Kabinet Dapur:  Unit dapur by ARF interior

8 Fakta Menarik Pantry dan Kitchen Island yang Belum Anda Ketahui

Yasmin Shafiyyah – Homify Yasmin Shafiyyah – Homify

Tanya harga

Invalid number. Please check the country code, prefix and phone number
Dengan mengklik 'Kirim' saya mengkonfirmasi bahwa saya telah membaca dan menyetujui Kebijakan Privasi bahwa informasi saya akan diproses.
Catatan: anda dapat mencabut persetujuan tersebut kapan saja dengan mengirim email ke privacy@homify.com.
Loading admin actions …

Memiliki dapur yang nyaman dengan desain interior yang indah adalah idaman semua orang. Termasuk Anda, bukan? Terlebih jika Anda dan keluarga memiliki hobby memasak dan sangat menggemari masakan rumah. Untuk menunjang hal ini, sebagian besar hunian high end membagi dapur ke dalam dua jenis, yakni dapur kotor dan dapur bersih.

Dapur kotor berfungsi sebagai tempat aktivitas memasak, sedangkan dapur bersih hanya berfungsi sebagai tempat penyajian masakan. Selain itu, umumnya, dapur pada hunian high end juga dilengkapi dengan pantry dan kitchen island. Apa yang dimaksud dengan pantry? Apa pengertian dari kitchen island? Apakah pantry dan kitchen island memiliki fungsi yang sama?

Lalu, bagaimana cara merancang interior dapur yang nyaman dan menawan? Yuk temukan jawabannya pada ulasan berikut ini.

Apa Yang Dimaksud Dengan Pantry?

Kabinet Dapur:  Unit dapur by ARF interior
ARF interior

Kabinet Dapur

ARF interior

Menurut Muhammad Yusuf, selaku Desainer Interior di Bekasi, pantry merupakan salah satu bagian yang terdapat di dapur, yang diambil dari Bahasa Perancis, yakni ‘paneterie’, yang berarti sebagai tempat menyimpan alat-alat dan perlengkapan memasak, dan bahan-bahan makanan sebelum diolah.

Konsep pantry ini sebenarnya datang dari Eropa dan Amerika, dan biasanya ditemui pada rumah-rumah high end berukuran besar. Di Indonesia, penerapan konsep pantry tergolong diperlukan karena mengingat proses pengolahan masakan khas Indonesia yang cenderung relatif lebih rumit. Tentu dibutuhkan space lebih untuk menyimpan peralatan memasak dan ruang yang cukup untuk mengolah masakan.

Tips Efektif Merancang Interior Pantry

Kabinet Dapur:  Unit dapur by ARF interior
ARF interior

Kabinet Dapur

ARF interior

Tidak hanya berfungsi sebagai ruang penyimpanan, pantry juga dapat memberikan nilai estetika pada hunian. Tentunya dengan desain interior yang tepat dan pemilihan furnitur yang sesuai. Berikut yang dapat Anda perhatikan saat membangun dan merancang desain pantry yang menawan.

  • Perhatikan positioning

Saat akan merancang desain pantry, Anda perlu memperhatikan dan mempertimbangkan space yang tersedia. Akan sangat memudahkan jika memiliki space yang besar sehingga Anda dapat lebih leluasa dalam mengeksplorasi ide desain. Anda juga perlu memerhatikan ukuran, konsep desain, dan tampilan pantry agar sesuai dan selaras dengan ruang-ruang lainnya.

  • Mengaplikasikan pantry berbentuk L dan I

Jika space yang dimiliki terbatas, Anda bisa membuat pantry minimalis dengan desain berbentuk L dan I. Desain ini terbilang cukup nyaman dan ideal serta memberikan tampilan fleksibel pada pantry. Namun, apabila rumah Anda memiliki space yang luas, maka model dan konsep pantry apapun dapat lebih mudah diaplikasikan.

  • Pemilihan furnitur yang tepat

Anda juga perlu memperhatikan pemilihan furnitur yang tepat dan sesuai dengan konsep yang Anda inginkan. Pilihlah furnitur dengan material yang kuat, tahan lama, serta multifungsi. Pastikan kabinet, meja, serta lemari yang Anda pilih dapat memaksimalkan fungsi ruang.

  • Berikan Sentuhan Kayu

Untuk menciptakan kesan mewah dan klasik, Anda dapat memberikan sentuhan kayu pada furnitur, seperti kayu solid atau panel plywood. Material kayu solid tidak hanya membuat tampilan dapur tampak mewah, tetapi juga memiliki ketahanan yang cukup baik.

Panel plywood dengan high pressure laminated (HPL) juga dapat Anda pilih karena tahan lama, praktis, ringan, dan menyediakan beragam pilihan model.

  • Perhatikan pencahayaan

Sering diabaikan, justru pencahayaan menjadi salah satu faktor yang sangat esensial dalam mendesain interior pantry, baik itu pencahayaan artifisial ataupun alami. Lalu, pencahayaan seperti apakah yang tepat untuk pantry Anda? Anda bisa menggunakan teknik direct lighting atau indirect lighting dengan penggunaan lampu berwarna kuning atau krem yang elegan dan menenangkan.

