20 Kamar Tidur Kecil Berukuran 6 Meter Persegi. Mungil tapi Nyaman!

Sílvia Cardoso – homify Sílvia Cardoso – homify
Интерьер DG, INT2architecture INT2architecture Kamar Bayi/Anak Gaya Skandinavia
Loading admin actions …

Masing-masing ruangan dalam rumah memiliki daya tarik tersendiri, namun mungkin karena bersifat intim atau sebagai tempat istirahat, maka kamar tidur memerlukan perhatian khusus. Jika ruangan berukuran kecil, perabotan dan dekorasi menjadi tantangan tersendiri, yang mengharuskan setiap detail dipilih dengan hati-hati dan kreativitas yang tinggi.

Dalam buku ide ini, kami akan memperlihatkan proyek para profesional kamu yang memberikan banyak ide inovatif untuk menciptakan ruang mungil yang unik!

Kamar Kecil? Tidak Masalah!

Sebelum melangkah lebih jauh, jangan lupa bahwa Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk melengkapi kamar tidur Anda. Anda dapat menggunakan furnitur IKEA dan juga mendapatkan inspirasi dari sini. Anda tetap bisa menciptakan kamar tidur yang nyaman dengan memilih desain yang tepat.

1. Menciptakan Suasana yang Personal

Untuk mencapai desain yang menarik pada ruangan kecil, diperlukan usaha dan dedikasi. Kuncinya adalah menciptakan suasana yang personal, inspiratif, dan santai. Untuk mewujudkan kamar mungil yang nyaman, Anda tidak perlu menggunakan banyak elemen, tapi pilih furnitur dan dekorasi dengan hati-hati, dengan mempertimbangkan seperti apa tampilan set akhirnya.

Jangan lewatkan berbagai inspirasi pencahayaan yang baik dan menarik untuk kamar tidur Anda. Lihat semuanya di sini pada tab Majalah.

2. Solusi Tempat Penyimpanan

Terorganisir dengan baik sangat penting untuk ruang kecil. Menjaga kerapihan adalah kunci agar kamar selalu nyaman, maka dari itu sangat penting untuk memiliki penyimpanan yang diperlukan untuk menampung semua barang Anda. Manfaatkan, area kosong di bawah tempat tidur untuk dan jika memungkinkan sertakan lemari built-in di dalam kamar tidur.

3. Tempatkan Gambar Atau Foto di Dinding Agar Tampilan Semakin Cantik

Untuk memberikan tekstur pada ruangan, terutama pada area tempat tidur, Anda bisa menambahkan frame foto atau gambar sebagai dekorasinya. Supaya lebih cerah, pastikan kamar mendapatkan cahaya alami dari jendela.

4. Konsep Ruang Terbuka

Memilih konsep ruang terbuka merupakan solusi yang baik untuk menghilangkan suasana sempit di dalam kamar. Hilangkan material-material yang tidak dibutuhkan yang hanya membuat kamar jadi semakin sempit, untuk membantu menciptakan ruang lebih besar di ruangan kecil.

Pilih desainer kamar tidur yang dapat mewujudkan kamar tidur impian Anda pada tab Profesional. Lihat daftarnya di sini.


5. Buat Space Tambahan di Ketinggian

Solusi ini juga sangat menarik! Anda bisa membuat space tambahan di bagian atas kamar. Anda bisa membuat area tidur di atas, sehingga bagian bawah bisa difungsikan menjadi tempat bersantai yang dilengkapi dengan area kerja, meja dandan, lemari, hingga televisi.

6. Tempat Tidur yang Difungsikan Menjadi Ruang Penyimpanan

Pemilihan tempat tidur adalah hal yang harus diperhatikan saat mendesain kamar tidur kecil. Supaya lebih hemat tempat, Anda bisa menggunakan tempat tidur serbaguna yang dilengkapi dengan laci dan rak penyimpanan, seperti contoh pada kamar ini.

7. Tempat Tidur Tingkat

Jika ruangan digunakan bersama, seperti kamar tidur anak, Anda bisa memilih tempat tidur susun atau tingkat untuk mengoptimalkan area kamar tidur.

8. Pemilihan Furnitur

Pemilihan furnitur yang sesuai dengan dimensi kamar sangatlah penting, agar kamar terlihat lega dan luas. Pilih furnitur yang lebih kecil, sehingga banyak area tersisa dan dapat membantu mobilitas Anda di dalam ruangan.

9. Hindari Elemen yang Membatasi Ruang

Pencahayaan merupakan faktor penting dalam mendekorasi sebuah ruangan. Namun ketika ruangannya terbatas, Anda harus mencari solusi yang menarik dan fungsional. Coba ganti lampu meja samping tempat tidur dengan lampu dinding yang menjadi pilihan sempurna, sehingga Anda masih memiliki ruangan tersisa lainnya, yang dapat digunakan untuk menaruh benda penting lainnya.

