Atap Baja Ringan Mudah Disambar Petir, Mitos atau Fakta? | homify
Kembali ke buku ide

Atap Baja Ringan Mudah Disambar Petir, Mitos atau Fakta?

PT. Kencana Maju Bersama PT. Kencana Maju Bersama
Sunting
Tambah foto

Atap baja ringan termasuk logam yang bersifat konduktor alias dapat menghantarkan listrik. Karena hal ini, muncul kecurigaan, apakah bangunan beratap baja ringan mudah tersambar petir? Mengingat petir merupakan energi listrik yang terbentuk secara alami.


Sebenarnya, kecurigaan itu tidak benar. Bukannya memudahkan petir untuk menyambar, justru

struktur atap baja ringan akan mengurangi bahaya dari sambaran.


Bagaimana Petir Bisa Menyambar Bangunan?


Terdapat 4 jenis sambaran petir yang diketahui, yaitu Intra Cloud (IC), Cloud-to-Cloud (CC), Cloud to Air (CA), dan Cloud to Ground (CG). Di antara keempatnya, tipe CG yang merupakan pelepasan muatan dari awan ke bumi paling berkaitan dengan kehidupan dan properti.


Melansir dari BDC Network, sambaran petir tampaknya memilih lokasi yang tergantung pada

geografi, topografi, dan pergerakan badai. Kemudian ketika siap menyambar, petir akan mencari keberadaan atap logam untuk menjadi penghantarnya.


Dalam hal ini, asumsi tentang logam yang akan mempermudah sambaran petir dan mirip dengan penangkal petir adalah salah. Sebab, sebenarnya penangkal petir bukan ‘menarik’ petir. Namun, alat ini justru akan menyalurkan petir dengan aman ke tanah saat menyambar area bangunan.


Diketahui, tipe CG dilepaskan ke bumi hanya melalui perantara seperti pohon maupun bangunan yang merupakan konduktor listrik yang lebih baik daripada udara.


Ketika petir muncul, konduktor terbaik yang jaraknya paling dekat dengan awan seperti gedung tinggi akan menjadi perantara terbaiknya. Itulah mengapa, bangunan tipe ini lebih memungkinkan untuk tersambar petir.


Sebaliknya, bahan penutup atap atau dalam pembahasan kali ini adalah material baja ringan bukanlah faktor penentu, apakah petir mudah menyambarnya atau tidak.


Bangunan Seperti Apa yang Mudah Disambar Petir?


Energi listrik memang akan lebih mudah melewati konduktor yang baik seperti tembaga atau pun baja ringan, daripada kayu maupun beton yang dikenal sebagai konduktor terburuk.


Namun, ada fakta bahwa konduktor yang buruk mempunyai banyak hambatan listrik. Dimana ia

dapat mengubah sebagian energi listrik petir menjadi panas, kemudian kebakaran atau ledakan memungkinkan untuk terjadi.


Sementara konstruksi bangunan dengan atap baja ringan justru menyediakan jalur pada petir untuk menyalurkan muatannya ke bumi. Sehingga bangunan ini meski mendapat sedikit

kerusakan, namun tetap bertahan dari sambaran petir.


Kesimpulan


Intinya, atap baja ringan memang merupakan konduktor listrik yang baik. Namun, bukan berarti material ini akan membuat petir mudah menyambarnya.


Meskipun dikatakan demikian, waspada tetap harus dilakukkan guna memperkecil risiko sambaran petir. Anda dapat menggunakan panangkal petir, memastikan pemasanga konstruksi baja ringan sesuai dengan standar, serta menjauhkan barang dengan sifat mudah terbakar dari tempat tinggal.

Petir Menyambar Bangunan

Petir Menyambar Bangunan

(Sumber: Roofing Company Tampa FL)

(Sumber: Roofing Company Tampa FL)

Sambaran Petir

Sambaran Petir

(Sumber: Construction Executive)

(Sumber: Construction Executive)

Ilustrasi Atap Baja Ringan Disambar Petir

Ilustrasi Atap Baja Ringan Disambar Petir

(Sumber: Safety-LoveToKnow)

(Sumber: Safety-LoveToKnow)