9 Ide Jalur Akses Masuk Rumah yang Cantik dan Menawan 9 Ide Jalur Akses Masuk Rumah yang Cantik dan Menawan

Tanya harga

Invalid number. Please check the country code, prefix and phone number
Dengan mengklik 'Kirim' saya mengkonfirmasi bahwa saya telah membaca dan menyetujui Kebijakan Privasi bahwa informasi saya akan diproses.
Catatan: anda dapat mencabut persetujuan tersebut kapan saja dengan mengirim email ke privacy@homify.com.

9 Ide Jalur Akses Masuk Rumah yang Cantik dan Menawan

Ovan Zaihnudin – Homify Ovan Zaihnudin – Homify
Villa Saya Koridor & Tangga Gaya Asia Oleh HG Architect Asia
Loading admin actions …

Apa yang pertama kali Anda rasakan saat memasuki sebuah bangunan? Ya, itu akan tergantung dari kesan fisik yang muncul ketika Anda berjalan melewati jalur masuk. Mulai dari pintu gerbang, jalan setapak di halaman, pintu utama, atau koridor dan tangga menuju ruangan. Anda akan mampu menebak, bagaimana konsep desain interior dari sebuah properti. Bahkan mungkin Anda juga bisa menebak bagaimana karakteristik pemilik bangunan tersebut.

Entry, adalah bagian dari hunian yang merupakan jalur akses. Baik untuk memasuki rumah maupun koridor penghubung dari setiap ruangan. Area ini juga perlu mendapat perhatian lebih jika ingin menampilkan kesempurnaan fasad hunian Anda. Untuk itulah kali ini Homify akan memberikan rekomendasi area masuk cantik yang bisa diterapkan di hunian Anda.

Di Antara Himpitan Pilar

Rumah Tinggal Mewah di Semarang Koridor & Tangga Minimalis Oleh Paulus Adi Budianto Minimalis
Paulus Adi Budianto

Rumah Tinggal Mewah di Semarang

Paulus Adi Budianto

Rumah mewah dan megah di atas tanah berkontur gelombang. Sehingga arsitek kemudian mendirikan pondasi rata yang lebih tinggi. Dari pintu gerbang, jalur masuk hunian ini langsung diarahkan ke garasi mobil, sehingga mau tak mau harus ada akses lain bagi pejalan kaki. Maka sebidang tangga dua tingkat ditempatkan di samping pintu utama.

Eksterior tangga letter L berlantai beton dan tetap mempertahankan corak aslinya. Sisinya dilengkapi pagar logam bercorak tembaga, sebagai pengaman sekaligus pendukung tampilan. Satu hal yang unik dari jalur entri ini terletak pada tangga di tingkat kedua. Yaitu ketika pengunjung menapaki lorong singkat di antara himpitan pilar-pilar megah dari hunian ini. Serasa sedang memasuki halaman istana Raja Romawi di Konstantinopel.

Empat pasang pilar berdiri megah di atas pondasi gelap. Masing-masing mendapatkan aksen putih pada pangkalnya, serta coklat pada pilarnya. Di ujung anak tangga terakhir, ditempatkan pintu pagar setinggi pinggang. Berbahan logam dengan sentuhan warna tembaga seperti pada pagar di tingkat sebelumnya.

Koridor Klasik di Teras

Desain fasad rumah bergaya klasik ini tampak bersih lewat penggunaan warna putih pada eksteriornya. Hampir sama dengan konsep jalur masuk sebelumnya, di mana gerbang terhubung langsung dengan garasi kendaraan. Namun kali ini, akses pejalan kaki tidak difasilitasi dari arah samping, melainkan depan.

Hunian ini memiliki teras dan balkon lengkap. Balkon utama di lantai dua, sekaligus berfungsi sebagai atap dari teras. Dibangun lebih menjorok ke depan dari bangunan utama. Sementara, teras juga dipakai sebagai jalur akses menuju pintu utama untuk memasuki ruang tamu.

Fasad entri yang minimalis dalam balutan gaya klasik. Sebuah koridor kecil berbentuk kubus berlubang sebagai jalur masuk. Lubang itu berbentuk geometris dengan potongan melengkung pada bagian atasnya. Plus elemen dekorasi cantik di kedua sisi tangga menuju jalur akses. berupa pot tanaman hias dan lampu antik.

