10 Desain Kamar Tidur yang Bikin Betah Seharian | homify 10 Desain Kamar Tidur yang Bikin Betah Seharian

10 Desain Kamar Tidur yang Bikin Betah Seharian

Mamora Basaria Mamora Basaria
студия визуализации и дизайна интерьера '3dm2' Kamar Tidur Gaya Industrial
Loading admin actions …

Ruang beristirahat satu ini memang harus diperhatikan, mulai dari peletakan perabotan yang mengikuti bentuk ruangannya, pencahayaannya, hingga desainnya. Nah, untuk inspirasi Anda, kami akan menampilkan beberapa desain kamar tidur yang tak hanya cantik, namun sangat nyaman. Semoga Buku Ide satu ini dapat menginspirasi Anda untuk menata kamar tidur Anda senyaman mungkin, dan membuat Anda semakin betah seharian.

1. Tempat tidur multifungsi

Studio Apartment - Bintaro Plaza Residence RANAH Kamar Tidur Gaya Skandinavia Wood effect
RANAH

Studio Apartment – Bintaro Plaza Residence

RANAH

Kamar tidur yang nyaman sudah tentu kamar tidur yang rapi, di mana barang-barang dan perlengkapan kita tersimpan dan tertata rapi. Nah, jika kamar tidur Anda cukup mungil, bisa dipertimbangkan untuk memilih tempat tidur custom, atau tempat tidur multifungsi. Biasanya tempat tidur multifungsi ini sudah dilengkapi dengan storage penyimpanan pada bagian bawah kasur. Anda pun bisa meletakkan berbagai barang di laci tersebut, sehingga kamar tidur Anda pun luas dan banyak space untuk bersantai.

2. Jendela kamar berukuran besar, bikin suasana beda

Rumah Darmo Brawijaya iwan 3Darc Kamar Tidur Modern
iwan 3Darc

Rumah Darmo Brawijaya

iwan 3Darc

Setiap aspek di dalam dalam kamar bisa mengubah tampilan sebuah ruangan. Begitu juga dengan pemilihan jendela. Anda bisa mencoba mengaplikasikan jendela kaca berukuran besar. Tak hanya akan menambah estetika ruangan, dengan hadirnya jendela dapat membuat Anda menikmati pemandangan di luar. Dan tentunya juga memberikan banyak manfaat, diantaranya sirkulasi udara kamar yang baik, kamar Anda menjadi segar, serta asupan cahaya natural yang masuk ke dalam kamar.


3. Menggabungkan konsep dari dua ruang & waktu yang berbeda

Rooms Inc. LEDS C4 Kamar Tidur Modern
LEDS C4

Rooms Inc.

LEDS C4

Kamar tidur satu ini mencoba menggabungkan konsep dari dua ruang dan waktu yang berbeda, dalam bentuk elemen interior dan tata letak. Tak hanya tampil begitu hangat, kamar ini memadukan unsur logam untuk merefleksikan siang hari, dan banyak menggunakan material kayu untuk merepresentasikan karakter kehangatan pada malam hari. Dengan pendekatan desain seperti ini, sang desainer berharap jika kamar ini tidak hanya akan menjadi kamar tidur biasa sebagai tempat transit untuk tidur, tetapi kamar yang homey dan nyaman untuk relaksasi.

4. Desain kamar tidur kayu yang hangat

Jika penerapan kayu dilakukan dengan tepat, kamar bisa tampak segar dan ringan. Pada ruangan berikut ini Anda bisa melihat kamar tidur yang didominasi kayu, mulai dari ranjang, lantai, headboard, hingga panel dinding semua memakai material kayu. Namun ruang tetap nyaman dengan imbangnya pemakaian warna netral pada selimut, hiasan dan juga jendela yang menghadirkan cahaya matahari yang masuk ke dalam kamar. Oh ya, desain yang modern juga membuat kamar tidur ini tampil stylish, loh.

5. Kamar tidur serba putih

Bedroom at Pantai Indah Kapuk, North Jakarta Simply Arch. Kamar Tidur Minimalis White
Simply Arch.

Bedroom at Pantai Indah Kapuk, North Jakarta

Simply Arch.

Pemilihan warna untuk kamar tidur merupakan hal yang penting. Jika Anda menginginkan warna yang memberikan kesan kamar lebih besar, coba pilih warna putih. Warna netral ini cocok untuk kamar berukuran kecil, karena putih memberikan kesan cerah dan luas. Warna putih dapat dengan mudah di dekorasi dan dihiasi pajangan apa saja. Dan jangan lupa, agar tampilan kamar lebih nyaman dan bisa membuat Anda tidur lelap, cobalah untuk mengecat salah satu sudut dinding dengan warna berbeda, untuk mempercantik tampilan kamar.

