bisa memilih beragam warna yang tersedia sesuai dengan konsep bangunan. Anda juga bisa melakukan pemesanan khusus, misalnya ingin membuat permukaan ACP dengan pola-pola meniru bahan material lainnya, seperti pola keramik, kayu, marmer, dan lainnya.

Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli ACP

Sebelum membeli lembaran-lembaran ACP untuk bangunan Anda, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar tidak terjadi pembengkakan pada anggaran biaya bangunan, antara lain sebagai berikut:

1. Lihat merek produknya 

2. Jenis material inti 

3. Total ketebalan seluruh panel 

4. Ketebalan khusus lapisan alumunium 

5. Ketebalan finishing coating

Pastikan produk yang Anda pilih terbukti memiliki kualitas yang baik. Perhatikan dengan baik poin-poin di atas dan sesuaikan dengan kebutuhan bangunan Anda. Tidak masalah mengeluarkan budget sedikit lebih banyak untuk kualitas terbaik. Anggap saja sebagai investasi jangka panjang.

Sebagai informasi, material ACP ini tidak hanya dapat digunakan pada gedung bertingkat atau high rise building. Lembaran ACP juga biasa digunakan pada interior dan eksterior bangunan baru atau lama, rumah dengan tipe minimalis, SPBU, pertokoan atau ruko, papan iklan, billboards, display unit, dealer otomotif dan lainnya.

Keunggulan Yang Ditawarkan ACP

Palembang House:  Rumah by Ashari Architect
Ashari Architect

Palembang House

Ashari Architect

Ada banyak keunggulan yang ditawarkan material ACP untuk memperindah bangunan, antara lain sebagai berikut.

1. Ringan dan mudah dibentuk

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ACP memiliki bobot ringan sehingga mudah dipindahkan meski dalam skala besar. ACP juga memiliki struktur yang rata dan halus sehingga membuatnya mudah dibentuk, dilipat, dibor atau dilengkungkan, baik menggunakan peralatan konvensional atau peralatan sederhana.

ACP juga tidak menggunakan banyak baut penyambung dan memiliki lebih sedikit komponen. Dengan begini, tentunya biaya perakitannya akan lebih murah.

2. Tersedia dengan berbagai pilihan warna

ACP tersedia dalam berbagai macam pilihan warna dan pola. Saat ini, kira-kira terdapat 30 macam warna yang bisa Anda pilih. Sepertinya yang sudah disebutkan, bahkan Anda bisa memesan lembaran ACP dengan tampilan meniru berbagai pola material lain, seperti pola kayu, marmer, keramik dan lainnya.

3. Kuat dan tahan terhadap cuaca dan iklim

Keunggulan utama dari ACP adalah sifatnya yang memiliki ketahanan cukup tinggi terhadap korosi, asam, garam, dan sinar ultra violet. Tidak hanya itu, material inti yang terbuat dari polyetthylene mampu membuat ACP tahan terhadap api. Dengan berbagai keunggulannya ini, ACP mampu bertahan hingga berpuluh tahun setelah pemasangan.

4. Tahan terhadap benturan dan tahan gores

Kelebihan lain yang ditawarkan ACP adalah permukaannya yang tidak mudah tergores atau patah meski dilekukkan hingga sudut kemiringan tertentu. Selain itu, benturan yang terjadi saat pemindahan material atau ketika proses pemasangan tidak akan mempengaruh bentuk fisik ACP.

5. Mudah diaplikasikan dalam berbagai konsep modern

ACP mudah disesuaikan dengan berbagai desain konsep modern yang hendak diaplikasikan pada bangunan. ACP juga memiliki bahan yang bagus untuk dekorasi bangunan, baik pada interior ruangan maupun eksterior.

6. Pemeliharaan yang cukup mudah

Dalam proses pemeliharaan lapisan ACP terbilang cukup mudah tanpa harus repot dan tidak membutuhkan biaya tambahan lainnya.

7. Harga ACP terjangkau

Harga alumunium composite panel alias ACP terbilang lebih terjangkau jika dibandingkan dengan material lainnya. Karena harganya yang lebih murah ini ACP masih terus populer digunakan dalam pembangunan gedung. Adapun harga ACP kira-kira berkisar mulai dari Rp400.000 hingga Rp600.000 an per lembarnya.

Kekurangan ACP

Selain menawarkan bebagai keunggulan yang dimiliki, ACP juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan. Pertama, menurut hasil penelitian, bahan inti ACP yang terbuat dari polyetthylene dan lem pengikat ke lapisan alumunium, pada suhu panas yang tinggi, dapat mengeluarkan gas beracun.

Tidak hanya itu, pada suhu tinggi, lapisan inti dapat menggelembung hingga mengakibatkan permukaan alumunium tidak rata dan bisa mengurangi keindahan bangunan. Material ACP juga terbilang tidak cukup tahan terhadap tekanan angin sehingga berisiko terhadap keselamatan jika dalam konstruksi yang kurang baik.

Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Pemasangan ACP

Dalam proses pemasangan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar hasilnya maksimal dan mengurangi risiko kesalahan, antara lain:

1. Percayakan pemasangan ACP pada bantuan profesional yang sudah ahli di bidang konstruksi alumunium composite panel untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 

2. Sebelum dilapisi dengan ACP, pastikan dinding sudah diplester rapi dan siap dipasang bracket

3. Lakukan proses marking dengan teliti sebelum melakukan pemasangan ACP. 

4. Sesuaikan bahan ACP dengan spesifikasi ruangan yang akan dipasang. Misal, jika ingin melakukan pemasangan di area luar ruangan (eksterior) yang terkena hujan dan panas secara langsung, maka sebaiknya menggunakan ACP dengan finish coating PVDF. 

5. Saat proses pengiriman, akan lebih baik jika panel ACP diposisikan secara mendatar. Hal ini untuk mengurangi risiko panel bergesekan dengan panel lainnya. 

6. Apabila hendak menyimpan panel ACP di dalam ruangan, pastikan untuk meletakkannya dalam posisi vertikal dan bersandar erat. Dan waktu penyimpanan tidak bleh lebih dari enam bulan.

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!