Keunggulan dan Kekurangan Sandwich Panel Atap

I. Gaspar – homify I. Gaspar – homify
Growing | Troca de Telhado @ Esposende, Black Oak Company group|( Ooty. )( Timberman )( Growing ) Black Oak Company group|( Ooty. )( Timberman )( Growing ) Atap gable
Loading admin actions …

Apakah Anda berpikir untuk merenovasi rumah Anda? Apakah Anda ingin membangun rumah dengan kinerja termal yang baik atau ingin merenovasi atap Anda?

Dalam artikel ini, homify ingin berbagi dengan Anda kelebihan dan kekurangan dari sandwich panel atap, untuk membantu Anda membuat pilihan yang tepat. Jadi, jangan lewatkan artikel ini!

Apa Itu Sandwich Panel

Sandwich panel adalah panel yang terdiri dari tiga lapisan dengan layer bagian tengahnya berupa lapisan meterial tebal.

Lapisan tengah memiliki tingkat kepadatan tinggi tetapi tidak terlalu kuat jika dibandingkan dua layer pengapitnya.

Dua lapisan tipis yang terdapat pada struktur sandwich ini disebut lapisan kulit atau penutup. Dan lapisan tengah disebut lapisan inti

Lapisan luar panel sandwich dapat berupa kayu lapis, fiberglass, kayu, PVC, baja, aluminium dan banyak bahan lainnya. Sandwich panel merupakan salah satu jenis bahan bangunan yang tersedia dalam berbagai variasi, terdiri dari panjang dan lebar yang berbeda-beda, serta ketebalan yang berbeda-beda. Ketebalan minimum adalah 30mm.

Kelebihan dan Kekurangan Sandwich Panel

Selanjutnya kita akan membahas kelebihan dan kekurangan sandwich panel.

Apa Kelebihan Sandwich Panel

1.Pemasangan relatif cepat dan mudah dirawat.

2.Hemat energi, penggunaan panel ini pada sebuah bangunan mampu memantulkan cahaya lampu secara optimal. Hal tersebut tentu membuat penggunaan listrik semakin berkurang.

3.Ekonomis, pemasangan panel ini tidak membutuhkan banyak tenaga. Ini membuat prosesnya lebih ekonomis secara waktu dan tenaga.

4.Bisa dipasang tanpa finishing, pemasangan sandwich panel tidak memerlukan finishing seperti plesteran dan acian.

5.Tahan terhadap gempa

6.Bahan lebih ringan, dengan ketebalan paling tinggi di angka 150 mm, panel ini terbilang jenis bahan yang paling ringan. Panel ini dapat dengan mudah untuk dilepas pasang dalam bangunan konstruksi.

7.Bisa kustomisasi

8.Pemasangan panel ini tidak memerlukan banyak material tambahan seperti semen, air, dan pasir. Pemasangannya hanya dirakit saja pada lokasi yang diinginkan.

Kekurangan Sandwich Panel?

-Tidak mampu menahan beban tambahan yang signifikan.

-Kemungkinan kerusakan mekanik tinggi.

-Terjadinya kerusakan pada bingkai dan pengencang di persimpangan panel.

-Penyusutan papan material.

Beberapa Jenis dan Ukuran Sandwich Panel

1.Expanded Polystyrene (EPS)

Jenis EPS memiliki kelebihan unik, yakni sangat ringan dan tahan terhadap panas. Ukurannya sendiri bervariasi, mulai dari 40, 50, 75, 100, 125, 150, 175, dan 120 mm.

2.Polyurethane (PU)

Kelebihan jenis PU saat digunakan adalah thermal konduktivitasnya yang rendah, hemat energi, dan dapat mencegah kondensasi. Untuk ukurannya, jenis satu ini memiliki ketebalan bermacam-macam, mulai dari 50, 75, 100, 125, dan 150 mm.

3.Glasswool Panel

Mempunyai karakteristik tahan api dan tidak mengeluarkan gas beracun saat terbakar. Umumnya, jenis glasswool tersedia dalam ketebalan 50, 75, 100, dan 125 mm.


