8 Tips Menata Dekorasi Ruang Tamu ala Skandinavia

Tanya harga

Invalid number. Please check the country code, prefix and phone number
Dengan mengklik 'Kirim' saya mengkonfirmasi bahwa saya telah membaca dan menyetujui Kebijakan Privasi bahwa informasi saya akan diproses.
Catatan: anda dapat mencabut persetujuan tersebut kapan saja dengan mengirim email ke privacy@homify.com.

8 Tips Menata Dekorasi Ruang Tamu ala Skandinavia

Novrisa Wulandari – homify Novrisa Wulandari – homify
: Ruang Keluarga oleh JESSICA DESIGN STUDIO,
Loading admin actions …

Ruang tamu merupakan spot yang paling umum ditemui di rumah. Di ruang inilah keluarga dan tamu berkumpul walaupun sesaat. Karena itu, kesan yang baik dan estetika ruang tamu kerap menjadi daya tarik utama di sebuah rumah.

Desain rumah Skandinavia populer beberapa waktu lalu. Kunci dari gaya ini ialah keseimbangan antara kesederhanaan, modern, dan kesan hangat. Maka itu, dekorasi Skandinavia sangat cocok ditampilkan di ruang keluarga termasuk di rumah mungil. Mungkin Anda sedang merencanakan renovasi atau sekadar menata ulang dekorasi ruang tamu? Lihat deretan dekorasi ruang tamu berikut ini, siapa tahu menginspirasi Anda!

1. Tekstur sebagai Dekorasi Ruang Tamu

Living Room: Ruang Keluarga oleh JRY Atelier,
JRY Atelier

Living Room

JRY Atelier

Desain ruang tamu Skandinavia biasanya diatur secara rapi dan fungsional. Untuk mempertahankan kesan rapi di ruang tamu mungil, pastikan semua dekorasi berbentuk simpel dan bermateri halus. Sebagai contoh, sofa dari linen, karpet rami, atau selimut rajutan.

2. Bantal-bantal di Sofa

Living Room View: Ruang Keluarga oleh JRY Atelier,
JRY Atelier

Living Room View

JRY Atelier

Kesan hangat bisa Anda tunjukkan dalam tambahan bantal-bantal sofa dari linen, loh. Selain itu, bahan faux fur dan rajut juga bisa membantu menonjolkan kesan nyaman di ruang tamu atau ruang keluarga Anda. Jadi, jangan ragu menghadirkan aksesoris ini. Perlu diingat, pertahankan kesan minimalis rapi dengan tidak menambahkan bantal terlalu banyak.

3. Warna Netral dan Soft

Sudah tahukah Anda kalau warna putih merupakan salah satu trik agar rumah mungil terlihat luas? Ya, warna putih juga membuat ruang tamu lebih terang. Selain warna putih, warna-warna netral, seperti abu-abu, hitam, khaki, dan cokelat juga tak kalah cocok sebagai dekorasi ruang tamu di rumah ala Skandinavia Anda. Pasangkan warna-warna ini dengan bantal pastel sebagai aksen.

4. Karpet Bermotif

Studi Room & Library: Ruang Kerja oleh CASA.ID ARCHITECTS,
CASA.ID ARCHITECTS

Studi Room & Library

CASA.ID ARCHITECTS
Karpet bisa membantu Anda menambahkan kesan hangat di ruang tamu. Namun, ingat agar memperhatikan motif karpet yang cocok dengan furnitur lain di ruangan itu. Pilih motif karpet garis atau geometris untuk dekorasi ruang tamu ala Skandinavia.

5. Furnitur Kayu

Dekorasi bernuansa kayu adalah salah satu ciri khas Skandinavia. Furnitur kayu dari rustic wood akan menjadi elemen Skandinavia yang berpengaruh di ruang tamu Anda. Jadi, bolehlah tambahkan 1-2 furnitur di ruang tamu Anda. Kayu akan menambah kenyamanan di rumah sekaligus kesan lebih luas pada ruangan.

6. Dinding Galeri Foto

Dinding galeri (gallery wall) selalu ada di ruangan ala Skandinavia. Dekorasi ini merupakan cara ideal untuk memperlihatkan kepribadian penghuni rumah. Namun, beri catatan bahwa lebih baik fotonya dicetak dalam warna monokrom dan pilih warna pigura yang seragam. Ini untuk mempertahankan kesan rapi di ruang tamu Anda.

7. Tanaman dalam Pot

Berikan sedikit kesegaran di ruang tamu Anda dengan tanaman. Letakkan tanaman dalam pot besar di pojok ruangan agar tidak menghalangi gerak Anda di dalam rumah. Jika mau, pertimbangkan tanaman dalam pot-pot kecil di meja atau rak untuk melengkapi desain dekorasi ruang tamu.

8. Rak

Studi Room & Library: Ruang Kerja oleh CASA.ID ARCHITECTS,
CASA.ID ARCHITECTS

Studi Room & Library

CASA.ID ARCHITECTS

Rak tidak hanya bisa menyimpan buku dan majalah tetap rapi, tapi juga menyimpan semua barang-barang Anda. Pilih rak panjang horizontal sehingga ruangan terlihat lebih lebar. Boleh juga menggunakan rak vertikal jika ingin memberi kesan ruangan lebih tinggi. Untuk pelengkap dekorasi, tambahkan foto, pajangan abstrak, dan tanaman dalam vas. Bahan bacaan yang Anda tata di sini pun harus diperhatikan, jangan sampai terlalu sesak.

Tips Merawat Dekorasi Ruang Tamu Skandinavia Anda

1. Tata Ulang Secara Berkala

Menata ulang dekorasi ruang tamu Anda sekaligus mengganti suasana baru. Salah satu tatanan yang bisa Anda ubah adalah letak furnitur atau pajangan foto di gallery wall. Beri perhatian juga pada tanaman-tanaman di ruangan sehingga Anda bisa menggantinya saat sudah layu.

2. Jaga Konsistensi Ruangan

Seperti yang sudah kami sebut, rumah ala Skandinavia menitikberatkan pada kerapian dan kesan minimalis namun tetap estetis. Jangan ikuti kehendak hati yang menginginkan penambahan dekor atau mencampurnya dengan gaya dekorasi lain (tentu saja, jika Anda tetap ingin mendekorasi rumah ala Skandinavia).


Setelah membaca tips kami, coba lihat ke sekeliling ruang tamu Anda. Sudah siap mendekorasi ulang?

 Rumah oleh Casas inHAUS

Need help with your home project?
Get in touch!

Discover home inspiration!