Kamar Mandi by Patience Designs

Renovasi Kamar Mandi Minimalis dengan Bujet Terbatas

Yasmin Shafiyyah – Homify Yasmin Shafiyyah – Homify

Tanya harga

Invalid number. Please check the country code, prefix and phone number
Dengan mengklik 'Kirim' saya mengkonfirmasi bahwa saya telah membaca dan menyetujui Kebijakan Privasi bahwa informasi saya akan diproses.
Catatan: anda dapat mencabut persetujuan tersebut kapan saja dengan mengirim email ke privacy@homify.com.
Loading admin actions …

Kamar mandi adalah salah satu bagian terpenting pada rumah yang memerlukan perawatan dan perhatian khusus. Bagaimana tidak, setiap harinya, kamar mandi digunakan dengan intensitas yang cukup sering oleh para penghuni rumah. Karena itu, diperlukan perawatan untuk menjaga kamar mandi agar tetap bersih, nyaman, dan tampak segar.

Terlebih jika ukuran kamar mandi Anda kecil karena kondisi lahan yang terbatas. Kamar mandi minimalis Anda tetap memerlukan perhatian ekstra. Akan tetapi, seringkali perawatan saja tidak cukup karena kualitas kamar mandi cenderung menurun dari tahun ke tahun. Ada kalanya Anda perlu merenovasi ulang kamar mandi minimalis agar menjadi lebih nyaman dengan desain yang lebih memikat.

Lalu, apa yang perlu diperhatikan ketika hendak merenovasi kamar mandi minimalis? Kira-kira berapa biaya yang diperlukan? Dan, desain seperti apa yang cocok diterapkan pada kamar mandi minimalis? Yuk, temukan jawabannya pada ulasan berikut ini.

Hal Penting Yang Perlu Diperhatikan

SMART DESIGN FOR LIMITED SPACE @ THE WAVE, EPICENTRUM, KUNINGAN:  Kamar Mandi by PT. Dekorasi Hunian Indonesia (DHI)
PT. Dekorasi Hunian Indonesia (DHI)

SMART DESIGN FOR LIMITED SPACE @ THE WAVE, EPICENTRUM, KUNINGAN

PT. Dekorasi Hunian Indonesia (DHI)

Sebelum merenovasi kamar mandi minimalis, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, antara lain ukuran kamar mandi, desain yang ingin diterapkan, serta material yang ingin digunakan. Ketiga hal ini tentu akan sangat berpengaruh pada besaran dana yang dibutuhkan untuk merenovasi kamar mandi minimalis Anda.

Mari kita uraikan. Mengapa Anda perlu merencanakan ukuran luas kamar mandi secara matang? Sebab, hal ini akan menentukan berapa jumlah bahan atau material yang dibutuhkan. Misalnya, berapa buah material keramik yang dibutuhkan untuk menutupi lantai dan dinding kamar mandi minimalis Anda? Serta, berapa banyak cat dan semen yang diperlukan? Tentunya harus diketahui luasnya terlebih dulu, bukan?

Selain itu, desain yang Anda pilih juga akan berpengaruh pada pemilihan aksesoris, jenis keramik, serta perabot kamar mandi yang tepat dan sesuai dengan desain. Adapun perabot kamar mandi yang perlu disesuaikan dengan desain antara lain shower, bak mandi, keran, wastafel, kloset, cermin, gantungan handuk, rak, hingga pintu kamar mandi.

Perhatikan Pemilihan Perabot Kamar Mandi Minimalis

Sesuaikan pemilihan perabot kamar mandi minimalis sesuai dengan konsepnya. Pilihlah jenis perabot kamar mandi yang sederhana tanpa banyak ukiran dan aksesoris penghias. Pertimbangkan juga dengan baik ukuran perabot yang akan digunakan mengingat ukuran kamar mandi yang tidak besar.

Meskipun berukuran kecil, Anda dapat menjadikan kamar mandi minimalis terasa nyaman dengan cara menyesuaikan pemilihan jenis material dan perabot berikut ini.

Keramik Dinding dan Lantai

Anda bisa memilih material keramik untuk dipasang pada dinding dan lantai kamar mandi minimalis. Untuk dinding, keramik berfungsi agar dinding lebih mudah dibersihkan dan tidak mudah berjamur. Tidak hanya itu, dinding keramik juga akan memberikan kesan mewah pada desain.

Akan tetapi, jika nanti Anda merasa bosan dengan warna atau corak keramik, maka Anda harus menggantinya secara keseluruhan. Untuk itu, Anda bisa menyiasati dengan melapisi sebagian dinding dengan keramik, dan sebagian lainnya hanya dicat biasa. Untuk cat dinding, sebaiknya pilih yang berwarna yang cerah. Cukup gunakan satu warna atau bisa dikombinasikan dengan gradasi warna yang lebih muda atau lebih tua sedikit.

Sedangkan untuk lantai, Anda dapat menggunakan keramik berukuran besar yang dipasang secara diagonal untuk mendapatkan kesan luas. Anda juga perlu memilih jenis keramik dengan tekstur yang tidak licin, seperti keramik jenis porselen atau batuan. Pemilihan keramik jenis ini berfungsi untuk mengurangi kemungkinan terpeselet di kamar mandi.

