Service Apartment:  Hotels by FerryGunawanDesigns

7 Cara Jitu Menata Interior Apartemen Studio Idaman

Yasmin Shafiyyah – Homify Yasmin Shafiyyah – Homify

Tanya harga

Invalid number. Please check the country code, prefix and phone number
Dengan mengklik 'Kirim' saya mengkonfirmasi bahwa saya telah membaca dan menyetujui Kebijakan Privasi bahwa informasi saya akan diproses.
Catatan: anda dapat mencabut persetujuan tersebut kapan saja dengan mengirim email ke privacy@homify.com.
Loading admin actions …

Permintaan pasar terhadap hunian vertikal terus bertambah, terlebih di lokasi yang dekat dengan pusat perkotaan. Tidak hanya berfungsi sebagai tempat tinggal, apartemen juga sudah mulai menjadi gaya hidup orang-orang kota. Apalagi saat ini semakin banyak jenis dan tipe apartemen yang ditawarkan. Mulai dari tipe apartemen duplex atau triplex, 2 bedroom, 1 bedroom, hingga tipe apartemen studio. Kini, warga Indonesia sudah mulai beralih dari rumah tinggal biasa ke apartemen, setidaknya di kota-kota besar.

Apartemen studio ini menjadi salah satu jenis hunian vertikal yang cukup banyak diminati para pelaku properti. Harga yang ditawarkan untuk apartemen ini pun tergolong cukup terjangkau jika dibandingkan dengan tipe-tipe yang lain. Memang, tipe studio ini memiliki ukuran luas yang kecil, yakni hanya dilengkapi satu kamar tidur. Namun sangat cocok dan banyak diburu oleh para pelajar, mahasiswa, ataupun pegawai kantoran yang belum berkeluarga.

Tertarik membeli atau investasi apartemen studio? Sebaiknya, kenali dahulu kelebihan dan keurangannya, serta bagaimana cara menata interior apartemen studio agar terlihat luas dengan tampilan yang menawan. Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Ciri Apartemen Studio

Service Apartment:  Hotels by FerryGunawanDesigns
FerryGunawanDesigns

Service Apartment

FerryGunawanDesigns

Apa yang dimaksud dengan apartemen studio? Bagaimana karakteristiknya? Apartemen studio merupakan jenis apartemen yang hanya terdiri dari satu ruangan multifungsi. Ruangan ini dapat difungsikan sebagai kamar tidur, ruang tamu, ruang TV, dapur, dan ruang kerja tanpa sekat kecuali kamar mandi. Adapun total luas apartemen studio yakni berkisar antara 20 m² – 40 m². Denah apartemen di samping ini dapat jadi inspirasi tata ruang apartemen tipe studio.

Apartemen studio ini dapat Anda jumpai di pusat atau pinggiran kota yang dekat dengan kampus, perkantoran umum, pusat perbelanjaan, dan sarana transportasi umum. Hunian vertikal jenis ini cocok untuk Anda yang masih sendiri, ingin hidup sederhana, dan praktis. Sebab, dalam satu ruangan, Anda dapat melakukan berbagai hal, mulai dari makan, tidur, menerima tamu, hingga bersantai.

Kelebihan yang ditawarkan Apartemen Studio

 Bedroom by Akilla Concept
Akilla Concept

Apartemen Studio

Akilla Concept

Ada beberapa kelebihan yang ditawarkan apartemen studio untuk Anda, apa saja? Yuk, simak di pembahasannya bawah ini.

1. Harga terjangkau

Jika dibandingkan dengan tipe hunian vertikal lain, apartemen studio menawarkan harga yang relatif terjangkau. Tarif sewa apartemen studio bisa lebih murah hingga 30 persen dibandingkan dengan apartemen unit 2 kamar tidur.

2. Biaya maintanance lebih murah

Umumnya, biaya perawatan atau maintanance unit apartemen ditetapkan berdasarkan luas hunian. Sebagai tipe unit paling kecil, biaya perawatan atau maintanance unit apartemen studio akan lebih murah dibandingkan dengan perawatan unit 2 atau 3 kamar tidur. Tentu lebih hemat, bukan?

3. Memperingkas aktivitas di dalam apartemen

Jika Anda tipe orang yang ingin hidup praktis, maka apartemen studio adalah pilihan yang tepat. Sebab, tipe ini hanya memiliki satu ruangan fungsional untuk banyak kebutuhan, mulai dari tidur, menonton televisi, memasak, hingga menerima tamu. Tentu aktivitas Anda di dalam ruangan akan lebih mudah, cepat, dan praktis.

4. Apartemen mudah dibersihkan

Dengan ukuran yang tidak terlalu luas, maka Anda tidak akan kesulitan untuk membersihkan apartemen. Anda hanya perlu 15 – 20 menit untuk menyapu, mengepel, dan membersihkan debu pada ruangan berukuran tidak lebih dari 40 m² ini. Sangat praktis, bukan?

5. Hemat biaya dekorasi

Tidak hanya mudah dibersihkan, dengan ukuran yang kecil, apartemen studio juga mudah didekorasi dengan biaya yang terjangkau. Anda juga akan mudah dalam menata interior ruangan karena tidak memerlukan hiasan dinding atau wallpaper dalam jumlah banyak.

Kelemahan Apartemen Studio

 Koridor dan lorong by Marion Rocher
Marion Rocher

Vue d'ensemble

Marion Rocher

Meski terbilang murah dan efektif, ada beberapa kelemahan dari apartemen studio yang perlu Anda pertimbangkan, yakni sebagai berikut.

