Gaya Dapur Minimalis untuk Hidup yang Serba Praktis

Tanya harga

Invalid number. Please check the country code, prefix and phone number
Dengan mengklik 'Kirim' saya mengkonfirmasi bahwa saya telah membaca dan menyetujui Kebijakan Privasi bahwa informasi saya akan diproses.
Catatan: anda dapat mencabut persetujuan tersebut kapan saja dengan mengirim email ke privacy@homify.com.

Gaya Dapur Minimalis untuk Hidup yang Serba Praktis

Ovan Zaihnudin – Homify Ovan Zaihnudin – Homify
Kitchen:  Dapur by Veon Interior Studio
Loading admin actions …

Minimalis identik dengan kesederhanaan. Tapi bukan berarti dapur minimalis merupakan sebuah ruangan sempit dengan perabot alakadarnya. Desain dapur minimalis lebih menitikberatkan faktor efisiensi penataan interior berikut segala kelengkapan perkakas di dalamnya.

Berminat mengaplikasikan model dapur minimalis di hunian baru Anda? Berikut Homify akan menampilkan sejumlah rekomendasi ide desain dapur minimalis yang modern, sesuai untuk mendukung gaya hidup Anda yang serba praktis.

Luas Ruangan yang Menantang

Ketika Anda mengalokasikan dimensi yang luas untuk difungsikan sebagai dapur, tantangan terbesarnya terletak pada faktor pencahayaan. Tak ada gunanya punya ruangan yang lapang, tetapi tanpa pencahayaan yang bagus.

Seperti pada dapur karya profesional Homify ini. Pancaran lampu utama di langit-langit, masih didukung pula dengan aksen penerangan pada panel-panel kabinet. Selain memudahkan aktivitas, juga berfungsi mempertegas posisi kabinet yang menggantung di dinding. Penggunaan warna dasar putih, serta corak kayu gelap pada kabinet, juga berhasil membuat dapur minimalis ini tampak lebih artistik.

Memanfaatkan Kesempitan Secara Efektif

Dapur:  Unit dapur by POWL Studio

Sebuah hunian mungil, seperti apartemen benar-benar membutuhkan siasat tata ruang yang efektif. Dapur bisa dibuat bersingkuran dengan ruang tamu, dengan kabinet dapur berperan sebagai pembatas antara kedua ruangan.

Sementara itu untuk desain, paduan kabinet berwarna cerah dengan table top berwarna gelap menjadi unsur utama dari tema minimalis. Sementara pemasangan lampu dengan pendar warna berbeda bisa menjadi aksesoris tambahan.

Dapur Minimalis Bernuansa Eksotis

Dapur Jepang:  Dapur kecil  by r.studio
r.studio

Dapur Jepang

r.studio

Ornamen kayu menampilkan citra eksotis. Warna kayu pinus yang cerah bisa dikombinasikan dengan warna-warna netral. Kali ini pilihan jatuh pada warna putih. Kitchen set dan meja dapur dibuat senada dengan dinding yang penuh nuansa kayu. Dengan kaki-kaki berwarna putih, berwarna sama dengan rak tambahan yang menggantung di dinding.

Ruangan mungil ini tampak lebih luas karena pemilik rumah sengaja menempatkan dapur di area yang penuh dengan pencahayaan alami. Bingkai pintu kaca pun beraksen kayu, juga lantai dapurnya.

Memanfaatkan Satu Sisi Dinding

Botanical Kitchen:  Dapur by Veon Interior Studio
Veon Interior Studio

Botanical Kitchen

Veon Interior Studio

Ringkas, dapur ini dibuat hanya dengan memanfaatkan satu sisi dinding. Akses mudah karena semua perkakas dan peralatan dapur terletak di area yang sama. Aplikasi ini cocok jika Anda tidak ingin menempatkan perlengkapan tambahan di area dapur. Tapi dengan sedikit modifikasi, bukan tidak mungkin Anda bisa meletakkan lemari es, oven, atau perkakas berukuran besar lain di dapur.

Terdapat dua kabinet utama di atas dan bawah, yang sekaligus digunakan sebagai meja dapur. Kitchen set ini terlihat sederhana dengan pembagian beberapa panel bernuansa senada. Dengan aksen tambahan berupa laci di bagian tengah yang diberi warna berbeda. Sementara pada dasar kabinet atas ditambahkan rak terbuka untuk menempatkan bumbu-bumbu masakan.

Minibar di Dapur Mungil

Area Dapur + Mini Bar:  Dapur built in by Likha Interior
Likha Interior

Area Dapur + Mini Bar

Likha Interior

Tentu saja lebih mudah jika Anda bisa memasak makanan, dan langsung menyajikannya di meja yang berada di area yang sama. Meski dapur berdimensi kecil, Anda masih bisa menempatkan meja makan di ruangan tersebut. Buatlah ukuran meja dapur, kabinet, dan meja makan seefektif mungkin agar muat mengisi ruangan, tanpa membuatnya terlihat sumpek.

Pilihlah warna cerah, seperti paduan putih dan aksen cream seperti kayu sungkai. Pada desain model dapur minimalis ini, minibar dan kursi menggunakan warna putih yang senada. Begitu pula pada panel kabinet ambalan dinding. Warna cream digunakan sebagai pelapis permukaan kabinet bawah dan tiang meja. Sedangkan pemilihan aksen hitam pada permukaan meja kabinet, merupakan salah satu cara untuk mempertegas keberadaannya.

Dapur Minimalis Berbentuk 'U'

Kitchen set:  Dapur built in by Maxx Details
Maxx Details

Kitchen set

Maxx Details

Aplikasi desain ini cocok untuk Anda yang menginginkan semua fungsi dapur dapat terakomodasi dengan baik di satu tempat. Dapur berbentuk 'U' dengan kabinet, peralatan, serta meja makan mengisi setiap sisinya. Sementara bagian tengah dibiarkan kosong sebagai area mobilitas penghuni dapur.

Desain ini membagi dapur menjadi 3 area, yakni area memasak, mencuci, dan area makan. Area memasak dan mencuci bersinggungan dengan dinding. Sementara meja makan berupa mini bar berada tepat di samping meja memasak, berseberangan dengan area mencuci.

Tema minimalis tampak jelas lewat aplikasi yang sama. Mulai dari warna dinding, meja dapur, kabinet, sampai meja makan. Penambahan lis berwarna perak memberi kesan dinamis, sekaligus menjadi penegas batas panel-panel rak dapur.

Dapur Lengkap Selebar Lemari Aksesoris

Bergaya American-classic, dapur ini benar-benar memanfaatkan ruangan dengan sebaik-baiknya. Sudut berukuran sekitar 2 meter menjadi lokasi bagi kompor, wastafel, yang terpasang di atas meja kabinet bernuansa kayu dan berpanel putih bersih. Begitu pula kabinet dindingnya, putih bersih dengan pintu kaca menjadi pemanis salah satu panelnya. Di ruangan kecil ini, Anda masih bisa menempatkan lemari penyimpanan dan perangkat elektronik tambahan lainnya.

Butuh konsultasi perencanaan dapur yang tepat? 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project?
Get in touch!

Discover home inspiration!