Ruang Kerja by MV

Informasi Lengkap Kisaran Harga Papan Kayu 2018

Yasmin Shafiyyah – Homify Yasmin Shafiyyah – Homify

Tanya harga

Invalid number. Please check the country code, prefix and phone number
Dengan mengklik 'Kirim' saya mengkonfirmasi bahwa saya telah membaca dan menyetujui Kebijakan Privasi bahwa informasi saya akan diproses.
Catatan: anda dapat mencabut persetujuan tersebut kapan saja dengan mengirim email ke privacy@homify.com.
Loading admin actions …

Kayu merupakan salah satu material konstruksi yang cukup populer digunakan untuk membangun struktur dan fondasi suatu bangunan. Sebagai material bangunan unggulan, kayu diproduksi menjadi beberapa model dan bentuk, salah satunya yakni dalam bentuk papan kayu. Umumnya, papan kayu memiliki tebal sekitar 2 cm hingga 4 cm dan lebar sekitar 10 cm hingga 30 cm.

Tidak hanya sebagai fondasi, papan kayu juga berperan penting dalam mempercantik interior dan eksterior hunian. Misalnya, digunakan sebagai kusen, batang jendela, penyangga kaca, hingga membuat perabotan rumah seperti lemari, kursi, meja, dan lainnya. Anda dapat menemukan beragam jenis papan kayu dengan karakteristik berbeda sesuai dengan kualitas dan fungsi masing-masing.

Berapa harga papan kayu di pasaran saat ini? Jawabannya, tergantung pada ukuran, kualitas, serta wilayah papan kayu dipasarkan. Umumnya, papan kayu dijual dalam bentuk lembaran atau per m² dengan harga papan kayu yang dibanderol pada kisaran ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Jika Anda perlu rincian informasi harga papan kayu, Anda bisa simak ulasan berikut ini.

Keunggulan dan Kelemahan Kayu sebagai Material Konstruksi

 Ruang Kerja by MV
MV

En OBRA

MV
MV
MV

Sebelum mengetahui harga papan kayu, Anda perlu mengetahui beberapa kelebihan dan kekurangan kayu sebagai material bangunan. Anda dapat menyimak informasinya di bawah ini.

Keunggulan

1. Mudah dibentuk dan dibuat sesuai keinginan 

2. Mudah direkatkan, dibaut, atau dipaku 

3. Mudah didapatkan 

4. Harganya relatif murah jika dibandingkan dengan bahan bangunan lain 

5. Awet, kuat dan tahan lama 

6. Ringan 

7. Dapat kedap suara 

8. Daya tahan terhadap bahan kimia dan listrik cukup baik 

9. Beberapa jenis kayu tertentu memiliki tekstur yang indah

Kelemahan

1. Terdapat cacat bawaan dan cacat alam, seperti mata kayu 

2. Mudah terpengaruh oleh cuaca 

3. Beberapa kayu tertentu relatif mudah terserang jamur dan serangga 

4.Tidak tahan api sehingga mudah terbakar 

5. Kerusakan kayu dapat terjadi pada kelembaban tinggi

Tipe Bentuk Papan Kayu

Plapon Kayu Lambersiring :   by Lantai Kayu Parket
Lantai Kayu Parket

Plapon Kayu Lambersiring

Lantai Kayu Parket

Sebelum membeli papan kayu, ada beberapa jenis dan tipe papan kayu yang perlu Anda ketahui, yakni sebagai berikut.

1. Papan solid atau kayu utuh

Papan solid tidak dibentuk dari sambungan atau gabungan, melainkan terbentuk dari kayu utuh. Contoh dari kayu utuh antara lain kayu jati, kayu jati belanda, kayu sungkai, dan kayu ramin. Umumnya, harga papan kayu solid relatif lebih mahal.

2. Papan layered atau papan lapis (tripleks)

Sesuai namanya, tripleks dibentuk dari tiga lembaran kayu lapis yang direkatkan dengan tekanan tinggi menggunakan perekat khusus. Sedangkan, multipleks memiliki lebih dari tiga lembaran kayu lapis.

3. Partikel board

Jenis kayu olahan ini dibuat dengan bahan dasar serbuk kayu kasar dan bahan kimia khusus. Keduanya dicampur dan disatukan dengan lem lalu dikeringkan dengan suhu tinggi. Umumnya, partikel board ini digunakansebagai material furnitur.

4. Medium density board atau MDF

Mirip dengan partikel board, MDF merupakan kayu olahan yang terbuat dari bubur kayu dan bahan kimia tertentu. Perlu diingat, kayu MDF ini tidak tahan terhadap air dan kelembaban tinggi. Oleh sebab itu, disarankan untuk tidak menggunakan kayu MDF pada daerah dengan kelembaban tinggi.

5. Blockboard

Blockboard merupakan balok kayu berukuran 4 cm – 5 cm dengan ketebalan 15 mm – 18 mm. Harga yang dibanderol pun terbilang relatif lebih murah dibandingkan kayu solid.