1. Ruang gerak anda terbatas

Mengingat ukuran apartemen studio yang hanya terdiri dari satu ruangan, maka ruang gerak Anda akan relatif terbatas, terlebih jika Anda terbiasa tinggal di hunian konvensional. Sebab, pada apartemen studio, Anda akan melakukan berbagai aktivitas di satu ruangan saja.

2. Cenderung bosan

Jika Anda terbiasa melakukan kegiatan di tempat yang luas, maka tinggal di apartemen studio mungkin akan terasa sempit dan membosankan. Mengapa? karena Anda harus melakukan hampir semua aktivitas pada satu ruangan, sehingga jarak pandang anda pun akan terbatas.

3. Sulit memelihara hewan peliharaan

Keterbatasan ruang akan membuat Anda sulit untuk memelihara hewan peliharaan. Karena tentunya Anda perlu space khusus untuk tempat hewan peliharaan, bukan? Apalagi di apartemen berlantai tinggi.

4. Kesulitan Saat Menerima Tamu

Karena ukuran luasnya yang terbatas, maka akan sedikit sulit menerima teman atau tamu terlalu banyak di apartemen. Apartemen tipe studio ini akan sulit dijadikan tempat berkumpul bersama teman-teman.

Kekurangan-kekurangan diatas inilah yang menjadi alasan mengapa jasa arsitek penting untuk merancang desain apartemen studio anda, yaitu untuk memaksimalkan fungsi ruangan yang terbatas sekaligus memaksimalkan segi estetika tentunya. Penting adanya agar dimensi yang sudah terbatas tidak terasa semakin sempit.

tips dan trik menata interior apartemen studio

Service Apartment:  Hotels by FerryGunawanDesigns
FerryGunawanDesigns

Service Apartment

FerryGunawanDesigns

Meskipun memiliki dimensi yang terbatas, apartemen studio tetap dapat memiliki tampilan yang menawan. Anda hanya perlu menata interior ruangan dengan tepat agar tampilan apartemen studio tampak lebih luas dan lega. Bagaimana caranya? Yuk, simak di bawah ini.

1.   Pilih warna terang dan cerah

Untuk menciptakan kesan luas dan lega pada ruangan, sebaiknya pilihlah warna interior yang cerah. Sebab, kombinasi warna akan mempengaruhi ilusi mata yang memandangnya, sehingga terkesan ‘menjauh’ sehingga membuat ruangan tampak lebih besar. Misalnya, pilihlah warna putih untuk dinding dan warna cokelat muda untuk furnitur.

2.   Hindari pemakaian tirai yang terlalu tebal

Cara lain agar apartemen studio miliki Anda terlihat lebih lapang, luas, dan cerah, pastikan Anda tidak menggunakan tirai yang terlalu tebal pada jendela. Pasanglah tirai tipis yang terbuat dari linen. Sebab, menurut penelitian, cahaya yang masuk ke dalam ruangan dapat akan mempengaruhi suasana hati dan produktivitas Anda.

3. Gunakan furnitur multifungsi

Pastikan untuk tidak memasukkan terlalu banyak perabotan ke dalam apartemen studio karena akan membuat ruangan semakin sempit dan sumpek. Cara menyiasatinya yakni dengan memilih furnitur multifungsi. Misalnya, membuat khusus tempat tidur yang memanfaatkan ruang dibawahnya untuk laci tempat menyimpan baju. Anda juga bisa memanfaatkan ruang di bawah meja sebagai tempat penyimpanan barang.

Maksimalkan juga setiap ruang pada hunian Anda. Misalnya, memanfaatkan dinding untuk membuat rak buku dan pajangan, menginstalasi televisi, dan lainnya. Pastikan juga Anda memilih perabotan dengan material yang sederhana, ringan, memantulkan cahaya, atau tembus pandang. Misalnya, material HPL (high pressure laminate), kaca, atau alumunium.

4. Manfaatkan cermin

Trik lain agar apartemen mungil Anda tampak lebih lapang dan luas adalah dengan menempatkan cermin pada ruangan. Semakin besar cermin, maka ilusi lapang yang didapatkan akan semakin besar. Selain membuat terkesan lebih besar, cermin juga membuat apartemen studio Anda terlihat lebih terang.

5. Perjelas alur ruangan

Karena apartemen tipe studio ini hanya terdiri satu ruangan dan menggabungkan ruang tamu, ruang keluarga dan ruang tidur, Anda perlu membuat alur yang jelas pada ruangan. Misalnya dengan menempatkan karpet di depan ruang TV, dan lain sebagainya.

6. Pilih furnitur sesuai dengan ukuran ruangan

Karena luasnya yang terbatas, maka hindari penempatan sofa untuk 3 orang. sebaiknya, pilihlah sofa berukuran medium atau kecil agar tidak sumpek. Pastikan juga untuk menyesuaikan warna furnitur dengan warna dinding dan seluruh konsep desain interior apartemen studio Anda. Tidak hanya itu, pastikan untuk tidak mendekorasi apartemen studio secara berlebihan karena hanya akan membuat ruangan semakin sempit.

7. Pastikan ruangan tetap rapi, bersih, dan teratur

Untuk meningkatkan kenyaman di dalam apartemen studio, maka Anda harus memastikan bahwa ruangan tetap bersih dan rapi. Rapikan kembali barang-barang yang sudah digunakan ke tempatnya semula. Hal ini untuk menghindari barang yang berserakan. Pastikan Anda membersihkan ruangan secara berkala ya.

4. Inspirasi Desain Interior Apartemen Studio

Service Apartment:  Hotels by FerryGunawanDesigns
FerryGunawanDesigns

Service Apartment

FerryGunawanDesigns

 Bedroom by Akilla Concept
Akilla Concept

Apartemen Studio

Akilla Concept

 Kamar Tidur by homify

 Kamar Tidur by homify
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!