Dapur by Kgodisho Solutions and Projects

17 hal menarik mengenai Plafon PVC yang penting untuk anda ketahui!

Henti Kresdiana Henti Kresdiana

Tanya harga

Invalid number. Please check the country code, prefix and phone number
Dengan mengklik 'Kirim' saya mengkonfirmasi bahwa saya telah membaca dan menyetujui Kebijakan Privasi bahwa informasi saya akan diproses.
Catatan: anda dapat mencabut persetujuan tersebut kapan saja dengan mengirim email ke privacy@homify.com.
Loading admin actions …

Belakangan ini, plafon menjadi salah satu pelengkap interior rumah yang sangat fungsional. Sebelumnya plafon hanya digunakan pada gedung-gedung mewah, hotel, restoran dan apartmen, namun kini plafon dapat dijumpai di hampir setiap hunian. Salah satu jenis plafon yang kerap digunakan pada langit-langit ruangan rumah adalah jenis PVC.

Polivynil Chloride disingkat PVC sebelumnya lebih dikenal sebagai sejenis polimer yang dijadikan bahan pembuat pipa air. Kini pemanfaatannya kian meluas salah satunya sebagai material plafon rumah.

Secara singkat plafon atau biasa dikenal dengan eternit didefinisikan sebagai langit-langit rumah yakni batas antara ruang di bawah atap dengan dinding. Ketinggian batas sangat bervariasi. Pada rumah tinggal biasanya ketinggian berkisar 2,80 – 3,80 m.

Jika anda merasa tertarik melihat desainnya atau sekedar mengetahui lebih lanjut mengenai plavon pvc, harganya, kelebihan dan kekurangannya, kali ini homify akan mengulasnya secara tuntas!

​Kelebihan Plafon PVC

BEDROOM 01 ALT2:   by Arsitekpedia
Arsitekpedia

BEDROOM 01 ALT2

Arsitekpedia

Tentunya ada keistimewaan khusus dari material satu ini sehingga penggunaanya kian marak dan menjadi pilihan lebih trendi diantara material pesaingnya seperti gypsum, triplek atau fiber semen. Beberapa keunggulan dari plafon PVC diantaranya:

1.    Anti air dan anti rayap

Salah satu keunggulan plafon PVC adalah ketahanannya terhadap air hingga Anda tak perlu kuatir atap akan bocor. Demikian juga ketahanannya terhadap serangga rayap yang jauh berbeda dengan jenis plafon yang terbuat dari bahan sejenis triplek atau gypsum. Ini disebabkan karena plafon PVC memiliki pori-pori yang sangat rapat. Cara membersihkannya juga mudah cukup menggunakan sapu atau kain bersih.

2.    Tahan pecah dan tahan api

Kelebihan lain mengapa material ini menjadi favorit adalah karena bahannya yang kuat dan tidak mudah pecah terutama dengan ketebalan tertentu. Plafon PVC tidak mudah hancur oleh air, panas api, dan kelembaban tinggi. Plafon PVC memiliki lapisan berbahan polimer yang membuatnya anti api. Bahan ini membuat plafon sulit terbakar dan tidak merambatkan api ketika terjadi kebakaran. Begitu juga saat berada tepat di bawah sinar matahari dalam waktu cukup lama. Plafon PVC cocok dipasang dalam ruangan indoor maupun outdoor.

3.    Mudah Pemasangan, perawatan dan mudah dibentuk

Materialnya yang ringan, sederhana dan awet membuatnya mudah dipasang dan dibentuk. Anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk pemasangan kerangka plafon ataupun untuk biaya tenaga kerja. Demikian juga dengan perawatannya. Salah satu kelebihan lain plafon ini adalah mudah dipasang dalam berbagai bentuk termasuk bentuk lengkung sekalipun.

4.    Warna & bentuk variatif

Keunggulan berikutnya dari plafon ini adalah warna dan motif yang variatif di bagian luar. Anda tak perlu merogoh kocek ekstra untuk melakukan pengecatan. Selanjutnya, Anda tinggal memilih jenis plafon PVC yang sesuai dengan desain rumah hingga menjadi perpaduan yang indah. Tips paling mudah adalah dengan menyamakan warna plafon PVC Anda dengan dinding rumah. Misalkan untuk menampilkan suasana tenang dan tak banyak cahaya, pilihlah plafon PVC berwarna gelap. Tapi bila rumah Anda banyak memantulkan cahaya, kaca atau ruangan terbuka, plafon PVC dengan efek glossy dan doff menjadi alternatif menarik. Anda dapat menutupi jendela dengan tirai dan gordyn. Untuk Anda yang enerjik, warna-warna neon seperti kuning, jingga dan hijau sangat cocok untuk diaplikasikan. Sementara untuk Anda yang stylish, Plafon PVC dengan corak kayu atau garis-garis dapat menjadi alternatif pilihan.

5.    Awet

Disamping lentur dan ringan, plafon PVC memiliki kelebihan lainnya yakni mampu bertahan selama puluhan tahun. Keawetan ini disebabkan oleh kandungan Polymer Isosianat yang membuatnya tidak akan terurai dan lapuk.

Ruang Keluarga:  Living room by Exxo interior
Exxo interior

Ruang Keluarga

Exxo interior

​Berbagai jenis dan model plafon minimalis

Foyer:  Koridor dan lorong by Atelier BAOU+

Terlepas dari harganya yang relatif tinggi, plafon PVC akan selalu menjadi daya tarik tersendiri untuk diaplikasikan pada hunian Anda. Salah satunya untuk jenis rumah modern minimalis di daerah perkotaan. Cobalah di ruang tamu. Saat Anda mampu mengkombinasikan antara desain interior ruangan dengan warna plafon, ruang tamu Anda tidak hanya akan nampak menarik namun juga elegan.