Gaya Natural untuk Kesadaran Lingkungan

Rumah Kebun Mandiri Pangan (Food Self-Sufficiency House) Balkon, Beranda & Teras Minimalis Oleh sigit.kusumawijaya | architect & urbandesigner Minimalis Kayu Wood effect
sigit.kusumawijaya | architect & urbandesigner

Rumah Kebun Mandiri Pangan (Food Self-Sufficiency House)

sigit.kusumawijaya | architect & urbandesigner

Kali ini adalah area masuk di sebuah rumah bertema natural. Rumah kebun urban farming, itulah konsep yang diusungnya. Maka tidak heran jika hunian ini dipenuhi taman, baik dalam susunan konvensional maupun taman-taman vertikal.

Ada jalur masuk rasional yang menghubungkan antara kebun di halaman dan ruangan di dalam rumah. Yaitu panel decking kayu mengarah ke berbagai sisi tanaman. Ini akan mempermudah akses penghuni ketika beraktivitas di kebun dan harus wara-wiri dari luar ke dalam rumah.

Pilihan material kayu berpadu apik dengan kebun hijau yang natural ini. Panel-panelnya tertata rapi, mendapatkan sentuhan finishing eksterior bercorak merah gelap dan dove. Pada salah satu sisinya juga terdapat taman vertikal dari pot-pot gantung yang tersusun rapi. Alami dan menyegarkan.

Dua Lapis Pintu Kembar

Villa Saya - Gate Main Entrance Koridor & Tangga Gaya Asia Oleh HG Architect Asia
HG Architect

Villa Saya – Gate Main Entrance

HG Architect

Fasad hunian ini terhalang oleh sebidang pagar beton berlapis batu alam. Cukup tinggi, sehingga arsitektur hunian tidak tampak seluruhnya. Setelah gerbang utama dibuka, akan muncul harta karun istimewa dari properti temporer milik ekspatriat di Canggu, Bali ini.

Pintunya berlapis dua. Satu sebagai gerbang utama, dan satu lagi merupakan pintu masuk ke dalam ruangan pertama. Keduanya adalah pintu lipat kembar yang terbuat dari material alami, kayu dengan finishing berbeda. Sisi luar pintu pertama berwarna merah cherry, sisi dalamnya mempertahankan motif kayu. Pintu kedua berukir tradisional, lengkap dengan jendela ukiran pada kedua sisinya.

Kedua pintu ini terhubung melalui dek dari kayu. Pada ujung di dekat pintu masuk terdapat anak tangga yang diperjelas dengan lampu led. Ketika melewatinya, pengunjung memperoleh pemandangan taman hijau di sisi kanan dan kiri jalan setapak ini.

Jalur Menyelinap Didesain Minimalis

Q-House Bandung Oleh CV Berkat Estetika Tropis Metal
CV Berkat Estetika

Q-House Bandung

CV Berkat Estetika

Jangan sekali-kali meremehkan tampilan pintu samping jika menginginkan fasad hunian yang sempurna. Penerapan desain untuk area ini bisa sederhana atau rumit, sesuai selera. Bahkan bisa juga mengaplikasikan gaya yang sama sekali berbeda, asalkan tetap senada dengan konsep bangunan utama. Salah satunya dapat disaksikan pada hunian bergaya modern tropis yang berlokasi di Bandung ini.

Terdapat jalur akses utama yang berposisi di samping garasi kendaraan. Tapi tersedia pula sebuah jalur menyelinap bagi penyusup-penyusup dalam bahaya. Atau dengan kata lain, pintu alternatif terletak di perbatasan rumah.

Konsepnya berbeda dengan bangunan utama, terkesan lebih rustic. Terutama lewat pilihan model pintu lipat di depan dari kawat ram yang terlihat kasar. Tapi di dalam, masih ada satu pintu lagi yang lebih aman dan tertutup. Corak abu-abu dipilih menyesuaikan dengan tampilan fasad bangunan. Lantai eksteriornya pun masih menggunakan material yang sama dengan jalur utama.

