Hotels by Studio Giangrande

Mengenal Asbes Sebagai Bahan Bangunan

Marda Faqruradi Marda Faqruradi
Loading admin actions …

Asbes adalah mineral alami yang telah ditambang dan digunakan selama berabad-abad karena ketahanannya, panas dan ketahanan terhadap bahan kimia. Lama dianggap sebagai mineral keajaiban, asbes telah digunakan dalam ribuan produk, mulai dari isolasi dan bahan konstruksi lainnya hingga rem mobil dan pengering rambut. Pada puncak penggunaannya, Asbes dapat ditemukan di lebih dari 3.000 produk konsumen.

Seiring waktu, bagaimanapun, para peneliti menyadari bahwa ketika bahan asbes terganggu atau rusak, serat asbes dapat dilepaskan ke udara dan menyebabkan paparan berbahaya. Ketika orang tidak sengaja menghirup atau menelan serat mikroskopis, mineral akhirnya dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius, seperti mesothelioma dan asbesis.

Asbes dan Mesothelioma

Asbes telah dikaitkan dengan mesothelioma dan penyakit terkait asbes lainnya setidaknya sejak tahun 1920-an, meskipun itu tidak memperlambat penggunaan mineral. Dari tahun 1930-an hingga akhir 1970-an, penggunaan asbes meroket di seluruh Amerika Serikat dan dunia, membuat jutaan orang berisiko terpapar. Selama periode waktu yang sama ini, hubungan antara paparan asbes dan risiko kanker menjadi lebih jelas, karena lebih banyak laporan tentang mesothelioma dan penyakit asbes lainnya membanjiri.

Setiap jumlah keterpaparan asbes, bahkan terbatas, dianggap berbahaya dan nantinya dapat menyebabkan diagnosis mesothelioma. Ketika terhirup atau tertelan, serat asbes mikroskopis bekerja dengan cara mereka ke dalam lapisan paru-paru, perut atau jantung. Selama periode 10 hingga lebih dari 50 tahun, serat dapat menyebabkan peradangan dan jaringan parut, yang akhirnya dapat berkembang menjadi tumor mesothelioma atau kondisi terkait lainnya.

Sementara beberapa penyakit asbes ini, seperti penebalan pleura dan plak pleura, tidak dianggap mematikan dan dapat dikelola seperti penyakit kronis, mesothelioma memiliki rata-rata prognosis hanya 12 hingga 21 bulan. Mencegah pajanan asbes sangat penting ketika mineral belum dilarang dan penggunaan masa lalu masih berlama-lama di seluruh dunia.

Tempat Umum untuk Menemukan Asbes

 Taman by Aralia
Aralia

Chelsea Creek – copyright St George Plc

Aralia

Sementara penggunaan asbes di Amerika saat ini jauh lebih terbatas, toksin masih dapat ditemukan di ribuan rumah tua, gedung dan sekolah yang dibangun sebelum tahun 1980. Mengetahui di mana asbes berpotensi ditemukan adalah penting dalam mencegah paparan. Meskipun tidak ada cara mudah mengidentifikasi asbes dengan mata telanjang, ada beberapa produk dan area di rumah yang lebih mungkin dibuat dengan mineral.

Ini hanyalah contoh dari banyak produk yang dibuat dengan asbes selama bertahun-tahun. Hari ini, asbes masih diizinkan untuk digunakan hingga 1% dalam produk-produk tertentu dengan penggunaan historis, terus menempatkan masyarakat pada risiko paparan.

Teknik Mengidentifikasi Asbes

 Konservasi by Premier Roof Systems
Premier Roof Systems

Aluminium Roof Lantern (Korniche)

Premier Roof Systems

Selain memiliki pengetahuan tentang produk asbes umum, juga dapat membantu untuk menyadari enam jenis asbes dan bagaimana mereka telah digunakan di masa lalu. Sementara semua bentuk asbes dianggap karsinogenik, para peneliti telah mencatat bahwa beberapa jenis lebih berbahaya daripada yang lain dan lebih mungkin menyebabkan mesothelioma atau diagnosis serupa lainnya.

Bahkan bagi mereka yang mungkin tahu apa yang tampak seperti asbes dalam bentuk mentahnya, menemukan mineral dalam produk atau di sekitar rumah dapat menjadi tidak mungkin. Untuk orang yang memiliki rumah yang lebih tua, sebaiknya hubungi profesional asbes yang dapat mengevaluasi area dan mengambil sampel untuk menguji asbes atau racun potensial lainnya. Penting untuk diingat bahwa jika sebuah rumah dibangun sebelum tahun 1980, itu tidak pasti bahwa asbes hadir. Bahkan jika mineral itu digunakan dalam konstruksi, jika tidak terganggu, itu juga tidak dianggap berbahaya.

Beberapa profesional asbes mencatat beberapa inspeksi dan pertimbangan dasar yang dapat membantu mengidentifikasi produk asbes dengan lebih mudah dan membuat pikiran pemilik rumah merasa nyaman.

Periksa pola permukaan pada material seperti atap dan sinanaga: Asbes dikenal memiliki efek dimpling atau membuat kawah dangkal. Memeriksa material untuk permukaan dan pola yang tidak rata dapat membantu mencatat area di rumah yang berpotensi mengandung asbes.