Harga Papan Kayu Jati

Kayu jati masih menjadi salah satu material bangunan unggulan karena menawarkan banyak kelebihan, antara lain kuat, memiliki serat dan tekstur yang indah, serta tahan terhadap rayap, jamur, dan serangga. Karena keunggulannya ini, papan kayu jati dimanfaatkan untuk membuat furnitur seperti pintu, jendela, meja, kursi, dan lainnya.

Karakteristik dari kayu jati yakni memiliki warna coklat muda hingga coklat tua, memiliki bobot yang berat dan kokoh, tidak mudah berubah bentuk akibat perubahan cuaca, serta mudah dipotong untuk diolah menjadi banyak produk. Karena berbagai kelebihannya, harga papan kayu jati terbilang cukup mahal. Adapun rincian harga kayu jati antara lain sebagai berikut.

Jati kelas A1        11 cm – 19 cm    Rp2.025.000/m³

Jati kelas A2        20 cm – 29 cm    Rp3.025.000/m³

Jati kelas A3        30 cm – 39 cm    Rp5.025.000/m³

Jati kelas A4        40 cm – 49 cm    Rp7.025.000/m³

Harga Papan Kayu Kamper

Selain kayu jati, jenis kayu kamper juga umum digunakan untuk membuat papan kayu. Kayu kamper memiliki karakteristik unik, yakni beraroma khas sehingga dinamai kayu kamper. Kayu ini berwarna coklat muda atau coklat kemerahan dengan bobot yang lebih ringan dari kayu jati. Selain itu, kayu kamper juga memiliki serat dan tekstur yang indah serta tidak sukai rayap dan serangga.

Dengan berbagai keunggulannya, papan kayu kamper ini bisa digunakan untuk membuat kusen pintu, jendela, hingga pembuatan beragam furnitur kayu. Umumnya, kayu kamper terbagi menjadi tiga kategori, yakni kayu kamper Samarinda, kayu kamper Surabaya, dan kayu kamper kruing dari Sumatera. Kayu kamper ini dapat dengan mudah Anda temukan hampir di seluruh Indonesia.

Berapa harga papan kayu kamper? Papan kayu kamper dibanderol dengan harga yang relatif terjangkau, yakni berkisar antara ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Berikut rincian harga papan kayu kamper.

Papan Kayu Kamper                       3 m x 20 m x 4 m                 Rp265.000/lembar

Papan Kayu Kamper                       3 m x 20 m                           Rp4.500.000/m³

Papan Kayu Kamper                       3 m x 30 m                           Rp5.000.000/m³

Harga Papan Kayu Meranti

Jenis kayu lain yang biasa digunakan sebagai material konstruksi adalah kayu meranti. Kayu ini adalah jenis kayu keras yang memiliki warna merah tua dan merah muda. Namun, kayu meranti cukup peka terhadap perubahan cuaca sehingga kurang tepat jika digunakan pada eksterior bangunan. Anda bisa menggunakan kayu ini untuk membuat multipleks dan juga membuat furnitur.

Jenis kayu meranti dengan kualitas paling baik dapat Anda temukan di hutan Kalimantan. Kayu meranti ini dapat tumbuh dengan ukuran sangat panjang dan diameter yang sangat lebar. Oleh karena keunggulannya ini, harga papan kayu meranti tergolong relatif cukup mahal. Berikut harga papan kayu meranti yang behasil kami kumpulkan dari beberapa sumber.

Papan Kayu Meranti                             3 m x 20 m x 4 m             Rp122.500/lembar

Papan Kayu Meranti Ikatan                  2 m x 20 m; 3 m x 20 m   Rp2.700.000/m³

Papan Kayu Meranti Lembaran            2 m x 20 m                       Rp2.800.000/m³

Papan Kayu Meranti Lembaran            3 x 20 m                           Rp3.000.000/m³

Harga Papan Kayu Borneo

Jenis kayu lain yang biasa digunakan membuat papan kayu adalah kayu borneo. Kayu ini memiliki beberapa keunggulan, yakni mempunyai struktur yang sangat kuat sehingga biasa digunakan untuk mencetak beton. Selain itu, kayu borneo memiliki serat yang halus, awet, dan tidak mudah berubah. Berapa harga papan kayu borneo di pasaran? Berikut rinciannya.

Papan Kayu Borneo        3 m x 20 m x 4 m               Rp90.000

Papan Kayu Borneo        3 x 20                                 Rp90.000/batang (4 m)

Harga papan kayu tidak selalu sama di setiap toko bangunan, terlebih di daerah yang berbeda. Harga-harga papan kayu di atas kami himpun dari berbagai sumber dan dapat berubah sewaktu-waktu.

Jenis papan kayu apa yang akan Anda beli sebagai material konstruksi bangunan Anda?
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!