Kloset Duduk

Manakah yang lebih baik, kloset duduk atau kloset jongkok? Jika dilihat dari segi kenyamanan,  maka jawabannnya tergantung pada saat Anda menggunakannya. Akan tetapi, jika ingin membuat desain kamar mandi minimalis Anda terlihat lebih elegan, maka pilihlah kloset duduk.

Shower

Shower menjadi pilihan yang tepat untuk kamar mandi minimalis karena tidak membutuhkan space yang besar. Penggunaan shower untuk membersihkan tubuh juga dapat lebih menghemat air lho. Untuk menghindari agar percikan air tidak membasahi seluruh lantai, Anda bisa menggunakan sekat kaca pada area shower.

Wastafel

Kamar mandi minimalis akan terlihat lebih cantik dan menawan dengan kehadiran wastafel. Anda juga bisa menambahkan cermin depan wastafel untuk membuat aktivitas membersihkan diri lebih mudah, seperti menyikat gigi, mencuci muka, atau mencuci tangan.

Perabot Pelengkap

Jangan lupakan perabot pelengkap untuk kamar mandi minimalis Anda, seperti gantungan handuk, gantungan tisu, tempat sabun, dan rak pelatan mandi. Jangan disepelekan, tanpa perabot pelengkap ini, kamar mandi Anda akan terlihat berantakan dengan barang-barang yang tidak tertata dengan rapi.

Sesuaikan Penataan Perabotan dengan Konsep Minimalis

Show Unit - Type A (18 m2) - Kamar Mandi:  Kamar Mandi by studio tektonik
studio tektonik

Show Unit – Type A (18 m2) – Kamar Mandi

studio tektonik

Karena ukuran kamar mandi yang minimalis, Anda perlu menata perabot dengan benar agar ruangan tidak terasa sempit. Sebagai contoh, pilihlah lemari dengan ukuran yang kecil sehingga dapat dipasang pada dinding. Tidak perlu lemari berukuran besar yang memakan banyak tempat, sebab fungsinya hanya untuk menyimpan berbagai peralatan mandi.

Estimasi Biaya Renovasi Kamar Mandi Minimalis

LIVING THE OPEN PLAN APARTMENT @ SEASON CITY, WEST JAKARTA:  Kamar Mandi by PT. Dekorasi Hunian Indonesia (DHI)
PT. Dekorasi Hunian Indonesia (DHI)

LIVING THE OPEN PLAN APARTMENT @ SEASON CITY, WEST JAKARTA

PT. Dekorasi Hunian Indonesia (DHI)

Berapa estimasi biaya yang dibutuhkan untuk merenovasi kamar mandi minimalis Anda? Langkah pertama sebelum merinci harga-harga perabot kamar mandi adalah pastikan Anda menyisihkan anggaran untuk memasang keramik lebih dulu. Mengapa? Sebab, biaya bongkar pasang keramik baru terbilang paling mahal dan menyita banyak waktu.

Umumnya, pembongkaran keramik yang dikerjakan dua orang tukang membutuhkan waktu sekitar 3 -  5 hari. Sedangkan proses pemasangan keramik baru menyita waktu 2 – 4 hari. Biaya jasa pemasangan oleh tukang ahli yakni berkisar antara Rp120.000 – 240.000 per hari. Sedangkan asisten tukang berkisar Rp80.000 – Rp160.000 per hari.

Bagaimana dengan estimasi harga perabot kamar mandi minimalis? Harganya tidak selalu sama, menyesuaikan dengan ukuran, merk, jenis material, dan harga pasaran di daerah masing-masing. Sebagai contoh, berikut estimasi atau perkiraan biaya renovasi kamar mandi minimalis berukuran 2 m x 2 m x 3 m.

Material Konstruksi

Keramik dinding      20 m² x 85.000:             Rp1.700.000 

Keramik lantai         4 m² x 48.000:               Rp192.000

Semen                    7 sak x 88.000:               Rp616.000

Pasir                        2 m² x 180.000:             Rp360.000

Cat                                         1 galon            Rp100.000

Jumlah : Rp2.968.000

Perabot Instalasi

Kloset duduk                     : Rp2.200.000 

Wastafel set                      : Rp880.000 

Shower set                        : Rp515.000 

Sekat kaca                        : Rp1.000.000

Jumlah : Rp4.595.000

Aksesoris

Gantungan handuk         : Rp218.900 

Tempat sabun                 : Rp110.000 

Cermin                            : Rp339.000 

Rak                                 : Rp279.000/buah

Jumlah : Rp946.900

Biaya renovasi kamar mandi minimalis yakni berkisar Rp8.509.900, ditambah dengan biaya jasa 2 tukang untuk 8 hari sekitar Rp900.000. Jadi, estimasi total biaya yang dibutuhkan yakni berkisar Rp9.409.900. Anda bisa menyusun rincian estimasi biaya menurut versi Anda sendiri dengan menyesuaikan ukuran kamar mandi, material, desain, merk, dan harga pasaran di daerah Anda.

Berbagai Ide Desain Kamar Mandi Minimalis

 Kamar Mandi by bilune studio
bilune studio

bagno ospiti

bilune studio

Rumah Tinggal Bpk Beni:  Kamar Mandi by samma design
samma design

Rumah Tinggal Bpk Beni

samma design
Jadi, desain seperti apa yang ingin Anda terapkan pada kamar mandi minimalis di rumah?
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!