Garasi prefabrikasi by ecospace españa

6 Langkah Membangun Garasi Prefabrikasi

Yasmin Shafiyyah – Homify Yasmin Shafiyyah – Homify

Tanya harga

Invalid number. Please check the country code, prefix and phone number
Dengan mengklik 'Kirim' saya mengkonfirmasi bahwa saya telah membaca dan menyetujui Kebijakan Privasi bahwa informasi saya akan diproses.
Catatan: anda dapat mencabut persetujuan tersebut kapan saja dengan mengirim email ke privacy@homify.com.
Loading admin actions …

Pernah dengar garasi prefabrikasi? Atau, justru Anda sedang ingin membangunnya? Memang, garasi prefabrikasi tidak sama seperti garasi pada umumnya yang dibangun dari material-material seperti batu bata dan semen. Melainkan, garasi prefabrikasi dibangun dengan material yang lebih khusus, yakni terdiri dari panel yang diproduksi di luar lokasi lalu diangkut kembali ke tempat garasi akan dibangun.

Memang, pembangunan garasi prefabrikasi ini sedikit membutuhkan pengetahuan konstruksi khusus. Garasi prefabrikasi  terbukti lebih hemat biaya dibandingkan dengan menggunakan material batu bata dan adukan semen. Proses pemasangan garasi ini pun tergolong mudah sehingga tidak membutuhkan waktu yang lama.

Lalu, material khusus apa saja yang digunakan dalam pembangunan garasi prefabrikasi? Berapa biaya yang dibutuhkan? Apa kelebihan dan kekurangannya? Dan, bagaimana langkah-langkah pembangunan garasi ini? Yuk, temukan jawabannya pada ulasan berikut ini.

Material Khusus Garasi Prefabrikasi

 Garasi prefabrikasi by BRICOJARDIN ON LINE SLU
BRICOJARDIN ON LINE SLU

Garaje de Madera Virginia 44

BRICOJARDIN ON LINE SLU

Dalam membangun garasi prefabrikasi, Anda bisa membuat tampilan garasi sesuai dengan selera, misal dengan sentuhan kayu, baja, ataupun beton. Tetapi, perlu diingat, material dan gaya yang Anda pilih akan berdampak pada biaya pembangunan garasi secara keseluruhan. Adapun, umumnya, garasi prefabrikasi menggunakan material-material berikut ini.

Kayu

Untuk tampilan tradisional seperti di lingkungan pedesaan, material kayu adalah pilihan yang tepat. Rangka garasi prefabrikasi, seperti panel samping dan pintu besar, diproduksi di pabrik spesialis lalu diangkut ke lokasi pembangunan. Namun, perlu diingat, material kayu membutuhkan biaya sedikit lebih mahal, karena tidak memiliki bahan atap seperti herpes zoster atau panel bergelombang sehingga harus dibeli terpisah.

Pemasangan garasi prefabrikasi kayu membutuhkan waktu sekitar 2 hingga 3 hari. Tetapi, Anda perlu menyesuaikan atap dengan rangka kayu sehingga membutuhkan waktu lebih di hari lain. Perlu juga diingat, semakin besar garasi yang dibangun maka akan semakin rumit bingkai kayunya. Oleh karena itu, Anda perlu bantuan profesional jika ingin membangun garasi prefabrikasi dua lantai.

Baja

Biasanya, garasi prefabrikasi dengan material baja dikenal karena tampilannya yang sedikit industrial. Adapun keunggulan garasi prefabrikasi baja ini adalah waktu perakitannya yang terbilang cepat. Tidak hanya itu, material baja ini juga tahan terhadap cuaca, tahan kerusakan, tahan busuk, dan tahan api.

Dengan keunggulannya tersebut, garasi prefabrikasi dengan bahan baja mampu bertahan hingga 20 - 30 tahun lebih. Biaya pembangunan garasi ini pun lebih efisien dibanding garasi bermaterial kayu. Dan, garasi prefabrikasi baja ini cenderung cocok digunakan untuk bengkel.

Beton

Material selanjutnya yang populer digunakan dalam pembangunan garasi prefabrikasi ialah beton. Dinding beton yang dipadatkan bisa dibentuk menyerupai bahan yang lebih menarik, misalnya adalah bata-efek dan lapisan tekstur kerikil sebagai hasil akhir dekorasi garasi.

Material beton ini terbilang paling murah, karena hampir sebagian besar proses pembangunan garasi diselesaikan di pabrik atau lokasi konstruksi khusus. Setelah struktur beton pracetak selesai diproduksi di pabrik, kemudian diangkut ke lokasi garasi untuk di instalasi. Tentunya proses ini akan mengurangi biaya tenaga kerja dan menghemat waktu pemasangan.

Material Fondasi Garasi Prefabrikasi

Fondasi merupakan salah satu bagian penting dalam membangun suatu bangunan, termasuk garasi prefabrikasi. Tentunya, Anda harus membuat fondasi yang kuat agar mampu menahan beban akhir garasi prefabrikasi. Untuk itu, ada beberapa material yang bisa digunakan, seperti beton dan blok batu.

