10 Renovasi Rumah yang Tidak Memerlukan Izin

Sílvia Cardoso – homify Sílvia Cardoso – homify
Templewood Avenue, NW3, XUL Architecture XUL Architecture Rumah Klasik
Loading admin actions …

Renovasi rumah diperlukan bagi kita yang ingin mengubah interior maupun menambah ruangan pada rumah kita.

Namun ternyata, ada juga renovasi yang tidak memerlukan Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Kecuali jika Anda menginginkan merenovasi rumah sederhana menjadi rumah tingkat, maka diperlukan IMB. Seperti apakah yang termasuk renovasi tersebut? Simak di bawah ini.



1. Pengecatan rumah

Menurut aturan yang dikeluarkan oleh pemerintah terkait dengan IMB, untuk pengecatan rumah itu bukan proses renovasi yang harus menggunakan IMB. Karena pengecatan pada dinding rumah tidak akan mengubah bentuk dari rumah tersebut. Jadi Anda bebas melakukan pengecatan dinding kapan saja, dan bebas memilih warna cat dinding sesuai yang Anda inginkan, tanpa harus mengurus surat perizinan.

2. Renovasi Bagian Dalam Rumah

Jika proyeknya menyangkut interior rumah dan tidak mengubah struktur bangunan, maka tidak memerlukan izin. Dan Anda ingat, jika Anda hendak melakukan renovasi untuk mengubah lantai 2 menjadi lantai 3 atau 4. Anda harus menyesuaikan renovasi dengan IMB (Izin Mendirikan Bangunan). Termasuk ketika Anda ingin mengubah fungsi rumah menjadi kos-kosan atau tempat usaha.

Furnitur apa yang cocok untuk ruang keluarga Anda, lihat semua desain dan ide menariknya di sini di tab Majalah.

3. Mengubah Ukuran Pintu dan Jendela

Anda tidak memerlukan izin untuk mengubah ukuran jendela atau pintu, selama tidak berpengaruh terhadap struktur rumah Anda.

4. Pembuatan Septic Tank

Septic tank tidak termasuk dalam renovasi rumah yang harus mengurus izin IMB, karena septic tank terletak di luar rumah dan tidak mengubah sedikit pun bentuk pada bangunan yang ada. Anda hanya perlu memanggil jasa pembuatan septic tank dan menyediakan sedikit lahan di dekat rumah untuk pembuatan tempat tersebut.

Jika Anda membutuhkan jasa untuk merenovasi atau memperbaiki septic tank di rumah Anda, profesional kami siap membantu Anda. Pilih dan lihat lebih banyak pada tab Profesional.

5. Pembuatan saluran air

Pembuatan saluran air tidak memerlukan perizinan, dikarenakan pembangunan saluran air tidak berdampak pada bentuk rumah dan tidak mengubah apa pun. Anda hanya membutuhkan jasa tukang yang ahli dalam pembuatan saluran air.

Sedang memilih konsep untuk merenovasi ruangan Anda dengan style mediteran? Anda bisa melihat semua inspirasi mediteran pada tab Ruangan. Cek sekarang yuk!

6. Mengganti Keramik

Anda bebas melakukan penggantian keramik pada hunian Anda kapan saja. Anda juga bisa langsung mengganti keramik saat sudah bosan dengan lantai yang sekarang dan merenovasinya menggunakan yang baru.

7. Mengganti Genting

Anda bebas mengganti dan membetulkan genting yang sudah bocor kapan pun Anda mau. Anda juga bebas mengganti atap dari yang semula menggunakan genting tanah liat lalu diganti dengan bahan lain kapan saja.

8. Bangunan di Halaman Belakang

Mendirikan bangunan di halaman belakang yang volumenya tidak lebih dari 12 m2, tidak memerlukan IMB. Jika perbaikan yang dilakukan kurang dari 12 meter persegi maka Anda tak memerlukan IMB. Namun, bila mengubah denah Anda harus menggunakan IMB.

9. Memperbaiki Kerusakan Minor

Memperbaiki kerusakan minor pada rumah Anda tidak memerlukan perizinan. Namun berbeda cerita jika renovasi dilakukan dalam skala besar, hingga mengubah denah rumah, maka IMB perlu diurus.

Berikut jenis renovasi besar yang memerlukan IMB:

-Menambah jumlah kamar

-Merubah kamar mandi menjadi ruangan lainnya

-Membongkar tembok untuk memperluas ruangan

-Penambahan luas bangunan

-Perubahan bentuk rumah secara menyeluruh sehingga merubah bentuk rumah.


10. Tidak Menambah Luasan Fisik Bangunan

Selama pekerjaannya tidak menambah luasan fisik bangunan (dalam meter persegi), baik itu horisontal atau di lantai yang sama, maupun vertikal atau di lantai atasnya (bangunan ditambah tingkatnya) maka tidak diperlukan IMB (Izin Mendirikan Bangunan).

Ini dia 10 renovasi yang tidak memerlukan Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Apa saja ya?

Butuh bantuan dengan projek Anda?
Hubungi kami!

Sorotan dari majalah