Apalagi kini marak dijumpai plafon PVC dengan beragam motif kayu menarik dan menyerupai aslinya. Biasanya jenis plafon tersebut adalah flat doff rose wood, flat dove walnut wood, flat gloss brown wood grain dan drain gloss brown wood grain.

Berikut beberapa referensi plafon pvc yang cocok diaplikasikan pada ruang tamu Anda:

1.       Plafon Model kipas

Desain plafon ini dibuat layaknya kipas tumpang tindih dengan pencahayaan lampu yang tersembul di sela-selanya. Efek yang ditimbulkan akan nampak begitu modern dan futuristik di atas ruang tamu. Anda dapat memilih warna plafon gelap sehingga bias cahaya yang muncul di sela-sela antar plafon dapat menjadi harmonisasi nan indah.

2.       Plafon gantung artistik

Plafon jenis ini memainkan tinggi dekorasi plafon gantung. Plafon utama dan beberapa plafon kecil dibuat terpisah sehingga nampak menggantung di atas ruangan. Otomatis ruangan akan nampak artistik apalagi bila dilihat dari bawah. Hmm, sepertinya layak untuk dicoba.

3.       Plafon PVC klasik minimalis

Plafon ini berbentuk segitiga sehingga menjadikan lorong rumah Anda berbentuk prisma nan indah. Desain ini akan menjadikan atap rumah terlihat tinggi layaknya bangunan-bangunan ibadah seperti gereja atau katedral.

4.       Plafon PVC Honeycomb

Bentuk plafon ini menyerupai sarang lebah dimana pencahayaan muncul di sela-sela “sarang” sehingga kesan modern sekaligus artistik akan begitu nampak di ruang utama Anda. Pola-pola persegi sarang lebah ini akan menjadi pemandangan yang lain dari biasanya.

5.       Plafon PVC berbentuk ukiran daun

Ukiran daun menjadi kunci utama dari plafon jenis ini. Desain dan model plafon memberi kesan mewah pada ruangan dimana ditempatkan. Betapa tidak bias pencahayaan akan nampak dari sela-sela ukiran di bawahnya. Ruangan yang tadinya terkesan datar dan monoton seketika “hidup” dengan desain ini. Namun begitu, jangan lupa untuk rajin membersihkan plafon jenis ini agar kotoran dan atau serangga bersarang di sela-selanya.

6.       Plafon anyaman kayu melintang

Meski terlihat padat dan rapat, namun plafon anyaman berbentuk kayu melintang bila dipasang di ruang utama atau ruang tamu akan membuat siapapun yang datang dan melihatnya terkagum-kagum karena keunikan dan kecantikannya. Betapa tidak, ornament kayu hampir selalu berhasil mencipta efek natural sehingga sedap dipandang. Namun begitu Anda juga harus apik untuk membersihkan sela-sela plafon agar sarang laba-laba atau serangga lain tidak bersarang bebas.

7.       Plafon PVC Toska

Warna plafon ini memang lain daripada yang lain, namun percayalah efek yang ditimbulkan memberi kesan manis sekaligus minimalis klasik layaknya rumah boneka. Sangat cocok diaplikasikan di rumah bernuansa putih dengan interior keemasan.

8.       Plafon Strip warna-warni

Tampilan plafon ini nampak manis layaknya permen dan tentu saja memberi kesan ceria. Apalagi saat Anda memadukannya dengan warna cat rumah yang sesuai.

Demikian beberapa referensi jenis plafon yang dapat Anda aplikasikan untuk mempercantik ruang tamu atau ruang keluarga Anda. Selamat memilih.

​Instalasi dan Estimasi harga plafon PVC

Meski memiliki banyak kelebihan, bukan berarti plafon PVC tidak memiliki kekurangan. Semisal saat pemasangan instalasi. Walau terkesan mudah bukan berarti siapapun bisa melakukannya. Gunakanlah jasa sang ahli untuk hasil rapi dan sesuai ukuran. Bila tidak, sambungan plafon dapat terlihat dengan jelas merusak pemandangan dan desain akan terganggu. Pasanglah tiap lembarnya secara bertahap, perhatikan tingkat kerapatan dan jarak antar lembaran satu dengan lainnya. Demikian juga dengan pemasangan list plafon PVC.

Pemasangan yang tidak rapi akan memunculkan rongga pada sambungannya yang rentan terhadap debu dan kotoran. Bahkan lebih parahnya tetesan air hujan dapat merembes melalui rongga-rongga tersebut dan dapat menyebabkan kebocoran.

Selain pemasangan instalasi yang membutuhkan ketelitian dan kerapihan yang tinggi, Anda juga memerlukan biaya yang tidak sedikit untuk melakukan pemasangan berikut bahannnya. Harga material plafon PVC sangat variatif tergantung pada ketebalan bahan. Misalkan plafon PVC dengan ketebalan 2mm – 8mm harga di pasaran berkisar antara 15 sampai 20 ribu per meternya. Untuk material yang telah dilapis doff atau glossy dengan ketebalan 8mm x 20 cm sampai dengan 25 cm, kisaran harga mulai dari 20 sampai 25 ribu rupiah per meternya. Sementara untuk papan PVC berkualitas tinggi dengan ketebalan 8mm x 30 cm harga berkisar 65 ribuan.

Sedangkan sebagai gambaran untuk pengerjaan, Anda memerlukan estimasi biaya berkisar 50 sampai 100 ribu rupiah per meter pemasangan. Harga tersebut belum termasuk jasa pemasangan, rangka plafon dan list plafon yang akan dipasang yang bila di total antara jasa material dan jasa tukang berkisar 250-300 ribu rupiah.

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!