Beton tuang merupakan salah satu material terbaik untuk membangun fondasi garasi prefabrikasi karena lapisannya yang aman dan rata. Material ini mudah didapatkan dan mudah disesuaikan. Tidak hanya itu, pemasangan lempengan beton juga diperkuat dengan bantuan batang baja yang terpasang di dalamnya.

Bagaimana dengan fondasi blok batu? Kelebihannya, Anda bisa mendapatkan ukuran blok batu sesuai dengan garasi prefabrikasi yang akan dibangun. Kemudahan ini tentu memungkinkan Anda membangun fondasi dengan kedalaman yang diperlukan. Tetapi, kekurangannya adalah material ini tidak cukup kuat menahan beban lebih jika dibandingkan dengan beton.

Cara Membangun Garasi Prefabrikasi

Ada beberapa langkah yang harus dilakukan untuk membangun garasi prefabrikasi dengan baik, antara lain sebagai berikut.

1. Tentukan lokasi yang sesuai

Langkah pertama adalah memilih lokasi atau tempat yang sesuai yang memang berada di dalam batasan lahan Anda. Pastikan lokasi tersebut memiliki akses mudah ke drainase, dan tentukan ukuran garasi prefabrikasi yang dibutuhkan.

2. Periksa izin pembangunan

Sebelum membangun, jika diperlukan, pastikan Anda sudah mengantongi izin perencanaan pembangunan. Di indonesia, untuk membangun garasi prefabrikasi, tidak ada aturan tertulis untuk membahas ini. Mengacu pada UU 1/2011, tidak dimuat sanksi pidana bagi mereka yang mendirikan bangunan (garasi prefabrikasi) di atas prasarana.

Kalaupun terjadi sengketa, hal yang diupayakan terlebih dahulu adalah penyelesaian sengketa di bidang perumahan berdasarkan musyawarah untuk mufakat yang telah disebut dalam Pasal 147 UU 1/2011.

3. Buat fondasi garasi

Sebelum membuat fondasi, Anda perlu meratakan tanah kemudian digali untuk meletakkan lempengan beton. Diskusikan dengan para profesional dan pembuat panel garasi Anda mengenai ukuran fondasi yang dibutuhkan.

4. Bingkai Garasi

Selanjutnya, Anda bisa mulai menyusun bingkai untuk keempat dinding garasi prefabrikasi. Bingkai ini terbuat dari potongan beton yang perlu digabung bersama yakni dengan menggunakan kunci pas dan set soket. Pastikan bautnya terpasang dengan sangat kencang. Setelah itu, dinding perlu digabungkan ke fondasi sehingga garasi kuat dan tidak mudah bergeser saat terjadi badai.

5. Penyatuan

Umumnya, kit garasi beton memiliki atap yang melengkung dan ditopang oleh lengkungan. Lengkungan ini harus disatukan lalu dipasang pada tempatnya. Selain itu, perlu dilakukan pemasangan kawat di antara lengkungan pertama dan kedua sepanjang garasi. Dan, perlu selalu dipastikan bautnya terpasang dengan kencang.

6. Kulit

Langkah terakhir yang perlu dilakukan adalah meletakkan potongan pada kulit beton. Potongan ini harus digabungkan ke bingkai yang dikerjakan dari bawah ke atas.

Perlu diingat, pembangunan garasi prefabrikasi akan jauh lebih baik jika diserahkan kepada profesional dan sudah ahli di bidangnya. Hal ini agar tidak terjadi kesalahan dalam membangun garasi dan Anda pun mendapatkan hasil yang maksimal.

Biaya Pembangunan Garasi Prefabrikasi

 Garasi prefabrikasi by 中浦建築事務所
中浦建築事務所

インナーガレージ:ガレージハウス

中浦建築事務所

Berapa biaya yang dibutuhkan untuk membangun garasi prefabrikasi? Biaya untuk garasi tipe kayu berkapasitas dua mobil umumnya berkisar kurang lebih Rp186 juta, belum termasuk ongkos perakitan di lokasi. Sedangkan biaya garasi prefabrikasi tipe baja berkapasitas dua mobil bekisar mulai dari Rp66 juta.

Perlu diingat, biaya membangun garasi prefabrikasi berbeda-beda berdasarkan ukuran, material, dan desain yang dipilih. Semakin besar dan megah garasi yang dibangun, maka akan semakin besar pula biaya yang dibutuhkan.

Garasi Tradisional atau Garasi Prefabrikasi?

Manakah yang lebih baik, garasi tradisional atau garasi prefabrikasi? Lagi-lagi tergantung dengan kebutuhan dan budget yang dimiliki. Jika ingin membangun garasi dengan biaya yang lebih efisien, mudah dan cepat, sebagian besar orang setuju mendirikan garasi prefabrikasi. Namun, memang tidak dapat dipungkiri bahwa garasi tradisional dengan material batu bata dan semen dapat menjadikan garasi lebih kuat dan tahan lama. Tentunya dengan biaya yang lebih besar pula. Jadi, lebih pilih mana?

Jadi, apakah Anda tertarik membangun garasi prefabrikasi? Jika iya, sebutkan alasannya di kolom komentar ya!
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!