6. Kamar tidur dilengkapi dengan sofa

Master Bedroom Semarang - Bukit Wahid Regency Multiline Design Kamar Tidur Minimalis White
Multiline Design

Master Bedroom Semarang – Bukit Wahid Regency

Multiline Design

Kamar tidur tak hanya dipakai untuk beristirahat, namun bisa dijadikan area untuk membaca buku, bekerja, hingga berkumpul bersama keluarga dan teman. Nah, maka dari itu untuk mebel dan dekor, Anda bisa meletakkan sofa atau kursi yang dapat menyempurnakan kenyamanan kamar tidur Anda.

Tempat duduk yang bisa Anda pilih adalah:

1. Sofa 2 seater

Tak hanya bisa duduk santai, Anda juga bisa tiduran di sofa jenis ini. Namun pastikan kamar Anda memiliki space yang cukup untuk meletakkan sofa ini ya, agar tidak penuh sesak.

2. Kursi

Pilih kursi yang nyaman dan modelnya yang Anda suka, karena furnitur ini dapat menambah estetika pada kamar tidur. Anda bisa meletakkan satu atau dua kursi di dalam kamar.

3. Bean bag

Bikin sudut yang nyaman yuk di kamar untuk nonton atau baca buku. Bean bag bisa Anda padukan dengan karpet dan meja kecil, loh. Jadi deh sudut nyaman untuk bersantai.


7. Kamar tidur dengan desain kreatif

Tidak harus  memesan ranjang khusus agar kamar tidur bisa memuat dua orang. Anda bisa meletakkan kasur dan susun secara berdampingan, di mana kasur langsung merapat pada dinding, seperti kamar tidur satu ini. Tampilan tangga mungil dapat membuat kamar tampil lebih stylish, apalagi langit-langitnya pun diberikan unsur kayu dan pencahayaan yang menarik. Oh ya, tak perlu meletakkan furnitur besar di dalamnya, karena akan menambah sempit kamar. Namun Anda bisa mencoba untuk menaruh meja panjang minimalis pada dinding, untuk tempat belajar atau bekerja. Lalu pilih rak ambalan atau rak kotak seperti di kamar ini, yang dapat dipergunakan sebagai tempat buku dan pajangan. Setuju dong, kamar ini minimalis namun tetap menampilkan estetika arsitektural yang menawan.

8. Kamar dengan dekorasi etnik khas Indonesia

Selain gaya Scandinavian, industrial, minimalis atau tropical, Anda bisa memilih desain bergaya etnik. Namun tak perlu menghias seluruh kamar Anda dengan hiasan etnik, namun tempatkan beberapa saja unsur tradisional di sudut yang Anda sukai.

Seperti kamar tidur ini yang mempercantik tampilan dinding dengan menggantung kain batik sebagai hiasan. Selain kain batik Anda juga bisa memilih beberapa aksesoris etnik untuk mempercantik kamar, seperti sarung bantal, taplak meja, selimut, tirai, pajangan, hingga coffee table.

9. Kamar tidur di apartemen tipe studio

Studio Room - Puri Park View Multiline Design Kamar Tidur Minimalis
Multiline Design

Studio Room – Puri Park View

Multiline Design

Tipe studio yang terdiri dari satu ruangan besar, biasanya memang tanpa sekat kamar. Dan satu-satunya ruangan yang terpisah adalah kamar mandi. Namun banyak trik yang bisa Anda terapkan pada apartemen tipe studio. Salah satunya seperti inspirasi berikut ini, di mana profesional kami menyiasatinya dengan menghadirkan sekat pemisah berupa kaca antara area tidur dan dapur, yang dapat memberikan ilusi ruang lebih luas.

Tips lainnya adalah tidak bermain dengan banyak warna. Cukup padukan dua warna netral saja. Dan yang tak kalah penting, maksimalkan space yang tersedia, seperti celah kosong yang dapat difungsikan menjadi tempat membaca, menaruh rak, atau furnitur multifungsi.


10. Kamar tidur Industrial, cocok untuk ruangan sempit

Industrial London inspired apartment SATTVA square Kamar Tidur Gaya Industrial
SATTVA square

Industrial London inspired apartment

SATTVA square

Gaya Industrial yang identik dengan ornamen bangunan maupun material dari beton, besi, dan semen. ini juga bisa kita terapkan pada kamar tidur. Terutama untuk kamar berukuran mungil.

Untuk warna, Anda bisa bermain pada warna abu-abu, hitam dan warna gelap lainnya. Namun berikan sedikit aksen warna terang, misalkan pada sarung bantal, pajangan, jangan lupakan sentuhan kayu pada bagian tempat tidur atau meja, hingga ornamen pipa yang bisa membuat kamar makin industrial banget.

Oh ya, kita juga kerap melihat dinding yang terkesan unfinished. Anda bisa memadukannya dengan tampilan batu bata seperti kamar ini. Namun jika tak ingin repot, pasang saja wallpaper batu bata pada dinding.

Nah, kira-kira kamar tidur mana yang jadi favorit Anda?

Butuh bantuan dengan projek Anda?
Hubungi kami!

Temukan inspirasi hunian