Ruang Keluarga by Gracious Luxury Interiors

10 Fakta Lampu Gantung yang Wajib Anda Ketahui

Novrisa Wulandari – homify Novrisa Wulandari – homify
Google+

Tanya harga

Invalid number. Please check the country code, prefix and phone number
Dengan mengklik 'Kirim' saya mengkonfirmasi bahwa saya telah membaca dan menyetujui Kebijakan Privasi bahwa informasi saya akan diproses.
Catatan: anda dapat mencabut persetujuan tersebut kapan saja dengan mengirim email ke privacy@homify.com.
Loading admin actions …

Lampu gantung tak hanya berfungsi sebagai penerangan, tapi juga menjadi hiasan yang mempercantik ruangan Anda. Selain memiliki bentuk yang semakin kreatif, lampu gantung juga membantu memberikan penerangan yang maksimal. Jadi, Anda juga tak perlu keluar banyak biaya untuk dekorasi atau renovasi rumah demi mendapatkan pencahayaan yang mumpuni. 

Ingin menciptakan nuansa tertentu di rumah? Contek cara memilih model lampu gantung berdasarkan ruangan di rumah untuk dekorasi.

Tips Memilih Lampu Gantung

 Teras by Tony House Interior Design & Decoration
Tony House Interior Design & Decoration

Летняя Веранда • Summer Terrace

Tony House Interior Design & Decoration

1. Pilih model lampu gantung 

Di luaran tersedia bermacam-macam bentuk lampu gantung yang berbeda. Ada yang berbentuk bulat, bernuansa etnik, dan lampion. Pemilihan model lampu yang sesuai sebaiknya dilihat dari tema ruangan juga. Misalnya, untuk lampu di teras rumah Anda bisa mendekorasinya dengan lampu gantung bercahaya warna-warni agar tampak unik.

2. Posisikan lampu di tempat strategis

Penempatan lampu yang strategis berperan untuk menciptakan ambience pada ruangan. Anda tak mesti memasang lampu gantung/lampu hias di dalam rumah, tetapi juga di luar rumah. Aturlah lampu gantung di sudut, di tengah ruangan sesuai kebutuhan. Yang penting, perhatikan teknik cahaya yang tepat agar lingkungan sekitarnya bisa memantulkan cahaya secara maksimal. 

3. Ketinggian langit-langit 

Lampu yang memanjang ke bawah lebih tepat digantungkan pada rumah berlangit-langit tinggi. Seberapa tinggi, yang penting tidak lebih tinggi daripada sepertiga tinggi ruangan. Jika langit-langit rumah Anda tinggi sekali, periksalah kepantasannya dengan menggantung di atas ruang kosong sehingga mencapai setengah dari tinggi ruangan. Perhatikan kembali apakah lampu tersebut sudah cukup menjadi pusat perhatian atau belum. 

4. Desain perabot rumah 

Memilih desain/tipe lampu gantung juga bisa ditentukan dari perabotan atau furnitur rumah. Pilihlah desain kap yang sejenis dengan perabot rumah, misalnya desain kap lampu gantung minimalis akan serasi dengan perabot bernuansa minimalis juga. Usahakan lampu senuansa dengan barang-barang di rumah agar tidak menjadi pusat perhatian. 

5. Gaya interior rumah 

Ada banyak model lampu gantung di pasaran yang bisa dicocokkan dengan gaya interior rumah. Mulai dari lampu model minimalis, model antik, model kristal, sampai dengan model kontemporer. Karena itu, sebelum melengkapi rumah Anda dengan lampu gantung, tentukan dahulu gaya interior apa yang ingin Anda aplikasikan pada rumah.

Sebelum memilih lebih jauh, sudah tahu belum ruangan mana saja yang tepat untuk lampu gantung?

Lampu Gantung di Ruang Tamu

 Ruang Keluarga by Casa Meva Estudio
Casa Meva Estudio

Después l Living

Casa Meva Estudio

Jika Anda memutuskan untuk menggunakan lampu gantung di ruang tamu, pastikan Anda memilih tipe yang cocok dengan interior ruangan. Kini, tipe chandelier pun hadir dalam bentuk yang unik dan tidak melulu klasik. Jadi, jika rumah Anda bergaya minimalis atau modern, Anda boleh menggunakan chandelier yang unik ini di tengah ruang duduk Anda.