Jenis Sandwich Panel yang Sering Digunakan untuk Konstruksi Bangunan?

Di pasaran terdapat 2 jenis yang mudah ditemukan:

  • Sandwich Panel Dinding

Jenis material lapisan yang bisa digunakan untuk melapisi bagian dinding adalah EPS. Tipe yang paling sering dipakai adalah Thermastyle Pro dengan kelebaran 95 cm dan ketebalan 5 hingga 10 cm.

  • Sandwich Panel Atap

Untuk pembangunan atap, jenis material lapisan yang digunakan adalah EPS tipe ThermaDeck Pro.

Sejarah Sandwich Panel

Berdasarkan asosiasi EPIC (Engineered Panels in Construction), teknologi panel sandwich diisi dengan busa polyurethane polyisocyanurate (PIR) dan busa polyurethane (PUR) muncul pada tahun 1970-an. Panel jenis ini dipasang langsung pada lokasi konstruksi hingga pertengahan tahun 80-an. Namun, pada awal 90-an panel sandwich pertama dengan pengisi busa poliuretan muncul sebagai produk akhir. Kemudian, di akhir tahun 90-an panel tersebut sudah menempati 40% pasar panel sandwich.

Sandwich Panel dapat Digunakan di Hampir Semua Proyek

Meskipun paling sering digunakan untuk menutupi atap, namun dapat digunakan untuk menutupi fasad. Sandwich panel dapat digunakan di hampir semua proyek, baik itu bangunan baru, perbaikan, atau perluasan.


Sebaiknya pemasangan dilakukan oleh tim profesional (kontraktor, tukang bangunan atau ahli atap).

Namun perlu diketahui bahwa ubin termoakustik harus dipasang dengan jarak maksimum antar penyangga, agar dapat menahan beban angin tanpa terjadi deformasi berlebihan. Oleh karena itu, pertimbangkan bahwa untuk properti bertingkat rendah (hingga 12 m) pertahankan beban berlebih yang diijinkan sekitar 150kg/m².

Panel atap ini biasanya memiliki profil datar yang halus dengan ketebalan lembaran logam 0,6 mm, lapisan penahan panas (50-70 mm), lebar panel (fitur 120 cm khas). Panjang atap standar 12 meter yang terbuat dari panel tersebut beratnya 70 kg. Di dalam panel sandwich panel atap ada fiberglass yang dapat menahan panas dengan baik.

Jangan sampai terlewatkan melihat furnishing dan dekor yang sedang trending di sini!

Harga Sandwich Panel

Harga sandwich panel ringan cukup terjangkau. Panel ini tersedia dalam berbagai ukuran dan desain untuk memenuhi kebutuhan yang berbeda. Harga ini juga tergantung pada jumlah panel yang dibutuhkan untuk membangun bangunan.

Ketika memilih sandwich panel ringan untuk proyek Anda, pastikan untuk memilih produk yang berkualitas tinggi. Pastikan juga bahwa produk yang Anda pilih memiliki garansi yang baik dan dapat menawarkan layanan purna jual yang baik. Ini akan memastikan bahwa Anda mendapatkan produk yang tahan lama dan berkualitas tinggi.

Daya Tahan Tinggi

Sandwich panel atap sangat tepat digunakan dalam berbagai keperluan konstruksi bangunan modern dan bangunan-bangunan masa kini.

Panel ini juga memiliki kinerja tinggi dan daya tahan yang sangat tinggi. Panel ini juga sangat efisien dalam menahan panas dan dingin.

Ingin mengganti atap rumah Anda?

Temukan lebih banyak informasi terbaru:

-Mengenai desain atap, inspirasi dan gambar atap pada tab Ruangan.

-Pekerja ahli atap juga bisa Anda temukan pada tab Profesional kami.

Mengenal lebih jauh tentang Sandwich Panel Atap. Kekurangan dan kelebihannya hingga jenisnya!

Butuh bantuan dengan projek Anda?
Hubungi kami!

Sorotan dari majalah