13 Model Wastafel Kamar Mandi Cantik, Modern, dan Stylish | homify Model Wastafel Kamar Mandi Cantik, Modern, dan Stylish

13 Model Wastafel Kamar Mandi Cantik, Modern, dan Stylish

Ovan Zaihnudin – Homify Ovan Zaihnudin – Homify
Hera House DiArsitekin Kamar Mandi Klasik Keramik White
Loading admin actions …

Bagi mereka yang ingin selalu bersih dan higienis, sekaligus punya perhatian detail soal penampilan, sebuah wastafel kamar mandi akan menjadi fitur fungsional sekaligus memanjakan. Untungnya kini telah banyak produsen yang mendesain model wastafel cantik yang bisa Anda pilih guna memaksimalkan fungsi kamar mandi. Sedikitnya ada 13 model yang tersedia di pasaran, berikut uraian masing-masing di antaranya.

1. Wastafel menempel dinding

Agaknya ini adalah model wastafel paling umum yang sering ditemukan. Wastafel menempel dinding atau wall-mount berkonsep terbuka. Bak penadah air dipasang pada dinding, berikut pipa saluran airnya yang dibiarkan terekspos. Namun karena bagaimanapun air berpotensi menjadikan logam pipa berkarat seiring berjalannya waktu, Anda harus rajin-rajin membersihkan permukaan saluran air ini.

2. Wastafel di atas meja

Model yang kedua ini memanfaatkan meja atau sebidang area untuk menempatkan wastafel. Pemasangannya tidak menempel dinding, tetapi menumpang di atas meja kamar mandi tersebut. Model wastafel satu ini sering ditemukan pada kamar mandi berukuran besar. Mejanya bisa berupa ambalan atau meja berkaki. Biasanya permukaan meja inilah yang akan menjadi media bagi desainer kamar mandi untuk berkreasi.

3. Wall-mount dengan pipa tersembunyi

Secara umum adalah wastafel tempel dinding atau ambalan, tetapi pipa sanitasi dibungkus dengan material tertentu guna mempercantik tampilannya. Dan akan lebih cantik jika bentuk penutup pipa menyesuaikan dengan wastafelnya. Seperti pada gambar satu ini yang penutupnya berbentuk blok kubus. Memakai bahan kayu dengan finishing anti air untuk menghalau pipa terpapar cipratan.

4. Sepasang wastafel kembar

PRIVATE RESIDENTIAL @ NAVAPARK, BSD CITY, TANGERANG PT. Dekorasi Hunian Indonesia (DHI) Kamar Mandi Modern
PT. Dekorasi Hunian Indonesia (DHI)

PRIVATE RESIDENTIAL @ NAVAPARK, BSD CITY, TANGERANG

PT. Dekorasi Hunian Indonesia (DHI)

Model berikutnya dicetuskan menurut kriteria fungsi, bukan berdasarkan bentuk atau metode instalasi. Wastafel kembar cocok diaplikasikan untuk kamar mandi utama bagi sepasang suami istri. Ini akan membuat penghuni rumah bisa berbenah diri tanpa harus mengantri.

5. Wastafel kembar yang menyatu

Biasa disebut juga dengan model through, wastafel berikut juga menampung sepasang keran air. Tapi alih-alih dibuat terpisah, bak penadah air dibuat memanjang mengikuti ukuran yang pas untuk dua pengguna. Jika kamar mandi utama Anda berdimensi cukup, model wastafel through ini juga dapat dipilih.

6. Wastafel dengan kabinet penyimpanan

Desain Kamar Mandi Arsitekpedia Kamar Mandi Modern
Arsitekpedia

Desain Kamar Mandi

Arsitekpedia

Pasti ada sejumlah barang penting yang mustahil jika disimpan di luar kamar mandi. Maka dari itu kalau memungkinkan Anda juga bisa memasang wastafel yang dilengkapi kabinet penyimpanan seperti pada gambar di atas. Wastafel ini menerapkan model table-top atau menumpang di atas meja. Hanya saja, kali ini bagian bawahnya memiliki fungsi lebih mapan.

7. Wastafel bertangkai atau pedestal

Masih ingat dengan jenis meja pedestal? Model wastafel berikut menerapkan konsep serupa. Proses instalasi berjalan mudah dan cepat, karena wastafel memiliki tiang penopang yang mampu membuatnya berdiri sendiri. Bentuknya pun ringkas dan tidak makan tempat, cocok untuk kamar mandi berukuran kecil.

8. Wastafel bejana cantik

Wastafel bejana atau vessel sink seringkali hadir dalam bentuk yang menyerupai mangkuk atau baskom. Karena tanpa dilengkapi penopang, maka hanya bisa ditempatkan di atas atau ditanamkan dalam sebuah bidang. Mungkin itu dirasa kurang praktis. Tapi jika melihat betapa cantiknya bentuk wastafel satu ini, sayang sekali kalau harus menyembunyikannya.

9. Wastafel tanam drop in

Memang modelnya mirip dengan bak cuci piring, karena wastafel tersebut ditanamkan pada kabinet atau struktur jenis lain. Permukaan tetap terlihat dari jauh dengan menyisakan bibir paling atas dari bak penadah air. Wastafel drop-in ini juga cukup populer belakangan, banyak ditemukan terpasang di kamar mandi bertema modern.

10. Wastafel sudut

Inilah model wastafel yang paling efisien, terutama untuk kamar mandi mungil. Perabot satu ini ditempatkan di sudut ruangan. Umumnya dibuat dalam model wall-mount sehingga dapat dipasang menempel dinding dengan pipa yang terekspos. Jika ingin mempercantiknya, cukup aplikasikan material untuk menutup pipa saluran air.

11. Wastafel konsol

Merupakan varian lain dari jenis wastafel menempel dinding yang dikombinasikan dengan pedestal. Pipa saluran air tetap terekspos jelas. Wastafel satu ini pun lebih kokoh karena dilengkapi dengan sepasang kaki penyangga di bawahnya.

12. Wastafel kamuflase/semi-recessed

Semi-recessed artinya nyaris tersembunyi. Wastafel berikut memanfaatkan struktur khusus yang permukaan atasnya diberi ceruk sebagai penadah air, bukannya produk wastafel tertentu. Sementara keran biasanya dipasang menempel dinding di atasnya. Karena harus kuat dan tahan karat, umumnya struktur wastafel memakai batu alam, seperti marmer, granit, atau beton berlapis ubin.

13. Wastafel full tanam

90 Persen sama dengan model wastafel sebelumnya. Namun jika bibir wastafel bak cuci terlihat dari atas, kali ini tidak. Wastfel sepenuhnya tertanam pada meja, kabinet, atau beton kamar mandi. Bibirnya sama sekali tidak kelihatan, hampir mirip pula dengan wastafel semi-recessed yang berupa cekungan tersembunyi.

Manakah yang menurut Anda paling cantik?
Casas inHAUS Rumah Modern

Butuh bantuan dengan projek Anda?
Hubungi kami!

Temukan inspirasi hunian