5 Kelebihan Papan Gypsum Sebagai Partisi Ruangan Desain partisi dinding gypsum seperti apakah yang ingin Anda buat?

Tanya harga

Invalid number. Please check the country code, prefix and phone number
Dengan mengklik 'Kirim' saya mengkonfirmasi bahwa saya telah membaca dan menyetujui Kebijakan Privasi bahwa informasi saya akan diproses.
Catatan: anda dapat mencabut persetujuan tersebut kapan saja dengan mengirim email ke privacy@homify.com.

5 Kelebihan Papan Gypsum Sebagai Partisi Ruangan

Yasmin Shafiyyah – Homify Yasmin Shafiyyah – Homify
 Koridor dan lorong by Designscape Architects Ltd
Loading admin actions …

Saat membangun sebuah hunian, terlebih dalam menata dekorasi, adakalanya partisi ruangan sangat diperlukan sebagai pemisah antara ruang satu dengan ruang yang lain. Selain itu, partisi ruangan juga dapat difungsikan sebagai dekorasi interior yang cantik dan fungsional. Partisi ruangan bisa didesain dan dibentuk secara permanen, ataupun dibuat fleksibel agar dapat dipindah sesuai kebutuhan.

Ada banyak jenis material partisi ruangan yang dapat dijadikan pilihan, salah satunya adalah papan gypsum. Saat ini, gypsum menjadi salah satu material yang cukup banyak dipilih untuk konstruksi bangunan karena keunggulan yang ditawarkan. Mulai dari tahan api, mudah dibentuk, hingga proses pembuatan dan pemasangan yang mudah dan murah.

Mulai tertarik menggunakan partisi dinding gypsum? Kira-kira jenis gypsum seperti apa yang cocok digunakan pada hunian? Dan, bagaimana cara memilih gypsum berkualitas untuk partisi hunian Anda? Yuk, simak ulasan yang mengupas tuntas partisi dinding gypsum di bawah ini dan temukan jawabannya.

Apa Itu Partisi Dinding Gypsum?

Partisi dinding gypsum (Drywall) adalah dinding penyekat atau pembatas ruangan yang umumnya digunakan pada bangunan perkantoran. Tapi, kini partisi dinding juga biasa digunakan pada hunian modern sebagai pembatas ruangan sekaligus dekorasi cantik yang fungsional.

Secara umum, partisi dinding gypsum terdiri dari dari dua macam, yakni partisi dinding gypsum 1 muka (rangka partisi+gypsum) dan partisi gypsum 2 muka (gypsum+rangka, partisi+gypsum). Partisi 1 muka berfungsi menutup permukaan dinding pasangan bata, sedangkan partisi 2 muka berfungsi sebagai dinding penyekat antar ruang.

Umumnya, papan gypsum memiliki bentuk yang padat dan kering dengan ukuran rata – rata 1,2 m x 2,4 m dan ketebalan 8 – 12 mm. Bagaimana jika ukuran partisi dinding gypsum yang akan dibuat tidak sesuai dengan ukuran standard? Tidak perlu khawatir, saat ini sudah banyak produsen yang melayani pemesanan papan gypsum dengan ukuran khusus.

Apa Bedanya Dinding dengan Partisi Dinding Gypsum?

Apa yang membedakan dinding dengan partisi gypsum? Bukankah sama-sama berfungsi sebagai pembatas atau sekat pada ruangan tertentu? Memang, tetapi dinding memiliki fungsi yang lebih penting, yakni sebagai sebuah pondasi suatu bangunan. Dinding juga bersifat permanen alias tidak dapat dipindah-pindahkan seperti partisi dinding gypsum.

Partisi tidak hanya digunakan sebagai alat sekat, melainkan juga dibuat cantik dan menarik sebagai dekorasi interior ruangan.

Jenis – Jenis Material Partisi Dinding Gypsum

 Ruang Keluarga by Arki3d

Sebelum memilih material gypsum sebagai partisi ruangan di hunian Anda, sebaiknya kenali terlebih dahulu jenis-jenis dari papan gypsum yang beredar di pasaran. Tentu masing-masing jenis gypsum memiliki keunggulan dan fungsinya masing-masing. Apa saja? Ini dia.

·     Gypsum Reguler

Papan gypsum reguler terbuat dari bagian inti dalam gypsum yang kemudian dibungkus dengan kertas. Kertas yang melapisi gypsum ini masih bisa Anda kreasikan lho, misalnya diperhalus, dicat, atau dipelitur. Biasanya, gypsum reguler ini digunakan sebagai material pelapis untuk melindungi plafon dan dinding.

·     Gypsum Tahan Air (Water-Resistant)

Selanjutnya, ada papan gypsum water resistant alias tahan air yang dibuat dengan menambahkan bahan kimia silikon pada inti gypsum. Biasanya, gypsum jenis ini digunakan sebagai penyokong ubin, material dasar panel dinding, bak mandi, ubin pada shower enclosures, dan ditempatkan di area-area dengan kelembaban tinggi.