Lampu Gantung di Kamar Tidur

Dekorasi lampu gantung tipe chandelier dengan ornamen modern seperti di foto bisa jadi inspirasi Anda menghadirkan kesan unik di kamar tidur. Tipe chandelier cenderung lebih banyak diminati agar cahaya lebih maksimal, mengingat kamar adalah tempat privat yang sering Anda sambangi untuk bermacam kegiatan. Ini bisa menjadi alternatif penggunaan lampu LED di plafon kamar tidur.

Lampu Gantung di Ruang Makan

 Dapur by Shandler Homes Ltd
Shandler Homes Ltd

POGGENPOHL WITH SPEKVA BREAKFAST BAR

Shandler Homes Ltd

Peletakan lampu gantung di atas meja makan akan mengkomplimen hidangan makanan Anda. Gantunglah lampu sejarak 1 meter dari permukaan meja. Sebaiknya, pilih panjang lampu gantung yang separuh dari ukuran meja makan.

Lampu Gantung di Dapur

Lampu gantung bisa membuat kesan dapur yang lebih ‘hangat’, loh. Anda bisa menyesuaikan pilihan kap lampu gantung sesuai tema interior rumah. Misalnya, memilih desain vintage atau bermotif ramai sebagai aksen warna dapur. Atau, pilih kap lampu berbentuk kotak untuk desain yang minimalis dan modern.

Perbandingan Harga Lampu Gantung Menurut Tipenya

 Ruang Keluarga by Shandler Homes Ltd
Shandler Homes Ltd

LUXURY INTERIORS

Shandler Homes Ltd

Kedua tipe lampu gantung berikut ini adalah yang terpopuler di masyarakat.

Tipe Chandelier 

Tipe lampu ini memiliki banyak cabang untuk meletakkan sumber cahaya. Ukuran chandelier pun bisa bervariasi, mulai dari kecil hingga sangat besar. Tak heran jika chandelier sering dijumpai di rumah sebagai pusat perhatian. 

Harga chandelier mungkin lebih mahal dibandingkan tipe lampu gantung lain mengingat materialnya yang kompleks, yakni kisaran Rp1 juta ke atas.

  by Vale Furnishers
Vale Furnishers

Authentics Labware Lighting

Vale Furnishers

Tipe Pendant 

Kebalikan dari chandelier, tipe pendant tidak punya banyak cabang untuk lampu. Hanya satu. Namun, bentuknya bisa beraneka macam dan lucu-lucu, seperti cangkir, poci teh, atau bulb

Lampu tipe ini tepat diaplikasikan pada rumah yang bergaya minimalis, clean, dan sederhana. Ditambah lagi, jika Anda menemukan pendant transparan bisa membuat kesan ruangan lebih lapang. 

Harga tipe pendant berkisar mulai dari Rp100 ribu-an sampai dengan Rp1 juta-an. Harga-harga tersebut sekadar kisaran saja. Jika Anda membelinya di toko online, mungkin bisa menemukan harga yang lebih pas dengan budget.

Tips Merawat Lampu Gantung

 Interior landscaping by SANUC
SANUC

Object / Light Cylinder Pendant

SANUC

Anda perlu memisahkan lampu gantung dari bagian lainnya saat dibersihkan. Siapkan air sabun hangat dan rendam selama beberapa menit. Setelah itu, seka permukaan dengan spons dan letakkan di atas handuk dalam posisi tegak untuk mengeringkannya.

Khusus untuk chandelier, gunakan kemoceng untuk menghalau debu yang menempel. Setelah itu, letakkan chandelier di atas handuk atau bahan lain yang tidak terpakai. Semprotkan cairan pembersih hingga menetes dan mengaliri kotoran yang menempel pada chandelier. Setelah beberapa lama, biarkan saja hingga kering.

Setelah membaca tips di atas, lampu gantung seperti apa yang Anda inginkan sebagai dekorasi rumah? Ceritakan ke kami yuk, di kolom komentar.
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!