Periksa bagian dalam dan eksterior: Di bagian luar bangunan dan rumah, lembaran asbes sering disatukan oleh pelari aluminium, dengan pelari plastik atau kayu untuk interior. Asbes juga bisa ditemukan dalam perekat, seperti jendela dempul, tape drywall dan semen bersama.

Pertimbangkan lokasi di rumah: Kamar mandi sering disebut memiliki asbes di ubin lantai, sementara ruang bawah tanah juga sering menggunakan mineral untuk pipa air panas, tungku, boiler, asbes semen dan saluran kerja. Isolasi asbes juga paling umum di loteng.

Sekali lagi, bagi siapa saja yang mencurigai asbes di rumah, hal terbaik yang harus dilakukan adalah menghubungi profesional asbes bersertifikat. Mereka dapat melakukan pemeriksaan untuk menguji asbes, dan menentukan apakah diperlukan perbaikan.

Paparan Asbes

Karena penggunaannya yang sangat lama, World Health Organization memperkirakan bahwa 125 juta orang di seluruh dunia terpapar dengan asbes setiap tahun. Pajanan pekerjaan adalah yang paling umum, dengan laporan yang menyebutkan asbes sebagai penyebab nomor satu kanker di tempat kerja. Pekerja konstruksi, pekerja galangan kapal dan veteran termasuk yang paling rentan, tetapi banyak industri lain yang menempatkan karyawan pada risiko terpapar setiap hari.

Anggota keluarga dan orang yang dicintai juga berisiko terpapar secara langsung jika serat asbes dibawa pulang dengan pakaian, peralatan atau bahkan di rambut pekerja. Banyak kali pekerja tidak akan memikirkan atau bahkan memiliki kesempatan untuk mengganti pakaian berlapis asbes mereka sebelum pulang ke rumah. Selama beberapa dekade, penyebab utama mesothelioma pada wanita dan orang dewasa adalah paparan kedua.

Masyarakat juga dapat menghadapi risiko kesehatan paparan dari asbes alami di lingkungan. Studi terbaru menunjukkan paparan lingkungan sedang meningkat. Jika asbes menjadi terganggu dalam beberapa cara, seperti saat terjadi bencana alam, asbes dapat menciptakan debu asbes yang dapat dengan mudah dihirup oleh masyarakat.

Penanganan Asbes

 Windows & doors  by Resi
Resi

Roof Lantern

Resi

Ada hukum dan peraturan yang ketat di tingkat federal, negara bagian dan lokal tentang bagaimana asbes dapat dihapus dan dibuang. Jika Anda mencurigai asbes di rumah Anda atau bangunan yang Anda rencanakan untuk direnovasi atau rekonstruksi, penting untuk memulai dengan menghubungi profesional asbes yang dapat menilai situasinya. Jangan mencoba menangani situasinya sendiri, karena ini dapat menyebabkan paparan dan bahaya kesehatan yang serius.

Pemeriksaan asbes akan menentukan apakah asbes ada dan luasnya di rumah, serta memberikan rekomendasi untuk langkah selanjutnya jika diperlukan. Jika enkapsulasi (mencakup bahan asbes) atau pengurangan (pengangkatan bahan yang mengandung asbes) diperlukan, pastikan Anda menemukan spesialis pengurangan asbes berlisensi untuk menangani pekerjaan.

Selama proses pemindahan, profesional pengurangan harus melabeli area dengan benar sebagai bahaya asbes dan menjaga agar tempat kerja bersih untuk menghilangkan risiko kontaminasi di seluruh rumah atau bangunan. Peralatan yang mereka gunakan, pakaian yang mereka kenakan, dan semua materi harus dilabeli dengan tepat dan terkandung juga.

Setelah pekerjaan selesai dan situs dibersihkan secara menyeluruh sesuai peraturan, Anda harus menerima pernyataan tertulis bahwa kontrak telah dipenuhi. Para profesional kemudian bertanggung jawab untuk benar membuang bahan asbes, yang biasanya terdiri dari mengambil limbah ke tempat pembuangan akhir yang bersertifikat yang dapat menangani produk tersebut.

Aturan khusus Menangani  Asbes

Meskipun asbes belum dilarang di Amerika Serikat, ada undang-undang federal dan negara bagian di tempat untuk membatasi penggunaannya dan membantu melindungi orang dari efek paparan kesehatan. Detail dan penegakan hukum ini adalah tanggung jawab Badan Perlindungan Lingkungan AS (EPA), Administrasi Keselamatan & Kesehatan Kerja (OSHA), dan Komisi Keamanan Produk Konsumen (CPSC).

Advokat telah berjuang untuk larangan asbes selama bertahun-tahun di Amerika Serikat, karena lebih banyak negara di seluruh dunia terus mengambil tindakan untuk melindungi warganya dari racun. Asbes masih legal untuk diproduksi, diimpor dan diekspor di sekitar 70% dari dunia. Dengan berlalunya tagihan baru seperti Keamanan Kimia Frank R. Lautenberg untuk Undang-Undang Abad ke-21 pada tahun 2016, larangan masa depan tampak lebih dekat daripada sebelumnya, karena EPA mengevaluasi zat beracun seperti asbes. Dengan perubahan dalam administrasi dan tagihan baru yang bergerak, bagaimanapun, masa depan asbes masih tetap tidak jelas.

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!