12 Alternatif Taman Belakang Rumah yang Patut Anda Coba

Tanya harga

Invalid number. Please check the country code, prefix and phone number
Dengan mengklik 'Kirim' saya mengkonfirmasi bahwa saya telah membaca dan menyetujui Kebijakan Privasi bahwa informasi saya akan diproses.
Catatan: anda dapat mencabut persetujuan tersebut kapan saja dengan mengirim email ke privacy@homify.com.

12 Alternatif Taman Belakang Rumah yang Patut Anda Coba

Novrisa Wulandari – homify Novrisa Wulandari – homify
  by Cagis
Loading admin actions …

Taman belakang rumah merupakan spot yang paling ideal untuk bersantai. Ditambah, tempat ini bisa dijadikan tempat kumpul bersama teman atau keluarga. Letaknya di belakang terkadang membutuhkan lahan lebih, tapi sebenarnya Anda tak butuh lahan terlalu luas. Taman belakang yang kecil pun bisa disulap menjadi sedap dipandang. Tak percaya? Coba saja inspirasi desain taman belakang ala homify.

12. Rerumputan

Rumput merupakan elemen taman yang paling umum namun besar efeknya. Agar tak biasa, biarkan rumput dan batas lantai halaman Anda menyatu. Ini menciptakan kesegaran alami yang terasa seketika membuka pintu halaman. Setelah melihat 12 inspirasi penghias tanaman rumah, variasi desain mana yang sangat ingin Anda coba?

11. Tanaman Berdaun Warna-Warni

Variasi warna bisa membuat taman belakang rumah menjadi lebih cerah ceria. Contohnya, di samping tanaman pakis tanamlah keladi (caladium) yang memiliki semburat ungu atau pink.

10. Elemen Kayu

Anda bisa membuat dek dari sekumpulan kayu di taman belakang. Anda bahkan bisa membuat dek dari sekumpulan kayu di dekat kolam jika lahan Anda luas. Jikapun tidak, sekumpulan kayu atau bambu yang dirapatkan juga bagus sebagai pengganti jalan setapak.

9. Taman Vertikal

 Rumah by HUICHOL

Taman vertikal di dinding taman bisa menjadi alternatif berikutnya bagi Anda yang ingin taman belakang rumah berbeda. Jika sempat, Anda bisa membuat media tanam tanaman vertikal terlebih dahulu.

8. Gazebo

Gazebo atau pergola biasanya ada di taman yang berlahan sedang dan besar. Namun, Anda juga bisa kok menambahkan gazebo di lahan terbatas walaupun berdesain simple. Spot ini bisa menjadi tempat berlindung kala ingin bersantai di sore hari sambil menikmati kesejukan mata.

7. Tanaman Rambat

Tanaman rambat bisa menjadi penyejuk mata berikutnya di samping dinding taman. Selain itu, tanaman ini tidak butuh tempat khusus untuk ditanam sehingga cocok bagi lahan sempit.

6. Pot-pot Kecil

Taman bisa dibedakan menjadi taman basah dan taman kering. Katakanlah Anda tak punya cukup space untuk membuat taman basah yang terdiri dari rerumputan dan pohon yang butuh disirami. Anda bisa membuat taman kering dari pot-pot kecil dan letakkan di rak kayu di teras atau pot gantung. Kehadiran hijau-hijauan ini akan tetap menyejukkan mata Anda.

5. Air Mancur

Air mancur di taman bisa menekankan nuansa alami. Jika Anda tak cukup punya budget untuk membangun air mancur mewah, coba buat desain DIY di rumah. Misalnya, menggunakan teko bekas. Tambahkan tanaman bunga favorit atau tumbuhan hijau di sekelilingnya agar nuansa alami tetap ada.

4. Teras dengan Lampu Gantung

Taman belakang atau lahan yang tak terpakai bisa dimanfaatkan untuk membangun teras yang dipercantik lampu gantung. Tanam pepohonan atau tanaman kecil saja agar tetap asri.


3. Area Bermain Anak-anak

Area main anak bisa Anda pertimbangkan jika mau. Desain area tak perlu mewah, cukup buatkan area sederhana yang diisi mainan favoritnya. Semisal, ayunan, kolam pasir, dan jungkat-jungkit.


2. Jalan Setapak

Mendesain jalan setapak dari bebatuan menciptakan gaya yang klasik nan simpel. Tata saja jalan setapak ini di tengah barisan tanaman lain atau sebagai pembatas antartanaman. Selain praktis, komposisi bebatuan akan mempercantik taman.

1. Aksen Batu Alam

 Kolam taman by homify
homify

Kolam Koi

homify

Aksen batu alam bisa Anda sisipkan di kolam ikan jika Anda gemar memelihara hewan ini. Tambahan batu alam akan menambah kesan alami. Anda bisa meletakkannya sebagai bingkai kolam ataupun sebagai penghias di sekitarnya. Jangan lupa tambahkan juga hijau-hijauan agar area ini lebih segar.


Setelah melihat 12 inspirasi penghias tanaman rumah, variasi desain mana yang sangat ingin Anda coba?

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project?
Get in touch!

Discover home inspiration!