Desain Apartemen Bertema Modern, Minimalis, dan Kontemporer di Bandung | homify | homify Desain Apartemen Modern, Minimalis, dan Kontemporer di Bandung
Error: Cannot find module './CookieBanner' at eval (webpack:///./app/assets/javascripts/webpack/react-components_lazy_^\.\/.*$_namespace_object?:3566:12) at at process._tickCallback (internal/process/next_tick.js:189:7) at Function.Module.runMain (module.js:696:11) at startup (bootstrap_node.js:204:16) at bootstrap_node.js:625:3

Desain Apartemen Bertema Modern, Minimalis, dan Kontemporer di Bandung

Ovan Zaihnudin – Homify Ovan Zaihnudin – Homify
Unit Apartemen Parahyangan Residence Kamar Tidur Minimalis Oleh unimony.id Minimalis
Loading admin actions …

Bandung. Kota terbesar di Jawa Barat dengan berbagai keunikan. Corak Sundanya yang khas, kemajuannya yang pesat, serta alam sekelilingnya yang menawan. Bandung menjadi lokasi tepat untuk bertempat tinggal. Namun di mana-mana masalahnya sama. Lahan kian terbatas sehingga apartemen muncul sebagai alternatif pengganti rumah tapak. Simpel, segala hal di dalamnya bersifat praktis.

Kali ini Homify berkesempatan mengunjungi situs proyek dari salah satu desainer interior kami, Unimony.id. Objek garapannya adalah sebuah apartemen dua kamar milik Bapak Aswin. Berlokasi di Ciumbuleuit, Bandung, wilayah yang memiliki sejumlah spot menarik untuk menghabiskan hari libur. Mengingat hal ini, maka sepertinya lokasi hunian satu ini benar-benar mantap.

Apartemen Bapak Aswin sendiri didesain dengan mengombinasikan tiga konsep dasar, yaitu modern, minimalis, dan kontemporer sekaligus. Unsur dari ketiganya muncul di berbagai item yang ada, pun di semua ruangan yang tersedia. Bagaimana penampakannya? Mari kita lihat bersama.

Interior Kamar Tidur A

Kamar Tidur A Kamar Tidur Minimalis Oleh unimony.id Minimalis
unimony.id

Kamar Tidur A

unimony.id

Untuk pertama kalinya, kita akan memulai dari wilayah paling privat. Secara keseluruhan, interior Kamar Tidur A menyuguhkan gaya modern dan kontemporer. Si desainer dengan tegas menggunakan lantai bermotif kayu yang eksotik. Juga dengan iseng menerapkan exposed wall di salah satu sisi dinding ruangan ini.

Dinding, langit-langit, dan kabinet besar seperti membungkus ruangan lewat putih lembutnya yang mendominasi. Elemen batu bata pada exposed wall, serta unsur kayu pada lantai akhirnya hanya menjadi semacam pemanis. Namun elemen pemanis ini mendapatkan porsi menonjol, sehingga tuntas membuat nuansa ruangan menjadi hangat. Ya. Sebuah solusi cerdas mengingat Ciumbuleuit merupakan dataran tinggi terdekat dari Kota Bandung.

Interior Area Pantry

Dapur Unit Apartemen Bapak Aswin Ciumbuleuit Bandung Oleh unimony.id Modern Kayu Lapis
unimony.id

Dapur Unit Apartemen Bapak Aswin Ciumbuleuit Bandung

unimony.id

Berlanjut ke area selanjutnya, yaitu lokasi bersantai dan menyantap hidangan sehari-hari. Dimensi mungil tidak menjadikan ruangan ini terasa sempit. Padahal di dalamnya pun sudah menyediakan fitur yang lengkap, utamanya sebagai area masak dan ruang makan.

Interior dapur mungil lebih mencuatkan nuansa modern dan minimalis. Pilihan corak masih sama lembut dengan ruangan sebelumnya, lewat putih dan abu-abu. Unsur kayu juga terlihat lagi, kali ini bermotif lebih padat di permukaan pintu kabinet meja dapur.

Area masak disertai perkakas modern lengkap dari atas ke bawah, bersandar pada dinding. Kabinet putih beserta rak-rak terbuka di atas dan mejanya berada di bawah. Countertop menggunakan lapisan berwarna hitam, menyesuaikan dengan permukaan lemari pendingin di sudut ruangan.

