Ide Dapur Island Kecil Inspiratif, Modern, dan Cantik | homify Ide Dapur Island Kecil Inspiratif, Modern, dan Cantik

Ide Dapur Island Kecil Inspiratif, Modern, dan Cantik

Ovan Zaihnudin – Homify Ovan Zaihnudin – Homify
Apartment Aston Ancol Elora Desain Dapur Modern
Loading admin actions …

Konsep dapur island cukup populer belakangan, sering ditemukan di hunian kelas atas. Fitur lengkap memang menjadi pertimbangan utama, mengapa orang-orang memilih menggunakan gaya dapur semacam ini. Dan kalau Anda mengira bahwa konsep dapur island hanya bisa diaplikasikan pada area berdimensi luas, pikirkan kembali. Pasalnya telah banyak pula profesional yang berhasil menerapkannya di hunian menengah dengan luas terbatas. Anda pun perlu menyimak beberapa contoh karya dapur island kecil karya anak negeri berikut ini.


1. Meja Multifungsi

Interior dapur modern ini begitu elegan lewat elemen putihnya. Layout model U dengan unit meja berada di tengah. Satu sisi merupakan area pengolahan, sisi lainnya untuk menempatkan perkakas modern, sedang meja menjadi ruang penyimpanan tambahan sekaligus tempat penyajian. Lalu terdapat bangku bergaya oriental sebagai statement pelengkap.

2. Ruang Saji Instan

Menggabungkan unsur American-classic dan kontemporer, dapur island kecil berikutnya juga terbagi dalam tiga area. Kabinet gantung putih klasik merupakan area penyimpanan perkakas. Sementara area memasak tampil dengan warna jade yang cerah, lebih clean dan modern lewat pilihan warna senada pada countertop serta perkakas. Sedang pulau kecilnya adalah sebidang kaca dengan sisi melengkung, menjadi meja penyajian sekaligus pembatas dapur.

3. Tampilan Futuristik

Apartment Aston Ancol Elora Desain Dapur Modern
Elora Desain

Apartment Aston Ancol

Elora Desain

Dapur berikutnya memiliki layout standar menempel dinding dengan meja makan menempati sisi yang lain. Meja makan dan bangkunya senada kombinasi hitam putih. Dipercantik oleh lampu statement yang menggantung di atasnya. Satu hal lagi yang begitu menarik perhatian di sini, adalah kabinet gantung yang bersih dan futuristik. Sudut-sudutnya melengkung, berbeda dari biasanya. Apalagi itu senada dengan kulkas silver vintage-nya.

4. Dapur Mungil Apartemen

Ruang Makan Sisi Depan unimony.id Ruang Makan Minimalis
unimony.id

Ruang Makan Sisi Depan

unimony.id

Bertema modern, dapur island kecil satu ini dimaksudkan untuk hunian apartemen. Sebenarnya simpel, hanya tata letak coraknya dibuat sedemikian rupa hingga terkesan kompleks. Ada unsur logam perak dan motif kayu yang kemunculannya seperti tidak seimbang. Pola simetris hanya terlihat pada area makan, di mana ada dua pasang kursi mengapit meja kaca.

5. Dapur Klasik

Rumah di Duren Sawit, jakarta Anantawikrama Studio Dapur Klasik
Anantawikrama Studio

Rumah di Duren Sawit, jakarta

Anantawikrama Studio

Tak ada salahnya menerapkan interior klasik di tengah era modern seperti saat ini. Masih akan tampak memukau, terutama jika berhasil dipadukan dengan unsur modern. Nah, dapur berikut juga bergaya American-classic. Elemen utama berupa kabinet gantung berpintu kaca, countertop granit hitam, plus meja preparasi menyembul di tengah. Dengan sentuhan modern lampu led pada sudut splash.

6. Modern yang Ringkas

Area sempit harus dimaksimalkan untuk mendukung berbagai fungsi. Dapur island kecil satu ini memiliki fitur penuh, tetapi begitu ringkas. Kabinet modern dibubuhi corak putih dengan lis logam, splash bermotif kayu seirama dengan lantai. Guna menjaga keseimbangan sekaligus melengkapi fitur, dihadirkan minibar kayu minimalis berjenjang sedikit lebih tinggi dari countertop.

7. Desain Kompleks

Desain Interior Dapur dan Ruang Makan Bapak Fauzi Di Tangerang Ara Architect Studio Dapur Minimalis
Ara Architect Studio

Desain Interior Dapur dan Ruang Makan Bapak Fauzi Di Tangerang

Ara Architect Studio

Dua area berfungsi berbeda di satu ruangan sama, apalagi kalau bukan dapur dan ruang makan. Desain dapurnya bertema modern dengan motif subway splash-nya, tampilannya bersih. Sedang meja makan mendapatkan sentuhan berbeda. Terutama lewat pilihan corak meja kursi, alas karpet motif lingkaran, serta trio lampu kurung sebagai perabot statement.