Apa Yang Dimaksud Dengan Kitchen Island?

Kabinet Dapur:  Unit dapur by ARF interior
ARF interior

Kabinet Dapur

ARF interior

Muhammad Yusuf, pemilik usaha Mossa Kriya yang bergerak di bidang manufakturing dan kontraktor interior ini menambahkan bahwa kitchen island dan pantry merupakan dua istilah yang berbeda. Kitchen island adalah meja atau wadah untuk melakukan aktivitas memasak, seperti memotong atau meracik bahan-bahan masakan yang akan diolah.

Tidak hanya itu, kitchen island juga dapat difungsikan sebagai meja makan tambahan. Sebagian kitchen island juga dilengkapi dengan kabinet-kabinet fungsional yang berguna untuk menyimpan berbagai peralatan makan dan peralatan memasak. Dengan begitu, kegiatan memasak akan lebih mudah dan leluasa, bukan?

Perhatikan Hal-Hal Ini Saat Mendesain Kitchen Island

Kabinet Dapur:  Unit dapur by ARF interior
ARF interior

Kabinet Dapur

ARF interior

Bukan sembarang meja, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat akan melengkapi dapur dengan kitchen island, yakni sebagai berikut.

  • Beri space untuk zona clearance

Saat hendak meng-instalasi kitchen island, Anda perlu memberikan celah sebagai zona clearance dengan jarak sekitar 1 meter. Celah ini antara tepi meja bagian belakang kabinet dengan tepi meja kitchen island. Hal ini agar Anda lebih leluasa bergerak saat beraktivitas di dapur.

  • Pilih meja multifungsi

Sebaiknya, pilihlah meja island yang dibuat khusus dan multifungsi, yang dapat digunakan sebagai tempat mengolah bahan makanan, memiliki kabinet sebagai tempat penyimpanan, dan juga dilengkapi dengan kursi-kursi sebagai meja makan tambahan.

Manfaat Penggunaan Kitchen Island di Dapur

Kabinet Dapur:  Unit dapur by ARF interior
ARF interior

Kabinet Dapur

ARF interior

Kehadiran kitchen island tidak hanya memberikan tampilan mewah dan elegan pada dapur, melainkan juga menawarkan berbagai manfaat. Apa saja?

  • Sebagai tempat penyimpanan tambahan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, meja island ini dapat dilengkapi dengan kabinet sebagai tempat penyimpanan tambahan. Anda dapat menyimpan berbagai peralatan makan, seperti sendok, garpu, piring, atau mangkok di dalam kabinet. Hal ini tentu akan memudahkan Anda dalam menyiapkan makanan, bukan? Terlebih jika Anda menyusun berbagai peralatan sesuai dengan jenis dan fungsinya masing-masing.

  • Memudahkan aktivitas di dapur

Dengan tersedianya tempat tambahan untuk mengolah bahan makanan dan menyajikannya, tentu Anda akan lebih leluasa dalam beraktivitas di dapur. Kegiatan memasak juga terasa lebih menyenangkan karena tampilan dapur tidak membosankan.

  • Sebagai meja makan tambahan

Selain dijadikan sebagai tempat penyimpanan dan tempat mengolah bahan makanan, Kitchen island juga dapat difungsikan sebagai meja makan. Anda cukup menambahkan kursi di sekitar meja dan jadilah ruang makan informal. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan kitchen island sebagai tempat yang nyaman untuk beramah-tamah dengan saudara ataupun tamu.

Setelah menelisik lebih dalam terkait pantry dan kitchen island, berikut beberapa inspirasi desain interior dapur high end yang dapat menginspirasi Anda.

1. Menerapkan Konsep Pantry Built In

Kabinet Dapur:  Unit dapur by ARF interior
ARF interior

Kabinet Dapur

ARF interior

Pantry built in bisa menjadi salah satu konsep yang cocok diterapkan pada dapur mewah Anda. Konsep ini tentu akan memaksimalkan fungsi ruang pada dapur dan dapat menampung berbagai peralatan memasak dan peralatan makan. Tidak hanya fungsional, pantry built in juga memberikan kesan mewah dan elegan pada dapur.

2. Dominasi Warna Putih dan Hitam Pada Dapur

Kabinet Dapur:  Unit dapur by ARF interior
ARF interior

Kabinet Dapur

ARF interior

Dominasi perpaduan antara warna hitam dan putih dapat memberikan kesan luas, mewah, elegan juga minimalis. Terlebih penggunaan material keramik pada kitchen island yang membuat tampilan dapur semakin menawan. Dengan begitu, tentu aktivitas memasak tidak akan membosankan, bukan?

3. Konsep Gaya Amerika Klasik

Kabinet Dapur:  Unit dapur by ARF interior
ARF interior

Kabinet Dapur

ARF interior

Interior dapur bergaya ala Amerika klasik bisa menjadi salah satu referensi menarik untuk Anda terapkan. Dominasi warna putih membuat dapur memiliki tampilan bersih, luas, dan tentunya klasik.

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!