Sementara itu, ruangan ini juga menaungi sebuah area makan berkonsep sederhana. Praktis, hanya berupa meja berukuran 90 x 50 cm yang diapit dua kursi tanpa sandaran bergaya minimalis. Sebidang papan bergambar ditempelkan pada dinding, cukup satu saja untuk membuat area ini memiliki ciri berbeda.

Kamar Tidur A Tampak Depan Kamar Tidur Minimalis Oleh unimony.id Minimalis
unimony.id

Kamar Tidur A Tampak Depan

unimony.id

Ruangan ini bukannya kosong, melainkan penuh dengan perabot. Si desainer pun pasti tidak memilihnya secara serampangan, demi mengimbangi kondisi awal interior ruangan dan mendukung aktivitas penghuni nantinya. Itu pun berlaku pada saat penataannya.

Meja kerja ditempatkan di dekat pintu dan jendela, mengikuti kebutuhan penghuni ruangan akan pencahayaan saat beraktivitas. Sementara ranjang berada di lokasi sentral. Sekaligus menjadi jurang pemisah antara area produktivitas dengan wilayah pribadi. Wilayah pribadi sendiri merupakan area yang ditempati kabinet lemari pakaian.

Tambahan dekorasi dinding batu bata, berupa karya monokrom dua dimensi dengan panel berjumlah tiga. Lalu rak koleksi mini yang terbuka. Juga headboard ranjang berwarna abu-abu yang dibingkai lampu LED, memberi sentuhan modern meski hanya sedikit.

Interior Kamar Tidur B

Kamar Tidur B Tampak Samping Kamar Tidur Minimalis Oleh unimony.id Minimalis
unimony.id

Kamar Tidur B Tampak Samping

unimony.id

Menginjak ruangan berikutnya, lagi-lagi kamar istirahat pribadi. Kamar Tidur B ini tampil lebih sederhana jika dibandingkan kamar tidur sebelumnya. Namun secara keseluruhan, interiornya masih mengusung konsep serupa. 

Persamaan tersebut bisa ditemukan di beberapa area. Pertama lewat penggunaan dinding ekspos batu bata yang dilingkupi corak putih di beberapa sisi, termasuk langit-langit.Unsur kayu kembali hadir, tetapi tak cuma terlihat pada lantai. Kali ini terpasang pada salah satu dinding, membingkai perangkat hiburan layar datar yang bersandar padanya. Pilihan panel kayu semakin meningkatkan kesan hangat pada ruangan ini.

Pilihan perabotnya masih bergaya sama, modern dan fungsional. Masing-masing memiliki bentuk serta dimensi ringkas, menyesuaikan luas ruangan yang tak terlalu besar. Tersedia pusat produktivitas dan area khusus pribadi. Di mana keduanya juga ditengahi oleh penempatan ranjang di pusat ruangan. Pusat produktivitas adalah area untuk meja kerja dan perpustakaan mini. Sedang area pribadi dihuni oleh kabinet gagah berisi koleksi baju ganti.  

Interior Kamar Tidur B: Alternatif

Kamar Tidur B Tampak Depan Kamar Tidur Minimalis Oleh unimony.id Minimalis
unimony.id

Kamar Tidur B Tampak Depan

unimony.id

Desainer juga memberikan alternatif desain lainnya bagi kamar tidur kedua ini. Pada desain alternatif, expose wall bertekstur batu bata merah tidak ada lagi. Kali ini permukaannya dibubuhi lapisan cat putih, sehingga corak lembut dan dingin semakin mendominasi. Apalagi dengan panel-panel dekoratif abu-abu yang ditempatkan di tengah, menjadi sandaran ranjang. 

Tampilan dingin ini diselamatkan oleh kehadiran rak terbuka yang didesain sedemikian rupa. Dengan lapisan cermin pada permukaan ceruk-ceruknya. Alhasil memberikan kesan berbeda, sedikit mencerahkan suasana. 

Di sisi lain desainer masih mempertahankan elemen kayu pada lantai kamar. Pilihan kabinet, ranjang, serta pernak-pernik furnitur lain dalam desain modern yang ringkas.

Maka genap sudah. Semua unsur telah tersaji menurut porsi masing-masing. Modern lewat pilihan perabot. Minimalis lewat nuansa corak netral dan unit-unit furnitur praktis. Juga jelas kontemporer dengan berbagai dekorasi unik yang menempel di dinding. 

Desain interior apartemen dua kamar di Ciumbuleuit, Bandung milik Bapak Aswin, dikerjakan oleh Unimony.id.
Rumah Modern Oleh Casas inHAUS Modern

Butuh bantuan dengan projek Anda?
Hubungi kami!

Temukan inspirasi hunian