8. Dominasi Unsur Kayu

Sejauh ini, baru dapur island kecil berikut yang benar-benar memanfaatkan dominasi unsur kayu. Nyaris seluruh pintu kabinet permukaannya tertutup motif kayu. Begitu juga 'pulau' meja makan yang berdiri di seberangnya. Hanya countertop kabinet dan kursi makan yang tidak menyisakan nuansa kayu sedikitpun. Ada satu lagi unsur menarik pada interior dapur ini. Yaitu motif ubin geometris kombinasi warna hijau-kuning-oranye, muncul menyempil dari bawah kabinet.

9. Sekat yang Menyamar

Dapur Unit Apartemen Bapak Aswin Ciumbuleuit Bandung unimony.id Dapur kecil Kayu Lapis White
unimony.id

Dapur Unit Apartemen Bapak Aswin Ciumbuleuit Bandung

unimony.id

Lagi-lagi dapur fitur lengkap yang menyatukan area memasak, penyimpanan, serta ruang makan. Namun kali ini layout-nya cukup unik karena meja makan ditempatkan sebagai penyekat yang samar. Berdiri di tengah tanpa menghalangi ruang gerak di area pengolahan. Memiliki sejumlah kabinet dalam beberapa model. Ada laci motif kayu, kabinet kaca, rak terbuka, sampai lemari penyimpanan putih bersih. Meski begitu, tampilannya secara umum menyiratkan kesan abu-abu.

10. Mode Gelap

Dinding hunian 'normal' umumnya berwarna putih, dan akan makin lengkap jika lantainya memakai corak sama. Ini akan memudahkan Anda memilih warna apa saja sebagai kontras. Pada dapur berikut, pilihan kontras jatuh pada perabot dapur hitam. Seluruh kabinet dan meja menerapkan mode gelap serupa. Hanya backsplash bernada parquet yang memberi ruangan ini nuansa berbeda.

11. Sempit tetapi Cerah

SMART DESIGN FOR LIMITED SPACE @ THE WAVE, EPICENTRUM, KUNINGAN PT. Dekorasi Hunian Indonesia (DHI) Dapur Modern
PT. Dekorasi Hunian Indonesia (DHI)

SMART DESIGN FOR LIMITED SPACE @ THE WAVE, EPICENTRUM, KUNINGAN

PT. Dekorasi Hunian Indonesia (DHI)

Seorang perencana dapur tak mungkin memilih warna sembarangan. Karena itu bisa menjadi faktor utama pemusnah kesan sumpek. Nah, konsep dapur island kecil selanjutnya memang dibuat untuk apartemen berdimensi terbatas. Mengombinasikan warna dasar putih, lalu diberi sentuhan hijau pinus yang melengkapi kecantikannya. Dapur model L memiliki sebidang pulau di sudut seberangnya. Di sana ada meja makan berikut kursinya yang bertema modern minimalis.

12. Pulau Rustic

Interior Dapur dan Ruang Makan r.studio Dapur kecil Batu Bata Red
r.studio

Interior Dapur dan Ruang Makan

r.studio

Berminat dengan gaya rustic? Gambar ini bisa Anda jadikan inspirasi. Dapur berikut menerapkan tema rustic sejak awal, mulai dari dindingnya yang sengaja tidak dirampungkan. Lalu countertop dan kabinet, serta pulau di tengah dengan unsur kayu dan beton. Namun sepertinya perencana dapur tak ingin meninggalkan unsur modern. Itu tampak pada kabinet ambalan bersusun kontemporer dengan pintu-pintu kaca.

13. Island in The Sun

Ingat kembali gambar nomor 2 dan 6. Ide dapur island kecil terakhir menerapkan konsep hampir mirip. Menggabungkan dapur dan ruang makan, di mana meja makan diletakkan di bibir ruangan. Hanya saja di sini terdapat satu area tambahan, bisa menjadi meja preparasi atau tempat sajian. Ruangan ini bergaya modern dengan paduan corak putih, elemen kayu, plus kontras hitam pada kabinet bawah. Cerah karena dibekali pencahayaan alami dan buatan di langit-langit.

Manakah yang Anda sukai dari dapur island kecil di atas?
Casas inHAUS Rumah Modern

Butuh bantuan dengan projek Anda?
Hubungi kami!

Temukan inspirasi hunian