Segala Sesuatu tentang Pemanas Air Mandi Listrik, Kelebihan, Kekurangan dan Harga

Elisabete Figueiredo – HOMIFY Elisabete Figueiredo – HOMIFY
Leiden House, SAMF Arquitectos SAMF Arquitectos Garasi Modern
Loading admin actions …

Anda ingin melengkapi kamar mandi Anda dengan alat pemanas air listrik? Yuk, cari tahu semua informasinya, mulai dari apa kelebihannya, kekurangannya dan juga harganya pada artikel berikut ini.

Apa Itu Pemanas Air Listrik

Mesin pemanas air untuk kamar mandi atau biasa disebut water heater merupakan alat yang digunakan untuk memanaskan air dengan lebih efisien. Beberapa water heater sudah dilengkapi dengan fitur-fitur tambahan seperti pengaturan suhu, pengaturan timer, dan sistem pengaman untuk mencegah kebocoran. Selain itu, water heater juga dapat digunakan untuk menyimpan air panas agar selalu tersedia setiap saat.

Cara Kerja Mesin Pemanas Air Listrik

Water heater listrik mengandalkan listrik sebagai sumber energi utama dalam proses pemanasan air. Dalam water heater listrik, terdapat alat yang disebut thermostat yang berfungsi sebagai pengatur suhu di dalam tangki. Thermostat akan mengatur suhu air di dalam tangki pada rentang suhu antara 50 hingga 80 derajat Celsius. Disarankan untuk keselamatan dan keamanan, atur suhu di dalam tangki antara 50-60 derajat Celsius.

Cara kerjanya melalui elemen pemanas yang terletak di bagian atas dan bawah tangki. Elemen pemanas dengan arus listrik mengubah energi listrik menjadi energi panas, yang kemudian akan menghangatkan air di dalam tangki secara terus-menerus.

Kemudian, ketika air dingin memasuki tangki, maka air akan dipanaskan oleh elemen pemanas yang terletak di dalam tangki.

Setelah proses pemanasan, air yang telah dipanaskan dengan tekanan tinggi akan mengalir keluar dari tangki dan siap digunakan untuk berbagai kebutuhan.

Pemanas air listrik dapat melakukan proses pemanasan dengan cepat. Waktu yang dibutuhkan untuk memanaskan air pun terhitung cukup singkat.

Anda dapat memilih water heater sesuai dengan kebutuhan, misalnya dengan kapasitas 20 liter atau 30 liter. Ada berbagai produk water heater yang menyediakan ukuran kapasitas 20 liter dan 30 liter, tergantung kebutuhan kapasitas air di hunian Anda.

Selain Pemanas Air Listrik, Ini Dia Pemanas Air Lainnya

-Water Heater Gas: menggunakan gas, baik itu elpiji maupun gas alam sebagai energi untuk memanaskan air. Kelebihan dari water heater ini biaya operasional yang lebih rendah dibandingkan water heater listrik.

-Water Heater Solar: memanfaatkan energi matahari. Air dingin yang mengalir akan langsung dipanaskan matahari pada komponen kolektor, lalu disimpan di tangki untuk digunakan.

-Heat Pump Water Heater: memanfaatkan panas freon dari AC yang biasanya dibuang. Freon yang masih dalam kondisi panas dialirkan ke heat exchanger yang akan memanaskan air di tangki penampungan. Komponen heat pump pada pemanas air ini menjadi satu kesatuan yang dirancang untuk menghasilkan air panas.

Watt yang diperlukan mesin pemanas air untuk kamar mandi tergantung pada beberapa faktor, seperti ukuran kamar mandi, jumlah orang yang menggunakan kamar mandi, dan jumlah air yang diperlukan. Untuk kamar mandi yang digunakan oleh 1-2 orang dan memiliki ukuran yang kecil dapat menggunakan daya 2000 watt. Sedangkan kamar mandi yang digunakan untuk 3 orang atau lebih, membutuhkan pemanas air listrik dengan daya yang lebih besar, seperti 3000 watt atau 4500 watt.

Psst, lihat di sini desain kamar mandi kekinian. Lihat lebih banyak di tab Ruangan.

Apakah menggunakan pemanas air memakan biaya listrik yang besar?