·     Gypsum Tahan Api (Fire-rated)

Pada dasarnya gypsum adalah material yang memiliki ketahanan terhadap api. Akan tetapi, papan gypsum jenis ini memiliki ketahanan dan proteksi yang lebih besar, yakni diperkuat oleh glass fiber sebagai inti gypsum. Oleh karenanya, partisi dengan material jenis ini lebih tahan api untuk jangka waktu yang lama. Cocok digunakan sebagai partisi ruangan ataupun dinding eksterior.  

·     Gypsum Peredam Suara

Terakhir, jenis papan gypsum satu ini mampu meredam suara berlebihan pada suatu ruangan. Papan gypsum ini dibuat dari dua panel gypsum anti jamur dan anti lembab yang disatukan dengan polymer. Gypsum peredam suara ini dapat dipasang pada material lain, seperti kayu, logam, besi dan lainnya. Namun perlu diingat, gypsum ini tidak tepat ditempatkan di area dengan kelembaban tinggi.

Apa Saja Keunggulan Partisi Dinding Gypsum?

Semakin tertarik menggunakan partisi dinding gypsum? Berikut beberapa keunggulan yang ditawarkan gypsum untuk Anda.

1. Memiliki bobot yang ringan

Partisi dinding gypsum terbilang lebih ringan jika dibandingkan material bata ataupun beton. Berat partisi gypsum 2 muka yakni sekitar 30 kg/m², sedangkan material bata ringan memiliki berat sekitar 80 kg/m². Karena bobotnya yang ringan, lebih memudahkan proses pembuatan, pemasangan, ataupun saat ingin dipindahkan. Dan tentunya lebih aman.

2. Fleksibel

Dilihat dari segi perencanaan struktur bangunan, partisi dinding gypsum terbilang lebih fleksibel karena bisa dipasang dimana saja. Dalam artian, partisi tidak harus berdiri di atas balok struktur. Berbeda dengan dinding pasangan bata yang tidak bisa dipasang dimana saja, melainkan harus di atas balok struktur.

3. Proses pemasangan mudah dan cepat

Seperti yang disebutkan sebelumnya, karena bobotnya yang ringan, partisi dinding gypsum lebih mudah dan cepat saat proses pemasangan. Gypsum juga lebih mudah diperbaiki jika terdapat kerusakan, seperti lecet atau berlubang. Bagaimana caranya? Cukup mendempul bagian yang rusak, atau mengganti papan yang rusak dengan dengan gypsum yang baru. Mudah, bukan?

4. Ramah lingkungan

Pemasangan partisi dinding gypsum ramah terhadap lingkungan karena tidak memerlukan air pada prosesnya. Selain itu, jika sudah tidak terpakai lagi, gypsum tidak akan mencemari lingkungan dan langsung melebur dalam tanah.

5. Lebih Hemat

Karena sifatnya yang ringan, maka akan lebih menghemat waktu dan biaya jika dibandingkan dengan material bata, ataupun beton.

Cara Jitu Memilih Papan Gypsum Berkualitas

partisi:  Walls & flooring by 0818385925
0818385925

partisi

0818385925

Sebelum membuat partisi dinding gypsum untuk hunian, pastikan Anda mengetahui cara memilih papan gypsum yang berkualitas. Berikut ciri-ciri papan gypsum berkualitas yang bisa Anda pilih.

1. Muka papan gypsum yang halus

Pilihlah papan gypsum dengan tampilan muka yang halus. Dengan begitu, akan lebih memudahkan Anda saat melakukan proses finishing dan pengecatan.

2. Kualitas kertas pelapis yang baik

Sebelum memilih, pastikan Anda mengecek kualitas dari kertas pelapis gypsum. Pilihlah gypsum yang memiliki daya rekat kertas pelapis yang baik dan tidak mudah sobek. Sebab, kertas pelapis yang berkualitas akan mencegah jamur dan mencegah kertas menggelembung.

3. Solid

Pilihlah papan gypsum yang solid demi keawetan partisi dinding Anda. Bagaimana cara mengecek kesolid-an sebuah papan gypsum? Angkatlah papan gypsum yang akan Anda beli. Jika terasa rapuh, maka kemungkinan besar papan tersebut mudah patah.

4. Bergaransi

Jika papan gypsum yang akan Anda beli memiliki garansi, maka produsen menjamin mutu dan kualitas papan gypsum yang diproduksinya. Tentu akan lebih dipercaya dibanding papan gypsum yang tidak bergaransi.

Berapa Harga Papan Gypsum?

partisi 2 sisi :  Corridor, hallway & stairs by luxe interior
luxe interior

partisi 2 sisi

luxe interior

Harga papan gypsum di pasaran tentunya bervariasi, bahkan terkadang setiap toko bangunan mematok harga yang berbeda, meskipun hanya selisih sedikit saja. Namun, rata-rata, harga hypsum standard berukuran 1,2 m x 2,4 m dibanderol dengan harga berkisar antara Rp80 ribu hingga ratusan ribu per lembar.

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project?
Get in touch!

Discover home inspiration!