10. Kamar Tidur dengan Jendela Besar

Anda bisa memasang jendela besar di satu sisi kamar tidur. Cahaya yang datang dari jendela dapat membuat kamar lebih terang dan luas.

Psst, mesti pintar-pintar nih untuk milih ruang penyimpanan di kamar kecil! Lihat semua inspirasinya pada tab Ruangan.

11. Pilih Dekorasi Praktis dan Fungsional yang Menambah Pesona Ruangan Kecil Anda

Inspirasi desain kamar ini akan membantu Anda mewujudkan kamar impian dengan ukuran terbatas. Nyaman dan aesthetic! Namun, hindari terlalu banyak dekorasi dan perabot agar kamar tidak terasa sumpek.

12. Furnitur Modular Pada Dinding

Furnitur modular adalah pemilihan yang sempurna untuk ruangan kecil. Dengan menggunakan konsep ini, furnitur tidak memakan banyak tempat. Dengan ukuran 6 meter persegi, kamar tidur ini didesain dengan seksama untuk menciptakan suasana nyaman tanpa membuatnya sesak.

13. Memilih Warna Putih

Penggunaan warna putih dapat membuat ruangan menjadi, sehingga warna putih menjadi warna paling aman dalam desain kamar minimalis. Selain memberi kesan lebih luas dan bersih, warna putih cocok dipadukan dengan warna apapun. Bisa Anda terapkan pada furnitur, cat dinding, hingga sprei kasur.



14. Tempat Pakaian dalam Kamar Sempit

Mengorganisir dengan baik merupakan kunci untuk ruangan kecil. Anda tidak perlu menggunakan lemari berukuran besar. Tapi coba gunakan tempat menggantung pakaian dengan model menarik seperti ini yang tidak memakan banyak tempat.

15. Kasur Lesehan

Anda bisa terapkan desain kamar ini untuk kamar mungil Anda. Selain menghemat tempat, kasur lesehan bisa nyaman dan aesthetic dengan penataan yang tepat.

Anda bisa tambahkan karpet agar suasana semakin nyaman. rak penyimpanan yang dijadikan sekaligus tempat tidur, juga bisa jadi alternatif untuk kamar sempit agar menghemat ruang.

16. Pemilihan Warna

Warna putih memang ideal untuk kamar sempit agar tampak lebih luas. Tapi jika Anda ingin memberi sentuhan warna yang berbeda, jangan takut bereksperimen seperti gambar desain interior kamar ini.

Anda bisa padukan warna biru dengan cat dinding putih di sisi lainnya. Hal ini akan memberi kesan unik sekaligus tidak membuat kamar tampak lebih sempit.

Selain pemilihan warna, letak penerangan yang tepat juga bisa memberi visual yang menarik dalam kamar sempit.

17.

Kamar Anda kecil, tapi ingin punya space khusus untuk me time atau bersantai? Desain kamar tidur ini ini bisa Anda tiru! Taruh juga tempat tidur di dekat jendela, selain bisa menikmati view di luar kamar, Anda juga bisa membuka jendela sehingga sirkulasi kamar Anda baik dan tidak pengap.

18. Less is More!

Desain kamar minimalis ini mengandalkan tidak menaruh banyak perabot di dalamnya, tapi lebih memilih perabot multifungsi, sehingga Anda bisa memangkas jumlah furnitur yang ada di dalam ruangan. Alhasil kamar pun akan terasa lebih luas dan lega.

19. Mengedepankan Fungsi

Anda membutuhkan perencanaan yang tepat untuk menciptakan desain kamar tidur yang nyaman. Intinya yaitu mengatur semua elemen yang ada di kamar dan lakukan tata letak ulang yang lebih space saving dan tetap mengedepankan fungsi.

20. Ketika ruang tidak menjadi masalah

Furnitur yang digunakan di dalam kamar umumnya tidak terlalu banyak, namun tetap mampu mengakomodasi kebutuhan penghuninya. Jadi ruangan pun akan terasa nyaman dan tampak lebih luas.

Anda bisa memanfaatkan beberapa yang ada supaya ruangan terlihat lebih rapi. Seperti rak televisi, laci-laci di bawah tempat tidur, hingga memasang cermin dinding juga merupakan salah satu trik dekorasi kamar sempit, lho! Pantulan cermin akan menciptakan ilusi visual yang membuat kamar kecil tampak lebih luas.

Tidak Membuat Permukaan Lantai Terasa Penuh

Menggunakan perabot yang menempel di dinding akan membuat desain kamar tidur kecil terasa lebih lega. Sehingga jika diperhatikan maka ruangan akan tampak lebih luas. Seolah hanya ada tempat tidur dan meja saja yang ada di dalam kamar.

Jadi triknya yaitu membuat lebih banyak ruang yang tidak membuat permukaan lantai terasa penuh.

Mendesain kamar berukuran kecil memang menjadi tantangan menarik, tapi bukanlah hal sulit. Lihat semua ide segarnya di sini!

Butuh bantuan dengan projek Anda?
Hubungi kami!

Sorotan dari majalah