Penggunaan listrik tergantung dengan watt pada water heater yang Anda gunakan. Jika digunakan dengan efisien, tagihan listrik Anda tidak membengkak. Untuk memastikan pemanas air listrik di rumah Anda tidak boros, Anda perlu tahu watt dari water heater dan seberapa sering Anda menggunakannya.

Water Heater Listrik vs Gas

Beberapa perbedaan dari water heater listrik dan gas, antara lain:

-Pada water heater listrik, pemanasan terjadi saat terdapat aliran listrik. water heater gas, dapat digunakan kapan pun baik saat listrik menyala maupun tidak selama persediaan gas masih ada.

-Pada waktu pemanasan, water heater listrik membutuhkan waktu beberapa saat setelah dinyalakan. Water heater gas dapat langsung menghasilkan aliran panas selama persediaan gas dalam tabung masih tersedia.

Pemanas air atau pemanas air?

Untuk perawatan unit, untuk water heater gas harus melakukan pengecekan dan perawatan secara rutin. Perlu dilakukan penyiraman dan pengecekkan setiap bulan untuk menghindari adanya kebocoran gas. Sedangkan pada water heater listrik hanya diperlukan penyiraman secara teratur untuk menghilangkan endapan pada tangki dan dilakukan perawatan rutin tahunan.

Water heater listrik bisa menjadi pilihan yang cocok untuk kebutuhan instalasi air panas pada rumah tangga. Mulai dari kemudahan perawatan, water heater listrik dapat membantu memudahkan pekerjaan rumah dan menghemat pengeluaran.

Nggak perlu bingung mencari jasa profesional pakar elektrik yang Anda butuhkan. Profesional kami siap membantu Anda, lihat daftar lengkapnya di sini.

Kelebihan Pemanas Air Listrik

-Water heater listrik memiliki harga lebih murah daripada water heater gas.

-water heater listrik lebih efisien daripada water heater gas. Penggunaan energinya memang tergantung pada jenis, tetapi biasanya memakan lebih sedikit daya daripada water heater gas.

-Water heater listrik tergolong ama. Sedangkan water heater gas sedikit lebih berbahaya, karena menggunakan gas sebagai sumber bahan bakar. Serta berpotensi mengalami kebocoran gas. Maka dari itu lakukan pemeriksaan rutin untuk mencegah hal tersebut.

Kekurangan Pemanas Air Listrik

-Water heater listrik memerlukan waktu untuk menghangatkan air.

-Kekurangan water heater listrik adalah tidak bisa digunakan saat sedang mati lampu. Hal ini berbeda dengan water heater gas yang masih bisa digunakan meski mati lampu.

Cara Merawat Water Heater Listrik agar Tetap Awet

Penggunaan water heater menjadi solusi instan bagi rumah tangga yang membutuhkan air panas untuk keperluan mandi dan sebagainya. Namun perangkat water heater perlu perawatan agar bisa bekerja dengan maksimal.

-Walau tidak digunakan, water heater harus selalu terhubung dengan sumber listrik. Fungsinya adalah untuk melindungi tangki agar tidak bocor dan anoda tetap bekerja.

-Ganti magnesium anoda secara berkala untuk melindungi perangkat dari karat dan korosi.

-Bersihkan water heater minimal satu tahun sekali. Dan kami sarankan untuk menggunakan jasa teknisi profesional. Pembersihan tangki water heater membantu membersihkan kotoran yang mengendap.

-Periksa safety valve secara berkala. Komponen ini menjaga supaya tekanan berlebih tidak terjadi di dalam tangki dan bisa menjaga suhu air agar tetap stabil.

Berapa Harga Pemanas Air Listrik?

Kami mengakhiri dengan indikasi harga secara umum, karena harganya sangat bervariasi tergantung merek dan tempat pembelian. Namun harga rata-rata water heater listrik sekitar di atas Rp1 Jutaan.

Baca juga tab Majalah kami untuk melihat apa yang sedang trending saat ini. Klik dan lihat semua desain interior terbaik di sini.

Sebelum membeli water heater untuk kamar mandi Anda, cari tau dulu semua informasinya di sini!

Butuh bantuan dengan projek Anda?
Hubungi kami!

Sorotan dari majalah