Tips Renovasi Rumah Saat Musim Hujan Supaya Lebih Cepat | homify
Kembali ke buku ide

Tips Renovasi Rumah Saat Musim Hujan Supaya Lebih Cepat

PT. Kencana Maju Bersama PT. Kencana Maju Bersama
Sunting
Tambah foto

Terpaksa renovasi rumah saat musim hujan bisa saja terjadi pada siapa pun. Karena pada dasarnya tidak ada yang tahu, kapan musibah terjadi, hingga tempat tinggal butuh diperbaiki segera.


Perbaikan rumah saat musim hujan dapat dikatakan tidak semudah ketika dilakukan di musim

kemarau. Berbagai kendala yang mungkin akan terjadi, seperti keterbatasan penyimpanan material. Atau kekhawatiran pekerjaan tukang bangunan menjadi kurang efektif, sedangkan biaya jasa yang dikeluarkan tetap.


Guna meminimalisir pengeluaran dana, mempersingkat waktu saat renovasi rumah adalah salah satu solusi yang tepat.


Dalam hal ini, agar proses perbaikan berjalan dengan optimal, ada beberapa tips yang dapat Anda terapkan, di antaranya sebagai berikut.


Cek Cuaca Secara Berkala

Sebelum melakukan renovasi, penting untuk selalu memperhatikan cuaca . Anda dapat mengetahui informasi mengenai cuaca dari situs resmi , media sosial, atau aplikasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).


Dengan melakukan pengecekan secara berkala, Anda dapat member informasi pada pekerja dan melakukan persiapan ketika akan turun hujan saat renovasi rumah.


Pelajari Karakteristik Material Bangunan

Setiap material bangunan sering kali memiliki sifat berbeda, seperti ada yang tahan air dan terdapat pula yang karakternya justru sebaliknya.


Dengan mengetahui karakter masing-masing material, penentuan tempat penyimpanan akan

lebih mudah untuk dilakukan.


Sebagai contoh, untuk menyimpan  material logam seperti baja ringan, usahakan untuk menyimpan di tempat kering dan tidak bersinggungan langsung dengan tanah maupun genangan air.


Jika disimpan di tempat terbuka, tutup baja ringan dengan plastik dan susun di atas alas penumpu secara miring guna menghindari genangan air.


Gunakan Material yang Dapat Dipasang dengan Cepat


Di samping kualitas, penggunaan material yang dapat dipasang dengan cepat untuk renovasi rumah saat musim hujan akan menjadi nilai tambah.


Baja ringan Kencana dalam hal ini adalah jawabannya. Selain dapat dipasang dengan cepat, material ini juga ketahanan terhadap korosinya sangat aik. Sehingga lebih tahan lama.


Itulah beberapa tips renovasi rumah saat musim hujan agar lebih cepat. Bukan hanya memperhatikan masalah cuaca dan mempelajari karakteristik masing-masing material saja. Penggunaan bahan bangunan yang cepat dan mudah dipasang seperi baja ringan juga menjadi solusi terbaik.

Rangka Atap Baja Ringan

Rangka Atap Baja Ringan

(Sumber: Pinterest)

(Sumber: Pinterest)

Atap Rumah Bocor

Atap Rumah Bocor

(Sumber: Total Home Roofing)

(Sumber: Total Home Roofing)

Renovasi Rumah Before After

Renovasi Rumah Before After

(Sumber: CEPAGRAM)

(Sumber: CEPAGRAM)