6 Ide Tanaman Obat Indoor yang Bisa Mempercantik Ruangan

Tanya harga

Invalid number. Please check the country code, prefix and phone number
Dengan mengklik 'Kirim' saya mengkonfirmasi bahwa saya telah membaca dan menyetujui Kebijakan Privasi bahwa informasi saya akan diproses.
Catatan: anda dapat mencabut persetujuan tersebut kapan saja dengan mengirim email ke privacy@homify.com.

6 Ide Tanaman Obat Indoor yang Bisa Mempercantik Ruangan

Yuke Ratna Permatasari – Homify Yuke Ratna Permatasari – Homify
  by Evergreen Trees & Shrubs
Loading admin actions …

Bagi Anda yang suka dengan suasana rumah yang sejuk, salah satu cara untuk menyiasati agar rumah terasa sejuk dan asri adalah dengan menanam tanaman hijau. Banyak tanaman hijau yang bisa Anda pilih. Namun, untuk Anda yang menginginkan tanaman dengan fungsi lebih selain fungsi dekorasi, Anda bisa memilih jenis tanaman hias yang juga memiliki fungsi sebagai tanaman obat.

Tanaman obat adalah tumbuhan hasil budidaya rumahan yang bisa dimanfaatkan untuk mencegah atau mengobati berbagai gangguan kesehatan. Contoh tanaman obat yang sudah banyak dibudidayakan yakni lidah buaya, mint, peppermint, basil, serai, rosemary, sirih, dan lain sebagainya.

Kendati banyak manfaatnya, tidak semua orang sukses menanam tanaman obat. Ada saja kendalanya, mulai dari ketidaktahuan cara merawatnya hingga kendala keterbatasan ruang. Nah, untuk menyiasati kendala terbatasnya ruang, kali ini Homify akan menyusun beberapa tanaman obat yang bisa dijadikan tanaman hias dan ditanam indoor atau di dalam rumah. Jadi selain tampak cantik, tanaman berikut memiliki fungsi juga untuk kesehatan Anda.


1. Lavender

Tanaman lavender atau Lavandula afficinalis syn.L. angustifolia (Lamiaceae) memiliki banyak manfaat. Tanaman obat yang berasal dari Prancis ini sering dijadikan sebagai bahan campuran parfum dan produk kecantikan lainnya karena aromanya yang khas dan wangi.

Di balik keharumannya, ternyata banyak juga khasiat dari lavender, yakni untuk membantu tidur nyenyak, mengatasi iritasi perut, mengatasi kerontokan rambut, memberi efek tenang dan relaks, dan yang paling terkenal adalah khasiatnya sebagai pengusir gigitan nyamuk. Biasanya lavender diolah dengan cara dijadikan essential oil.

2. Geranium

 Taman by sihirlipeyzaj
sihirlipeyzaj

sihirli peyzaj

sihirlipeyzaj

Sekilas bunga geranium mirip dengan mawar. Tak hanya secara visual, dari aromanya juga mirip dengan bunga mawar. Dan seperti halnya bunga mawar, bunga asal Afrika Selatan ini pun memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Bunga geranium dikabarkan bisa meringankan peradangan, memperbaiki sistem pencernaan, meningkatkan kesehatan ginjal, menghilangkan penat atau stres, dan seperti lavender, geranium juga berfungsi mencegah gigitan nyamuk.

Bunga geranium bisa dimanfaatkan dengan cara dikonsumsi langsung, dijadikan teh herbal, atau juga diolah menjadi essential oil.

3. Tanaman Lidah Mertua (Sansevieria)

Tanaman dengan nama unik ini umumnya lebih dikenal sebagai tanaman hias daripada tanaman obat. Namun, siapa sangka, ternyata tanaman berbentuk runcing ini memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan.

Sansevieria memiliki khasiat yang cukup banyak, salah satunya untuk mengatasi sick building syndrome, yakni penyakit yang muncul akibat terlalu lama menghabiskan waktu dalam ruangan ber-AC, kurang oksigen, atau banyak asap rokok. Gejala sick building syndrome ini meliputi sakit kepala, mual, lemas, dan pegal.

Dengan menaruh tanaman sansevieria ini maka udara dalam ruangan akan segar kembali. Selain itu, getah sansevieria juga bisa dijadikan sebagai antiseptik, akarnya bisa dijadikan untuk tonik penyegar rambut, dan bila direbus, sansevieria bisa dijadikan obat untuk mencegah diabetes.

4. Tanaman Paku Tanduk Rusa

Tanaman yang memiliki nama lain simbar menjangan atau paku uncal ini memiliki ciri khas permukaan yang kasar dan bentuk menjuntai seperti tanduk rusa dengan posisi terbalik. Tanaman tanaman paku tanduk rusa banyak dijadikan tanaman hias karena bentuknya yang unik dan indah. Di balik keindahannya, paku tanduk rusa juga bisa dijadikan tanaman obat.

Khasiat tanaman obat paku tanduk rusa bisa untuk meredakan demam, mengatasi siklus haid yang tidak teratur, dan menghilangkan bisul. Cara pengolahannya bisa dengan direbus, atau untuk mengobati bisul, cukup ditumbuk bersama sedikit kapur sirih, lalu dikompreskan pada area yang sakit.

5. Zaitun

Siapa yang tidak tahu khasiat zaitun? Zaitun, yang memiliki nama ilmiah Olea europaea, khasiatnya sudah dikenal sejak zaman nenek moyang. Buktinya, banyak resep kecantikan ala putri raja pada masa lampau yang menggunakan ekstrak buah zaitun.

Selain minyaknya yang sudah tidak diragukan lagi manfaatnya, buahnya juga kaya nutrisi jika dikonsumsi langsung. Khasiatnya antara lain untuk mengatasi infeksi, mencegah penyakit jantung, kanker, dan osteoporosis.

Selain banyak manfaat sebagai tanaman obat, ternyata pohon zaitun juga cocok ditaruh dalam pot dan dijadikan tanaman untuk mempercantik ruangan seperti pada gambar di atas.

6. Lemon

Pernah terpikir untuk menanam pohon lemon dalam sebuah pot dan menempatkannya di dalam ruangan? Jika belum pernah, maka saat ini Anda bisa mulai mencobanya. Selain unik dan ampuh mempercantik ruangan, dengan menanam pohon lemon berarti Anda juga bisa merasakan manfaat dari buah lemon.

Manfaat tanaman obat lemon bisa Anda rasakan misalnya dengan menjadikannya sebagai masker wajah. Air perasan lemon dikenal memiliki khasiat bagi kecantikan kulit, yakni bisa mengatasi jerawat, komedo, dan membantu mencerahkan kulit kusam.

Selain untuk mengatasi permasalahan kulit, meminum perasan lemon dengan air hangat setiap pagi bisa juga mencegah batu ginjal, memperbaiki sistem pencernaan, menyegarkan napas, dan bisa menjadi sumber tambahan vitamin C untuk tubuh Anda.

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project?
Get in touch!

Discover home inspiration!