Teras Depan nan Eksotik

Komposisi material Dinding & Lantai Tropis Oleh Mandalananta Studio Tropis Batu Bata
Mandalananta Studio

Komposisi material

Mandalananta Studio

Wajah hunian ini terlihat cantik dengan fasad eksotiknya. Para tamu akan menemukan sebuah teras saat berjalan masuk dari halaman rumah, menghubungkannya dengan ruangan-ruangan di dalam. Lalu terpesona dengan pilihan konsep yang diusung pada jalur akses utama ini.

Unik dan nyentrik. Arsitek memaksimalkan betul penggunaan material yang umum dipakai di hunian bergaya tropis. Ada batu bata, beton, kayu dan logam. Semua mendapatkan porsinya masing-masing dengan seimbang.

Dek lantai keramik bermotif merah layaknya batu bata. Meski bukan batu bata yang sama dengan material dekoratif pada dinding relief berongga di samping pintu utama. Pintu masuk sendiri menggunakan material kayu dengan sentuhan elegan. Identik dengan warna merah kayu jati yang mengilap.

Akses Sempit Namun Cantik

Area duduk Koridor & Tangga Modern Oleh AIRE INTERIOR Modern
AIRE INTERIOR

Area duduk

AIRE INTERIOR

Lahan sempit bukan halangan bagi arsitek nomor wahid untuk membuat suasana hunian yang atraktif. Desain minimalis pun bisa mengundang rasa penasaran jika diterapkan dengan baik. Buktinya terlihat dari gambar akses masuk ke ruang duduk di hunian yang satu ini.

Desain rumah minimalis, mendapatkan sentuhan cantik lewat pilihan perabot dan elemen dekorasi yang warna-warni. Kombinasi warna dindingnya lembut, putih dan abu-abu muda. Senada pula dengan daun pintunya.

Ketika berjalan menuju ruangan ini, pengunjung akan disuguhi pemandangan atraktif dari hiasan dinding. Yaitu foto berbingkai dan karya lukis bertema pemandangan hutan kota di kawasan subtropis. Lalu rak buku mewah, serta ornamen hiasan fungsional dari lampu meja dan lampu gantung warna-warni.

Lorong Tangga Transisi

Jalur akses menuju ruangan-ruangan di rumah bertingkat. Tangga minimalis ini menghubungkan antara lantai satu dengan lainnya. Bentuknya didesain memutar demi keamanan dan efisiensi lahan.

Kaki penghuni rumah akan menapaki anak tangga berbahan kayu dengan sentuhan akhir berwarna coklat gelap. Sementara batas area ini merupakan dinding tebal warna putih bersih, kontras dengan anak tangga.

Seluruh sudut di antara anak tangga dan dinding pembatas ditengahi penerangan dari lampu led cerah. Aksen modern dan cerdas untuk memberikan petunjuk bagi siapa saja yang melalui lorong menanjak ini. Membawa ke tingkat lebih tinggi, seperti menyusuri lorong waktu.

Koridor Berdinding Relief

Cattleya Art Studio & Residence Koridor & Tangga Tropis Oleh Mandalananta Studio Tropis Batu Bata
Mandalananta Studio

Cattleya Art Studio & Residence

Mandalananta Studio

Hunian satu ini menerapkan desain tangga biasa, dengan pagar logam sebagai pembatasnya. Akan tetapi relief dinding dari batu bata sudah terpampang sejak menapaki anak tangga. Memberi kesan bahwa seseorang tengah memasuki level berbeda dari lantai sebelumnya.

Ketika sampai di atas, pengunjung akan langsung berhadapan dengan jalur masuk pencahayaan alami. Sehingga suasana di koridor ini tampak cerah meski dindingnya berwarna tua.

Relief batu bata itu muncul kembali menjadi partisi ruangan di lantai atas. Bingkainya balok kayu besar dan kuat sebagai rangka sekaligus pembatas dinding relief. Aksen kontras yang natural di antara unsur bangunan bergaya modern yang didominasi corak warna cerah pada lantai dan atap.

Dekorasi jalur akses masuk penting sebagai kesan pertama dari interior hunian Anda. Karenanya, perlu diperhatikan keindahan dan kecantikannya.
Rumah Modern Oleh Casas inHAUS Modern

Butuh bantuan dengan projek Anda?
Hubungi kami!

Temukan inspirasi hunian